Cara Mendaftar Alexa Rank

Cara Mendaftar dan Membuat Akun Alexa Rank Mungkin teman-teman blogger sudah sangat familiar dengan Alexa Rank. Yupz situs tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dibidang informasi website, baik itu berupa pemeringkatan situs, SEO, dan masih banyak lagi. Silahkan baca lebih lanjut postingan saya terdahulu tentang Apa itu Alexa Rank?.

Jika anda mempunyai sebuah web/blog tidak ada salahnya untuk mengetahui rangking blog/web anda di Alexa Rank. Di situs tersebut akan memberikan informasi tentang rangking anda baik secara global/internasional ataupun secara nasional/regional/wilayah. Bila rangking global blog anda di bawah 1 juta, itu artinya blog/web anda sudah cukup bagus, yakni sudah mempunyai trafik yang memadai atau istilahnya layak.
logo situs alexa rank
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tata Cara Mendaftar atau Membuat Akun Alexa Rank. Pertanyaannya adalah apa kegunaan akun Alexa Rank? tentu saja banyak. Antara lain adalah kita bisa meng-klaim web/blog kita pada situs tersebut. Selain itu, kita juga bisa memberikan review kepada blog/web orang lain, dan masih banyak lagi kegunaan akun Alexa Rank.

Berikut saya jelaskan langkah-langkah mendaftar Alexa Rank. Pastikan sebelum anda mendaftar, anda sudah mempunyai Akun E-mail. Jika belum punya silahkan buat terlebih dahulu. Atau silahkan baca Cara Membuat Email di Gmail dan Pendaftaran Yahoo!.

Cara Mendaftar dan Membuat Akun Alexa Rank

1. Silahkan kunjungi situs Alexa Rank di url http://www.alexa.com/ Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot di bawah ini. Silahkan klik tulisan Create An Account yang ada di pojok kanan atas.
Cara Mendaftar Alexa Rank
2. Silahkan isi formulir pendaftaran.
cara membuat akun di alexa
Keterangan:
Nomor 1 diisi dengan Alamat E-mail anda
Nomor 2 diisi dengan Nickname atau nama panggilan anda

Berikutnya silahkan klik tombol Register.

3. Maka akan muncul laman seperti berikut ini. Silahkan cek kotak masuk/inbox akun E-mail anda.
proses pendaftaran di situs alexa rank
4. Berikut adalah isi pesan dari dari pihak Alexa untuk aktivasi Akun. Silahkan klik tautan yang berwarna biru.
verifikasi akun di situs alexa
5. Silahkan atur Pasword anda. Pasword ini nantinya akan digunakan untuk log in ke situs Alexa.
cara mendaftarkan blog di website alexa rank
Keterangan:
Nomor 1 diisi dengan Pasword anda
Nomor 2 verifikasi pasword anda

Selanjutnya silahkan klik tombol Submit Pasword

6. Selamat!!! anda sudah berhasil membuat sebuah Akun di Alexa Rank. Silahkan nikmati fasilitas gratis ataupun berbayar di situs Alexa Rank. Good Luck!!!
cara klaim claim blog website di situs alexa rank dengan mudah cepat dan praktis hanya 3 menit
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mendaftar Alexa Rank. Semoga tutorial dari saya ini dapat bermanfaat untuk anda. Thanks for your attention.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

42 komentar:

Unknown said...

Rasanya belum lengkap bila suatu blog tidak dipasang widget Alexa Rank. Saya telah memasangnya sejak awal memiliki blog. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak, sepertinya belum lengkap ya kalau belum pasang widget tersebut. Hehehehe :D

Saya dulu pernah masang widget tersebut pak di blog ini, tapi sepertinya memperberat loading blog. Oleh karena itu mengapa saya mencabutnya lagi dari blog ini. Taktunya ya itu loading jadi lama.

Ya udah nanti kapan-kapan mau pasang deh biar blog nya lebih lebgkap dan keren kalau rangkingnya sudah bagus hehehe. Terimakasih banyak pak sudah memberikan masukan dan saran yang sangat berharga :)

Masnady said...

sip dech mbak...bisa membatu nih buat para pemula.... saya juga sudah pasang widget alexa di blog saya. biarpun ranking nya masih jauh hahahaha

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas ini buat panduan untuk webmaster pemula yang ingin mendaftar Alexa. Wah sepertinya anda merendah nich. Ranking Alexa sudah langsing begitu bilangnya masi jauh hhmmmm dasar :P

Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

Anonymous said...

mantap, artikel sperti inilah yang banyak dicari oleh para pemula. good share :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak jocker, thanks pak atas apresiasinya :)

Hariyanto Wijoyo said...

mantabs nich tutornya...sangat sederhana dan sangat mudah dipahami bagi para blogger yang belum mendaftar alexa ////luarbiasa :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok Pak Hariyanto makasih banyak ya :)

Walidin said...

mantap mba buat saya yang baru baru nyobi ngeblog

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe silahkan dipraktekkan pak. Cara daftarnya cukup mudah kok. Syaratnya hanya perlu alamat E-mail doank :D

Yanuar Catur said...

Sip, ane juga pasang si Alexa tuh,heheh.

oiya, aq dah folbek nih, tp kok potoku gk muncul yah?

Walidin said...

Iya aku juga kesusahan pake image di joint this site. Upload gagal terus, gimana ya. Padahal ukurannya dah kecil bener.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh bagus deh kalau anda sudah pasang widget Alexa hehehehe :D

Mungkin anda follow blog saya menggunakan private profile, sehingga foto anda tidak terlihat :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak walidin, mungkin karena anda masih menggunakan profil blogger. Coba dech menggunakan profil Google+ :D

Unknown said...

yang newbie wajip nongol di mari, termasuk saya.. :)

oh ya kalau fasilitas miss Alexa yang berbayar itu gmna ya ?

Update Campuran said...

hehe blog saya loadingnya lama :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel Erick: wah saya tidak tahu itu mas. Mungkin kalau yang Alexa premium itu ada fasilitas tambahan, misalnya seperti optimasi search engine, dan kawan-kawan. Tapi itu kayaknya sich, saya kurang tahu pasti :D

Om Update Campuran, ya di perbaiki blog nya biar loading nya tidak berat :D
Kurangi widget-widget yang tidak penting hehehe :)

Anonymous said...

Saya belum daftar.. :/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ya silahkan daftar pak untuk menikmati fasilitas yang disediakan oleh situs Alexa :)
Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sdr. antarez ery, mohon maaf komentar anda saya hapus, isi comment anda tidak sesuai dengan topik artikel. Selain itu, juga bersifat promosi.

Silahkan belajar lagi tentang tata cara berkomentar yang baik dan benar di blog orang lain agar komentar anda tidak di hapus lagi. Ok

uausu said...

thanks mba , saya mau daftaarin blog saya nih hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama Mas Rian. Good luck ya daftarnya :)

Asep Haryono said...

Saya sudah pasang alexa rank pada blog saya yang lain. Terima Kasih sudah mengingatkan saya akan Alexa Rank. Insya Allah akan saya pasang di blog saya yang utama

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Pak Asep sama-sama. Thanks juga sudah singgah kemari :)

abitalita said...

google PR tetap masih menjadi idola dan incaran para bloger tapi memang untuk mandapatkannya juga haruslah extra bloging ya mbak :)

maka itu alexa rank menjadi pilihan alternatif untuk mengetahui perkembangan sebuah blog.thx sudah share tutor yang bermanfaat ini :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul sekali pak. Banyak tools di dunia maya ini yang dapat dijadikan sebagai parameter (alat ukur) sebuah blog, dalam hal ini adalah perolehan ranking. Misalnya seperti Google Pageranks seperti yang anda sampaikan. Selain itu juga alexa rank mempunyai peran penting untuk mengetahui berapa ranking blog kita secara global maupun regional. Thanks pak atas sharing nya :)

Unknown said...

Tutorialnya mengenai Alexa rank sangat bermanfaat mbak, saya juga udah pasang Alexanya di blog saya, bagus juga yah buat memotivasi kita untuk terus semangat dalam ngeblog biar tambah ramping Alexanya hehe...

Unknown said...

artikel yang bermanfaat bagi pemula :)

celco-blog.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, wah bagus itu mas bahwa anda sudah pasang widget Alexa Rank di blog anda. Kalau blog saya nggak saya pasang widget tersebut, soalnya takut kalau nanti berpengaruh terhadap loading blog heheheh :D Memang benar bahwa dengan adanya pemeringkatan situs yang diberikan oleh Alexa, itu bisa memotivasi kita untuk giat dalam nge-blog agar blog yang kita kelola mempunyai ranking yang tinggi :)

Mas Zakaria, terimakasih banyak mas sudah singgah di blog saya :)

Mizz Aiza said...

terima kasih tutorialnya.. saya baru mencuba daftar dan success.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah selamat ya miss sudah punya akun Alexa Rank :)

ViralBanget said...

wajib pake atm >,<

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

nggak wajib pakai atm kok sob, yang penting punya akun Email untuk mendaftar di Alexa :)

ViralBanget said...

hehe makasih infonya ^^

pantes blog udah dapet rank.. lah kok gua yg lebih bnyak pengunjung g dapet rank alexa.. blm di verivikasi ternyata hehehe... >,<

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Verifikasi Blog di Alexa bertujuan untuk mengklaim hak kepemilikan atas sebuah web/blog. Kalau untuk meningkatkan ranking blog di Alexa, anda harus pasang/install Alexa Toolbar di Browser yang anda gunakan (Mozila Firefox, Google Chrome, atau yang lainnya).

Unknown said...

sukses :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alhamdulillah kang :)

Adit Irawan said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas adit atas kunjungannya. Sorry, komentar anda tak hapus karena ada link aktif :)

Awam Store said...

mbak blog yang belum di daftarkan ke alexa apakah masih bisa mendapatkan alexa rank?
Karena blog saya yang satunya belum saĆ½a daftarkan ke alexa, cuma memasang widget alexa rank nya saja, sekarang sudah mendapatkan alexa rank 1jt, apa itu benar ranking alexa blog saya? Karena blog tersebut belum saya daftarkan ke alexa. . .
Gimana mbak ririn? saya tunggu jawabanya. . .

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya itu benar angka alexa blog anda. Dulu juga blog saya ini tidak saya daftarkan di Alexa, dan sudah ada angkanya. Tapi, apabila anda ingin merampingkan alexa blog anda, anda bisa mendaftarkan blog anda di alexa dengan cara mengklaim blog anda di situs alexa :)

Post a Comment