Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog

Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog - Pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang tips memasang iklan di blog dengan baik dan benar. Salah satu point-nya adalah hendaknya iklan dipasang di bawah judul postingan. Hal tersebut dikarenakan letak iklan pada tempat tersebut sangat strategis dan tepat untuk lokasi iklan, yang mana selalu dilihat oleh visitor blog kita tanpa mengganggu mereka. Namun, untuk meletakkan iklan dibawah judul posting itu tidak mudah, terutama bagi blogger pemula. Ada berbagai tahapan yang musti kita lakukan. Banyak dari mereka keliru dalam meletakkan iklan, yang mana iklan berada di posisi yang salah.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang tata cara memasang iklan tepat dibawah judul postingan dan posisi iklan sejajar dengan konten artikel blog pribadi. Berikut langkah-langkahnya. Mohon disimak dengan baik-baik agar tidak salah dalam menerapkannya.

Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog

1. Siapkan kode iklan anda yang berbentuk kode HTML Javascript. Baik itu iklan PPC lokal atau PPC luar negeri atau mungkin iklan buatan anda sendiri. Kemudian, kode iklan anda tersebut di Parse Disini. Kenapa harus diparse? karena supaya kode iklan anda sesuai dengan kode HTML yang ada di template blog anda. Nantinya kode yang sudah diparse tersebut akan diletakkan ke dalam kode HTML Template. Gambar dibawah ini merupakan laman untuk memparse iklan anda. Untuk memparse, caranya adalah masukkan kode iklan anda ke dalam kotak, kemudian Klik Tombol Parse.
Panduan Cara Meletakkan Iklan di Bawah Judul Posting Blog

2. Selanjutnya, silahkan anda menuju Blogger. Pilih Dashbor/Home, kemudian pilih menu Template, dan Klik Edit Template. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Pasang Iklan Tepat di Bawah Judul Posting

3. Kemudian, anda akan menuju ke laman Edit Template, yang mana di dalamnya terdapat kode-kode HTML yang sangat banyak. Silahkan anda cari kode <data:post.body/> pada Edit Template tersebut. Untuk mencarinya, silahkan klik Control F pada keybord laptop anda. Nanti akan muncul kotak pencarian. Silahkan anda masukkan kode <data:post.body/> pada kotak pencarian, dan klik Enter. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Pasang Iklan Google AdSense

4. Selanjutnya nanti akan ketemu kode <data:post.body/> yang jumlahnya sekitar 2 atau 3 buah. Silahkan anda pilih kode <data:post.body/> yang ke-2 atau yang ke-3. Selanjutnya, silahkan anda letakkan kode Iklan yang sudah anda parse tadi tepat diatas kode <data:post.body/>. Jangan lupa, tambahkan Tag diantara kode iklan anda, supaya iklan bisa sejajar dengan konten blog. Contohnya seperti dibawah ini:

<div style='float:left'>KODE IKLAN</div>
<data:post.body/>

Keterangan:
- Tulisan berwarna merah merupakan posisi iklan. Left berarti iklan berada disebelah kiri. Right berarti iklan berada disebelah kanan. Center berarti iklan berada disebelah tengah. Silahkan anda ganti sendiri sesuai dengan selera anda.
- Tulisan berwarna hijau merupakan kode iklan anda yang sudah anda Parse.

5. Setelah anda selesai meletakkan kode iklan, silahkan Klik Save. Kemudian lihat hasilnya. Jika belum berhasil, silahkan cari kode <data:post.body/> yang ke-1 atau yang ke-3, atau yang ke-4.Jika sudah berhasil, nanti iklan anda akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog
Demikian panduan tentang tata Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog. Mungkin agak sedikit rumit dan tentunya memusingkan bagi blogger pemula. Namun, apabila dipelajari secara teliti dan sabar, pasti akan bisa. Semoga berhasil ya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

25 komentar:

Anonymous said...

Okey dech, Mbak Ririn, thanks tipsnya, buat blogger newbi kayak aku bermanfaat banget...nice shared!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

yupz, sama-sama mas :)
thanks atas kunjungannya :)

Achmad said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tidak apa-apa mas, saya sudah lihat blog anda. Sudah cukup bagus. Yang terpenting kan iklan sudah terpasang di bawah judul postingan, meskipun kurang sejajar sedikit hehehe. Dengan begitu maka akan meningkatkan penghasilan dari iklan anda. :)

Unknown said...

Berhasil mbak, tapi kelihatan jelek banget.. soalnya artikel awal paragraf saya kurang panjang, jadi saya copot lagi.. :(

cara memberi jeda antara banner sama artikel nya bagaimana ?,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh begitu ya mas. Padahal cukup bagus apabila iklan dipasang di bawah judul postingan :) Tapi ya itu syaratnya tulisan awal paragraf harus tulisan, bukan gambar :)

Saya sendiri kurang tahu mas caranya memberi jeda. Tapi iklan adsense bisa berubah dengan sendirinya. Kadang ukurannya 336x280 dan kadang juga 300x250.

Unknown said...

kebanyakan artikel saya yang lama gambar dulu, baru artikel... :(

mbak earning adsense saya kog surem banget yak.. dulu per day bisa dpat $0.5 an, sekarang turun $0.1. ada tips buat naikin lagi gak mbak??,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas, postingan saya awal-awal nge-blog juga banyak yang seperti itu, yakni gambar berada diatas artikel. Tapi, setelah saya tahu caranya, akhirnya gambar saya letakkan di tengah postingan :)

Kalau menurut saya sih itu sudah lumayan mas penghasilannya, daripada penghasilan dari PPC lokal yang mana per hari kadang dapat penghasilan dan kadang juga tidak. Punya saya juga penghasilannya sekitar angka itu mas per harinya. Hehehe :)

Tapi itu tidak menjadi masalah buat saya mas. Yang penting bagi saya adalah bisa nge-blog dan berinteraksi dengan teman-teman Blogger. Kalau dapat penghasilan dari blogging, ya alhamdulillah, tapi kalau tidak dapat ya tidak apa-apa, mungkin saja itu belum rejekinya :)

Unknown said...

hehehhe... Jawabanya super sekali mbak.. :D
iya, kalau PPC lokal lebih para lagi..

saya juga pasang Adsense di blog Info Gaming saya, nah iklan yang muncul Forex, Sun Light, Blue Band , Kecap Bangau , Traveling, sedangkan visitor nya masih pada bocah semua. jadi jarang ada klik

beberapa hari yang lalu earning nya dapat banyak, pas Iklan yang muncul banyak tentang Game Online..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe thanks mas :)

Saya sudah cek blog anda yang tentang game. Memang benar, traget pemirsa blog berniche game lebih banyak ke anak-anak dan remaja, kalau orang dewasa agak jarang, itu kalau anda menggunakan Bahasa Indonesia dalam blog nya. Sehingga iklan yang muncul dalam blog anda adalah iklan dari Indonesia saja.

Coba dech menggunakan Bahasa Inggris dalam Blog nya, bisa dipastikan target pemirsa bisa lebih luas, yakni bisa mencapai masayarakt diseluruh penjuru dunia. Sehingga iklan yang ditayangkan juga beragam di blog anda. Tentu nya nilai kliknya juga tinggi. Dan pada akhirnya pendapatannya juga tinggi. Tapi perlu dicatat bahwa blog menggunakan Bahasa Inggris, itu tingkat kopetisinya lebih tinggi dan ketat ketimbangan blog yang menggunakan Bahasa Indonesia :)

Unknown said...

iya mbak, tapi saya masih minim ilmu bahasa Inggris, tapi rencana nya mau buat Blog bahasa inggris...

banyak yang bilang blog bahasa Inggris artikel original+pakai TLD, pengunjung bisa datang sendiri tanpa Promosi, tapi gak tau juga sich, belum saya buktikan sendiri..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan buat saja mas blog ber Bahasa Inggris. Google translate bisa membantu anda dalam membuat postingan di blog. Sekalian sambil belajar menulis Bahasa Inggris. Nanti lama-kelamaan juga bisa sendiri kok, karena sudah terbiasa nulis :)

Betul sekali mas. Banyak juga yang bilang seperti itu. Penggunaan domain TLD dan Original Artikel sangat menentukan blog Berbahasa Inggris. Pengunjung bisa datang dengan sendirinya dari seluruh penjuru dunia, tapi yang paling dominan dari Amerika. Silahkan dibuktikan kalau tidak percaya hehehe ^^

herbalsehat said...

ini khusus untuk iklan adsense atau iklan apa saja mbak, kok saya cari kodenya di template nggak ada?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iklan apa saja bisa dipasang di blog mas, asalkan iklan tersebut berupa kode HTML.

Pastikan sebelum anda pasang iklan, anda sudah mempersiapkan kode iklannya terlebih dahulu. Baru kemudian kode iklan tersebut di Parse. Dan letakkna kode iklan hasil parse ke dalam Edit Template blog anda.

Letakkan kode iklan diatas kode

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Letakkan kode iklan diatas kode data post body

herbalsehat said...

Justru saya cari "data post body" itu yang nggak ada mbak. Maklum newbie hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin template anda yang tidak ada kode tersebut, karena blog anda menggunakan template bawaan blogger.

Coba dech ganti template nya dengan template yang saya gunakan ini. Nama template nya Trick Collection SEO Friendly Blogger Template :)

Nanti kode data post body pasti akan ketemu :)

herbalsehat said...

Wah terimakasih banget nih dapat teman seperjuangan yang mau membantu. Ok mbak akan saya coba.

herbalsehat said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas. Silahkan dicoba ya. Nanti kalau ada kendala, kita diskusikan lagi bersama-sama :)

Anonymous said...

okey sob mau nyoba nie ...trims

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan dicoba mas untuk memasang iklan di bawah judul postingan blog. Good luck ya :)

mialfalahiyahplompong said...

Sebenarnya blog saya lebih fokus di informasi pendidikan (Madrasah)
tapi entah mengapa jadi tertarik pada artikel artikel disini yah???
mungkinkah karena yg punya blog ini cakep yah??? hahahaha
tolong ijinkan kedepan saya akan lebih sering baca blog ini.......

mialfalahiyahplompong said...

ceritanya dah lama pengen pasang iklan seperti yg di paparkan pada posting diatas.... walaupun iklan saya tak bermutu...(maklum gak bisa sih) dan emang tujuannya juga biar agak keren saja,,,, bukan penghasilan dari situ yg utamanya.... makasih mbak ri2n... saya mau coba nih ...bisa gak yah????

Bengkel Nissan Madiun said...

Mau nanya mbak ada cara yang lain yang di berikan blog sebelah begini kode seperti ini Kode iklan

apakah cara ini juga benar mbak.

Post a Comment