5 Niche Yang Paling Sulit Dikelola, tapi Bagus dan Potensial

5 Niche Yang Paling Sulit Dikelola, tapi Bagus dan Potensial Ketika anda ingin membuat dan membangun sebuah blog, pikirkanlah terlebih dahulu secara matang. Aspek yang paling penting untuk dipikirkan adalah niche apa yang akan dipilih dan digunakan untuk blog anda. Oleh karena itu, ada baiknya apabila anda membaca artikel saya terdahulu tentang Tips Memilih Niche Blog. Sehingga anda akan memperoleh gambaran yang jelas dan tidak salah dalam memilih niche.

Apapun niche blog anda, sebaiknya disesuaikan dengan bakat dan minat anda. Sehingga keberlangsungan dan keberlanjutan blog anda bisa terjamin. Namun, tahukah anda dari sekian banyak niche, ternyata ada beberapa niche yang cukup sulit untuk dikelola dan digarap.

Oleh karena itu, sebelum anda memilih niche ini, sebaiknya anda benar-benar menyukainya dan sesuai dengan bakat dan minat anda. Tujuannya agar blog anda tidak terbengkalai ditengah jalan. Berikut adalah 5 niche yang paling sulit versi Cara Ririn.
5 Niche Yang Paling Sulit Dikelola, tapi Bagus dan Potensial untuk AdSense dan Traffic Blog
Image by www.dreamtoearn.com

5 Niche Yang Paling Sulit Dikelola, tapi Bagus dan Potensial

1. Niche Tutorial
Niche tutorial, terutama tutorial Blogging, memang saya akui sangat sulit untuk digarap. Tidak sedikit dari anda juga mempunyai pendapat yang sama dengan saya. Kenapa niche ini sulit? tentu saja. Untuk membuat satu posting saja bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan bisa berhari-hari, karena harus mempersiapkan screenshoot, uji coba terlebih dahulu, dan harus paham betul dengan postingan yang akan ditulis. Sehingga langkah demi langkah yang akan disajikan dalam satu postingan dapat dengan mudah untuk dipahami oleh para pembaca.

Oleh karena itu, banyak diantara kita sangat keberatan apabila postingannya itu di copy-paste oleh orang lain. Mengingat proses pembuatannya sangat sulit itu tadi. Selain itu, pemirsa blog hanya terbatas pada webmaster saja yakni sama-sama pengelola blog. Itu artinya visitor pada niche ini sangatlah sedikit.

Selain itu, yang menjadi tantang dari niche ini adalah sangat dinamis dan cepat sekali berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Misalnya saja, tutorial tentang Cara Membuat Blog, itu bisa dipastikan akan berbeda antara tahun 2013 dengan tahun 2006-an. Oleh karena itu, pikirkanlah baik-baik apabila anda ingin memilih niche ini untuk blog anda.

2. Niche Game dan Software
Sebenarnya niche ini tidak begitu sulit untuk dikerjakan apabila anda mempunyai minat dan bakat yang tinggi pada niche ini. Alasan yang mendasari kenapa niche ini sulit dikerjakan adalah untuk mempersiapkan file download yang sangat sulit. Anda harus mempunyai software aplikasi terlebih dahulu, dan kemudian meng-uploudnya pada media penyimpanan file online atau yang sering disebut sebagai situs file sharing.

Tentu koneksi internet yang anda gunakan harus mensupport niche anda. Apabila tidak mendukung, maka untuk mengelola niche ini juga akan mengalami kendala. Selain itu, anda juga harus paham mengenai fitur dari game dan software yang akan di publikasikan di blog anda. Bila anda tidak mempunyai dasar yang kuat, maka blog anda akan terbengkalai ditengah jalan.

3. Niche Terlalu Spesifik
Eksistensi niche memang sangat bagus bagi blog. Selain blog tersebut lebih profesional, juga lebih SEO Friendly dibandingkan dengan blog gado-gado yang berisi konten campuran. Namun, niche yang terlalu spesifik dan mempunyai kajian sempit juga kurang baik. Hal itu disebabkan topik bahasan yang akan diangkat menjadi sangat terbatas.

Oleh karena itu, sering kali niche yang seperti ini jarang update blog nya karena terlalu sulit untuk memperoleh topik yang tepat untuk dijadikan sebagai postingan. Sehingga konsekuensinya adalah kuantitas postingan juga akan semakin terbatas.

4. Niche yang tidak diminati atau bukan bidangnya
Tentu saja niche yang tidak diminati akan menyulitkan diri sendiri apabila dipaksakan harus memilih niche tersebut. Karena kita sebelumnya juga tidak punya minat dan bakat sama sekali terhadap niche itu. Kita hanya mementingkan ego harus niche itu, tidak boleh tidak. Akhirnya malah kita akan kesulitan sendiri dalam mengelolanya.

Niche yang bukan bidangnya juga bisa dipastikan akan sama. Karena kita tidak mempunyai kemampuan dalam bidang tersebut. Dan akhirnya malah terjadi praktek plagiarisme. Inilah yang perlu kita hindari.

5. Niche Blog yang Berbahasa Inggris
Satu lagi yang dianggap sulit adalah niche yang dalam blog nya menggunakan Bahasa Inggris dalam penulisan. Nampaknya cukup mudah untuk digarap dengan cara meminta bantuan Google Translate untuk menerjemahkan artikel yang dibuat. Tapi apakah tata tulis dan grammarnya sudah benar? tentu saja belum dan masih banyak yang salah. Bahkan bisa jadi tulisan anda bisa ditertawakan oleh orang bule karena salah dalam menulis Bahasa Inggris.

Niche ini paling-tidak membutuhkan kerja dua kali, yakni menulis artikel dengan Bahasa Indonesia, baru kemudian menulisnya lagi dengan Bahasa Inggris. Tentu akan sangat banyak menghabiskan waktu. Silahkan pikirkan baik-baik sebelum memilih niche dengan menggunakan Bahasa Inggris. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Menulis Artikel Berbahasa Inggris di Blog.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang 5 Niche Yang Paling Sulit Dikelola, tapi Bagus dan Potensial. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

21 komentar:

toni said...

mantap infonya...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Makasih atas apresiasinya :)

Unknown said...

saya pernah sekali membuat Niche Film, dan saya tidak tau apa2 tentang Film, jadi nya nganggur blog nya.. :(

lebih baik membuat blog yang sesuai dengan bidang yang kita bisa, supaya artikel yang di buat bisa lebih berguna bagi pembaca..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu mas Daniel, daripada memilih niche yang bukan bidangnya, lebih baik memilih niche yang kita bisa. Sehingga keberlanjutan blog kita akan terjamin. Karena kita bisa dengan mudah membuat postingan untuk di publish di blog.

Terimakasih banyak ya sudah meluangkan waktu untuk berkunjung di blog saya :)

Anonymous said...

niche yang mesti update tiap musim itu rasanya bener2 suit deh.,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau update satu musim sih tidak masalah mas, karena cukup lama, kan 6 bulan. Tapi kalau niche lowongan kerja, itu tiap minggu harus update mas. Niche tersebut saya kira lebih sulit mas :)

abang ichal said...

akhir" ini sy sudh mengarah ke tutorial.. memang begitu cape deh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik mas. Memang benar apa yang anda sampaikan bahwa niche tutorial membutuhkan tenaga dan fikiran yang ekstra untuk mengelolanya, terutama dalam menyajikan artikel. Kita butuh waktu yang tidak sedikit. Selain itu juga butuh adanya kesabaran. Oleh karena itu mengapa niche tersebut cukup sulit untuk dikelola. Terimakasih banyak sudah mau sharing :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

saya belum sanggup membuat blog dengan niche kuhusus mbak, Yang kepikiran saya bikin blog personal, isinya ya random.

Sempat terbesit membaut blog bahasa inggris, tapi englishnya masih blepotan jadi kurang pede.

Sekarang maksimalkan blog yanga da saja. Gado2 ngga apa2 yang penting hobi tetap tersalurkan dan memberi manfaat ke banyak orang

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik untuk disimak kawan. Memang benar dengan apa yang anda sampaikan bahwa membuat blog dengan niche/topik spesifik sangatlah sulit. Oleh karena itu mengapa kita diharapkan paham betul dengan niche tersebut, sehingga keberlanjutan blog niche tersebut bisa berlangsung lama.

Membuat dan mengelola sebuah blog dengan konten campuran, saya kira tidak menjadi masalah. Asalkan blog tersebut dikelola dengan baik dan selalu update. Dan satu lagi yang terpenting adalah menyajikan beragam informasi yang bermanfaat untuk para pemirsa blog itu perlu untuk diperhatikan.

Terimakasih banyak Mas Sabda Awal sudah berkunjung di blog saya dan sudah berkenan memberikan feedback positif untuk kita semua. Salam :)

Ana Sriwahyuni said...

saat ini saya berencana membuat blog lagi dengan niche market, semoga lebih beruntung dari blog saya sebelumnya, makasih mbak Wahyu atas artikelnya, inspiring...

Ahmad Zaelani said...

ngikut aja sama mas sabda quote "Sekarang maksimalkan blog yanga da saja. Gado2 ngga apa2 yang penting hobi tetap tersalurkan dan memberi manfaat ke banyak orang"
niche blog memang sangat penting,, jadi kita bukan hanya sekedar menulis tapi juga harus bisa mempertanggungjawabkan tulisan yang telah dibuat, misal kalo ada orang yang nanya maka diusahakan kita bisa menjawabnya.......

Unknown said...

Hal yang sulit cenderung peminatnya hanya sedikit sekali. Sedangkan hal yang mudah cenderung peminatnya banyak sekali. Hal yang alamiah sekali di dunia ini. Namun ketika memutuskan 'masuk kedalamnya' dan sukses, maka akan memetik hasilnya melebihi lainnya dan menjadi 'pribadi yang spesial dan unggul'

Artikel yang menarik dan penting sebagai referensi para Blogger sebelum masuk terlalu dalam. Disitu ada niche yang paling sulit dikelola. 'Rambu peringatan' utamanya bagi calon Blogger sebelum memutuskan niche blog yang dipilihnya. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang!

abang ichal said...

ya orng yg buat post unik-unik dengan permainan kode"an juga perlu waktu untuk membuatnya... dan seperti ada syaratnya gituh, seperti bljr dulu kode"an lalu aplikasikan ke postingan blog.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bu Ana, semoga web/blog barunya tentang market bisa sukses ya buk seperti blog sebelumnya tentang tutorial blogging. Ma kasih sudah singgah kemari :)

Mas Zaelani, iya tidak apa-apa mas. Yang penting blog tersebut selalu update dan menyajikan informasi yang bermanfaat. Saya kira itu lebih baik, meskipun blog tersebut konten nya campuran seperti surat kabar hehehe :D Terkait dengan niche, memang benar sangatlah penting. Google sendiri menganjurkan untuk membuat blog niche seperti yang dijelaskan dalam situs Pedoman Webmaster. Dengan adanya niche, arah dan tujuan blog lebih fokus dan terarah, tidak berkelok-kelok. Selain itu juga dapat memberikan kesan tersendiri kepada para pemirsa blog bahwa blog tersebut adalah blog profesional. Thanks ya sudah mau berdiskusi :)

Pak Herdoni, betul sekali pak atas apa yang anda sampaikan. Niche yang sulit, memang sedikit diminati orang, tapi mempunyai peluang yang besar. Begitu juga sebaliknya. Terkait dengan artikel diatas, saya sedikit mencoba memberikan deskripsi bagi siapa saja yang hendak membuat blog, sehingga tidak salah dalam memilih niche. Karena alasan tingkat kesulitan dalam hal pengelolaan. Terimakasih banyak pak atas sharing nya yang sangat antusias ini :)

Mas Rizal, memang, untuk membuat kode-kode HTML/JavaScript dan menyajikan kode-kode tersebut sangatlah rumit. Apalagi bagi orang yang baru berkecimpung di dunia blogging seperti saya. Jadi, harus banyak belajar tentang hal itu. Terimakasih banyak kawan atas sharing nya :)

Mang Lembu said...

yang terpikir saat pertama kali m'bangun blog, pengen jadi artis..itu dulu.....eh ternyata ngga bisa jadi artis via blog, dan karena tampang juga pas-pasan akhirnya dagang ubi saja, jadinya sampe sekarang ngga pernah mikirin soal niche niche an...ng'blog asal bisa becandaan dan ketawa sendiri depan layar laptop...dan ubi dagangan saya banyak yang order....udah segituh doang sayah mah....gimana tuh?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tujuan dan motivasi setiap orang dalam membuat blog tidaklah sama. Itulah indahnya perbedaan. Ada yang bertujuan ingin memperoleh penghasilan, mencari teman, atau sekedar menyalurkan hobby tulis-menulis. Semua orang bebas menentukan pilihannya, karena memang Blogger sendiri tidak melarang akan hal itu. Meskipun demikian, pihak Google sangat menganjurkan apabila akan membuat blog hendaknya fokus pada satu topik, ini yang biasa disebut dengan blog niche spesifik.

Saya rasa blog bapak sudah bagus, karena konten nya bisa bermanfaat untuk orang lain. Selain itu juga frekuensi update artikel juga teratur. Selamat nge-blog aja Pak Cilembu thea. Sukses untuk dagangan nya yang sudah laris manis :)

Unknown said...

Wah ternyata Niche blog saya terlalu spesifik
tapi tidak apa-apalah yang terpenting saya masih mempunyai semangat untuk berbagi ilmu walaupun yang membacanya sangat sedikit.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nggak apa-apa mas. Yang penting update nya tetep jalan. Jadi tidak perlu kawatir lagi :)

Unknown said...

tapi kalo niche berdasarkan hobi & minat gak bakalan sulit kok,kayak aku.Karena suka buku,aku jadi gampang mengelola blog soal buku & baca-tulis.yg penting sesuaikan minat,bakat & hobi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Kalau niche blog tidak sesuai dengan hobby dan minat memang sulit dan menyusahkan diri sendiri hehe :D

Post a Comment