Tips Belanja di Internet yang Aman agar Tidak Ditipu

Tips Belanja di Internet yang Aman agar Tidak Ditipu Dewasa ini banyak berbagai toko online yang terdapat di Internet. Hal itu sebagai konsekuensi perkembangan zaman yang semakin maju dan perkembangan teknologi informasi. Eksistensi toko online selain mempermudah belanja, juga proses belanja juga berlangsung cepat. Untuk berbelanja, anda hanya perlu mengunjungi website toko online, kemudian pilih produk yag anda inginkan, transfer pembayaran, dan barang langsung dikirm ke tempat anda.

Nampaknya cukup mudah untuk dilakukan dan tentunya akan menghemat waktu anda. Namun, dibalik kemudahan itu ternyata terdapat risiko yang cukup besar, terutama bagi konsumen. Apabila anda tidak pandai-pandai memilih toko online, bisa berakibat fatal. Misalnya seperti barang rusak, barang tidak dikirim, dan uang anda hilang. Tentu hal semacam itu tidak anda inginkan bukan?. Oleh karena itu anda perlu hati-hati dalam berbelanja di internet, sehingga anda sebagai konsumen itu tidak dirugikan.
Tips Belanja di Internet
Image by wahyu-winoto.com
Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan Tips Belanja di Internet. Berikut adalah poin-point penting yang harus anda perhatikan sebelum atau saat berbelanja di toko online.

Tips Belanja di Internet yang Aman agar Tidak Ditipu

1. Pilih toko online yang bonafide
Point ini penting untuk anda perhatikan agar anda tidak tertipu oleh toko online. Jangan langsung tergiur atau mudah percaya dengan iming-iming murah. Namun, anda harus selektif dalam memilih toko online. Toko online yang dapat dipercaya biasanya mengutamakan pelayanan daripada mencari keuntungan. Pelayanan yang bagus biasanya akan laris dan banyak konsumen yang belanja di toko tersebut.

2. Periksa reputasi toko online
Ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk membeli produk disalah satu toko online, anda perlu memeriksa reputasi toko. Anda bisa memeriksa di beberapa sosial media ataupun forum online, seperti Kaskus dan kawan-kawan. Apabila reputasi toko bagus, bisa dipastikan pada forum-forum tersebut tidak ada yang mendiskusikan tentang kejelekan dari toko online tersebut.

3. Periksa kontak
Sebelum anda membeli hendaknya memeriksa kontak toko online yang terdapat pada websitenya. Biasanya berupa chating, Yahoo mesenger, nomor hand phone, dan lain sebagainya. Apabila kontak mudah untuk dihubungi, bisa dipastikan apabila anda mengajukan komplain itu juga mudah.

4. Data toko online harus jelas
Toko online yang benar-benar bonfide biasanya tidak hanya ada di internet saja, melainkan di dunia nyata juga ada kantornya. Sebaiknya anda periksa alamat kantor toko online, apakah ada atau tidak. Ini bisa memudahkan anda apabila ternyata produk yang anda beli itu tidak sesuai dengan aslinya. Selain itu, ini juga mempermudah anda untuk komplain apabila nanti produk yang dikirim tidak memuaskan, misalnya barang rusak, tidak sampai, dan lain sebagainya.

5. Periksa testimoni konsumen
Anda juga perlu memeriksa kesaksian dari pelanggan/konsumen yang pernah belanja di toko online tersebut. Bagaimana testimoninya terhadap toko tersebut? palayanannya bagaimana? dan lain sebagainya. Mungkin halaman testimoni ini bisa direkayasa oleh toko online. Oleh karena itu, anda harus tetap waspada sebelum memutuskan berbelanja di toko tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Belanja di Internet yang Aman agar Tidak Ditipu. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

2 komentar:

Hariyanto Wijoyo said...

yang pertama dan wajib diperiksa adalah..data toko online harus jelas...itu kalo belanja secara online :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul sekali itu pak. Data toko online harus jelas dan valid. Harus benar-benar ada kantornya. Kalau tidak ada, toko tersebut diragukan pelayanannya. Makash banyak pak sudah sharing :)

Post a Comment