Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Loading sebuah blog merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh webmaster. Loading yang ringan dan akses cepat tentu akan memanjakan para pengunjung blog. Mereka bisa dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari di blog kita dengan cepat tanpa harus menunggu lama. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa tidak semua orang itu menggunakan koneksi internet yang sama. Ada yang menggunakan koneksi yang lambat, dan ada juga yang menggunakan koneksi internet yang super cepat. Oleh karena itu, kita sebagai pengelola web/blog itu harus menyadari dan memaklumi hal itu.

Kita sebagai webmaster profesional harus bersikap legawa dan penuh rsponsif. Sajikan informasi yang menarik dan berguna untuk pemirsa blog, agar mereka merasa nyaman ketika berkunjung di blog kita. Hal itu saja ternyata tidak cukup. Karena selain itu, ada desain/tampilan blog dan menu navigasi yang jelas serta yang tak kalah penting adalah lama tidaknya loading blog kita.
Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog
Image by bimoinbox.blogspot.com
Bagaimana caranya mengetahui atau mengukur kecepatan loading blog? Di internet ternyata ada salah satu situs yang menyediakan tools/alat secara gratis yang bisa digunakan untuk mengetahui lama tidaknya loading sebuah web/blog. Situs tersebut adalah http://gtmetrix.com/ dan Page Speed Insight Google. Anda bisa mengunjungi salah satu atau kedua situs tersebut untuk mengetahui loading blog anda.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog dengan menggunakan tool dari Page Speed Insight Google.

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog

1. Silahkan kunjungi laman Page Speed Insight Google di url http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot di bawah ini
alat uji kecepatan load blog di internet google speed
2. Silahkan masukkan url alamat web/blog anda pada kolom yang sudah disediakan. Dan kemudian klik Analyze.

3. Maka akan muncul informasi score loading blog anda. Yakni antara score 0 sampai dengan 100. Jika score anda mendekati 100, itu artinya loading blog anda lumayan cepat. Namun, apabila score anda mendekati angka 0, itu artinya loading blog anda cukup berat. Sehingga anda perlu mengatur/mengedit blog anda lagi agar bisa mempunyai loading ringan. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mempercepat Loading Blog.
Tes Kecepatan Blog Website di Google Page Speed Insight
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

40 komentar:

Radja Blangkon said...

scor blogku 91, berat sekali, sedangkan aku sudah mengurangi widget-widgetnya.

Radja Blangkon said...

0h kalau mendekati seratus lumyan cepat to, kirain gede angka berarti berat.

Unknown said...

89, lumayan juga dari pada " 0 ", padahal widget nya sudah minim banget..

Update Campuran said...

langsung praktek

Djangkaru Bumi said...

perasaanku , blogku berat ternyata masih cukup ringan.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Raja Blangkon/Djangkaru Bumi: iya pak loading blog bapak sangat ringan, saya sering membukanya kok :)
Skor 89 itu berarti skornya bagus pak :)

Mas Daniel Erick: iya mas, skor 89 lumayan bagus :)

Om Update Campuran: monggo silahkan dicoba diukur skor blog nya :)

Masnady said...

sip dech mbak.. oke langsung tak cek dulu deh kecepatan blog saya hehehe.. makasih mbak infonya..?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dipraktekkan mas supaya bisa langsung paham dan biar tidak lupa. Terimakasih juga sudah mampir di blog saya :)

Unknown said...

Loading blog yang cepat tentu menjadi harapan para Blogger. Menarik sekali ketika mengunjungi laman Page Speed Insight Google. Bila ingin lebih cepat lagi loadingnya kita harus membenahinya sesuai rekomendasi yang diberikan. Kita 'harus' belajar HTML, CSS dan lainnya. Info yang menarik. Terima kasih. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tentu pak. Loading ringan selain merupakan harapan para webmaster, juga bisa memberikan kenyamanan bagi para pembaca blog. Tools seperti Insight Google bisa digunakan untuk mengukur kecepatan loading blog kita. Nanti disana ada skornya. Dari situlah kita bisa tahu mana yang perlu di perbaiki agar blog menjadi ringan. :)

Thanks Pak Herdoni sudah menambahkan. Saya sebenarnya tidak begitu paham tentang HTML, CSS dan kawan-kawan hehehe :D

Walidin said...

OK mba Eka terima kasih banyak atas triknya.
saya coba tes perbandingan blog saya dengan blognya mba Eka
pakai GT metrix

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah kok diperbandingkan segala sich pak? ada-ada aja Pak Walidin ini hehehehe :D

Blog saya kemarin saya ukur loading nya agak berat pak. Bisa dipastikan skornya lebih tinggi blog bapak dari pada blog saya hehehe :D

Mizz Aiza said...

terima kasih di atas infonya.. sudah cuba analyze, 96.. syukur masih ringan..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya buk, blog ibuk loading nya cukup ringan. Saya sering mengaksesnya kok hehehe :D

Unknown said...

PageSpeed Score of 91 (out of 100) lumayan sob, gak sia sia berjuang optimalkal semua CSS dan JS, walaupun harus di pindah ke google driver sbagian data nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah selamat ya mas score nya tinggi. Berarti loadingnya cepat blog anda. Ya benar, memang kita harus mengatur blog kita bagaimanapun caranya agar blog bisa mempunyai loading yang ringan. Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

Walidin said...

Perbandingan yang baik buat blog senoir dan junior. page to page. Misalnya home to home. Masing-masing page sama sama memiliki 3 image.
Dengan asumsi kecepatan internetnya lg optimum

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak walidin, wah berarti kecepatan loading blog bapak hampir sama ya dengan blog saya atau bagaimana itu pak? kesimpulannya bagaimana dengan hasil analisis anda? :)

Walidin said...

Kemarin saya tes, hasilnya bagus, dengan jaringan esia modem. Di daerah tangerang kota. Untuk pembandingannya saya tidak publish di sini mba. Cukup tahu aja. Ada beberap yang telah saya tes pembanding dengan beberapa blog yang dah dah kawakan di google. Dan blog senior dengan blog senior mba.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh syukur dech kalau hasil nya bagus. Berarti blog saya tidak perlu di perbaiki lagi. Biar seperti ini saja. Mungkin ukuran foto yang harus di perkecil apabila ingin disisipkan kedalam postingan.

Thanks ya pak dah mampir kesini :)

klikhuna said...

thank's mba eka,
sy jadi tahu kecepatan loading blog sy...
saya pikir blog saya berat setelah di kasih bintang berjatuhan dan salju berjatuhan......ternyata scorenya masih 89

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sma Mas klikhuna, terimakasih juga sudah mengunjungi blog saya :)

Aida Ismail said...

Terima kasih atas perkongsian ini. Ternyata berat juga la loading di blog saya. Mencecah 76. :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama Miss. Aida. Mungkin perlu adanya perbaikan lagi supaya loading blog anda tidak terlalu berat. Misalnya seperti merubah ukuran foto posting menjadi lebih kecil, membuang widget-widget yang tidak begitu penting, dan masih banyak lagi. Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Anonymous said...

blog saya kecepatannya cuman 86 kemaren sempet 87 dan 88 tapi setelah diotak atik blognya jadi 86, susah juga mau menaikkan kecepatannya nggak ngerti soalnya hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak sehatalami99, memang ada banyak faktor yang memengaruhi kecepatan loading blog. Biasanya yang sangat menentukan adalah template, widget, dan gambar postingan. Ketiga hal itu sangat memengaruhi lambat tidak nya sebuah blog. Saya kira blog anda loading sudah cukup kok pak. Lumaya bagus.

Thanks ya sudah mau sharing pengalaman yang sangat menarik :)

Unknown said...

Langsung Coba aahhh Thank's Gan Atas Infonya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok silahkan dipraktekkan mas biar tahu apakah loading blog nya ringan atau berat. Kalau berat, kasihan para pemirsa blog anda. Sehingga performa/widget/kode HTML/template bisa diubah atau diperbaiki. Thanks sudah mau singgah kemari :)

Sigli Cyber said...

ok,, ane coba dulu deh..
mkasi buat infonya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

ok sama-sama mas sigli cyber :)

Staff Administrator said...

Udah lama ndak periksain loading blog nih..nambah ringan atau sebaliknya..ya udah deh dari pd penasaran langsung cek ke sana..hehe
Trims ya mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

daripada penasaran dan tidak bisa tidur, mending langsung dicek saja mas blognya apakah mempunyai loading ringan atau berat hehehe :D

Thanks atas kunjungannya :)

Meutrap said...

Artikel yang sangat bagus,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas meutrap atas apresiasinya :)

You Know Me said...

ko blog saya 80 ke bawah ya mba ? padahal sudah saya compress pula, kira kira ada solusinya ga mba ? kalau ada waktu di jawab ya mba.. terima kasih.. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya kira angka sekitar 80 itu sudah lumayan cukup bagus. Jadi tidak perlu lagi di perbaiki blog nya :)

You Know Me said...

namun jika speed nya masih 68 bagaimana mba ?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sudah cukup lumayan kok. Yang penting jangan sampai kurang dari angka 50 aja :)

You Know Me said...

oh gitu ya mba, yowes deh mba, haturnuhun ya.. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama :)

Post a Comment