Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog Loading blog merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam mengelola sebuah blog. Kenapa hal itu penting? tentu saja penting. Loading yang ringan dapat memanjakan para pengunjung blog. Mereka akan merasa nyaman ketika mengakses sebuah blog yang ringan. Sehingga informasi yang mereka cari, itu bisa dengan cepat ditemukan.

Bagaimana dengan blog yang mempunyai loading berat? itulah masalahnya. Kita harus menyadari bahwa tidak semua koneksi internet yang digunakan semua orang itu super cepat. Mungkin apabila orang browsing di warnet itu bisa cepat, tapi kalau browsing menggunakan modem, itu ada yang cepat dan ada juga yang lambat.
Cara Mempercepat Loading Blog
Image by bloggernyaaff.blogspot.com
Biasanya kebanyakan orang ketika membuka sebuah blog, tapi loading nya lama, mereka akan segera menutup laman blog tersebut. Hal itu tentu tidak anda harapkan bukan? Itulah mengapa loading blog yang berat merupakan salah satu hal yang paling tidak disukai oleh visitor blog. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Hal-hal yang dibenci oleh visitor blog.

Pengelola blog sering tidak sadar bahwa loading blognya ternyata berat. Mungkin kebetulan koneksi internet yang ia gunakan adalah super cepat, sehingga mengabaikan loading blog. Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya dibenarkan karena tidak memikirkan pengunjung blog.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tips agar blog anda menjadi ringan. Berikut adalah point-point penting yang harus anda perhatikan.

Cara Mempercepat Loading Blog

1. Gunakan template blog yang ringan
Template yang digunakan sangat mempengaruhi loading blog. Template yang terlalu banyak variasi dan animasi, bisa dipastikan akan memperberat loading. Apalagi bila template tersebut ada slide show nya, pasti akan mempengaruhi loading.

Oleh karena itu, silahkan gunakan template yang ringan. Biasanya template yang ringan itu lebih SEO Friendly. Misalnya Template Trick Collection, Template Putih Biru, dan Responsive.

2. Jangan pasang widget yang berlebihan
Hendaknya ketika anda memasang widget itu yang penting-penting saja. Sebenarnya apa sich yang visitor cari di blog kita? pasti jawabannya adalah konten blog yang berupa artikel, bukan widget-widget yang terpasang dalam blog.

Sebaiknya anda pasang widget yang mendukung, misalnya seperti widget artikel terkait, artikel terbaru, artikel terpopuler, dan lain sebagainya. Widget tersebut selain tidak memperberat loading blog, juga dapat meningkatkan jumlah pageview blog anda. Silahkan baca Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog.

3. Pasang iklan sewajarnya saja
Adakalanya sebuah blog itu dimonetisasi, yakni dengan cara memasang iklan di dalam blog. Hal itu tidak menjadi seuatu masalah karena memang sudah lumrah adanya. Namun, apabila dalam pemasangan iklan terlalu berlebihan, itu juga tidak sedap dipandang oleh mata dan juga dapat memperberat loading blog anda.

Oleh karena itu, sebaiknya pasang iklan dalam blog secara wajar. Sebenarnya 1 iklan saja sudah lebih dari cukup, asalkan terletak pada bagian yang strategis. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Tips Memasang Iklan di Blog dengan Baik dan Benar.

4. Perhatikan ukuran foto/gambar yang disisipkan dalam postingan
Ukuran foto/gambar juga mempengaruhi cepat tidak nya loading blog anda. Kita boleh saja menyisipkan banyak gambar dalam sebuah postingan. Misalnya postingan tersebut membahas tentang tutorial. Bisa dipastikan akan memerlukan gambar yang banyak.

Agar gambar tidak memperberat loading blog anda, sebaiknya anda perlu membatasi ukuran gambar tersebut. Yakni tidak lebih dari 50 Kb. Jangan lupa untuk selalu memasang Alt Tag pada gambar. Tujuannya apa? supaya apabila gambar anda tidak muncul/rusak ketika diakses, maka ada tulisannya yang berupa deskripsi gambar tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mempercepat Loading Blog. Semoga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk anda yang merasa pengelola blog. Atas perhatiannya disampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

6 komentar:

Mbak Iis said...

mkhs infonya, bisa dicoba nich.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya mbak silahkan dicoba, supaya penggemar blog anda bisa betah hehehe :D

MANG YONO said...

kalau blog mamang ringan ndak ya... terimakasih inpohnya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Blog bapak cukup ringan pak. Tapi apabila ingin ringan lagi loadingnya ya bapak bisa memperbaikinya lagi dengan cara membuang widget-widget yang tidak penting. Dengan begitu maka loadingnya menjadi lebih ringan :)

Mizz Aiza said...

bagus sekali tipsnya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak mizz atas apresiasinya :)

Post a Comment