Cara Bertahan di Posisi Pertama SERP Google

Cara Bertahan di Posisi Pertama SERP Google Search Engine Result Page (SERP) yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai laman hasil mesin pencari itu merupakan laman yang berisi ringkasan-ringkasan web/blog yang sudah terindeks oleh Google, Yahoo, Bing, dan kawan-kawan. Menempati posisi pertama pada laman hasil pencarian Google adalah suatu keharusan. Dengan itulah kita bisa memperoleh banyak visitor dan trafik meningkat. Karena sebagian besar visitor menemukan laman blog itu hasil mesin pencari. Meskipun ada juga yang tidak dari mesin pencari, tapi itu jumlahnya sedikit.

Berbagai cara mungkin sudah pernah kita lakukan untuk bisa menempati posisi tersebut. Misalnya saja seperti mempraktekkan Cara Optimasi Mesin Pencari secara on page maupun off page, menulis artikel berkualitas, blogwalking, dan lain sebagainya. Itu semua demi memperoleh posisi yang kita inginkan.
Cara Bertahan di Posisi Pertama SERP
Terkadang blog kita pernah menempati posisi pertama pada laman hasil pencarian Google, tapi itu hanya berlangsung sebentar saja. Lalu apa masalahnya?. Atau mungkin juga blog kita sering menempati posisi pertama, namun tidak visitor friendly, dalam artian tidak banyak orang mencari hal itu. Apa kira-kira penyebabnya?

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana Cara Bertahan di Posisi Pertama SERP. Tujuannya adalah supaya blog kita tetap bisa menduduki laman pertama, meskipun kita jarang update blog. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Bertahan di Posisi Pertama SERP Google

1. Buat artikel yang banyak dicari orang
Biasanya artikel/konten yang banyak dicari orang itu mempunyai persaingan yang berat. Lalu bagaimana? anda perlu melakukan riset kecil-kecilan dengan cara mengidentifikasi, menganalisis, dan memilih kata kunci apa yang mempunyai persaingan rendah namun peminatnya banyak dan tetap. Ini membutuhkan skill anda dalam membidik dan menargetkan keyword yang akan anda gunakan dalam posting artikel.

2. Jangan buat artikel yang musiman atau yang berjangka waktu pendek
Tentu saja hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah substansi artikel posting yang kita buat. Artikel yang berisi informasi musiman dan berjangka waktu pendek akan mudah hilang pada SERP, meskipun artikel tersebut dulu pernah kebanjiran trafik. Saya kira anda sudah tahu mana informasi yang bernilai musiman dan mana yang berjangka waktu pendek.

3. Jangan mengecewakan visitor blog
Google dalam SERP nya selalu diperbaharui setiap harinya. Hal itu didasarkan atas pengalaman pengguna internet. Selain itu juga update artikel terbaru biasanya lebih diprioritaskan pada SERP nya. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mengecewakan visitor anda. Berilah mereka kemudahan akses dan berilah mereka informasi yang mereka cari. Dengan begitu bukan tidak mungkin mereka dan kawan-kawan akan sering mengunjungi blog anda. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Hal-hal yang tidak disukai visitor blog.

4. Buat artikel yang bermanfaat
Selain jangan mengecewakan pengunjung blog, kemanfaatan sebuah konten artikel juga menentukan posisi SERP. Kenapa laman blog tahun 2003-an masih muncul di SERP Google? hal itu disebabkan artikel dalam blog tersebut masih dicari orang dan masih memberi manfaat kepada pengguna internet. Ini penting untuk anda perhatikan supaya laman blog anda ajeg diposisi puncak.

5. Gunakan teknik SEO yang tepat
Satu hal yang tak kalah penting untuk memposisikan diri dan mengajegkan diri pada SERP puncak, perlu adanya langkah konkret dalam hal optimasi SEO. Tentu saja anda harus belajar banyak tentang teknik SEO. Gunakan teknik SEO white hat secara tepat baik itu secara on page ataupun off page, dari mulai membuat artikel SEO Friendly, membangun Backlink, dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Bertahan di Posisi Pertama SERP Google. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

17 komentar:

Unknown said...

Panduan praktis yang menjadi kunci bila ingin bertahan di posisi pertama hasil pencarian search engine Google. Tentu tidak mudah menembus halaman pertama hasil pencaharian karena harus 'bersaing' dengan para 'raksasa' seperti media massa dengan nama besar, facebook, dan lainnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak sulit sekali untuk bisa berada pada posisi tersebut. Persaingan sangat berat :)

Rasito Rasta said...

Benar sekali, tapi adang ada hal nonteknis yang saya sendiri tidak bisa memahami secara pasti. Misalnya untuk kata kunci "mempercepat download", SERP blog saya di nomor 1, padahal tidak ada perlakuan khusus terhadap tulisan saya itu. Saya hanya menulis lalu publikasi.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kadang-kadang SERP memang masih menjadi misteri mas. Kalau kasus-nya seperti itu, kemungkinan besar tulisan anda masih fresh dan banyak dicari orang. Sehingga Google memberi perlakuan yang berbeda terhadap tulisan anda.

Saya sendiri sampai saat ini masih belajar tentang SERP. Jadi belum begitu paham betul. Saya hanya menjelaskan teknik-teknik untuk usaha mempertahankan SERP saja. Semoga saja hasilnya tidak mengecewakan.

Thanks mas rasito sudah mau berdiskusi :)

Unknown said...

saya sih pernah dapat peringkat 1 google, tapi ntah kenapa postingan saya sudah tercampak jauh dari posisi awal. padahal menurut saya kontennya masih banyak yang mencari, itu kenapa ya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kekekalan posisi postingan blog di laman hasil mesin pencari Google. Diantaranya rangking Alexa, Frekuensi Update Blog, Tingkat persaingan, dan masih banyak lagi.

Memang, keajegan postingan di SERP Google itu lumayan susah. Oleh karena itu, kita harus mempunyai trik dan tips yang tepat agar posisi blog kita atau postingan blog kita bisa langgeng berada di SERP. Thanks mas sudah mau sharing pengalaman yang sangat menarik :)

Asep Haryono said...

Search Engine Result Page (SERP) ini memang sering saya dengar, namun saya acuh tak acuh saja. Seolah tak butuh atau tak perlu. Namun lama lama telinga ini semakin saja intens mendengar betapa pentingnya SERP ini. Akhirnya saya sedikit banyak tau apa itu dan fungsi dari SERP ini. Saya pikir tadinya hanya mengandalkan Google Analytic dan Alexa Rank saja. Ternyata SERP juga perlu mendapat perhatian kita semua. Saya belajar banyak dari tulisan mba Ririn ini.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah bisa aja nich Pak Asep hehehe Saya juga belajar banyak dari Pak Asep kok, terutama dalam hal Bisnis Online. Soalnya Pak Asep sudah sangat berpengalaman dalam bidang tersebut. Kalau saya mah baru saja bergabung dengan blogging. Jadi belum tahu banyak tentang SEO dan bisnis online hehe :)

Anonymous said...

wah sungguh luar biasa tipsnya,,,
Salut juga buat artikel yang sudah luar biasa banyak
Terus menulis sobat,,, salam kenal ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Salam kenal juga Mas Cuero. Thanks ya atas apresiasinya :)

Djangkaru Bumi said...

ngeblog kadang hanya untuk iseng dan hiburan, kadang isi artikelnya pun hanya jebakan atau goyonan. Isi kepala susah kalau untuk serius terus :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita kembalikan lagi pada motivasi ngeblog Pak Djangkaru. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda untuk membuat blog. Ada yang hanya sekedar Fun, ada yang sekedar menyalurkan Hobby menulis, dan ada juga yang ngeblog untuk mendapatkan penghasilan. So, nikmati aja keberagaman tersebut. Bukankah begitu Pak? hehe :)

Sigli Cyber said...

prnah sih masuk jajaran artikel yg berposisi pertama...
tpi hnya berlangsung sbntar..
mmank tips diatas sngat membantu agar postingan kita bisa mnjdi mudah terindek oleh gugel nantinya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mudah-mudahan begitu ya mas. Sukses buat Mas Sigli :)

Toko Sepeda Majuroyal said...

Kalau Postingan kita terus konsisten dengan Topik Blog Kita, Insyaallah posisi di page one akan terus bertahan juga ya mba... Jangan cepat SENANG kalau sudah di page one, karena rasa senang itu bikin kita jadi malas loh... terus tancap kan BL di mana-mana sesuka kamu... :D
Salam kenal semua nya ya...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mudah-mudahan sih begitu, soalnya saya juga nggak begitu paham sama SEO. Pokoknya asal nulis aja di blog. Malahan saya banyak belajar di blog anda Trik Mudah SEO :)

Rahmad Hidayat said...

sip om.. tapi kalau di pertama di google sih susah susah gampang, tapi kalau untuk urutan pertama di bing sama yahoo kok susah knapa ya om??

Post a Comment