Cara Memasang Widget Histats di Blogspot

Bagaimana Cara Memasang Widget Histats di Blogspot? Itulah pertanyaan yang menghantui perasaan saya setelah melihat ada widget menarik yang terpasang di blog sahabat. Lalu kemudian saya mencari tahu lewat Google, ternyata ada cara untuk pembuatannya. Namun, sebelum memasang widget yang berupa informasi statistik ke dalam blog/web, kita terlebih dahulu perlu melakukan pendaftaran di situs Histats.com.

Apa sih kegunaan widget Histats yang kita pasang di blog? Tentu saja ada. Yakni kita bisa tahu informasi tentang berapa jumlah pageview hari ini? jumlah pengunjung berapa yang online? jumlah visitor berapa? asal pengunjung blog itu darimana saja? dan masih banyak lagi. Selain itu, manfaat yang tak kalah penting adalah blog/web yang dipasang widget tersebut terlihat menarik, karena memang dapat mempercantik performa blog.
Cara Memasang Widget Histats di Blogspot
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tata Cara Memasang Widget Histats di Blogspot. Pastikan sebelum anda memasang widget tersebut, anda sudah mendaftar di situs Histats. Jika belum, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftar di Situs Histats.com.

Cara Memasang Widget Histats di Blogspot

1. Silahkan kunjungi situs www.histats.com Silahkan log in menggunakan E-mail dan Pasword anda masing-masing
log in masuk ke situs histats
2. Maka anda akan menuju laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan klik tombol +Add a Website.
widget keren dari histats untuk blog website
3. Silahkan lengkapi form yang disediakan.
cara buat widget histats yang keren dan loading ringan untuk blogger
Keterangan:
Nomor 1 diisi dengan alamat website/blog anda
Nomor 2 pilih bahasa situs anda
Nomor 3 pilih waktu saat ini
Nomor 4 pilih zona waktu anda
Nomor 5 pilih jenis blog anda itu tentang apa?
Nomor 6 pilih kategori blog anda
Nomor 7 isi judul/nama blog anda
Nomor 8 isi deskripsi blog anda
Nomor 9 isi angka start pageview (tidak wajib)
Nomor 10 isi angka start visitor (tidak wajib)
Nomor 11 pilih visibilitas statistik apakah hanya anda ataukah bisa dilihat oleh publik
Nomor 12 centang bahwa anda menyetujui Term Of Servise (TOS) Histats
Nomor 13 isi captcha

Langkah berikutnya silahkan klik tombol Continue.

4. Langkah selanjutnya silahkan klik alamat web anda. Contohnya seperti screenshoot berikut ini.
cara bikin kode pelacakan histats untuk dipasang di website
5. Langkah berikutnya silahkan klik tombol Counter CODE.
cara mengetahui cek statistik traffic blog dengan tepat dan akurat
6. Maka anda akan menjumpai laman berikut ini. Silahkan klik tulisan +add new counter.
cara memasang script kode html histats di blogger
7. Berikut adalah tampilan widget Histats. Ada beberapa macam dan semuanya cantik-cantik. Silahkan pilih salah satu. Dalam tutorial ini saya akan pilih menu 4 baris dan memilih widget berwarna biru. Silahkan di klik widget warna biru.
tutorial cara memasukkan widget histats kedalam blog website
8. Maka anda akan menjumpai laman untuk mengatur performa widget Histats.
cara menaruh dan meletakkan widget keren di blog kita
Keterangan:
Nomor 1,2,3,4,5 silahkan di centang
Nomor 6 untuk mengatur warna

Selanjutnya silahkan klik tombol Save.

9. Silahkan klik tulisan counter id 2818395. Mungkin nomor counter id anda berbeda dari tutorial ini. Saya harap anda tidak bingung.
tools untuk melacak statistik traffic web blog secara akurat dan hasilnya bagus
10. Silahkan copy seluruh script yang ada dalam kotak.
langkah langkah buat widget yang bermanfaat untuk blog dan pengunjung
11. Untuk proses pemasangan widget Histats di blog anda, terutama yang berplatform Blogger, silahkan log in ke Blogger dengan menggunakan E-mail dan Pasword anda masing-masing.

12. Silahkan masuk ke Dashboard > pilih Menu Tata Letak/Layout > klik Add Gadgets > pilih widget HTML/JavaScript > silahkan paste seluruh script yang tadi anda copy ke dalam kotak > selanjutnya silahkan klik Save.

Berikut adalah screenshoot widget Histats yang pernah saya pasang di blog saya.
contoh tampilan widget histats yang terpasang di blog dicuekin
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Cara Memasang Widget Histats di Blogspot. Semoga apa yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

36 komentar:

dunia maya said...

ini yang saya cari,,,,
makasih mb,,,, saya save dulu

Unknown said...

saya dulu pasang widget ini, karena memberatkan loading blog akhir nya saya lepas.

tapi kalau untuk memancing Pemasang Iklan, ini wajip di pasang, supaya mereka lebih tertarik..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mbak MaYa KayLa, silahkan di praktekkan biar tambah paham dan bisa widget nya bisa dipasang di blog anda. Kan lumayan, blog nya bisa terlihat keren getu loch ^^

Mas Daniel, wah pengalaman yang cukup menarik mas. Ternyata widget ini cukup memberatkan loading blog ya? hmmm padahal sebenarnya widget ini cukup menarik loh apabila dipasang di blog kita. Minimal bisa memberikan kesan kepada pemirsa blog kita bahwa blog kita ramai pengunjung setiap harinya ^^
Kalau soal iklan-mengiklan, sepertinya juga widget ini perlu untuk dipasang di blog ya :)

Masnady said...

dulu saya sudah pernah pasang mbak.. namun kini sudah saya copot.. ? alasannya ada dua kenapa saya mencopotnya..?

1. blog saya sedikit berat loadingnya..
2. blog saya sepi pengunjung.. (ketauan kalau pasang hit stats) hehehe

biar aman nggak ada yang tau, ya saya copot saja hehehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Oh begitu ya mas. Berarti anda sudah tahu sejak lama dunk tentang widget Histats. Saya malah baru tahu kemaren hehehe ^^

Wah Mas Nady ini sukanya merendah dech. Saya nggak percaya kalau blog anda sepi pengunjung, yang ada malah rame banget :)
Wong follower nya aja sudah ratusan kok hmmmm :D
Jadi ingin berguru sama Mas Nady dech hehehe :D

Ahmad Zaelani said...

Panduan yang sangat detail, saya yakin mudah dipahami orang banyak terutama bagi orang yang masihbaru spert saya ini.... "Salam Cemerlang "

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ahmad Zaelani, mudah-mudahan saja tutorial ini bisa dipahami dengan mudah hehehe ^^
Thanks mas atas apresiasinya :)

Mizz Aiza said...

bagus tutorial ini.. setakat ini saya tidak memasang widget ini.. memang mudah untuk melihat trafik yang masuk ke blog kita jika widget ini dipasang.. tetapi blog saya pun tidak ramai yang berkunjung, malu jika orang tahu.. hehe..

HP Yitno said...

Punyaku kalau saya pasangin ini ya tambah berat sob.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mizz Aiza, iya benar miss kita bisa dengan mudah melihat trafik blog kita tanpa harus log in terlebih dahulu di blogger. Tapi widget ini memang dipasang diluar, sehingga siapa saja bisa melihatnya. hehehe ^^

HP Yitno, iya memang widget ini agak lumayan berat mas untuk loading blog. Oleh karena itu, sebelum memasang widget ini di blog, perlu dipikirkan masak-masak ^^

Boku no Blog said...

Terima kasih mbak Ririn tutorialnya,..
dulu pernah Boku pasang sih, tapi karena perubahan layout template, tidak boku pasang lagi..

Unknown said...

Statistik blog memang amat dibutuhkan oleh admin dan para pengunjungnya. Dari statistik itu kita bisa tahu 'bobot situs' tersebut. Saya sendiri memasang widget prchecker, flagcounter, dan alexa.

Widget Histats memang penampilannya menarik. Banyak yang memakai widget ini. Namun ada juga yang melepasnya karena konon loading blog menjadi bertambah.

Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Boku, iya pak sama-sama. Makasih juga sudah mau berbagi curhat disini hehehe :D

Pak Herdoni, iya benar sekali pak. Widget-widget tersebut sangat penting untuk dipasang di blog untuk memberikan informasi terkait dengan trafik, tracking, pageview, dan masih banyak lagi. Kita bisa tahu bobot situs dari luar tanpa harus log in dulu di blogger. Tapi saya rasa widget ini kurang begitu akurat pak. Masih banyak berbagai kelemahan. Untuk memberikan informasi yang akurat terkait dengan tracking dan keyword, lebih baik menggunakan Google Analytic. Selain kita tidak perlu memasang widget di blog, juga tracking lalu lintas bisa aman, dalam artian kita sendiri yang tahu. Tapi, kalau Histats, semua orang bisa tahu. Tapi itu juga bisa di setting menjadi privasi sich. Thanks Pak Herdoni sudah mau sharing informasi dan pengalaman yang sangat menarik. :)

Anonymous said...

blog yang sangat bermanfaat mbak, semua dijelaskan dengan detail jadi orang yang baru belajar jadi lebih mudah untuk mencobanya seperti Cara Memasang Widget Histats di Blogspot,jadi seneng saya main ke sini, terimakasih mbak buat tutorialnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah makasih banyak ya Pak sehatalami99, jadi terharu dech hikz berarti saya nggak sia-sia membuat tutorial ini dengan susah paya hehehe :)

Thanks ya sudah berkunjung dan memberikan komentar di blog saya :)

Muif Aha said...

nyimak dulu kakak
salam kenal, visit back ya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Mas Muif, silahkan disimak baik-baik ya biar mudeng ^^

Unknown said...

kalau diperhatikan di komen, kokmalah banyak segi - nya daripada + nya, padahal tadinya pengenbanget ni masang
nyimak dulu aja ah

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Itulah guna-nya kolom komentar mas Arie. Dengan adanya kolom komentar kita bisa saling diskusi tentang topik yang dibahas dalam artikel diatas. Kalau cara mudahnya adalah kolom komentar berfungsi sebagai kelanjutan bahasan dari postingan.

Kalau disimak ya nggak akan ada habisnya mas, wong komentar itu pasti ada terus kok hehehe :D
Lebih baik putuskan saja menurut hati nurani anda :)

Update Campuran said...

Leres Bu Wahyu :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

saya sudah pasang widget ini

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas sabda awal, wah bagus mas kalau sudah pasang widget tersebut. Sukses ya :)

Akang Budi, ok thanks mas :)

Yanuar Catur said...

kemarin sempat pasang sih, tp trus ganti template and ane lupa ngesave kodenya. Jadi ilang deh dan males nyari kodenya lagi, hahaha.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang cukup menarik mas :)

abitalita said...

widget ini masih saya pertahankan diblog saya,karena ingin tahu perkembangan blog setiap harinya...terima kasih mbak..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ide yang cukup bagus pak. Widget histats memang cukup bagus untuk di pasang di blog dalam kaitannya dengan informasi statistik blog setiap hari, sehingga kita bisa tahu perkembangan blog yang kita kelola. Thanks Pak Aulia sudah mau mampir :)

Aida Ismail said...

Rasanya saya sudah ada account Histat. Cumanya belum dipasang di blog. Hehe.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya Sist. Sayang donk kalau sudah punya akun di Histats tidak sekalian pasang widget nya di blog. Hehehehe :) Tapi tidak apa-apa sih widget tersebut mau dipasang atau nggak. Karena widget tersebut hanya berfungsi sebagai pemberi informasi tentang sistus saja. Thanks ya sudah mampir di blog saya :)

Rafi muhammad said...

dulu sudah masang, tapi lupa, dan akhirnya nemu blog mbak Ririn,,
thanks mbak panduannya,, sangat membantu :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas sama-sama. Ma kasih juga sudah singgah di blog saya :)

lang lang blog said...

ada kendala loading ternyata ini ya mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar sekali mas. Dengan adanya widget Histats yang terpasang di blog, maka loading nya menjadi agak berat. Oleh karena itu mengapa sebelum kita memasang widget ini, silahkan dipikirkan baik-baik terlebih dulu

Anonymous said...

ini sangat bermanfaat

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

terimakasih pak atas kunjungannya. salam :)

Revrine said...

msih jadi blog salah satu favorit ku,.. :)

jadi pengen rame juga blog ku,.. . .

rasa pengennya smpe ke ubun-ubun, . .brrrrrr

mkasih infonya mbak, ...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas rain vall. Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Post a Comment