Perbedaan Blog Niche dengan Blog Gado-gado

Perbedaan Blog Niche dengan Blog Gado-gado atau Campuran Topik Apakah anda mempunyai sebuah blog? apakah blog anda membahas hal-hal yang spesifik ataukah membahas semua hal, dalam artian campuran? Tentu, yang tahu adalah diri anda sendiri. Topik bahasan yang diangkat dari sebuah blog biasanya tergantung dari admin blog itu sendiri, bukan saya atau mereka, tapi anda sendiri. Tidak ada larangan untuk membuat blog harus seperti ini dan sperti itu. Kita bebas menentukan topik apa yang akan dibahas dalam sebuah blog pribadi. Nampaknya Blogger bersifat demokratis ya? hehehe :D

Namun, pernahkah anda befikir dari apa yang anda bahas dalam blog anda tentang kemana arah dan tujuan blog anda akan dibawa? Inilah yang jarang dipikirkan oleh kita ketika sedang atau akan mengelola blog. Apakah semua blog itu bagus dengan tema/topik yang diangkat? semuanya bagus, karena bagus tidaknya blog itu tergantung siapa yang menilainya.
Perbedaan Blog Niche dengan Blog Gado-gado
Pernahkah anda mendengar tentang blog niche ataupun blog gado-gado (campuran)? Bila sudah, tidak jadi masalah. Tapi kalau belum, ada baiknya apabila anda mempelajarinya. Lebih-lebih apabila anda adalah seorang webmaster. Pengetahuan tentang hal itu penting untuk dimiliki. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Blog Niche dengan Blog Gado-gado. Berikut adalah penjelasannya.

Perbedaan Blog Niche dengan Blog Gado-gado

1. Blog Niche
Apa itu blog niche? blog niche adalah blog yang membahas hal-hal yang spesifik. Misalnya blog tersebut membahas tentang Blogging, seperti blog saya ini. Bisa dipastikan, dari awal sampai akhir, yang dibahas adalah itu-itu saja, yakni seputar blogging. Bagi anda yang tidak suka blog niche, pasti akan bosan melihatnya.

Namun, dibalik semua itu, blog niche ternyata mempunyai kelebihan. Apa saja kelebihannya? adalah (i) blog tersebut terlihat profesional, yups karena hanya membahas hal- hal spesifik, sehingga konten blog bisa dengan mudah dijangkau, (ii) punya pengunjung setia, meskipun sedikit tapi mereka setia (iii) disukai oleh Google, (iv) dan pastinya blog niche mempunyai kesempatan untuk memperoleh approval dari Google AdSense.

Selain punya kelebihan, ternyata blog niche juga mempunyai kelemahan. Antara lain adalah (i) konten artikel tidak begitu banyak, dalam hal ini adalah terbatas, (ii) minim pengunjung, (iii) sulit mencari judul artikel yang cocok sesuai dengan niche yang diangkat, (iv) kadang-kadang juga bosan karena hanya membahas hal itu-itu saja.

2. Blog gado-gado
Apakah anda tahu tentang blog gado-gado? istilah tersebut adalah istilah kiasan yang ditujukan untuk blog yang berisi konten campuran. Biasanya blog gado-gado dalam label-nya (kategori) terdapat beranekaragam label, tapi yang paling menonjol adalah label "lain-lain". Karena saking banyaknya topik yang dibahas, menjadikan bingung ingin diberi label apa? sehingga diberi label "lain-lain".

Ada keunggulan tersendiri dari blog gado-gado. Yakni (i) bebas menulis apa saja dalam blognya, bahkan ada juga artikel yang hanya berisi ucapan selamat, cerita kehidupan, berita, pengalaman, dan lain sebagainya, (ii) blog tersebut mempunyai banyak pengunjung, karena terdapat banyak topik yang dibahas, sehingga blog nya mudah ditemukan oleh mesin pencari, (iii) tidak sulit untuk menulis artikel, karena hal apa saja bisa diposting dalam blog tersebut.

Selain mempunyai kelebihan, ternyata blog tersebut juga mempunyai kelemahan, yakni (i) tidak terlihat profesional, (ii) sulit memperoleh aproval dari Google AdSense, (iii) tidak mempunyai pengunjung setia, (iv) topik yang dibahas dalam blog menjadi tidak ter-arah, tidak tahu kemana arah dan tujuannya, (v) membuat bingung pemirsa blog, karena saking banyaknya topik yag dibahas, (vi) dan kurang disukai oleh Google.

3. Kesimpulan
Seperti yang sudah saya kemukakan diatas bahwa kita bebas menentukan pembahasan blog yang akan kita kelola. Kita bisa memilih niche spesifik ataupun tidak, karena kita diberi kebebasan oleh Blogger. Namun, dibalik semua itu ternyata ada beragam kelebihan dan kelemahan. Oleh karena itu, tergantung dari kita masing-masing dalam membuat sebuah blog, karena kita mempunyai minat dan motivasi yang berbeda. Itulah indahnya perbedaan. Semua blog bagus. Tapi blog yang paling bagus adalah blog milik kita sendiri.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Perbedaan Blog Niche dengan Blog Gado-gado. Semoga dapat bermanfaat. By the way terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

26 komentar:

Unknown said...

Kalau begitu blog saya termasuk blog gado-gado yang isinya beragam tidak spesifik. Ada 'kelebihan' dan 'kekurangan' masing-masing. Menjadi pertimbangan untuk yang blog gado-gado karena tidak disukai oleh Google dan sulit untuk diaproval Google AdSense. Info yang menarik. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kebetulan blog bapak termasuk kategori blog itu pak. Kalau menurut saya itu tidak jadi masalah kok. Kita bebas memilih niche blog, tidak ada larangan harus milih ini dan itu. Namun, dibalik semua itu ya memang benar, ada kelemahan dan kelebihan. Dari situlah kita bisa memilah dan memilih mana yang terbai untuk kita, terutama blog yang akan kita kelola. Thanks pak :)

Update Campuran said...
This comment has been removed by the author.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe kayaknya ia mas blog anda juga termasuk gado-gado :D

Tapi itu tidak apa-apa. Yang penting blog tersebut dikelola dengan baik dan diisi konten yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain :)

Istilah gado-gado hanya sebagai kiasan mas, bukan diartikan sebagai makanan gado-gado hehehehe :D

Update Campuran said...

hehe siap Buk..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lanjutkan!!! :)

Walidin said...

Saya baru di dunia blogger google. Memang kalau blog niche sepi pengunjungnya, apalagi kalau blog bahasa indonesia (kali ya..) soalnya jarang banget blog yang niche 100%.
Ini dari yang saya lakukan selama blog walking.
Kenapa ya.. apa orang indonesia memang tidak suka hal hal yang spesifik, dan ngeblog hanya untuk kesenagan dan cari teman sesama blogger?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin alasan seperti itu ada benarnya juga pak, yakni teman-teman blogger hanya mencari teman saja. Tapi juga tidak sedikit kok yang nge blog dengan tujuan cari uang :D

Sebenarnya ada banyak pengaruh pak kenapa blog itu bisa sepi. Saya kira faktor niche juga berpengaruh, tapi juga ada blog niche yang ramai pak :)

Semua itu tergantung admin-nya bagaimana mengelola blog supaya bisa ramai. Thanks pak walidin sudah berkunjung di blog saya :)

Walidin said...

Ok sama sama, terima kasih juga atas penjelasannya, sangat membantu saya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak walidin sama-sama. Ma kasih sudah meluangkan waktu untuk comment di blog saya :)

Unknown said...

Blog gado-gado pengunjungnya banyak sekali ... bahkan sampai jutaan tapi blog Niche pengunjungnya dikit sekali tapi menguntungkan (y)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nampaknya mas Rinaldo sudah sangat berpengalaman nih, jadi pengen berguru sama mas Rinaldo deh hehehehe :D Iya mas bener banget, kenapa blog gado-gado pengunjungnya banya hal itu karena konten nya beranekaragam, sehingga memungkin kueri di mesin pencari juga menjadi banyak. Kalau blog niche benar memang mempunyai pengunjung sedikit, tapi kebanyakan pengunjung setia mas :)

Claresta said...

Blog saya gado2 sis,,, yach.... emang biasanya bikin gado2 :-) .
makasih utk infonya yg sangat bermanfaat n sangat membantu. slm kenal n salam sahabat.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe tidak masalah mbak, yang penting blog nya eksis dan selalu muncul di mesin pencari itu menurut saya sangat bagus :)

Saya juga suka makan gado-gado mbak, meskipun nggak bisa dan nggak tau cara membuatnya hehehe :D
Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

akang sam said...

kayaknya dari namanya gado-gado enak deh, sob. apalagi makannya sambil ngopi, hehe
thanks for your sharing, i like it

http://dasarbahasainggris.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya kalau dilihat dari segi namanya sih enak, karena hal itu anda maknai sebagai makanan, yakni gado-gado. Tapi coba anda lihat secara komprehensif mengenai apa makna blog gado-gado sebenarnya? dari situlah anda akan menmui benang merah dari eksistensi blog tersebut :)

Wisata Sulawesi said...

Ulasannya sangat bermanfaat. Dan menambah wawasan tentang dunia blogging bagi blogger pemula seperti saya. Semoga saja blog yang saya bangun ini www.wisatasulawesi.com termasuk 'Blog Niche'

Terima Kasih.

Wisata Sulawesi said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak pak sudah mampir dan membaca artikel saya. Kita sama-sama belajar pak karena saya juga masih pemula di dunia blogging :)

Dwi Sugiarto said...

Tergantung dari motivasi blogging itu sendiri.Kalau niatnya money blogging Niche blog lebih menguntungkan karena tidak butuh banyak artikel bahkan beberapa blogger menerapkan set and forget buat setelah matang dan menghasilkan buat blog yang lain.Tapi kalau niatnya sekedar berbagi rasanya blog gado gado lebih cocok karena postingnya lebih mudah.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih Mas Dwi sudah menambahkan atas kekurangan dari artikel diatas. Memang ada perbedaan yang signifikan antara blog niche dan blog gado-gado (campuran). Kita kembalikan lagi pada tujuan ngeblog ya mas, karena setiap orang pasti mempunyai motivasi yang berbeda :)

Anonymous said...

kalau blog saya gado gado atau ketoprak nih ya ? tapi pada dasarnya cuman 2 topik sih ... soal trik blogger dan dunia sales marketing .. kebetulan itu pekerjaan saya jadi pengen lebih eksplore tentang marketing ... hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sepertinya kalau hanya 2 topik saja bukan termasuk blog gado-gado kok mas, soalnya kan hanya membahas itu saja dalam blog nya. Kalau blog gado-gado itu yang dibahas banyak banget dan beranekaragam topik. Dan saking banyak nya topik, ada label/kategori lain-lain hehe :D

Anonymous said...

iaya sih ... oh ya saya pakai 2 platform blogger dan wordpress.. itu kira2 jelek gak ya dimata mbah google.. saya sendiri masih bereksperimen menyatukan keduanya biar oke .. masih bingung pasang sub doamin dibelakang atau didepan ... ada saran buat saya ?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah saya malah baru tahu mas kalau kedua platform tersebut bisa digabungkan hehe :D

Menurut saya sih mending sub domain itu di depan nya mas. Kalau di belakang, jarang sih dan sepertinya kurang bagus :)

Renaldi Ardiansyah said...

info yang bagus... kalau begitu blog saya termasuk blog gado gado

Post a Comment