Bagaimana Cara Membuat Blog WordPress Gratis Bahasa Indonesia

Bagaimana Cara Membuat Blog WordPress Gratis Bahasa Indonesia - Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang macam-macam media sosial di internet, yang mana salah satu point-nya adalah WordPress. WordPress ini merupakan situs yang menyediakan fasilitas hosting dan subdomain secara gratis yang dapat digunakan untuk blogging. Dari segi fungsinya hampir tidak ada perbedaan yang signifikan antara Blogger. Namun, dari segi fasilitas, tentu ada perbedaan yang nyata antara WordPress dengan Blogger. Silahkan pelajari lebih lanjut antara WordPress dengan Blogger.

Ada berbagai macam fasilitas yang diberikan oleh WordPress, antara lain free blog, alamat blog ber-subdomain yakni wordpress.com, kostumasi dasar, ruang penyimpanan 3 GB, dan dukungan komunitas. Di dalam WordPress yang gratis ini, tidak ada fasilitas template/theme premium tapi adanya template bawaan dari WordPress, selain itu tidak ada juga ruang simpanan untuk video. Namun, anda jangan khawatir karena di internet ada banyak template untuk WordPress yang dapat di unduh secara gratis.

Eksistensi WordPress sangat penting untuk kita gunakan, selain untuk blogging, juga bisa digunakan untuk menyalurkan bakat kita dalam tulis-menulis. Banyak diantara kita sudah mempunyai blog dari WordPress, baik yang gratis ataupun yang berbayar. Sebagian dari kita mungkin saat ini ada yang sedang asyik-asyiknya menikmati blog dari WordPress. Sebagian yang lain mungkin baru saja mendaftar/membuat blog di WordPress. Dan mungkin ada juga diantara kita belum tahu sama sekali mengenai WordPress, sehingga belum berkesempatan untuk membuat blog di WordPress.

Berbekal dari alasan tersebut diatas, perlu kiranya saya memberikan panduan tentang pembuatan blog di WordPress. Dengan tujuan agar mereka yang belum mempunyai blog, terutama di WordPress, agar sesegera mungkin membuatnya. Dan mudah-mudahan tutorial yang saya sajikan ini dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan blog di WordPress. Untuk membuat blog di WordPress caranya cukup mudah. Silahkan simak langkah-langkah pembuatannya yang akan saya jelaskan berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Blog WordPress Gratis Bahasa Indonesia

1. Siapkan alamat E-mail anda terlebih dahulu sebelum membuat blog di WordPress. Apabila anda belum mempunyai Email, silahkan anda membuatnya di Yahoo ataupun di Gmail. Mungkin anda bisa membaca tutorial cara pembuatan Email di Yahoo yang sudah saya jelaskan beberapa waktu yang lalu.

2. Setelah anda mempunyai alamat Email. Silahkan anda menuju website WordPress di url www.wordpress.com. Nanti anda akan menjumpai laman seperti gambar dibawah ini. Silahkan klik tombol Get Started.
Bagaimana Cara Membuat Blog WordPress Gratis Bahasa Indonesia
3. Langkah berikutnya silahkan isi formulir pendaftaran seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa, untuk mempermudah pemahaman, silahkan pilih bahasa Indonesia.
Lengkapi Formulir Pendaftaran Blog WordPress Gratis Ini
Keterangan:
Nomor 1 diisi dengan Alamat E-mail anda
Nomor 2 diisi dengan Nama Anda/Nama Pendek Anda
Nomor 3 diisi dengan Kata Sandi/Pasword yang akan anda gunakan untuk Log In
Nomor 4 diisi dengan Alamat Blog yang akan anda gunakan

Langkah selanjutnya, silahkan Pilih Kotak yang bertuliskan Basic dan Klik Tombol Sign Up. Itu merupakan blog yang disediakan secara gratis oleh WordPress.

4. Kemudian anda akan menuju laman seperti gambar dibawah ini. Itu artinya anda disuruh untuk menge-cek Kotak Masuk/Inbox yang ada dalam E-mail anda. Silahkan cek Email anda, karena pihak WordPress mengirim pesan untuk anda yang berisi pesan untuk Verifikasi.
Tutorial Daftar Akun WordPress.com
5. Pesan dari pihak WordPress tersebut contohnya seperti gambar dibawah ini. Silahkan Klik Tombol Active Blog.
Verifikasi Email Pendaftaran Blog WordPress Anda
6. Selamat!! anda sudah berhasil membuat blog di WordPress. Gambar dibawah ini merupakan Laman Dashbor WordPress anda, yang mana anda bisa meng-edit tampilan blog dan mengepostkan artikel pada laman dashbor ini.
Tutorial Cara Membuat Blog Pribadi di WordPress Bahasa Indonesia dengan Mudah
Keterangan:
Tanda kotak merah adalah Menu yang dapat digunakan untuk mengatur blog anda, baik itu template, penambahan widget, dan lain sebagainya
Untuk mempublikasikan artikel anda secara cepat, anda bisa menulisnya langsung pada laman dashbor tersebut.
Nomor 1 diisi dengan Judul Artikel Anda
Nomor 2 diisi dengan Konten Artikel Anda
Dan untuk menerbitkan artikel anda, silahkan Klik Tombol Terbitkan.

Demikian panduan tentang Bagaimana Cara Membuat Blog WordPress Gratis Bahasa Indonesia dengan mudah. Selamat mencoba dan saya do'akan semoga berhasil. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

7 komentar:

Djangkaru Bumi said...

Terimakasih, dulu saya sebenarnya ingin membuat blog wordpress. Tapi entah mengapa kesasar ke blogspot. Tampilan template wordpress lebih berkarakter dan unik.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya tidak apa-apa pak. Blogger dan WordPress sama-sama bagus, dan fungsinya juga sama. Hampir tidak ada perbedaan sama sekali. Yang terpenting adalah konten blog yang disajikan dalam blog yang kita kelola dapat bermanfaat untuk orang lain. Itu adalah tujuan utama membuat dan mengelola blog.

Maz Majid said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Yth. Majid-chan, mohon maaf komentar anda saya hapus karena komentar anda adalah spam :)

Unknown said...

I love wordpress, i like blogspot... ^_^ and i'm happy blogging .... hahahaha

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkwk ada-ada aja mas wahyu ini :D

Indra Kusuma Sejati said...

Membauta blog wordpress sangat mudah dan cepat bisa menyalurkan bakat kita untuk menulis ya Mba.

Salam

Post a Comment