Cara Mengelola Akun AdSense dengan Baik dan Benar

Cara Mengelola Akun AdSense dengan Baik dan Benar Apakah permohonan akun AdSense anda sudah diapprove? Kalau belum, silahkan daftar lagi dan pelajari lebih lanjut tentang Cara Mendaftar Google AdSense. Kalau sudah diapprove, saya ucapkan "Selamat" karena anda sudah berhasil menjadi Publisher Google AdSense. Tapi jangan senang dulu karena anda hanya baru menjadi publisher saja, belum sampai memperoleh pembayaran. Anda ibarat baru masuk ke dalam rumah yang spesial apabila anda baru menjadi publisher AdSense. Di dalam rumah tersebut ada beranekaragam aturan yang harus anda penuhi apabila anda ingin tinggal dirumah tersebut berlama-lama dan langgeng.

Banyak blogger Indonesia mempunyai akun AdSense, namun tidak sedikit dari mereka yang tidak bertahan lama. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak mematuhi Kebijakan Program Google AdSense. Oleh karena itu apabila anda ingin sukses menjadi Publisher Google AdSense, anda harus mematuhi segala pertauran yang berlaku.
Cara Mengelola Akun AdSense dengan Baik dan Benar
Image by situstopinfo.blogspot.com
Kecurangan/pelanggaran apapun yang dilakukan oleh anda itu bisa dengan mudah diketahui oleh pihak Google AdSense. Sehingga konsekuensinya adalah situs anda dinonaktifkan dari penayangan iklan atau mungkin banned akun. Dan ironisnya apabila akun anda sudah dibanned, anda sudah tidak berhak berpartisipasi lagi pada Program Google AdSense.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mengelola Akun AdSense dengan Baik dan Benar. Tujuannya adalah supaya akun anda tetap langgeng dan bisa berlangsung lama. Syukur-syukur anda bisa memperoleh bayaran berkali-kali. Tentu itu yang anda harapkan bukan? Oleh karena itu, silahkan simak baik-baik penjelasan saya berikut ini.

Cara Mengelola Akun AdSense dengan Baik dan Benar

Larangan:
1. Jangan meng-klik iklan anda sendiri. Anda tidak boleh mengklik iklan anda sendiri. Biarlah iklan bekerja dengan sendirinya.

2. Dilaranag keras menganjurkan visitor untuk meng-klik iklan. Dengan cara apapun baik itu secara manual ataupun otomatis menggunakan script, anda tidak diperbolehkan menyarankan kepada visitor blog untuk mengklik iklan anda.

3. Jangan memasang iklan Google AdSense pada blog/web yang berisi konten dewasa, kekerasan, Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA), konten crack software, obat terlarang, minuman keras, rokok, penjualan obat resep, penjualan senjata api, penjualan barang tiruan, penjualan tugas kuliah, konten ilegal, dan konten yang sebagian besar mempunyai bahasa yang tidak support Google AdSense

4. Anda tidak diperbolehkan menayangkan iklan pada blog/web yang berisi konten yang dilindungi hak cipta. Misalnya seperti artikel hasil copy-paste, file mp3, dan lain sebagainya.

5. Anda tidak diperbolehkan membuat konten yang terlalu banyak kata kuci dalam postingan. Hal itu biasanya anda lakukan untuk meningkatkan rangking situs anda di mesin pencari. Praktek seperti itu bisa menimbulkan banned akun, bisa juga tayangan iklan di blog anda dinonaktifkan.

6. Anda tidak boleh berpartisipasi pada program Paid To Click (PTC), mengirim E-mail massal, atau menggunakan perangkat lunak tertentu. Ini maksudnya adalah laman blog/web anda tidak diizinkan berasal dari sumber terntentu.

7. Dilarang keras merubah/memodifikasi iklan AdSense yang dapat merugikan pihak Advertiser. Contohnya seperti iklan AdSense dibuat menjadi pop-up melayang, pop-under, dan lain sebagainya.

8. Blog anda tidak diperbolehkan membingungkan visitor. Ini mencakup navigasi menu situs. Buat laman blog yang jelas. Bedakan antara konten dengan iklan secara tegas!

9. Anda tidak diperbolehkan memasang iklan AdSense pada blog/web yang berisi konten perjudian. Hanya ada beberapa negara yang boleh memasang iklan AdSense pada blog/web tentang perjudian. Untuk blog/web di Indonesia itu tidak diperbolehkan.

10 Iklan yang dipasang di blog/web itu tidak boleh melebihi batasan maksimal. Untuk iklan teks/gambar maksimal 3 buah. Untuk iklan link/tautan maksimal 3 buah. Untuk iklan kotak telusur maksimal 2 buah.

Saran:
1. Silahkan patuhi semua aturan yang ada dalam Google AdSense. Seperti yang telah dijelaskan diatas.

2. Buatlah konten yang menarik, berkualitas, dan original secara kontinyu di blog anda. Sehingga dapat bermanfaat untuk visitor anda. Semakin banyak konten di blog anda, semakin banyak pula konten yang dapat diuangkan.

3. Pasang iklan AdSense pada posisi yang tepat dan strategis di blog anda, namun tetap mematuhi aturan yang berlaku. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Tips Memasang Iklan di Blog dengan Baik dan Benar.

4. Praktekkan Teknik SEO secara tepat dan benar. Tujuannya agar blog/web anda mudah terindeks oleh mesin pencari. Minimal pada halaman pertama hasil pencarian Google, Yahoo, dan Bing. Sehingga blog anda banyak di kunjunngi oleh visitor. Apabila trafik blog tinggi, penghasilan AdSense anda juga tinggi. Silahkan anda pelajari selengkapnya tentang Cara Optimasi Mesin Pencari (SEO).

5. Saya yakin anda ingin sekali meningkatkan penghasilan anda dari Google AdSense karena mungkin blog/web anda penghasilannya sedikit atau mungkin stagnat, sehingga anda belum bisa payout. Oleh karena itu, silahkan baca Cara Meningkatkan Penghasilan dari Google AdSense.

Perlu dicatat bahwa Kebijakan Program Google AdSense bisa berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan yang ada. Oleh karena itu hendaknya anda selalu mengunjungi laman AdSense Bantuan secara rutin. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mengelola Akun AdSense dengan Baik dan Benar. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

23 komentar:

Djangkaru Bumi said...

blog ku sudah kena banded, dan disuruh untuk memasang di blog lain. merawat itu ternyata paling susah :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul Pak, mengelola akun adsense memang cukup sulit. Butuh pengalaman, pengetahuan, dan kesabaran untuk mengelolanya dengan baik.

Dari aktivitas banned, itu bisa dijadikan pengalaman untuk masa yang akan datang supaya kita tidak melakukan kesalahan seperti itu lagi.

Saya yakin pihak adsense memberlakukan peraturan yang cukup rumit tersebut semata-mata untuk kebaikan kita bersama. Thanks pak sudah mampir ke blog saya :)

Radja Blangkon said...

semoga GA ku awet, dan bisa berhati-hati. terhindar dari copas. tapi ada juga GA kebanded disebabkan olah pengunjung yang menklik berulang ulang. Karena di Indonesia aplikasi orisninil masih hanya orang-orang tertentu sehingga IP umumnya ada yang kembar.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak mudah-mudahan GA anda bisa langgeng. Memang copas adalah tindakan tidak terpuji, oleh karena itu, sebaiknya blog yang terdapat iklan adsense, itu tidak berisi konten hasil copas. Bila ada orang copas milik kita, tinggal laporkan saja kepada pihak yang berwajib. :)

Itulah salah satu masalahnya pak. Ada orang iseng-iseng, yang mana mengakibatkan klik tidak valid, yang mana pada gilirannya yang punya akun yang menanggung resikonya.

Ya kita berdo'a saja semoga tidak ada orang iseng yang berbuat demikian. Thanks pak sudah berkunjung di blog saya :)

Radja Blangkon said...

Tapi ada juga blog yang copas justru langgen GA nya dan banyak iklannya. Memang ada ilmu copas biar aman dari bandded :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh begitu ya pak. Saya malah belum pernah menjumpai blog seperti itu hehehe :D

Mungkin dia punya teknik copas yang bagus pak. Sehingga postingannya tidak terlihat kalau hasil copas, dan pada gilirannya iklan adsense nya aman.

Thanks pak sudah share pengalaman hehehe :D

Anonymous said...

Sudah saya ikutin semua tuh sarannya.
Tapi tetep kemaren di banned.
Padahal udah $150, kan udah lumayan.

Unknown said...

Berbahagialah bagi Blogger yang diterima oleh Google AdSense. Tinggal mengikuti syarat dan ketentuannya dengan konsisten. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sobat Widya, yang sabar saja sob. Mungkin saja belum rejekinya. Nanti kalau sudah rejeki, tidak akan kemana-mana kok :)
Positive thinking saja & tetap semangat :)

Pak Herdoni, iya pak mohon do'anya untuk kita semua semoga bisa mencapai payout. Syukur-syukur bisa langgeng :)
Thanks Pak her, sudah mampir di blog saya :)

Anonymous said...

Iya mas / mba admin, makasih supportnya.
Sekarang mau cari alternatif lain dulu.. dari AdRewa.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Good luck ya & semoga bisa langgeng dan bisa sampai payout :)
Ma kasih dah mampir kesini :)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Untuk mendaftar Google AdSense hingga kini masih bisa melalui Blogger secara langsung mas. Mungkin blog anda di dashboard belum ada menu earnings, sehingga anda tidak bisa mendaftar melalui blog. Oleh karena itu, silahkan menu earnigns-nya di tampilkan terlebih dahulu dengan cara masuk ke Dashboar > Pilih Pengaturan > Pilih Pengaturan Bahasa > Ganti Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris UK/US > klik Save > kemudian silahkan browser anda di refresh. Nanti akan muncul Menu Earnings di Dashboard. Seperti itu mas.

akang sam said...

nice infoh, semoga akun adsense sobat semua dan adminnya awet rajet/ hubungannya denagn akun adsense semakin familiar ja, hehehe

thanks for sharing, guys

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Amin, thanks mas atas do'a nya :)

afada said...

saya cuma pakai di sisi kanan content saja, itupun sudah lebih dari cukup untuk sekedar membayar domain petahun.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik Mas Raja. Letak iklan adsense yang dipasang di blog memang menentukan besar nya penghasilan. Namun, kita tetap harus memprioritaskan konten yang disajikan. Terimakasih banyak sudah mau sharing :)

Arif Hakim said...

Semoga aja akun GA saya selalu aman dari banned,Amin
Thank lho tipsnya,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mudah-mudahan akun adsense anda bisa aman ya mas. Good luck ya :)

Anonymous said...

susah gan daftarnya sudah berkali kali

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Coba daftar melalui Youtube mas. Menurut beberapa sumber, daftar adsense melalui Youtube itu lebih mudah dibandingkan dengan mendaftar adsense melalui blogger :)

Rafi muhammad said...

setelah membaca dari atas sampai kebawah komentar" di post ini.. jadi makin paham tentang GA mskipun masih awam sih. hehe

banned bukan akhir dari perjuangan :D hehe

Unknown said...

saya udah daftar adsense, dan udah ada iklannya... tapi itu cuma kelihatan kalau dibuka sama org lain.... dan gimana kita bisa menapat uang??

Post a Comment