Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blogger

Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blogger Seperti yang sudah saya jelaskan beberapa waktu lalu pada artikel saya yang berjudul Tips Sebelum Menulis Artikel bahwa ide dan mood menulis tidak selalu datang tiap hari. Kadang kalau kita lagi punya banyak ide, satu hari bisa menulis artikel hingga 10 buah, tapi kalau pas lagi tidak ada ide dan mood juga tidak mendukung, untuk menulis satu artikel saja dalam satu hari rasanya berat sekali.

Padahal update artikel postingan idealnya adalah tiap hari, meskipun itu hanya satu buah artikel saja. Hal itu selain posisi blog kita di Search Engine Result Page (SERP) Google bisa stabil, juga memberikan kesan tersendiri bagi pemirsa blog bahwa blog tersebut cukup aktif dan selalu update. Lalu bagimana kita bisa menyikapinya mengingat kondisi mood dan ide tidak datang tiap hari?.
Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blogger
Ada salah satu cara yang cukup memberikan solusi bagi anda yang mengalami kondisi demikian. Adalah dengan cara menjadwal waktu publish artikel di blog. Ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Blogger untuk kita agar update artikel di blog bisa dijadwalkan publikasinya. Tentu saja hal ini memberikan kemudahan bagi kita semua.

Dengan mempraktekkan cara ini, paling-tidak ketika kita ingin berlibur ke luar kota dalam kurun waktu lama, kita tetap bisa publikasi artikel di blog bagus secara teratur yakni dengan cara menjadwal waktu penerbitannya.

Untuk menjadwal waktu penerbitan artikel di blog caranya cukup mudah. Silahkan anda ikuti tutorial yang akan saya sajikan berikut ini.

Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blogger

1. Silahkan log in ke akun Blogger dengan menggunakan username dan pasword anda masing-masing.

2. Silahkan masuk dashboard anda > pilih Create New Entry/Buat Posting Baru > silahkan menulis sebuah artikel yang ingin anda publikasikan di blog anda.

3. Setelah anda selesai menulis sebuah artikel, silahkan atur jadwal publikasi artikel pada Pengaturan Posting/Post Setting. Silahkan klik Jadwal/Schedule.
Cara Mengatur Jadwal Publikasi Artikel di Blogspot
4. Silahkan klik pilihan Set Date and Time/Atur Tanggal dan Jam.
Cara Setting Jadwal Publish Postingan di Blogger
5. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Silahkan tentukan tanggal dan jam untuk publikasi artikel anda.
cara menentukan jam dan tanggal terbit artikel di blog website
Keterangan:
Nomor 1 tentukan tanggal publikasi
Nomor 2 tentukan jam publikasi

Setelah itu, silahkan klik tombol Done/Lakukan

6. Langkah selanjutnya adalh klik tombol Publish/Publikasikan artikel anda. Maka jadwal publikasi artikel anda secara otomatis akan tersimpan dan postingan tersebut akan diterbitkan di blog anda sesuai dengan tanggal dan jam yang sudah anda tentukan.
setting schedule postingan agar blog bisa update terus setiap hari
Gambar berikut merupakan contoh postingan yang ada pada halaman dashboard blogger yang sudah diatur jadwal publikasinya. Perhatikan tanda panah berwarna biru! Disitu ada tulisan Scheduled/Dijadwalkan penerbitannya pada tanggal sekian dan jam sekian.
Bikin artikel secara terjadwal di blogspot
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blogger. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

12 komentar:

Bagus Hermawan said...

mantep artikelnya, jadi gak harus nunggu online dulu kalau mau update blog,,tinggal di setting terjadwal :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas. Cara ini cukup efektif untuk diterapkan ketika kita hendak berlibur ria. Kita bisa tulis artikel sebanyak-banyaknya dan kemudian menjadwal publikasinya secara teratur.

Thanks mas sudah berkunjung di blog saya :)

Anonymous said...

Alhamdulillah sudah saya terapkan bahkan dari dua tahun yang lalu dan terbukti efektif ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah berarti anda sudah pinter donk pak hehehe :)

Saya malah baru tahu tentang hal ini kemarin, hehehe maklum saya masih baru di dunia blogging :)

Terimakasih banyak pak atas kunjungannya :)

Unknown said...

oh jadi langkah terakhirnya klik publish ya..
saya udah set waktu publish-nya tapi malah ditutup. pantesan gak muncul-muncul hehe :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mbak. Langkah terakhirnya adalah klik tombol Publish. Nanti postingan tersebut akan ter-setting secara otomatis dengan label "Scheduled/Dijadwalkan". Nanti akan terbit sesuai dengan tanggal dan jam yang sudah kita tentukan. Thanks ya sudah mampir :)

Unknown said...

Cerdas sekali... sangat bermanfaat penjelasannya, nambah ilmu bagi pemula sperti saya, thank you...
....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah bisa aja Pak Tinta Merah ini. Thanks ya pak sudah singgah kemari. Kita sama-sama belajar pak di dunia blogging karena saya juga masih pemula :)

Aldi Rahman said...

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali :)

Admin said...

Thank you yah :) saya lagi perlu nih hehe

Unknown said...

Yeahh cara yang bagus rin...
Aku pernah postingku aku kasih jadwal.. Padahal rencananya waktu itu mau di publikasikan... Eeehh jadi terjadwal
Hehee soalnyaa nggak ngertii

Jeprat said...

Wah saya baru tahu nih.. makasih atas infonya. Mampir juga diblog saya cara agar artikel blog menduduki posisi teratas https://albaihaqiraka.blogspot.com

Post a Comment