Cara Membuat Forum di Blog

Cara Membuat Forum di Blog Blog memang media yang tepat untuk sharing apa saja, terutama tentang pengetahuan. Apabila anda mempunyai sebuah blog pribadi, gunakanlah sebaik-baiknya. Jangan sampai blog anda terbengkalai dimakan oleh waktu. Biasanya kita berdiskusi dalam blog melalui kolom komentar yang tersedia, tapi kini kita juga bisa berdiskusi melalui halaman forum. Tentu saja kita harus memasangnya sendiri, mengingat di blogger itu tidak disediakan widget tersebut.

Nampaknya halaman forum hampir mirip dengan buku tamu. Tapi sebenarnya berbeda. Halaman forum bisa difokuskan pada diskusi yang sesuai dengan topik yang kita inginkan, sedangkan buku tamu cenderung tidak ada topiknya, alias sebatas untuk presensi saja di blog.
Cara Membuat Forum di Blog
Halaman forum mempunyai peran yang cukup penting sebagai media berinteraksi, berdiskusi, dan sharing tentang apa saja antara visitor dengan administrator blog. Oleh karena itu, penting kiranya kita membuat sebuah forum pada halaman tersendiri dan dipasang pada menu header, sehingga mereka (visitor) bisa dengan mudah menemukan halaman tersebut.

Dan kabar baiknya adalah untuk membuat forum itu sangatlah mudah dan itu gratis. Di internet ada sebuah situs yang menyediakan layanan tersebut secara cuma-cuma. Adalah tal.ki yang menyediakannya. Yuk mari kita buat forum dari tal.ki. Berikut adalah langkah-lankah untuk membuat forum. Silahkan simak baik-baik ya.

Cara Membuat Forum di Blog

1. Pastikan anda sudah mempunyai E-mail. Jika belum punya, silahkan buat terlebih dahulu. Baca Cara Membuat E-mail dari Yahoo.

2. Silahkan kunjungi situs tal.ki di url http://tal.ki/ Maka anda akan menjumpai laman seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik menu Pricing & Sign up.
Cara Membuat Halaman Forum di Blog
3. Ada 3 pilihan apakah Free, Pro, atau Platinum. Silahkan pilih yang free saja, karena gratis. Klik tombol Try it fo Free!.
Cara Membuat Forum di Blogspot dari Tal.ki
4. Silahkan sign in menggunakan akun yang anda punya. Dalam hal ini saya akan sign in menggunakan akun Yahoo. Silahkan klik gambar Yahoo!.
Tal Ki situs penyedia forum gratis di internet
5.Selanjutnya silahkan klik tombol Setuju.
cara buat forum keren di website
6. Berikutnya silahkan copy seluruh Script yang ada dalam kotak.
cara bikin forum diskusi gratis dan mudah
7. Untuk proses pemasangan widget forum dari tal.ki, silahkan masuk ke Blogger. Log in menggunakan username dan pasword anda masing-masing. Widget tersebut bisa anda pasang di bagian sidebar atau bisa juga dipasang di halaman posting.

8. Saya sarankan dipasang di halaman posting saja, karena widget tersebut selain bisa terlihat lebih besar, juga tidak akan memperberat loading homepage blog anda.
cara memasang widget forum tal ki di blog web
9. Silahkan menuju dashboard > pilih menu Page/Halaman > klik New Page/Halaman baru > klik Blank Page/Halaman kosong > silahkan paste seluruh Script yang sudah di copy tadi pada halaman kosong pada HTML > klik Update. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
halaman forum keren tal ki di blog
10. Langkah selanjutnya silahkan lihat hasilnya. Apabila anda berhasil, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.
contoh tampilan forum diskusi online dari situs tal ki yang dipasang di blog web
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Halaman Forum di Blogspot. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

10 komentar:

Tofa Maulana Irvan said...

tanks y informasinya bagus" hampir 1 jam w disini

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama mas Tova, senang rasanya anda mau berlama-lama singgah di blog saya ini hehehe :)

Unknown said...

Ketika membuat forum tentu kita menyediakan waktu yang cukup lebih-lebih bila banyak yang meresponnya. Panduan yang menarik bagaimana cara membuat forum di blog. Forum yang bermanfaat bisa saling berbagi, berdiskusi tentang topik yang menarik perhatian masyarakat saat ini, info, tips, SEO, dan lainnya. Terima kasih. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Salah satu kegunaan forum salah satunya seperti itu pak, sebagai ruang untuk berdiskusi hal-hal yang menarik, tentunya yang sesuai dengan topik yang dibahas tentang apa. Kalau soal waktu saya kira fleksibel, dalam artian bisa disesuaikan dengan kondisi dan situasi :)

Thanks pak sudah mampir kesini :)

Unknown said...

gan kalo dibuat forum cara ngembalikan seperti semula lagi gimana

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Maksudnya bagaimana ya mas? jujur, saya kurang paham atas pertanyaan yang anda sampaikan :)

Atau mungkin maksud anda agar isi forum bisa menjadi kosong ya? Kalau benar begitu, anda bisa log in ke situs penyedia forum dalam hal ini adalah situs tal.ki, dan kemudian delete isi forum yang sudah ditulis oleh anda atau orang lain. Mungkin seperti itu mas :)

Unknown said...

Thanks ya neng ririn :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Mas Uchiha ^^

Unknown said...

thank informasinya mbak, saya jadi mempunyai wawasan baru...terus berkarya dan sukses yah mbak

Pijat Jakarta said...

Mau dicoba dulu,,,

Post a Comment