Cara Menambah Add Element dibawah Header Blog

Cara Menambah Add Element dibawah Header Blog Beberapa waktu yang lalu saya sedah menjelaskan tentang Cara Menambah Element diatas Header Blog. Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang Cara Menambah Add Element dibawah Header Blog. Nampaknya hampir mirip ya? tapi menurut saya berbeda. Nanti apabila ada Add Element di bawah header, anda bisa memasang widget sesuai dengan selera anda. Posisi widget tersebut nanti terletak tepat di bawah header blog.

Yupz, cara ini hanya untuk blog bagus berplatform Blogger/Blogspot. Kalau platform WordPress atau yang lainnya, saya kurang tahu. Seperti kita ketahui bersama bahwa tidak semua template yang kita gunakan, itu ada Add Element di bawah header. Oleh karena itu, anda harus memasangnya sendiri dengan cara meng-edit template anda dan memasang beberapa script yang akan saya sediakan nanti.

Sebelum proses pemasangan Add Element, ada baiknya apabila anda back up terlebih dahulu template anda. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga saja bila nanti template anda malah eror. Tapi saya yakin apabila anda melakukannya dengan benar, bisa dipastikan tidak eror, karena saya sudah pernah mempraktekkannya. Berikut adalah langkah-langkah Menambah Add Element dibawah Header Blog. Silahkan disimak baik-baik ya.

Cara Menambah Add Element dibawah Header Blog

1. Silahkan log in ke Blogger dengan menggunakan Username dan Pasword anda masing-masing.

2. Silahkan masuk ke Dashboard > pilih menu Template > klik Edit Template > silahkan cari kode ]]></b:skin>. Untuk proses pencarian kode tersebut, silahkan tekan Ctrl + F pada keyboard komputer anda, maka nanti akan muncul kotak pencarian. Masukkan kode tersebut pada kotak pencarian, lalu tekan Enter.

3.Setelah kode ]]></b:skin> sudah anda temukan, silahkan letakkan kode berikut ini tepat diatas kode ]]></b:skin>.

#under_header{
margin:10px 0;
padding:1%;
width:100%;
}

4. Langkah selanjutnya silahkan cari kode seperti di bawah ini.

<div id='header-wrapper'>
<b:section class='header' id='header' maxwidget="1" showaddelement="no">
<b:widget id='Header1' locked='true' title='test (Header)' type='Header'/>
</b:section>
</div>

Apabila tidak ditemukan, maka anda cukup cari kode ini saja <div id='header-wrapper'>. Setelah kode tersebut sudah anda temukan, silahkan letakkan kode berikut ini tepat di bawah kode <div id='header-wrapper'>.

<div id="under_header">
<b:section class='header' id='underheader' preferred='yes'/>
</div>

5. Langkah selanjutnya silahkan klik Save dan lihat hasilnya pada menu Tata Letak/Layout blog anda. Apabila anda berhasil, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
Cara Menambah Add Element dibawah Header Blog
Add Element dibawah Header Blog
Demikian tutorial yang dapat saya sampaikan untuk anda semua tentang Cara Menambah Add Element dibawah Header Blog. Semoga dapat bermanfaat. By the way terimakasih banyak atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

5 komentar:

Djangkaru Bumi said...

saya pernah mempraktekannya, umumnya template pihak ke 3, kalau bawaan blogspot sudah otomatis ada. terimakasih.

Anonymous said...

tapi sepertinya di blog saya sudah ada deh... maklum pakai bawaan blogspot

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Djangkaru Bumi, iya pak untuk template custom itu ada yang ada dan ada juga yang tidak ada. Oleh karena itu bila tidak ada, kita pelu menambah element sendiri :)

Pak mangyono, ya ini kan tutorial di buat bukan untuk bapak saja, melainkan untuk pemirsa blog yang memerlukan informasi seperti ini yeee :D

Unknown said...

'Tampak muka blog' tentunya ditata dengan sebaik-baiknya sesuai selera atau keinginan pemiliknya. Begitu beragam template blog yang ada di dunia maya mulai dari yang 'sederhana' sampai yang 'super komplit'. Panduan yang praktis dan mudah dipahami. Salam cemerlang buat sobat Wahyu Eka Prasetiyarini.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu pak. Layout yang tertata rapi memang memberikan kesan tersendiri. Oleh karena itu mengapa kita harus pandai-pandai mengorganisasi tata letak yang ada dalam menu layout blog. Terimakasih banyak pak sudah berkunjung di blog saya :)

Post a Comment