Perbedaan Pay Per Click (PPC) dengan Paid To Click (PTC)

Perbedaan Pay Per Click (PPC) dengan Paid To Click (PTC) Ada berbagai cara untuk meraup penghasilan lewat media internet. Mungkin sebagian besar dari kita memilih cara yang menurutnya pasti dan menjanjikan. Namun, semua cara yang kita lakukan harus dilandasi dengan niat yang kuat, tekad, rajin, dan butuh pengorbanan waktu, usaha, dan tenaga, bahkan bisa juga finansial.

Untuk memperoleh penghasilan lewat internet, ada yang bilang mudah, ada juga yang bilang sulit. Semuanya relatif, tergantung pengalaman anda masing-masing. Tapi menurut penulis sendiri, cukup sulit untuk cari uang di internet. Malahan lebih mudah cari uang di dunia nyata hehehe. Kalau menurut anda bagaimana?
Perbedaan PPC dan PTC
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah PPC dan PTC. Yupz, kedua istilah tersebut merupakan istilah Bisnis Online yang ada di dunia maya. Oleh karena itu mengapa dalam kesempatan kali ini saya akan membahas kedua istilah tersebut. Berikut adalah penjelasan tentang PPC dan PTC serta letak perbedaannya.

Perbedaan Pay Per Click (PPC) dengan Paid To Click (PTC)

1. Pay Per Click (PPC)
Apa itu PPC? PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click yang mana merupakan bisnis online yang dilakukan dengan cara mendaftar pada situs yang menyediakan program tersebut. Kemudian kita memasang iklan PPC di blog. Apabila iklan yang terpasang di klik oleh pengunjung, maka kita akan memperoleh penghasilan. Nilai klik iklan setiap situs PPC memberikan bayaran yang berbeda-beda.

Sistem ini cukup adil (fair) untuk dijalankan. Anda hanya perlu membuat sebuah blog dan kemudian mengelolanya dengan baik. Anda akan memperoleh uang dengan passive income hasil iklan. Situs PPC juga akan untung. Anda sebagai publisher juga akan untung. Begitu juga dengan pengiklan (advertiser), mereka juga akan untung karena produk mereka itu laku terjual.

Apakah anda tertarik dengan program PPC? bila anda tertarik, anda bisa mencobanya. Syaratanya cukup mudah. Anda hanya perlu membuat sebuah blog dan kemudian blog tersebut diisi dengan konten yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Apabila blog anda sudah berumur dan sudah mempunyai trafik yang memadai, anda bisa mendaftarkan blog anda pada situs penyedia program PPC.

Ada banyak situs yang menyediakan program PPC di internet baik itu yang berasal dari Indonesia ataupun dari manca negara. Untuk situs asal Indonesia seperti PPC KlikSaya, PPC IdBlogNetwork, AdsenseCamp, KumpulBlogger, Sitti, dan masih banyak lagi. Adapun untuk situs PPC asal luar negeri misalnya seperti PPC Google AdSense, Bidvertiser, Chitika, Adhitz, dan masih banyak lagi.

2. Paid To Click (PTC)
Apa itu PTC? adalah sebuah program bisnis online dengan cara anda harus mengklik iklan yang telah disediakan pada situs yang menyediakan program PTC. PTC ini singkatan dari Pid To Click (PTC) atau apabila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia menjadi anda dibayar untuk meng-klik iklan.

Untuk berpartisipasi dalam bisnis ini caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar pada situs penyedia program PTC dan kemudian mengklik iklan yang sudah disediakan setiap hari. Setiap klik iklan juga bayarannya tidak sama antar masing-masing situs. Apabila anda sudah mencapai minimal payout, maka anda baru akan dibayar oleh situs tersebut.

Kalau menurut pendapat saya, sistem ini kurang begitu adil. Karena kita setiap hari harus meng-klik iklan dan setiap klik iklan, bayarannya sangat kecil sekali. Meskipun demikian, program ini juga bisa anda coba, terutama untuk para blogger pemula sebagai latihan mencari uang lewat internet. Di internet ada banyak situs yang menyediakan program PTC antara lain seperti Probux, Clicksense, Neobux, Termbux, Puritybux, Goldenclick dan masih banyak lagi.

3. Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas maka dapat saya simpulkan bahwa perbedaan PPC dengan PTC adalah dalam segi aktivitasnya. Jika PPC yang aktif itu adalah pengunjung blog, karena yang mengklik iklan adalah pengunjung. Kita hanya perlu mempunyai sebuah blog keren dan mengelolanya dengan baik agar banyak dikunjungi pengunjung. Sedangkan PTC yang aktif adalah diri kita sendiri yang mana kita harus meng-klik iklan setiap hari. Kita tidak perlu membuat sebuah blog, tapi kita langsung mendaftar pada situs penyedia PTC. Dan kita akan dibayar setiap klik iklan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Perbedaan Pay Per Click (PPC) dengan Paid To Click (PTC). Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

9 komentar:

Unknown said...

Saya juga bergabung di bisnis PTC. Memang hasil yang di peroleh sangatlah kecil, tapi ada strategi Kusus supaya bisa dapat banyak dollar..

bahkan teman saya bisa mendapat $90 per bulan hanya dari PTC saja, tanpa berburu referal, hanya mengandalkan Sewa Referal.

saya juga sedikit belajar bisnis PTC dari dia. :)



Hariyanto Wijoyo said...

perbedaannya jelas banget, tapi yang perlu adalah bagaimana kita membedakan antara yang scam dan yang bukan..... :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel: wah berarti anda sudah berpengalaman tentang bisnis PTC ya mas? hehehe :)

Saya sebenarnya tertarik dengan PTC, tapi melihat sistem yang diberlakukan seperti itu dan kebetulan saya juga tidak punya banyak waktu untuk online, sehingga saya lebih memilih fokus pada pengelolaan blog saja.

Terimakasih banyak mas sudah sharing :)

Pak Hariyanto: hehehe iya sih pak perbedaannya memang jelas sekali. Tapi itu kan menurut bapak bukan menurut orang lain. Siapa tahu orang lain ada yang belum tahu tentang perbedaannya heheheh :P

Saya kurang begitu tahu pak mana yang scam dan yang tidak scam. Sulit untuk menjustifikasi seperti itu pak. Paling-tidak harus ada penelitian terlebih dahulu hehehe :)

Thanks pak sudah meluangkan waktu berkunjung di blog saya :)

Bagus Hermawan said...

kalau pengen lebih menjanjikan memang harus bisnis Pay Per Click (PPC), tapi harus terlaten dan ulet :)
tanks atas sharingnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu mas, saya juga lebih seneng sama PPC. Karena sistem yang diberlakukan cenderung fair. Bahkan kita sebagai publisher nampaknya lebih diuntungkan.

Tapi ya itu benar kata anda bahwa untuk menjalankan PPC harus rajin, karena kita mengandalkan trafik blog. Kalau trafik blog rendah, bisa dipastikan perolehan penghasilan nantinya juga akan rendah.

Terimakasih banyak mas sudah mau diskusi disini :)

Unknown said...

kalo blog da terdaftar di ptc,kemudian didaftarkan di ppc,boleh ga ya.?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sebaiknya iklan referal PTC dihilangkan saja pak dari blog, karena ada beberapa situs PPC yang mensyaratkan sebuah blog itu harus bebas dari PTC.

Unknown said...

TRIMA KASIH SAYA TAMBAH PENGETAHUANNYA SEMOGA RIRIN TETAP SEHAT DAN DIBERI RIZKY TERUS AMIN

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih Pak Nazir atas do'anya :)
Sukses juga untuk Pak Nazir :)

Post a Comment