Cara Memasang Widget Feedjit di Blog

Cara Memasang Widget Feedjit di Blog Apakah anda tahu tentang Feedjit? yupz, Feedjit merupakan sebuah nama situs yang menyediakan fasilitas gratis berupa widget informasi trafik blog/web. Widget tersebut tidak hanya bisa dipasang di Blogger saja, melainkan juga bisa dipasang di WordPress, Typepad, dan masih banyak lagi. Apa kegunaan widget Feedjit yang dipasang di blog? kegunaannya adalah supaya kita bisa mengetahui pengunjung blog (internet user) yang mengunjungi blog kita.

Dalam widget tersebut akan menyajikan informasi tentang lokasi asal pengunjung, judul postingan yang dibaca, waktu/jam, kata kunci yang diketikkan dalam mesin pencari, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, widget Feedjit ini kurang begitu tepat untuk dipasang di sebuah blog/web, karena hal itu nampaknya melanggar kebijakan privasi (privacy policy) pengunjung atau pengguna internet. Oleh karena itu, sebelum anda memasang widget ini di blog anda, silahkan dipikirkan baik-baik.
Cara Memasang Widget Feedjit di Blog
Berikut saya jelaskan tentang Cara Memasang Widget Feedjit di Blog. Silahkan disimak baik-baik agar tidak salah dalam mempraktekkannya.

Cara Memasang Widget Feedjit di Blog

1. Silahkan kunjungi situs www.feedjit.com Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan klik tombol Choose Your Feedjit.
cara daftar feedjit
2. Anda akan disuguhi tiga opsi fitur yakni Widget Gratis, Advanced, dan Pro. Silahkan pilih widget yang gratis saja yang bertuliskan Feedjit Completely Free. Silahkan klik tombol Sign Up.
cara buat akun di situs feedjit
3. Langkah selanjutnya silahkan atur ukuran dan warna widget Feedjit anda.
widget keren dan gratis untuk para blogger indonesia
Keterangan:
Nomor 1 pilih bagian mana yang ingin di edit warnanya
Nomor 2 tentukan ukuran lebar widget
Nomor 3 tentukan jumlah pengunjung yang ditampilkan dalam widget
Nomor 4 pilih warna tampilan widget
Nomor 5 centang untuk menampilkan lokasi asal visitor pada widget
Nomor 6 opsi advanced (tidak wajib)
Nomor 7 pilih platform yang anda gunakan. Dalam tutorial ini saya pilih platform Blogger.

Langkah selanjutnya silahkan klik tombol Go!

4. Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan klik tombol Click to open a new window and install on Blogger.
cara memasukkan widget feedjit ke dalam blog website
5. Maka anda akan menuju laman Blogger. Silahkan log in dengan menggunakan E-mail dan Pasword anda masing-masing.
install gadget feedjit untuk blogspot kamu
6. Maka anda akan menjumpai laman seperti berikut ini. Silahkan anda edit atau tidak diedit juga tidak apa-apa.
widget unik, menarik dan keren untuk menghias blog kamu
Keterangan:
Nomor 1 judul gadget/widget anda
Nomor 2 edit konten
Nomor 3 edit template

Silahkan klik tombol Menambah Widget.

7. Maka widget Feedjit secara otomatis akan terinstall di Tata Letak/Layout blog anda.
cara menaruh dan meletakkan feedjit ke dalam website blog
8. Berikut adalah contoh screenshoot tampilan widget Feedjit yang dipasang di blog.
contoh tampilan widget feedjit yang sudah terpasang di blog
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Memasang Widget Feedjit di Blog. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

38 komentar:

hayardin said...

Selamat Pagi Mba Ririn...berbicara mengenai Feedjit, saya jadi teringat ketika baru berjabat tangan dengan dunia Blogging. Saya dulu juga paling sering memasang berbagai macam Widget di Sidebar Blog contohnya seperti Feedjit ini, Tapi sekarang saya hanya memasang yang menurut saya Pribadi penting dan tidak membuat Loading Page Blog...Terimakasih Tutorialnya Mba, semoga bisa sedikit membantu kepada sahabat Blogger yang ingin memasang Feedjit...

akang sam said...

Second comment *_*, Good morning Cara Ririn, how are you this morning?
l have ever used it, in my opinion this this tool/ widget can help us in view the visitors of our blog.
thanks for your sharing, ;)

dunia maya said...

keren widgetnya mb ,,,,
mendetail banget,,,,
masangnya pun harus dipikir",, ,,,,

Anonymous said...

Ya ini sangat membantu kita mengetahui datangnya visitor,salah satu widget kesukaan saya.

Anonymous said...

trial 10 hari ya bos? aduhh.. tanggung kayanya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hayardin, terimakasih banyak mas sudah mau sharing pengalaman yang sangat menarik :)
Pengalaman anda bisa dijadikan masukan dan saran kepada para teman-teman blogger yang lain :)

Akang Budi, yes I think this widget is not only to view visitor in our blogs, but also to track visitor who includes keyword, browser, geolocation, and others. By the way thanks for your visit and comment in this post. I hope you are not bored to visit again in my blog hehehe :D

MaYa KayLa, iya mbak lumayan keren widget ini. Kenapa harus dipikir terlebih dahulu sebelum pasang widget ini? Itu karena widget ini nampaknya melanggar kebijakan privasi pengunjung blog. Semua pergerakan pemirsa blog menjadi terekam semua dengan adanya widget ini. Dan rekaman tersebut terpampang di halaman blog yang bisa dilihat oleh banyak orang. Sehingga para pemirsa blog menjadi kurang bebas untuk berkunjung di blog yang ada widget Feedjit ini. Thanks mas sudah mampir :)

Mas Putra Atiaqsa, iya mas widget ini lumayan bisa membantu untuk melacank pengunjung blog. Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

Mas Intan Sudibjo, yang trial itu yang tengah mas atau yang Feedjit Advanced. Itu trial 10 hari. Kalau yang sebelah kiri itu gratis. :)

Djangkaru Bumi said...

Widget ini sebenarnya penting karena kita bisa mengetahui asal daerah atau kota bahkan negara dari pengunjung blog kita.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak itu merupakan salah satu tracking dari Feddjit, yakni bisa melacak asal pengunjung. Thanks ya sudah mampir :)

Unknown said...

keren si sebenarnyas tapi sanyangnya kok melanggar kebijakan privasi pengunjung ya,
Thks deh wat infonya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, karena widget ini bisa merekam aktivitas pengunjung secara detail dan cukup komplit. Dan hasil rekaman tersebut terpampang di halaman blog. Sehingga para pengunjung menjadi tidak bebas dengan adanya widget ini. Thanks ya sudah sharing :)

Anonymous said...

iya sih mbak kayaknya Freejit ini nampaknya melanggar kebijakan privasi (privacy policy) pengunjung, dulu saya sempet pake ini di blog tapi sekarang udah saya buang, dan lagian sekarang udah banyak yang gak pake lagi, makasih infonya mbak, sangat bermanfaat buat menambah ilmu hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik Mas Sehat Alami / Anthoni :D
Oleh karena itu sebelum memasang widget feedjit ini di blog, kita harus berfikir terlebih dahulu apakah widget ini merugikan pengunjung kita atau tidak? Ini harus kita pikirkan masak-masak. Thanks ya sudah mau sharing :)

abitalita said...

saya pernah paang widget ini, memang benar2 realtime dalam menampilkan jumlah dan asal pengunjung blog kita, trims sudah berbagi mbak...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks Pak Aulia sudah mau sharing pengalaman tentang penggunaan widget live feedjit. Ini bisa dijadikan bahan dan masukan bagi kita semua yang ingin memasang widget ini di blog. Ma kasih ya sudah mau mampir :)

Update Campuran said...

saya belum pernah nyoba nih, bisa dipertimbangkan.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Om Update Campuran, silahkan dipertimbangkan sebelum memasang widget Feedjit di blog anda. Siapa tahu anda cocok dan suka dengan widget ini. Thanks ya sudah mampir :)

Radja Blangkon said...

Sebenarnya widget ini juga tidak akurat amat kok, kadang hanya mengambil wilayah terdekat dari pengunjung, misal : Tegal kadang terlacak diwidget daerah Semarang. Terimakasih atas sharingnya.

Radja Blangkon said...

Widget yang banyak dipasang oleh pata blogger.

Radja Blangkon said...

Sebenarnya widget ini juga tidak akurat amat lo. misal daerah Tegal akan terlacak diwidget Semarang. Cuma diambil daerah terdekat kota besar.

Tubagus said...

Terima kasih mbak atas tipsnya. oh ya apakah widget ini memperlambat loading membuka web/blog?

Jos Bloko said...

Wah bagus juga nih widget.
Kok bisa mengetahui darimana pengunjung datang. Mau nyoba pasang ah ntar.

Aida Ismail said...

Terima kasih atas perkongsian. Baru saya tahu Feedjit tu apa. Hehe.

Sigli Cyber said...

mkasi nih udah berbagi tutorial nya..
sekalian mau blg klo Folback nya Berhasil..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Raja Blangkon, iya pak widget ini kurang begitu akurat dalam segi tracking visitor blog. Tapi paling-tidak kan sudah mendekati akurat. Iya nggak? hehehe :D Memang benar bahwa widget ini banyak dipasang oleh para blogger, terutama mereka yang suka dan gemar dengan hal-hal baru, sehingga semua widget mereka pasang di blog nya :) Thanks ya sudah mau sharing penglaman yang sangat menarik :)

Pak Rachmat Tubagus, berdasarkan pengalaman saya widget ini agak memperlambat loading blog pak, karena memang memuat berbagai inforasi tracking blog. Silahkan dipikir-pikir terlebih dahulu ya sebelum memasang widget feedjit ini di blog anda :)

Pak Jos Bloko, biasa aja kok pak, nggak bagus-bagus amat kok wkwkwkwkwk :D Iya benar sekali bahwa widget ini bisa mengetahi asal pengunjung. Selain itu juga banyak informasi lain yang direkam oleh widget ini. Silahkan dicoba saja kalau anda tertarik dengan widget ini. Thanks ya :)

Sist Aida Ismail, iya sama-sama sist. Iya kan kita sama-sama belajar sist. Yang sudah tahu memberi tahu, dan yang belum tahu ya mencari tahu atau diberi tahu hehehe :) Ma kasih ya sudah mampir di blog Indonesia :D

Mas Sigli Cyber, iya mas sama-sama. Ok dech thanks ya sudah mau follow back blog saya. Nantikan artikel-artikel yang berisi informasi menarik dari saya ya Hehehehe :D
Mudah-mudahan kita bisa berteman baik melalui media blogger ini :)

HP Yitno said...

Dulu pernah pasang feedjit.
Tapi kurang akurat. Saat ane menggunakan proxy server luar negeri, yang terdeteksi juga kunjungan dari luar negeri. Padahal yang mengunjungi kita sendiri saat itu.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik mas. Ini bisa dijadikan pertimbangan untuk kita semua sebelum memasang widget feedjit di blog, karena alasan kurang begitu akurat dalam segi tracking visitor. Thanks sudah mau mampir kemari :)

Ahmad Zaelani said...

widgetnya komplit.... mantep , beda sama widget yang lain,, kaykanya mesti coba

Unknown said...

Saya telah lama memasang widget Feedjit Live seperti ini. Saya suka mengamati artikel yang diakses, kata kunci yang terkadang aneh dan unik, dan sebagainya.

Menurut hemat saya, muatan yang ada dalam widget Feedjit tersebut tidak melanggar hak privacy seseorang. Tentu admin Feedjit telah memikirkan hal ini dengan cermat.

Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Zaelani, iya mas luamayan cukup komplit dalam segi fiturnya. Tapi statistik dalam widget ini tidak realtime. Melainkan mendekati realtime. Silahkan dicoba kalau tertarik mas :)

Pak Herdoni, pengalaman yang sangat menarik pak bahwa anda sudah lama menggunakan/memasang widget feedjit di Blog anda Info Seputar Kita. Memang benar bahwa widget ini bisa memberikan rekaman dan melacak pengguna internet.

Informasi yang direkam meliputi asal pengunjung, keyword, browser, mesin pencari, dan masih banyak lagi. Dan informasi yang dikumpulkan oleh widget tersebut bisa dijadikan evaluasi dan perencanaan untuk blog/web kita. Misalnya dalam membuat artikel, topik artikel, dan masih banyak lagi. Saya menghargai pendapat anda pak terkait dengan "melanggar hak privacy seseorang" dari adanya widget ini yang dipasang di blog.

Namun, kalau kita mau berfikir secara komprehensif, ternyata widget ini melanggar kebijakan privacy pengunjung. Karena informasi yang ditampilkan dalam widget ini sangat komplit. Selain itu wodget ini dipasang dilaman blog yang dapat dilihat oleh siapa saja. Sehingga pemirsa blog menjadi ter-awasi dan mereka tidak bebas berselancar untuk mengakses laman web/blog kita. Mungkin seperti itu pak. Thanks ya sudah mau sharing pengalaman :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sorry mbak riska, komentar anda terpaksa saya hapus karena isi komentar anda tidak relevan dengan topik artikel diatas. Selain itu juga komentar anda bersifat iklan. Pastikan jika komentar anda tidak ingin di hapus, silahkan berkomentar yang baik dan benar. Jangan promosi!! OK

Staff Administrator said...

Sy juga sempet pasang..cuma pernah di saranin sama teman blogger...utk melepasnya...alasannya terlalu keramaian widget di blog sy di saat itu :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya bener itu mas. Blog terlalu banyak widget yang di pasang juga tidak terlihat elegance nantinya. ya mas bud hhehe :)

EMSI SHOP said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih sudah singgah di blog saya yah :)

sae576 said...

Widget nya bagus sih, tapi ko saya gagal terus ya pasangnya. Terima kasih atas infonya.

Awam Store said...

saya pernah memasang widget ini di blog saýa, tapi kelihatannya kok mempengaruhi loading di blog saya tersebut, jadi ýa saya copot saja, hehehe, niche info nya mbak. . .

The razor said...

widiw saya udah coba tapi emang jadi agak berat loading nya,saya cabut aja deh takut engga seo friendly...
mampir balik ya ke blog saya tukeranilmu.blogspot.com

Post a Comment