Cara Memasang Kalender di Blog

Cara Memasang Kalender di Blog Apakah anda suka mempercantik tampilan blog anda? Yupz, tentu saja apabila blog terlihat cantik dan menarik akan memberikan kesan tersendiri kepada para pemirsa blog anda. Sebenarnya ada banyak macam cara yang dapat anda praktekkan untuk memperindah performa blog anda. Semua itu tergantung dari skill estetika yang anda miliki, karena blogging adalah seni. Selain itu, anda juga harus banyak belajar tentang Blogging. Tentu harus belajar secara mandiri, karena jarang ada sekolah blogging.

Salah satu cara untuk mempercantik performa blog anda adalah dengan cara memasang widget kalender. Anda pasti sering melihat kalender yang terpasang di rumah anda, yang mana berupa versi cetak. Kalau di blog pernah tidak? Widget kalender ini tentu berupa versi digital, dan pastinya sesuai dengan hari dan tanggal yang ada di dunia nyata.
Cara Memasang Kalender di Blog
Image by madison.k12.wi.us
Kenapa blog perlu di pasang kalender? Seperti disebutkan pada paragraf sebelumnya bahwa ini merupakan cara untuk memperindah tampilan blog. Selain itu juga sebagai pengingat anda atau pemirsa blog anda tentang hari apa dan tanggal berapa saat ini.

Di internet, ternyata ada salah satu situs yang menyediakan widget kalender secara gratis. Adalah situs Free Blog Content yang menyediakan widget tersebut. Situs tersebut memberikan layanan gratis berupa widget kalender yang bisa dipasang di web/blog tanpa anda harus mendaftar terlebih dahulu pada situs tersebut. Dengan catatan anda tidak boleh merubah kode script sedikitpun dari widget kalender tersebut.

Mau tau cara memasangnya? Silahkan simak baik-baik langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini.

Cara Memasang Kalender di Blog

1. Silahkan kunjungi situs Free Blog Conten di url http://www.free-blog-content.com/ Nanti anda akan menjumpai laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan arahkan kursor anda ke bawah.
Widget Kalender Keren untuk Blogger Blogspot Website
2. Maka anda akan menjumpai 8 pilihan jenis kalender yang bisa di pasang di web/blog anda. Antara lain adalah Animated Calendars, Car Calendars, Girl Calendars, Animal Calendars, Nature Calendars, Abstract Calendars, Plain Calendars, Calendars with Clock. Silahkan pilih salah satu jenis kalender yang anda suka. Dalam tutorial ini saya akan pilih jenis Nature Calendars. Silahkan klik tulisan Nature Calendars.
cara bikin widget kalender gratis di situs Free Blog Conten
3. Anda akan menjumpai beberapa bentuk kalender tentang alam yang berbeda dalam segi ukuran, bentuk, dan gambarnya. Silahkan pilih kalender sesuai dengan keinginan anda. Silahkan copy seluruh script yang ada di bawah kalender tersebut.
Cara Agar Blog Terlihat Cantik dan Menarik dengan memasang kalender
4. Langkah selanjutnya adalah pemasangan kalender di blog anda. Silahkan log in ke akun Blogger anda dengan menggunakan Username dan Pasword anda masing-masing.

5. Silahkan masuk ke Dashboard > pilih menu Tata Letak/Layout > klik Add Gadget/Tambah Gadget > pilih gadget HTML/JavaScript > paste seluruh script yang sudah anda copy tadi ke dalam kotak > klik Save.

Berikut adalah screenshoot kalender yang pernah saya pasang di blog saya. Cukup cantik kan? hehehe Selamat mencobanya!!
cara memasukkan kalender ke dalam blog website
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang tata Cara Memasang Kalender di Blog. Semoga dapat bermanfaat. Ma kasih banyak ya atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

24 komentar:

dunia maya said...

boleh dicoba nieh,,,,
bersilaturrahmi dan dapat ilmu
trimakasih dah berbagi mb,,,,
izin save,,,, kpan" saya pelajari n praktek

minal aizdin walfa'izdin
mohon maaf lahir dan batin

Writer said...

lumayan juga tuh buat memper-ganteng blog gue xixixi :D

"Jangan lupa beri komentar di blog gue :D"

Anonymous said...

sangat menarik memang bila dipasang sebuah kalender di blog :)

Unknown said...

Bagus itu mbak kalender nya...
memasang kalender di blog bisa buat mengingatkan pengunjung yang lupa tanggal ea mba..

Unknown said...

wah mksh infonya mbx, tp uda tx coba kog ga' mncul di tmpilan blognya? pdhl udh di save, kra" salahnya sya dmna y? tlg y, mksh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Maya, iya mbak sama-sama. Memang banyak manfaat apabila kita sering berkunjung dan bersilaturohin di blog orang lain. Kita bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan, teman baru, dan masih banyak lagi. Silahkan di save/bookmark dan dipraktekkan mbak agar bisa paham dan blog anda bisa cantik seperti admin nya hehehe :D

Mas Kum Poter, iya memper-ganteng atau memper-cantik performa blog itu mempunyai banyak cara mas. Salah satunya dengan cara memasang kalender. Selain tampilan blog kita bisa terlihat menarik, juga bisa mengingatkan kita dan pemirsa blog akan tanggal/bulan/tahun/hari saat ini. Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Mas Jocker, iya mas lumayan menarik apabila blog kita itu dipasang widget kalender. Kita tidak perlu mendaftar dan tidak perlu membayar pada situs penyedia kalender, melainkan kita hanya perlu mengambil script yang sudah disediakan di situs tersebut dan kemudian memasang nya di blog kita :)

Mbak Cuute Yanti, iya mbak betul sekali. Kalender yang dipasang di blog kita bisa mengingatkan pemirsa blog dan admin blog yang lupa dengan tanggal saat ini. Thanks ya atas kunjungannya :)

Mbak Wulan, iya mbak sama-sama. Setelah saya tinjau blog anda, ternyata template yang anda gunakan itu tidak mendukung terhadap pemasangan widget kalender dan widget-widget lainnya. Oleh karena itu, apabila anda ingin memasang kalender di blog anda, silahkan ganti terlebih dahulu template/thema blog anda. Baru kemudian anda bisa memasang widget kalender tersebut di blog anda. InsyaAllah nanti bisa berhasil mbak :)

noerleina pasalyiboe said...

ok !!!
ntar saiia coba..

makasih sudah mau membagi ilmu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sam-sama mbak noerleina, semoga bermanfaat :)

Unknown said...

langsung di coba ke Tkp.. maksih atas informasinya...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan dipraktekkan mas scout. Terimakasih juga sudah mampir di blog saya :)

abang ichal said...

wehh mantappp..
sy pake kalender rumah aja deh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

biasa aja kok mas, nggak mantep-mantep amat wkwkwkwkwk :D
thanks ya sudah singgah dan berkomentar di blog saya :)

dedetea66 said...

Salut nih mbak,biasanya yang punya blog Tutor itu kaum lelaki,ternyata wanita juga ada yah seperti mbak Wahyu,jadi salaut saya,,,BTW boleh dicoba nih tutornya,Terimakasih mbak atas tutornya,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Pak Dede Thea atas apresiasinya :)
Memang benar apa yang anda sampaikan tersebut bahwa kebanyakan blog berniche tutorial blogging itu sebagian besar dikelola oleh kaum adam. Tapi saat ini kan sudah ada emansipasi wanita pak. Jadi apa yang tidak bisa dilakukan oleh kaum hawa tadinya, kini bisa dilakukan oleh kaum hawa. Saya sangat berterimakasih kepada RA Kartini yang sudah memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia :)

afada said...

hmmm. menarik, template di blog ini juga sangat soft, enak di lihat dan tidak memberatkan pengunjung dalam mengakses.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Pak David atas apresiasinya. Mudah-mudahan performa blog ini bisa nyaman di lihat oleh siapa saja yang sedang berkunjung di blog ini. Ma kasih juga atas kunjungannya :)

Anonymous said...

kadang widget kalender juga bermanfaat untuk para pembaca,.
wakt itu pernah pasang juga di blog pas masih gunakan template yang lama,, tapi ada yang koment katanya widget kalender gak terlalu penting, soal nya pembaca juga bisa liat dari komputer/laptop nya,.

nice share mbak trik nya,.

selamat malam,. :D

Mizz Aiza said...

saya pernah memasang widget kalendar.. tapi saya buang kerana loading blog lambat..

abitalita said...

terima kasih sudah berbagi tips bermanfaat ini mbak wahyu..jadi mempermudah rekan rekan yang ingin memasang widget kalender pada blognya.terlebih lagi jika mereka mempunyai jadwal offline yang padat selain ngblog :)

Ahmad Zaelani said...

saya tidak bisa berkomentar banyak... tapi yang jelas selain untuk memperindah tampilan blog namun juga untuk memanage waktu kita, karena walau dirumah punya kalender tetep aja suka lupa,,, kalo ada yang nanya "Tanggal berapa sekarang ???" hihi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Yogi, pengalaman yang sangat menarik mas untuk dijadikan pelajaran untuk kita semua. Terkait dengan widget kalender memang kadang bisa berguna dan kadang juga bisa tidak. Hal itu tentunya menurut kebutuhan kita masing-masing, terutama yang mengelola blog apakah ingin memasang widget kalender atau tidak. Memang benar bahwa di komputer kita sudah ada kalender nya, tapi tidak ada salahnya juga apabila kita ingin memasang widget ini di blog, misalnya untuk memperindah performa blog. Thanks atas sharing nya yang sangat luar biasa :)

Mizz Aiza, wah pengalaman yang sangat menarik mizz bahwa anda pernah memasang widget ini. Saya kurang tahu betul apakah widget kalender yang dipasang di blog itu bisa mempengaruhi loading blog ataukah tidak :) Namun, dari statement anda tesebut itu bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk kita semua yang ingin memasang kalender di blog nya. Loading blog sangat penting untuk diperhatikan karena hal itu bisa memberikan kenyamanan kepada para pemirsa blog kita. Thanks ya sudah mau singgah kemari :)

Pak Aulia, sama-sama pak dan terimakasih juga atas apresiasinya. Tutorial diatas adalah panduan sederhana saja yang bisa saya sajikan. Mudah-mudahan bisa membantu bagi kita semua yang ingin memasang kalender di blog nya. Karena widget tersebut mempunya beragam manfaat misalnya seperti yang sudah anda sampaikan tersebut. Ma kasih sudah singgah kemari :)

Mas Zaelani, iya benar juga ya mas bahwa kita hanya manusia biasa yang kadang lupa. Oleh karena itu, dengan adanya widget kalender ini, paling-tidak itu bisa mengingatkan kita semua akan tanggal apa saat ini. Thanks ya sudah mau sharing :)

Unknown said...

wah sipp banget mbak makasih ya sudah berbagi,saya sudah mencobanya dan hasilnya blog saya jadi terlihat lebih manis
sukses selalu buat mbak ririn.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mbak sama-sama. Terimakasih sudah berkunjung di blog saya :)

Unknown said...

kunjungin blog saya

Post a Comment