Macam-macam Komentar Spam dan Dampaknya

Macam-macam Komentar Spam dan Dampaknya Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Ciri-ciri Komentar Spam. Mungkin yang akan saya bahas kali ini hanya ingin menambahkan beberapa point yang mungkin sangat penting untuk diperhatikan oleh kita semua. Seperti kita ketahui bersama bahwa kolom komentar merupakan ruang untuk diskusi dan sharing mengenai topik artikel yang dibahas dalam blog. Akan sangat disayangkan apabila isi yang terdapat dalam komentar tidak relevan dengan fungsi yang semestinya.

Ini sering kali kita temukan baik di blog kita sendiri ataupun di blog orang lain. Banyak webmaster masih kurang tepat dan keliru dalam berkomentar di blog/web orang lain, yang pada gilirannya bukan memperoleh feedback positif tapi malah respon negatif dari administrator blog.
Macam-macam Komentar Spam dan Dampaknya
Image by tofixgue.blogspot.com
Lalu seperti apa sih komentar spam tersebut yang mana perlu untuk kita hindari ketika berkomentar? Ada baiknya anda mempelajari lebih lanjut tentang Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog. Disitu dijelaskan semua mengenai tata cara berkomentar yang tepat. Berikut saya jelaskan tentang macam-macam komentar spam dan dampaknya bagi blog anda.

Macam-macam Komentar Spam dan Dampaknya

1. Link aktif dalam kolom komentar
Komentar spam yang paling nyata eksistensinya adalah berupa link aktif yang disisipkan dalam kolom komentar. Biasanya si komentator ingin memperoleh backlink secara cepat dengan cara seperti itu. Dampak bagi blog itu sendiri adalah dapat menurunkan reputasi blog di mata mesin pencari dan juga di mata pengunjung lain.

Bagi anda pengelola blog, anda tidak perlu khawatir untuk menanggulangi masalah ini. Saya kebetulan tahu cara mengatasinya yakni dengan cara menghapusnya secara otomatis, sehingga anda tidak perlu susah-susah untuk menghapus secara manual yang mana akan banyak menyita waktu anda. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Menghapus Komentar Spam Secara Otomatis di Blogspot.

2. Out Of Topic (OOT)
Tidak sedikit juga isi komentar yang menyimpang dari topik yang dibahas dalam postingan. Ini biasanya dilakukan oleh komentator yang tidak punya banyak waktu untuk berkomentar, sehingga tidak sempat membaca terlebih dahulu artikel yang dibahas.

Komentar yang semacam ini tidak memepengaruhi reputasi laman anda di mata mesin pencari. Juga tidak ada sumbangsihnya untuk meningkatkan kinerja keyword dalam postingan. Karena banyaknya komentar itu sangat menentukan dan mengoptimalkan keyword yang ditargetkan, sehingga pada gilirannya akan meningkatkan kinerja SEO.

3. Berupa kalimat umum
Banyak juga isi komentar yang berupa kalimat general. Misalnya seperti "nice info", "terimakasih infonya sangat bermanfaat", artikelnya bagus banget" dan lain sebagainya. Bisa dipastikan si komentator tidak membaca artikel terlebih dahulu dan mereka mengharapkan kunjungan balik.

Komentar yang seperti ini kurang memberikan apresiasi kepada administrator blog. Mereka hanya ingin memperoleh keuntungan sepihak dengan cara memperbanyak berkomentar di blog-blog orang lain (blogwalking). Ini banyak terjadi, terutama mereka webmaster indonesia yang masih amatiran dan juga belum berpengalaman.

Tidak ada efek positif maupun negatif dari komentar semacam ini. Namun, dari segi tata krama dan sopan santun sangatlah buruk, karena kurangnya apresiasi terhadap karya tulis orang lain. Mari kita ubah mindset semacam ini. Budayakanlah berkomentar yang baik yang relevan dengan topik artikel, sehingga akan sama-sama saling menguntungkan.

4. Sepenggal kata saja dan berupa akronim
Ini juga hampir sama dengan point diatas yakni berupa komentar singkat dan tidak bermutu sama sekali. Yang lebih parahnya lagi banyak kata/kalimat yang disingkat-singkat (akronim) dalam penulisan, yang pada gilirannya sulit untuk dibaca dan dipahami oleh administrator blog. Bukan hanya admin saja yang tidak paham, mesin pencari juga ikut tidak bisa membaca dan menginterpretasi komentar semacam ini.

5. Promosi produk komersial
Sering kali kita juga menemukan komentar yang berupa promosi produk komersial. Ini biasanya dilakukan oleh mereka para bisnisman yang berkecimpung pada Bisnis Online Internet dan para afiliatee yang ingin memasarkan produknya. Karena mungkin terkendala oleh biaya untuk memasarkan produk di situs penyedia program periklanan online, sehingga mereka melakukan spaming di blog-blog orang lain.

Komentar seperti ini juga dapat memperburuk citra blog anda dimata orang lain dan juga mesin pencari. Silahkan dihapus saja komentar tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Macam-macam Komentar Spam dan Dampaknya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

6 komentar:

Unknown said...

saya paling benci kalau ada komentar yang promosi, bisa ngurangin reputasi artikel.. :(

Blogg nya satu niche dengan saya, Cara Ririn akan saya follow blog untuk mengetahui Informasi terbaru seputar Internet dan bloging.. :)

salam :
http://danforblogg.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas saya juga kurang nyaman dengan adanya komentar demikian. Karena hal itu bukan pada tempatnya. Alangkah baiknya apabila isi komentar itu sesuai dengan topik artikel yang dibahas, sehingga proses diskusi bisa berlangsung dengan baik.

Terimakasih banyak mas sudah berkunjung dan mem-follow blog saya. Saya juga sudah mem-follow blog anda.

Unknown said...

Untuk memberikan komentar sesuai topik dan berbobot memang relatif memakan waktu para Blogger. Isi artikel tersebut dibaca 'secara cepat dan lengkap' kemudian diambil intisarinya. Untuk memperdalam wawasan suatu topik misalnya bisa saja Blogger mencari pembanding atau info di situs atau blog lain. Baru kemudian memberikan pendapat atau komentar disitu. Memang bila hanya memberikan 'komentar sekedarnya' saja kita 'rugi'. Ulasan yang bagus bagi para Blogger sebelum memberikan komentar di suatu blog. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Benar pak, komentar berkualitas memang jarang ditemukan kecuali hanya komentar bapak satu-satunya komentator paling berbobot. Saya salut sama anda. Tidak pelit-pelit dalam memberikan komentar di blog manapun dan pada gilirannya dapat meningkatkan SERP blog yang di komentari oleh bapak. Terimakasih banyak pak :)

Ya memang begitu pak, butuh waktu yang cukup lama untuk memberikan komentar seperti bapak. Baca dulu sampai selesai, belum lagi nanti loadingnya lama, dan masih ada captcha, pokoknya sangat menghabiskan waktu. Tapi bapak selalu memberikan komentar yang terbaik. Salut untuk Pak Herdoni, Admin Info Seputar Kita.

Walidin said...

Kadang memang serba salah mba, kalau komennya dengan orang "jualan obat", ga di approve, kita ga tambah temen, gimana tuh mba kira kira tindak lanjutnya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau menurut saya perlu diatur komentarnya pak. Jangan tampilkan Url/Name pada kolom komentar. Cuku pilih opsi Akun Google, Live Journal,WordPress, Typad, AiM, dan Open ID. Anda bisa mengaturnya di pengaturan Blogger bagian Pengaturan Komentar.

Untuk mengantisipasi link aktif yang diletakkan pada kolom komentar, silahkan baca artikel saya http://cara-ririn.blogspot.com/2013/06/cara-menghapus-komentar-spam-secara.html

Untuk kenyamanan para komentator, sebaiknya cukup terapkan dua hal diatas pak. Dan jangan pasang pengaturan moderisasi komentar dan captcha. Itu yang saya terapkan selama ini.

Post a Comment