Cara Meningkatkan Ranking Alexa

Cara Meningkatkan Ranking Alexa Alexa Rank merupakan situs yang memberikan informasi ranking website/blog diseluruh dunia berdasarkan trafiknya setiap hari dan juga setiap bulan. Situs ini selalu update setiap harinya dan cukup bonafide yang mana dapat dijadikan dasar mengenai ranking sebuah website/blog diseluruh belahan dunia. Ada baiknya anda mempelajari lebih lanjut tentang Pengertian Alexa Rank.

Ada dua jenis ranking di Alexa Rank yakni rangking berdasarkan global/dunia dan wilayah/regional atau negara. Untuk rangking global biasanya di mulai dari angka 25.000.000 sampai angka 1. Adapun untuk ranking di lingkup regional yakni dimulai dari angka 125.000 sampai angka 1. Rangking paling tinggi adalah angka 1. Ini kebalikan dari Google Page Rank.
Cara Meningkatkan Ranking Alexa Rank
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah berapa rangking blog/web anda di Alexa?. Jika masih besar, jangan berkecil hati, karena anda masih punya banyak waktu untuk memperbaiki dan mengelola blog anda. Berikut akan saya jelaskan tips untuk meningkatkan rangking alexa. Tips ini berdasarkan pengalaman saya selama mengelola blog ini dari bulan April sampai Juli 2013. Terbukti angka Alexa Rank dari yang tadinya 25.000.000, sekarang (bulan Juli 2013) sudah meningkat menjadi 900.000 untuk rangking global.

Cara Meningkatkan Ranking Alexa

1. Pilih niche tutorial blog
Saya juga heran kenapa harus memilih niche tentang Tutorial Blogging. Padahal kalau saya amati niche ini cukup sulit dikerjakan. Untuk membuat satu posting saja butuh waktu berjam-jam. Namun setelah saya amati ternyata niche ini cukup banyak dibutuhkan oleh para webmaster yang lain. Selain itu, niche ini juga mempunyai RKT laman yang tinggi.

2. Update artikel berkualitas secara kontinyu
Sangat penting bahwa ketika anda mengelola blog harus update artikel secara terus-menerus. Tujuannya adalah supaya kondisi blog kita di Search Engine Result Page (SERP) bisa stabil. Meskipun sebenarnya frekuensi update tidak begitu berpengaruh terhadap SERP, tapi ini penting untuk dipraktekkan. Terutama bagi blog yang baru dibangun dan dikelola.

3. Perbanyak lingkaran di Google+
Apakah anda sudah beralih dari Profil Bogger ke Google+? kalau belum, silahkan ganti secepatnya. Jejaring sosial ini sangat efektif untuk meningkatkan trafik blog. Oleh karena itu, apabila anda sudah mempunyai akun Google+, silahkan perbanyak jumlah lingkaran anda. Untuk memantapkan tips dari saya, silahkan pelajari selengkapnya tentang 6 Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Google+.

4. Share Postingan ke Google+ setiap hari
Berapa jumlah lingkaran anda di Google+? postingan yang di share ke Google+ dengan lingkaran sedikit maka tidak bisa memperoleh visitor banyak. Beda halnya apabila jumlah lingkaran anda sudah mencapai ribuan, bisa dipastikan postingan yang di share akan membuahkan hasil optimal. Oleh karena itu, untuk mendapatkan visitor dari Google+, perlu ditingkatkan jumlah lingkaran anda terlebih dahulu, baru kemudian anda bisa share postingan anda ke Google+ setiap hari.

Postingan yang di share ke Google+ akan mendatangkan visitor organik. Dan itu sangat direkomendasikan oleh Google dan Blogger. Beda halnya dengan jejaring sosial yang lain. Postingan yang di share ke jejaring sosial yang lain maka akan dianggap sebagai spam/sampah.

5. Pasang widget yang mendukung
Eksistensi widget juga penting untuk selalu dipasang pada blog. Misalnya seperti widget posting terbaru, posting terlaris, dan posting terkait. Ini akan memberikan banyak bacaan kepada para pembaca blog. Dan pada akhirnya akan meningkatkan pageview blog anda.

6. Gunakan Bahasa Indonesisa
Memang penggunaan bahasa dalam blog sangat berpengaruh. Bahasa apa yang digunakan, maka visitornya juga kebanyakan berasal dari bahasa itu pula. Negara Indonesia merupakan negara yang cukup luas dengan jumlah masyarakat yang cukup besar. Anda tidak salah apabila menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa blog anda, karena bisa dipastikan pemirsa blog anda akan banyak.

Gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, agar konten blog anda dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh para pembaca. Sajikan konten yang menarik dan bermanfaat agar mereka (pemirsa) dapat antusias untuk berkunjung di blog anda.

7. Blogwalking
Blogwalking sangat efektif untuk mensosialisasikan blog kita apabila eksistensinya masih baru. Dengan cara blogwalking kita bisa memperoleh teman baru antar sesama webmaster. Perlu dicatat disini bahwa tujuan anda blogwalking bukan untuk memperoleh backlink, tapi lebih kepada menjalin atau membangun jaringan. Tentu saja anda harus selektif dalam memilih teman. Diprioritaskan blog yang admin-nya mau berkunjung kembali dan mau follow blog anda.

Ini penting untuk anda terapkan agar update terbaru dari blog anda bisa dengan mudah diketahui oleh para teman kita. Misal saja, anda dalam 1 hari blogwalking pada 10 blog. Mereka 10 orang tersebut berkunjung kembali ke blog anda. Maka, otomatis tingkat pageview blog anda bisa meningkat, meskipun tidak besar. Tapi ranking Alexa akan meningkat dengan cepat.

8. Pasang Alexa Toolbar di Browser
Selain cara-cara diatas, yang tak kalah pentingnya adalah dengan cara pasang toolbar Alexa di Browser yang anda gunakan. Misalnya Mozila Firefox atau mungkin Google Chrome. Ketika anda intensif mengakses blog/web anda secara terus-menerus selama 3 minggu, maka bisa dipastikan ranking web/blog anda akan meningkat secara signifikan. Minimal yang tadinya jutaan, akan meningkat menjadi ratusan ribu.

Tips yang saya berikan ini adalah hasil pengalaman saya sendiri. Cara ini saya lakukan secara alami/normal tanpa ada link exchange ataupun berkomentar spam di blog orang lain. Mungkin butuh waktu yang tidak sedikit untuk meningkatkan Alexa Rank blog anda dengan cara ini. Tapi saya yakin, apabila tips ini dilakukan secara serius, maka akan mendatangkan hasil.

Demikian tips yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Meningkatkan Ranking Alexa. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

24 komentar:

Unknown said...

" Update artikel berkualitas secara kontinyu ",

menurut saya ini yang paling ampuh.. kemungkinan besar Alexa Rank lebih menilai Blog yang terupdate apalagi memiliki jam Posting yang tetap,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tapi menurut saya itu yang paling sulit mas untuk dipraktekkan, karena datangnya ide dan mood untuk menulis itu tidak datang setiap hari :D

Kadang-kadang kalau pas lagi rajin nulis dan banyak ide, satu hari bisa publish artikel 3 buah. Tapi kalau pas lagi malas, mungkin satu minggu bisa 1 artikel hehehehe :D

Mungkin butuh usaha yang kuat ya mas supaya rangking alexa bisa meningkat. Thanks ya sudah berkenan mampir di blog saya :)

Anonymous said...

mamang blognya masih endut tuh... mungkin bahasa mamang yang belepotan ya, apa jarang update... kasihan deh saya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tidak apa-apa pak, saya kira informasi situs tidak begitu penting pak, tapi yang terpenting adalah trafik blog. Apabila bapak ingin meningkatkan rangking alexa ya harus berusaha sekuat tenaga. Misalnya dengan update artikel secara kontinyu, blogwalking, dan lain sebagainya. Mungkin seperti itu pak :)

Anonymous said...

oke deh .. terimakasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

sama-sama

Alfy Maghfira said...

update dan rajin kelola website, pengaruh banget mbak.. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

betul itu mbak, update artikel secara kontinyu itu cepat meningkatkan rangking alexa. Thanks ya mbak sudah berkunjung kesini :)

Unknown said...

wah, thanks infonya mba :) keren

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak JKT Sugoi, iya mbak sama-sama. Ma kasih ya sudah mampir di blog saya :)

Anonymous said...

satu lagi tips yang pernah saya dapatkan dari teman saya adalah dengan membuat template sendiri. kemudian sebarkan template itu secara gratis. otomatis nanti akan banyak link yang mengarah pada blog kita karena kita menaruh link blog kita di dalam template tersebut misalnya pada bagian footernya. oh ya jangan lupa juga untuk memasang alexa toolbar untuk mempercepat langsing si alexanya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak mas sudah menambahkan tips yang dijelaskan diatas. Memang benar dengan 2 cara yang anda tambahkan tersebut, itu bisa memberikan kontribusi dalam kaitannya dengan peningakatan rangking alexa. Untuk pemasangan Toolbar di Browser itu memang benar bisa meningkatkan rangking alexa dengan cepat dan saya kira semua orang bisa melakukannya karena caranya cukup mudah.

Tapi kalau membuat template sendiri, itu susah mas. Tidak semua orang bisa membuat template sendiri. Dan belum tentu juga banyak yang suka dengan template yang kita buat tersebut. Meskipun demikian, saya kira trik ini bisa kita coba, terutama bagi kita yang sudah mahir membuat template sendiri. Thanks mas atas sharing nya sangat sangat bermanfaat untuk kita semua :)

ViralBanget said...

blog walking patut di coba :v

manado-comuninity.blogspot.com
download film dan baca cerita lucu


hehehe.. Ty artikelnya mba..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama Mas Rio :)

Unknown said...

Nah itu memasang toolbar sangat efektif blog saya asalnya rank 22 juta tembus sampe 7 juta :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya betul mbak. toolbar alexa yang dipasang di browser yang kita gunakan, juga membantu untuk meningkatkan ranking alexa web/blog kita :)

Saling indonesia said...

rank alexanya cukup menarik bisa langsing..tips lainnya bagi-bagi dong..salam kenal

Saling indonesia said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih sudah singgah kemari :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks ya atas kunjungan dan komentar nya :)

Herizawa said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas herizawa atas kunjungannya ya :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Aldi Rahman said...

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali :)

Post a Comment