Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet

Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet Kecepatan koneksi internet memang menjadi sesuatu yang harus diperhatikan ketika kita sedang menggunakan jaringan internet dari salah satu perusahaan internet. Seberapa cepat koneksi internet? seberapa besar kecepatan download dan upload mesti kita ketahui. Sehingga kita sebagai konsumen tidak merasa dirugikan oleh layanan internet yang diberikan. Banyak perusahaan internet menawarkan harga terjangkau untuk internetan. Sayangnya pelayanannya kurang optimal, yakni koneksi internet lambat.

Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilah dan memilih jaringan internet mana yang akan kita gunakan untuk digunakan berselancar di dunia maya. Lebih-lebih bagi webmaster, informasi kecepatan internet perlu dipertimbangkan agar kita dalam mengelola sebuah blog itu bisa menghemat waktu. Karena apabila koneksi internet yang kita gunakan itu lambat, untuk memposting satu artikel saja mungkin dibutuhkan waktu berjam-jam.
Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet
Di internet, ternyata ada salah satu situs yang menyediakan layanan tools secara gratis untuk mengetahui atau untuk mengukur kecepatan koneksi internet yang kita gunakan. Situs tersebut bernama Speedtest.net. Kita bisa menggunakan tools dari situs tersebut untuk mengetahui lambat tidaknya koneksi internet yang kita gunakan. Untuk menggunakan layanan tersebut, kita langsung saja menuju situsnya dan tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

Berikut saya jelaskan langkah-langkah untuk mengukur koneksi internet. Silahkan disimak baik-baik ya, agar tidak keliru dalam mempraktekkannya.

Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet

1. Pastikan koneksi internet yang anda gunakan dalam keadaan on/hidup.

2. Silahkan kunjungi situs Speedtest.net di url http://www.speedtest.net/ Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot dibawah ini. Silahkan klik tombol Begin Test.
cara mengetahui kecepatan akses internet yang kita gunakan
3. Silahak tunggu beberapa saat agar tools tersebut melakukan processing untuk mengukur kecepatan koneksi internet yang anda gunakan.
panduan cara cek loading internet akses koneksi cepat atau lambat
4. Setelah tools tersebut selesai mengukur kecepatan internet anda, maka akan menunjukkan sebuah laporan. Berikut adalah screenshoot laporan koneksi internet yang kebetulan saya gunakan.
Cara Menggunakan Situs Speed Test untuk cek cepat atau lambat akses internet
Keterangan:
Nomor 1 adalah kecepatan download. Dalam hal ini, kecepatan download dari internet yang saya gunakan adalah 0,18 Mbps atau setara dengan 18 Kb/second

Nomor 2 adalah kecepatan upload. Dalam hal ini kecepatan uplaud dari internet yang saya gunakan adalah 0,07 Mbps atau setara dengan 7 Kb/second

Caranya mudah kan? Mungkin apabila anda punya waktu dan ingin mengukur kecepatan koneksi internet yang anda gunakan, anda bisa mencobanya. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mengukur Kecepatan Koneksi Internet. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

26 komentar:

Masnady said...

wah bisa di coba ini mbak... hmmm kira kira blog saya terhitung berat apa nggak ya..? ijin mencoba dulu mbak. makasih infonya ya...?

Bagus Hermawan said...

pas ni mbak,masalah bandwidth..
bandwidth saya kan 1 mbps, jadi kecepatan download saya 1mb / second, tapi setelah saya coba download mp3 yang berkapasitas 4MB, kok tidak 4 detik.

Itungannya bagaiman itu mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nady, tool ini bukan untuk mengukur kecepatan loading blog mas tapi untuk mengukur kecepatan koneksi internet hehehehe :D
Pasti anda tidak baca artikel terlebih dahulu ya? sehingga isi komentarnya tidak nyambung :D

HeQris, wah saya kurang tahu mas soal bandwisth. Mungkin perhitungan dari speednet ini hanya bisa mendekati benar saja mas, tidak pasti benar hasilnya :)
Thanks ya sudah mau diskusi :D

Unknown said...

saking lemot nya modem saya, ngeklik Begin Test aja lama,, udah gitu Eror.. :(
waktunya ganti modem nie.

Thanks buat cara nya mbak,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasanya yang membuat lama (lemot) itu bukan modem-nya mas, tapi jaringan internet yang kita gunakan. Daripada ganti moden yang harganya relatif mahal, mending ganti kartu saja. Itu saran dari saya. Thanks ya dan meluangkan waktu untuk berkunjung disini.

Anonymous said...

asiik nih.. coba dulu ah... cek kecepatan internet

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Pak Mangyono, silahkan dicoba di cek koneksi internet anda :)

Djangkaru Bumi said...

kalau interneku dijamin olala-olili..sungguh lemot :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasanya kalau koneksi internet yang ada di Indonesia itu terkait degan harga pak. Semakin tinggi harga koneksi internet, semakin cepat pula koneksinya. Kalau dalam Bahasa Jawanya "ono rego, ono rupo" hehehe :D

Thanks Pak Djangkaru sudah mau sharing pengalaman :)

Radja Blangkon said...

betul ,harga memang menentukan. jika sebulan yang sejuta dijamin ngebut :D
ono bondo ono sing buke jalan :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau satu bulan harganya satu juta ya kita bisa cepat habis pak uang nya hehehe :)
Kan internetan merupakan kebutuhan sekunder, jadi lebih baik tidak terlalu diprioritaskan daripada kebutuhan primer nya. Thanks pak sudah mampir :)

Ahmad Zaelani said...

Dicoba dulu.......... menuju Tkp
ada uang abang sayang... tak ada uang abang ku t****ng, kalo puuluss udah bicara biasanya kecepatan internet sudah tak harus diragukan lagi,,,. tak harus dicak cek lagi......... tapi sekali kali kita perlu juga mengecek kecepatan internet kita.... :)

dunia maya said...

mas nady gag buka sampe dalam artikelnya

dunia maya said...

belum pernah nyoba mb,,,,
ntar saya cba dech ngukur koneksi internet saya,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Zaelani, iya benar mas, kalau biaya internetnya mahal, kemungkinan besar koneksinya juga cepat. Dan tidak perlu diukur-ukur lagi kecepetannya karena sudah pasti super cepat. Thanks ya sudah mau sharing :)

Mbak Maya, iya silahkan dicoba mbak dicek koneksi internet yang anda gunakan, siapa tahu lelet (lambat) hehehe Thanks ya sudah mampir :)

Mizz Aiza said...

menarik informasi ini.. saya sudah cuba..

1.kecepatan download - 13 Kb/second

2.kecepatan upload. - 5 Kb/second

terima kasih ya.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lumayan cepat ya Mizz koneksi internetnya :)
Punya saya malah di bawah angka itu hehehe :D
Thanks ya sudah singgah di blog saya ^^

Yanuar Catur said...

wah, baru tau nih mbak. Bentar deh coba dulu.
thanks yah infonya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama Mas Yanuar. Ma kasih juga sudah singgah di blog saya ^^

Unknown said...

saya coba test, untuk ping hanya 123, download 2,79 dan upload 1,52 heheh... makasih info dan tutorialnya.sebagai info saya menggunakan modem cyrus dgn 14,4 kbps dan kartu three

Unknown said...

tambah lagi komentnnya, habis tidak ada reply-nya. untuk Mizz Aiza mungkin beda dgn kita, koneksi internet di Malaysia jauh lebih bagus dari Indonesia.

Sigli Cyber said...

trma kasih bwt informasi nya sobat..
sngat membantu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Kurnia Tuhadi, lumayan cepat juga ya pak koneksinya dengan menggunakan jaringan internet dari three. Nanti kapan-kapan bisa dicoba oleh kita semua. Kalau soal koneksi internet antara Indonesia dengan Malaysia saya malah kurang tahu pak hehehee soalnya belum pernah kesana :D

Pak Sigli Cyber, iya sama-sama pak. Thanks juga ya sudah mampir disini :)

Mang Lembu said...

cobain dulu ah...biasanya blog desa ngtes nya bukan pake yang beginian...pake yang harganya lebih murah...apa coba?

Mang Lembu said...

Ping 72 ms
Donlod 0,05 mbps
uplod 0,06 mbps
apa tuh artinya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Cilembu, wah saya kurang tahu pak. Saya kira koneksi internet antara di desa dengan di kota tidak ada bedanya kok. Aliasa sama saja. Yang membedakan adalah jaringan apa yang kita gunanakan dan berapa harga koneksi internetnya per bulan? Biasanya itu pak. Lain lagi kalau kita tinggal di negara lain. :)

Dari hasil analisa yang sudah anda sebutkan diatas, kalau saya interpretasikan bahwa kecepatan download koneksi internet anda adalah sekitar 5 Kb/detik dan kecapatan upload nya adalah 6 Kb/detik. Kalau soal ping, saya kurang tahu pak.

Terimakasih banyak pak sudah berkunjung dan memberikan pertanyaan yang cukup berat untuk saya hehehe :D Mudah-mudahan anda tidak bosan untuk berkunjung di blog saya lagi hehehe :D

Post a Comment