Manfaat Blogging

Manfaat Blogging bagi kehidupan manusia Kenapa anda membuat blog? kenapa anda mengeloa blog? dan kenapa anda meluangkan waktu untuk menulis di blog? Itu adalah pertanyaan awal yang musti anda jawab ketika anda blogging baik ketika akan memulianya atau sedang mengelolanya. Tidak sedikit dari kita berpendapat bahwa Blogging adalah bagian dari hobby. Memang tujuan blogging beranekaragam. Karena motivasi orang untuk blogging itu berbeda-beda. Ada yang mencari uang, ada yang mencari teman, dan ada pula yang hanya hobby. Lalu bagaimana dengan anda? mungkin saja anda mempunyai tujuan lain.

Dibalik semua itu ternyata blogging mempunyai beragam manfaat. Kalau anda blogging hanya sepintas saja, mungkin belum nampak manfaatnya. Namun, apabila anda intensif blogging, misalnya 6 bulan non-stop, bisa dipastikan anda akan banyak memperoleh manfaatnya.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Manfaat Blogging. Berikut adalah penjelasannya.
Manfaat Blogging bagi kehidupan manusia

Manfaat Blogging bagi kehidupan manusia

1. Skill menulis meningkat
Apakah skill menulis anda sudah meningkat setelah lama blogging? bisa dipastikan banyak diantara kita umumnya skill menulisnya sudah meningkat. Dulu mungkin untuk menulis satu halaman saja rasanya berat sekali, namun setelah aktif blogging, untuk menulis 2 halaman rasanya sangat ringan.

Sangat jarang webmaster yang tidak suka/tidak hobby menulis. Karena apabila dia mengelola sebuah blog berarti dia sudah sanggup menulis blognya, karena blog ibarat buku kosong yang mana harus diberi catatan agar buku tersebut berisi pengetahuan yang bermanfaat untuk orang lain.

2. Pengetahuan bertambah
Yupz, tentu saja apabila kita rajin menulis, pasti juga rajin membaca. Kita akan kesulitan menulis sesuatu di blog tanpa membaca terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita sering membaca berbagai artikel blog orang lain dan kemudian kita terinspirasi untuk menulis pengetahuan tersebut. Sehingga dari proses membaca tersebut, kita jadi tahu tentang hal-hal baru dan pada akhirnya kita menjadi lebih paham dan pinter.

Lebih-lebih apabila anda mengelola blog ber-niche Tutorial Blogging. Bisa dipastikan anda akan lebih pinter dan lebih paham karena anda sudah membaca tutorial tentang blogging, sudah mempraktekkannya, dan juga sudah menulisnya di blog anda sendiri.

3. Banyak teman
Manfaat blogging selanjutnya adalah kita akan memperoleh banyak teman. Berapa follower blog anda sekarang? kalau masih sedikit, mungkin anda kurang bersosialisasi dan bertamu di blog orang lain. Oleh karena itu, biasanya webmaster yang aktif akan memperoleh banyak teman. Karena selain ia rajin menulis di blognya sendiri, juga aktif blogwalking di blog orang lain.

Dari situlah tanpa adanya suatu kesepakatan, maka akan terjalin persahabatan yang harmonis. Bentuk persahabatan tersebut berupa saling follow di Blogger dan saling menambahkan jejaring sosial Google+. Dari situlah maka tulisan-tulisan kita akan dikirim kepada sahabat-sahabat kita dan akan dibaca dan kemudian akan di komentari oleh teman-teman kita, sehingga terjadilah diskusi yang menarik.

4. Ada kepuasan tersendiri
Apa yang paling anda suka dari blogging? bisa dipastikan jawabanya sama dengan saya. Yakni apabila tulisan postingan kita dibaca oleh orang banyak dan bermanfaat untuk orang lain. Selain itu, dengan adanya komentar-komentar yang dilontarkan oleh para pembaca, itu juga merupakan salah satu kepuasan tersendiri bagi admin blog.

Tentu saja komentar yang diberikan bukan hanya "Nice Info" atau hanya sekedar "Bagus Banget". Namun komentar yang berupa masukan, saran, kritikan, dan respon positif dari para komentator, itulah yang paling sangat disukai oleh kebanyakan admin blog.

5. Dapat uang
Manfaat yang terakhir dari aktivitas blogging adalah memperoleh uang. Apa bisa dengan blogging kita bisa memperoleh uang? Bukan hanya bisa, tapi sudah banyak orang yang membuktikannya. Yakni dengan cara menjual trafik blog untuk iklan atau mungkin dengan cara menjadi publisher situs PPC.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Manfaat Blogging bagi kehidupan manusia. Mudah-mudahan anda bisa terinspirasi dan termotivasi atas apa yang sudah saya kemukakan diatas. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

12 komentar:

Mizz Aiza said...

saya blogging sekadar mengisi masa terluang.. seronok memperoleh banyak teman.. di samping itu dapat juga sedikit wang melalui iklan nuffnang..

dedetea66 said...

Benr banget banyak sekali manfaat BW , minimal kita bisa nambah wawasan dan pengetahuan baru,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mizz Aiza: wah bagus itu buk, memang waktu luang sangat tepat untuk di gunakan blogging. Selain bisa dapat banyak teman, juga dapat uang. Wah semoga saja saya bisa sama seperti ibuk hehehehe :D

Dede Thea, he'em pak, dengan blogging kita bisa jadi tahu tentang hal-hal baru. Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

abitalita said...

banyak teman, itu yang saya suka dari aktifitas ngblog.makin banyak teman makin bertambah wawasan dan informasi yang kita dapat...

thx ya mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe thanks mas Aulia sudah sharing pengalaman, saya juga suka kalau blogging bisa punya banyak teman. Ma kasih ya sudah mampir kesini :)

Djangkaru Bumi said...

kalau dapat uang ,saya baru recehan. order untuk membuatkan blog sekarang jarang karena sekarang sudah pada pintar-pintar. Paling sekarang hanya disuruh merapikan saja.
Wah kalau enam bulan ngeblog tanpa henti berarti sudah dalam tahap kecanduan ngeblog berat :)
Banyak teman dan mendapat solidaritas sosial itu yang aku rasakan seperti dalam wadah komunitas KPK.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak, memang kalau sudah 6 bulan nge-blog baru bisa dirasakan manfaatnya. Terutama dalam hal trafik dan juga teman sesama blogger. Kalau memperoleh uang sih saya belum pernah dapat, tapi mudah-mudahan saja bisa cair secepatnya hehehe :D

Wah kalau soal komunitas KPK saya malah belum tahu mas. Kira-kira apa tujuan dari komunitas tersebut? dan bagaimana cara kerjanya? :)

Anonymous said...

betul mba Ririn, tambah teman, tambah skill, tambah ilmu :)

dedetea66 said...

Hi saya datang lagi untuk berkunjung dan follback your blog,
Terus berkarya and tetap semangat Lanjutkan kawan,,,,,,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas jocker, thanks mas atas apresiasinya. :)
Semoga kita bisa berteman baik di dunia maya :)

Pak Dede, terimakasih banyak pak sudah followback dan sudah memberikan support yang luar biasa :)
Semoga kita tetap bisa berkarya meciptakan karya tulis yang berguna dan bermanfaat untuk orang lain :)

Unknown said...

Jadi mesti banyak bersosialisasi nih,soalnya basis pembaca di blogku masih kurang banget.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Dengan blogwalking maka kita akan mendapatkan banyak manfaat :)

Post a Comment