Pilih Beriklan di Google AdWords atau Facebook?

Pilih Beriklan di Google AdWords atau Facebook? Program periklanan online di internet kini cukup banyak diminati berbagai perusahaan untuk mengiklankan produknya. Hal itu disebabkan animo netizen selalu bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan katanya, di Amerika Serikat program periklanan online mampu menggeser periklanan di surat kabar cetak. Adapun di Indonesia nampaknya surat kabar cetak masih menduduki posisi puncak untuk media beriklan.

Sebenarnya ada banyak media yang menyediakan program periklanan di internet. Namun, yang paling besar adalah Google AdWords dan Facebook. Kedua situs tersebut kini dibanjiri oleh berbagai perusahaan dan jasa untuk memasarkan produksnya. Bagi anda selaku pemilik perusahaan, bisa dipastikan akan bingung ingin memilih beriklan dimana? Karena kedua situs tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Apalagi jika anggaran anda terbatas.

Oleh karena itu, dalam kesempatam kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana mekanisme/cara kerja beriklan di kedua situs tersebut? selain itu juga kelebihan dan kelemahan dari masing-masing situs. Berikut adalah penjelasannya.

Pilih Beriklan di Google AdWords atau Facebook?

1. Google AdWords
Google AdWords merupakan program periklanan online milik Google Inc. Program ini sudah cukup lama berkembang bersamaan dengan Google AdSense sebagai penyang iklan. Anda bisa mengiklankan produk anda disini, namun harus sesuai dengan Term of Service (TOS) yang berlaku.

Cara kerja Google AdWords sangat sederhana. Anda hanya perlu menentukan kata kunci yang menggambarkan produk dan perusahaan anda. Dan kemudian menentukan anggaran harian untuk beriklan. Namun, sebelumnya anda harus sudah mempunyai akun Gmail untuk mengakses Google AdWords. Disini iklan ada dua macam yakni iklan per klik yang menuju laman blog/web anda dan iklan pertayang.
Google AdWords
Kelebihan beriklan di situs ini adalah lebih tertarget. Anda bisa memperoleh pelanggan baru sesuai kata kunci yang ditargetkan. Selain itu, jangkauan iklan anda akan ditayangkan pada wilayah yang anda inginkan. Bisa satu kabupaten, Provinsi, ataupun Negara. Iklan anda bisa tayang pada seluruh website/blog yang memasang iklan Google AdSense dan pada laman hasil mesin penelusuran Google. Itu artinya semua orang bisa melihat iklan tanpa mereka harus log in terlebih dahulu.
Google AdSense
Kelemahan beriklan di Google AdWords adalah apabila anggaran iklan sudah habis, maka anda tidak bisa memperoleh pelanggan baru, karena iklan anda sudah tidak tayang lagi. Selain itu, biaya iklan relatif mahal, yakni minimal sebesar Rp 150 ribu rupiah. Semakin tinggi anggaran harian anda, semakin sering iklan anda akan ditampilkan. Ini yang perlu anda pikirkan apabila anda memilih kata kunci dengan tingkat kompetisi tinggi, misalnya seperti produk-produk barang mewah. Apabila anggaran harian anda rendah, itu artinya iklan anda jarang ditampilkan.

2. Facebook
Facebook merupakan media sosial yang cukup banyak digemari oleh semua orang untuk berinteraksi dengan orang-orang dalam kehidupan mereka. Kini Facebook tidak hanya sebagai jejaring sosial saja, melainkan banyak dimanfaatkan untuk bisnis.

Cara kerja iklan di Facebook juga sederhana. Ada 2 jenis iklan di Facebook. Antara lain iklan yang berupa status update dan iklan banner dibagian sidebar laman Facebook. Untuk beriklan di situs ini, anda hanya perlu membuat akun Facebook, dan kemudian membuat halaman fans page
iklan di Facebook
Untuk membuat iklan, terlebih dahulu anda membuat slot iklan sendiri dan kemudian melakukan pembayaran. Pilih salah satu jenis iklan yang anda inginkan. Iklan anda juga akan ditayangkan sesuai dengan wilayah yang anda pilih. Bisa satu provinsi, negara, ataupun benua dengan biaya yang berbeda. Iklan di Facebook berdasarkan berapa hari, jangkauan seberapa luas, dan berapa tayang. Iklan anda nantinya akan ditayangkan pada situs Facebook saja.
Facebook banner iklan ads
Kelebihan dari beriklan di Facebook adalah iklan anda lebih tertarget sesuai wilayah yang anda pilih. Anda bisa memperolah pelanggan baru dan pelanggan tersebut bersifat tetap hanya dengan memanfaatkan tombol like/suka maka mereka (pengguna Facebook) akan menjadi fans halaman anda. Sehingga anggaran iklan yang sudah anda keluarkan bisa memperoleh hasil yang optimal meskipun anggaran iklan anda sudah habis. Anda hanya perlu memanfaatkan fans page anda yang sudah memperoleh anggota banyak untuk terus mempromosikan produk anda.

Kelebihan yang lain adalah biaya iklan di Facebook relatif murah, yakni minimal Rp 50 ribu. Namun itu juga sesuai dengan jangkauan wilayah pastinya.

Kelemahan beriklan di Facebook adalah tayangan iklan hanya terbatas pada situs Facebook saja. Iklan tidak ditayangkan pada situs lain. Itu artinya untuk melihat iklan harus log in terlebih dahulu di Facebook. Selain itu, tayangan iklan terbatas karena ruang iklan sendiri hanya terdiri dari 5-8 slot saja dan pergantiannya juga cepat, yakni setiap 1 menit sekali iklan diganti dengan sendirinya.

Untuk beriklan di Facebook anda terlebih dahulu harus membuat Fans Page, apabila anda ingin memperoleh anggota tetap, dengan hanya memanfaatkan tombol suka. Ini yang kadang menjadi kendala apabila anda belum familiar dengan Facebook.

3. Kesimpulan
Masing-masing program periklanan yang diberikan oleh Google AdWords dan Facebook mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Itu semua tergantung kebutuhan anda dalam memasarkan produk anda dan kenyamanan anda dalam beriklan. Bagi anda yang terjun di dunia Bisnis Online, tentu harus familiar dengan kedua situs tersebut karena eksistensinya sangat penting bagi progress bisnis anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Pilih Beriklan di Google AdWords atau Facebook?. Semoga dapat bermanfaat. Atas perhatiannya disampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

17 komentar:

Radja Blangkon said...

Kalau di FB, justru kadang memilik akun menganggapnya sampah karena mengganggu pemandangan. FB kadang memasukan sponsor iklannya diberanda sang punya akun. Sungguh menyebalkan.
Google Adwords lebih ketarget dan lebih mengena.

Yanuar Catur said...

Kayaknya lebih terjamin di embah gugel tuh..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iklan beranda di FB bertujuan untuk memperoleh pemirsa lebih banyak pak, sehingga mau tidak mau semua pengguna harus melihat iklan tersebut sebagai konsekuensi pengguna akun FB. Ya, memang kadang kurang enak untuk dipandang. Tapi kita mau bagaimana lagi hehehe :D

Sejauh ini memang benar bahwa Google AdWords lebih tertarget dan cocok di gunakan untuk beriklan. Thanks pak sudah sharing :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas yanuar catur, iya mas tergantung dari kebutuhan advertiser. Semua situs periklanan online, saya kira semuanya bagus-bagus kok.

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

pilihan lebih tepat memang google adwords, tetapi siap2 dengan budget besar.

yang paling bagus itu bisa pilih berdasarkan geografis, kalau buka toko online, keren tuh,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu mas, kita harus menyiapkan anggaran yang jumlahnya tidak sedikit karena memang untuk jangka panjang. Di Google AdWords lebih tertarget dan memungkinkan akan mendatangkan pelanggan baru. Thanks mas sudah mampir :)

Djangkaru Bumi said...

Sebenarnya enak lewat blogger, biar para blogger kebagian rezekinya :)
Tapi sekarang pengiklan sudah lihai, kadang ada yang membuat blog sendiri.
Sehingga aku tak kebagian rezeki :D

Anonymous said...

menurut ane sih lebih tepat di guugeel.,
klo di fb pasti bakal jarang yg klik, terkecuali iklan yang benar2 menarik,.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe kalau itu sudah pasti pak. Advertiser lebih memilih target pemirsa yang benar-benar nyata, sehingga produk/jasa yang mereka jual bisa laris. Kalau ber-iklan di blogger ya tergantung trafik blog itu sendiri apakah sudah memadai atau belum. Jadi para advertiser akan berpikir dua kali untuk ber-iklan di blogger :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Yogi Vipre, lebih tepatnya tergantung kebutuhan pak hehehe :D
Karena biaya iklan dari dua situs tersebut sangat kompetitif hmmm

Saya kurang tahu apakah iklan di FB ada yang meng-klik atau tidak, tapi memang benar apa yang disampaikan oleh anda bahwa iklan yang menarik perhatian pengguna FB lebih banyak di klik daripada yang iklan biasa-biasa saja.

Thanks Pak Yogi sudah sharing :)

Unknown said...

Biaya promosi produk suatu perusahaan yang sudah besar tentu sangat tinggi. Promosi menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk meningkatkan omzet penjualan.

Saat ini Google AdSense dan Facebook telah menjadi media beriklan yang favorit di dunia ini. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Artikel ini menjadi panduan yang praktis dan bermanfaat bagi manajemen untuk menentukan pilihan.

Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang buat sobat Wahyu Eka Prasetiyarini.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu pak, setiap perusahaan produksi/jasa pasti selalu menyediakan anggaran untuk iklan. Dari situlah masyarakat mulai bisa mengenail produk/jasa apa yang bisa dijual oleh perusahaan tersebut.

Situs Facebook dan Google AdWords merupakan 2 situs yang cukup populer di belantikan dunia maya sebagai situs yang menyediakan layanan periklanan online. Dengan beriklan di 2 situs tersebut, maka para perusahaan bisa memperoleh pelanggan baru.

Makasih banyak Pak Her atas sharingnya :)

Anonymous said...

ada kelemahan dan ada kelebihannya ya... sebelum saya pasang iklan pikir - pikir dulu deh...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya dipikir-pikir dulu pak, soalnya terkait dengan biaya. Selain itu juga bapak juga harus memikirkan kira-kira produk apa yang akan di jual untuk konsumen? dan apakah sudah punya website khusus untuk toko online atau belum? dan masih banyak lagi.

Thanks ya sudah mampir di blog saya ^^

Mizz Aiza said...

banyak perusahaan kecilan suka iklan di facebook sahaja.. lebih jimat dan cepat..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul mizz, karena biaya iklan di Facebook tidak begitu mahal, sehingga cocok untuk perusahaan kecil-kecilan. Namun, jangkauan nya kurang begitu luas miss, karena hanya terbatas pada pengguna Facebook saja, tidak seluruh pengguna internet. Thanks ya sudah sharing pengalaman :)

Mezi Aris Apronny said...

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masih, jadi tergantung kebutuhan Adertisernya aja. Salam kenal Wahyu Eka Prasetiyarini, terimakasih telah sharing :)

Post a Comment