Kumpulan Tips Menulis Artikel Blog Cara Ririn

Kumpulan Tips Menulis Artikel Blog Cara Ririn Aktivitas menulis bagi sebagian orang merupakan sebuah hobby, dan sangat mudah untuk dilakukan. Bagi sebagian yang lain, menulis adalah sebuah pekerjaan yang berat, karena minimnya keterampilan menulis dan adanya keterbatasan pengetahuan serta informasi yang dimiliki. Memang tidak mudah untuk bisa menjadi penulis profesional. Paling-tidak bisa mendekati profesional, itu sudah lebih dari cukup.

Skill menulis seseorang tidak sama. Tergantung dari pengalaman yang ia miliki, adanya pengetahuan dan informasi, dan juga tergantung kosa kata yang dia punya. Lalu apa sih indikator yang mencerminkan tulisan kita itu bisa bagus? salah satunya adalah tulisan tersebut mudah dibaca dan dipahami oleh orag lain. Selain itu, penggunaan gaya bahasa dan juga kosa kata serta cara penyampaian merupakan hal penting yang mencerminkan apakah tulisan tersebut berkualitas atau tidak.
Kumpulan Tips Menulis Artikel Blog Cara Ririn
Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan Kumpulan Tips Menulis Artikel Blog Cara Ririn. Kumpulan tipsl ini dimaksudkan untuk mempermudah anda untuk belajar dan berlatih menulis, yang mana sebagai panduan praktis untuk anda yang sedang belajar menjadi seorang penulis, terutama untuk disajikan dalam blog anda atau mungkin hal lain. Mulai dari persiapan menulis yakni kiat-kiat apa yang harus dilakukan, hingga bagaimana anda bisa menulis artikel berkualitas. Sehingga, harapannya artikel anda mudah terindeks oleh mesin pencari dan juga enak untuk dibaca dan dipahami oleh orang lain.

Kumpulan Tips Menulis Artikel Blog Cara Ririn

Sebagai langkah awal untuk belajar menulis, tentu membutuhkan berbagai latihan, bacaan, dan juga bagaimana menemukan ide agar bisa ditulis menjadi sebuah artikel yang bisa bernilai dan bermanfaat bagi orang lain. Ide tidak selalu datang pada saat yang tepat. Kadang, disaat kita sibuk, ide tersebut muncul secara tiba-tiba. Lalu, bagaimana kita menyikapinya agar ide itu tidak hilang? dan bagaimana menyiasati agar kita selalu mempunyai ide yang brilian untuk menulis?.......

Tulisan yang diterbitkan di blog tidak boleh asal-asalan. Ada hal-hal penting yang musti anda perhatikan dalam kaitannya dengan judul artikel, kata kunci (keyword) yang digunakan, relevansi antara judul dengan substansi artikel, dan hal lainnya yang mana bersifat teknis agar tulisan anda bisa dipahami oleh para pembaca. Sehingga pada akhirnya orang dapat dengan mudah menyerap informasi yang anda sampaikan tersebut melalui tulisan. Bagaimana caranya?.........

Agar tulisan anda bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari itu bagaimana? Ada hal penting yang bersifat teknis yang perlu anda lakukan ketika membuat postingan/entri baru di blog anda. Langkah ini cukup efektif untuk dilakukan karena memang nantinya postingan tersebut bisa SEO Friendly. Namun, sering kali diantara kita lupa untuk mempraktekkan trik ini. Kok bisa?.............

Kualitas tulisan mencerminkan kapabilitas seorang penulis. Semakin tinggi kualitas tulisan tersebut, maka semakin tinggi pula skill menulis seseorang, selain pengetahuan yang ia miliki. Sering kali kita menjumpai postingan blog seseorang itu SEO Freindly, tapi tidak enak dibaca, karena penggunaan bahasa dan cara penyampaiannya yang kurang baik. Tips ini akan memberikan penjelasan tentang hal-hal yang bersifat substansial terkait dengan mutu tulisan artikel. Sehingga nantinya, tulisan anda enak dan nyaman untuk dibaca. Dan tentunya akan membuat para pembaca merasa terpesona dengan tulisan anda. Wow sesuatu banget..............

Tips yang satu ini saya persembahkan untuk anda yang ingin belajar menulis artikel Berbahasa Inggris. Mencoba dan belajar menulis dengan baik sesuai dengan gramatikal Bahasa Inggris. Karena apabila tata bahasa yang digunakan itu baik dalam artikel, maka para bule akan terkagum-kagum dengan tulisan anda. Dan bukan tidak mungkin mereka akan memberikan apresiasi yang tinggi untuk anda. Mau tahu caranya bagaimana?............

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Kumpulan Tips Menulis Artikel Blog Cara Ririn. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

61 komentar:

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

memang tulsian mbak berkualitas, seo nya juga bagus. Pernah saya searching sesuatu di google, dan blog mbak muncul di page pertama, karena udah kenal, jadi klik blog mbak aja yang dijadikan refrensi

Ahmad Zaelani said...

Untuk nulis artikel bahas ingris kayaknya harus didampingi guru bahasa ingris waktu smp deh... hihi, tapi enak juga kalo bisa bahasa ingris soalnya nanti bakal ada bule - bule yang ngoment.. kayak billgates, atau si penemu facebook, hihihi... :)

Unknown said...

Bila lima tips ini dilakukan dengan konsisten, bertahap, dan terus menerus tentu artikel yang bersangkutan mempunyai peluang yang sangat besar untuk bisa masuk di halaman pertama search engine Google. Terima kasih sharingnya. Amat bermanfaat sebagai referensi bagi para blogger. Salam cemerlang !

lang lang blog said...

saya menulisnya tidak memperhatikan ini mbak, yang penting nulis-nulis dan nulis, padahal tidak boleh demikian ya

Anonymous said...

kalau saya suka sulit sekali menemukan ide, sudah ada ide pun belum tentu berkualitas jika dituangkan dalam tulisan dan mungkin kurang juga yg berminat membacanya hehe...jadi suka agak pusing juga, jadi saya coba mengalir saja dalam menulis.
Blognya saya follow ya mbak ririn

Update Campuran said...

dari sekian banyak tips, tips no.5 yang paling gampang 'lawankata'

Unknown said...

Komplit mbak, untuk nomer 5 kayak nya masih kesulitan saya. kalau pakai google Translate malah gak karuan jadi nya,

Unknown said...

Kereennn Infonyaa sangatt Bermanfaatt Gannn :)

Mang Lembu said...

saya kalau nulis jarang dipikir, dieditpun sekenanya, makanya tulisanku banyak ngga nyambungnya...tapi selalu ada di yang terdepan tuh....#yamaha kale...

pengen banget bisa nulis pake bahasa inggris, sekalian ng'lancarin, terus kalau dapet apresiasi bagus dari bule, ada pengaruhnya ya sama blog kita

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda, wah terimakasih banyak mas atas apresiasinya. Jadi terharu saya hehehe :D Nampaknya itu pengalaman yang cukup menarik ya mas xixixixi :D

Mas Zaelani, iya mas seandainya kita bisa nulis artikel Bahasa Inggris pasti jangakuan nya akan lebih luas, bisa seluruh dunia, tidak hanya Indonesia saja. Memang agak sulit sih terus terang saja saya, karena memang sampai saat ini saya masih belajar tentang hal itu :)

Pak Herdoni, saya juga berharap demikian pak. Tapi 5 tips tersebut hanyalah sebuah panduan yang bersifat umum saja. Tentu, berhasil tidaknya yang menentukan adalah diri kita sendiri. Apakah kita punya niat? apakah kita serius ingin belajar? dan masih banyak lagi indikator yang menentukan keberhasilan seseorang menjadi penulis profesional.

Mas Thanjawa, saya kira tidak masalah karena skill menulis setiap orang berbeda-beda, tergantung pengalaman, kebiasaan, kosa kata yang dimiliki, pengetahuan, dan cara penyampaian. Namun, alangkah baiknya jika tulisan artikel kita sesuai dengan penulisan Bahasa Indonesia baku agar orang mudah membaca dan memahami apa yang kita tulis.

Mas Klik, pengalaman yang cukup menarik kawan. Memang benar, permasalahan utama dalam menulis adalah adanya sebuah ide. Ketika ide itu sudah kita temukan, maka tulisan kita bisa mengalir dengan indah. Begitu juga sebaliknya. Thanks ya sudah follow blog saya. Saya sudah follow blog anda kok :)

Mas Update, bisa aja nih mas update. Tentu, tips nomor 5 adalah tips yang paling sulit untuk dipraktekkan mas. Mungkin kita harus kursus Bahasa Inggris terlebih dahulu :)

Mas Daniel, nggak apa-apa mas pakai Google Translate. Nanti kan hasil terjemahan nya bisa di edit biar tata bahasanya bisa benar. :)

Mas Fatahilah, nggak keren-keren amat kok mas wkwkwkwk :D :P

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Cilembu, pengalaman yang bagus itu pak. Apapun yang kita tulis di blog, itu merupakan buah dari pemikiran kita. Saya kira hal-hal yang bersifat teknis ataupun substansial terkait dengan mutu tulisan, itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah tulisan tersebut hasil karya kita sendiri, itu sudah bagus dan lebih dari cukup dari pada tulisan yang bagus tapi hasil copy paste.

Karena memang di blogger sendiri tidak ada aturan harus menulis seperti ini dan seperti itu. Kita bebas menulis artikel sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Namun, alangkah baiknya jika kita memperhatikan pemirsa/para pembaca. Apakah artikel kita bisa dipahami atau nggak? apakah tulisan kita bisa bermanfaat atau nggak? apakah tulisan kita banyak yang salah atau nggak? dan lain sebagainya. Thanks pak sudah mampir :)

Muhammad Ibnu Idris said...

Sesuatu banget. Tulisan kopas dan karya sendiri memang sangat jelas perbedaannya baik dari semua konten yang ditampilkan menggunakan gaya bahasa yang relatif sama.

Sebenernya mau bagaimana pun tulisannya, mau pakai bahasa formal, bahasa daerah atau bahasa alay sekalipun nggak jadi masalah terlalu besar yang penting kita tahu siapa target visitor kita. Dan itu yang menjadi dasar dengan kultur tulisan apa yang akan kita pakai.

So Good mbak bro. Moga makin rajin lagi nulis ya :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Memang benar apa yang anda sampaikan. Tulisan hasil karya sendiri dengan hasil copy paste memang sangat terlihat sekali perbedaannya. Biasanya tulisan kita lebih jelek dari tulisan hasil copy paste hehehe :D

Saya sependapat dengan statement anda. Memang, di dunia blogging tidak aturan yang tegas dalam kaitannya dengan standar penulisan yang digunakan. Kita bebas menulis apa saja dan menggunakan bahasa apa saja, serta gaya bahasa apa saja. Namun, tidak ada salahnya jika kita menulis sesuai dengan standar penulisan bahasa. Misalnya standar penulisan Bahasa Indonesia baku.

Karena dengan penggunaan bahasa baku, maka para pembaca akan mudah menyerap informasi yang kita tulis, dalam artian tulisan kita mudah dibaca dan dipahami. Selain itu, penggunaan bahasa Indonesia baku ternyata berpengaruh terhadap Search Engine Optimization (SEO).

Jadi, tidak ada salahnya jika mau dan ingin belajar menulis dengan baik, karena semakin banyak kita belajar, maka kita akan semakin pintar, terutama dalam hal tulis menulis.

Terimakasih banyak Mas Idris sudah mau sharing informasi dan pengalaman yang sangat menarik. Salam :)

Muhammad Ibnu Idris said...

Ya intinya sih tergantung selera sih. Hehehe..
Saya mengutip dari statemen mas Raditya Dhika (Kambing Jantan), jika kalian ingin jadi blogger, lupakan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Tapi jika kalian ingin jadi jurnalis berita profesional. EYD Sangat penting.

Tau porsi aja yang penting Mbak bro :D

Sigli Cyber said...

mkasi buat tips nnya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Idris, menarik juga statemen dari Sdr. Raditya mas :) Tapi saya juga kurang sependapat dengan statemen beliau. Kata "kalian" rasanya tidak tepat untuk digunakan dalam menulis. Karena menganggap bahwa para pembaca lebih rendah dari penulis. Lebih baik gunakan kata "anda" untuk menyapa para pembaca, karena kita tidak tahu apakah pembaca blog kita itu anak-anak, remaja, orang dewasa, atau mungkin orang tua.

Tulisan setiap orang memang tidak sama. Tergantung dari background pendidikan, skill menulis yang dia miliki, perbendaharaan kosa kata yang ia punya, dan pengetahuan yang dimiliki. Kita harus ingat bahwa bahasa tulisan itu berbeda dengan bahasa lisan/pengucapan.

Kalau kita hanya mandeg pada porsi saja, kita tidak akan bisa berubah menjadi lebih baik. Bukankah tulisan yang baik dan enak dibaca itu merupakan ekspektasi setiap orang? :)

Mas Sigli, ok sama-sama mas. :)

Masnady said...

begini mbak eka. saya mau ngomong...

saya kurang bisa membuat artikel yang bagus alias asal-asalan...

saya tidak bisa memasang keywords pada postingan.

saya tidak bisa membuat artikel yang seo friendly.

jadi saya harus bagai mana mbak.. apakah saya harus membuat blog baru agar lebih hati2 lagi dalam mengurusnya...? mumet aq mbak....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah nampaknya Mas Nady lagi curhat ya? kayaknya galau getu hehehehe :D

Tidak harus membuat blog baru kok mas. Blog lama saya kira sudah sangat bagus. Mungkin, untuk pembuatan artikel selanjutnya bisa dibenahi dalam kaitannya dengan bagaimana cara menulisnya? cara memasang keyword nya? atau mungkin yang lainnya.

Mungkin seperti itu mas :)

Anonymous said...

Tipsnya mudah dimengerti tapi yang sulit adalah mengimplementasikannya kedalam postingan blog kita terkadang rasa jenuh dan ide pemikiran terhenti sejenak.Tpi mudahan tips diatas artikel seo dan berkualitas dan bermanfaat bisa terlahir kembali :)

Mizz Aiza said...

memang mudah untuk menghasilkan sebuah artikel itu.. namun tidak semua mesra SEO.. saya selalu menulis tanpa mempraktikkan SEO itu..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe benar juga mas. Memang, membuat sebuah tips itu lebih mudah dari pada mempraktekkannya hehehe :D Saya sendiri hingga saat ini masih belajar tentang menulis artikel mas. Jadi mungkin tulisan saya masih banyak ada kesalahan baik secara substansi ataupun tata tulisnya. Oleh karena itu, saya selalu mengharapkan saran dan masukan dari pera pembaca semuanya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mizz Aiza, wah saya malah masih kesulitan mizz untuk menulis artikel, karena ide untuk menulis kadang muncul dan kadang hilang. Kalau membuat artikel SEO memang lebih sulit mizz hehehe :D

Anonymous said...

Sudah saya buka semua tutornya,
keren mba' (y)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok msa naufal sama-sama. Thanks juga sudah singgah kemari :)

Ahmad Zaelani said...

Tapi gak mungkin juga semua blog kita isinya daging semua, apalagi kayak orang seperti saya ini..... kadang cemerlang, kadang banyak yang kurang... dan semua itu tergantung kondisi atau suasana hati pada saat menulis.... hihi :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya juga ya mas hehehe :D Ya begitulah nge-blog, kadang pas lagi mood nya bagus, ide-ide untuk menulis sangat cemerlang yang pada gilirannya tulisan bisa jadi berkualitas. Kalau pas lagi nggak ada ide dan mood nggak kunjung datang, malah vakum menulis berharihari hehehe :D Thanks mas sudah berkunjung lagi :D

Rohis Facebook said...

yg bukan penulis kayak sy hny bs nyimak dan mangut2.., makasih *smile

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah mas rohis sukanya merendah deh, padahal sebenarnya tulisan nya mas rohis bagus-bagus dan bermanfaat :)

Kang Ucup said...

ni dia topik yang selalu saya cari...:)
cocok sekali untuk saya pelajari.
thx

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita sama-sama belajar kang, saya juga belum bisa menulis artikel dengan baik. Thanks ya atas kunjungan nya :)

abitalita said...

salah satu yang membuat saya tertarik dengan blog ini adalah cara pennulisan artikelnya yang mudah difahami dan jelas serta terperinci,sepertinya mbak sudah bisa menerapkan semua cara cara diatas,dan waktunya saya untuk belajar seperti cara tersebut mudah2an saya juga bisa menerapkannya..trims ya mbak sudah berbagi..

Staff Administrator said...

Saya sendiri ingin belajar menulis seperti mbak Eka..
Tulisannya dan susunan kata serta kalimatnya selalu enak untuk di baca..

Berbeda dengan coretan saya yg terkesan beku dan kaku :)

Dan apa yg udah semua mbak sampaikan di atas..saya akan coba terapkan untuk saat ini dan kedepannya :)
Thx...ya mbak udah berbagi ke kita2 :)

Anonymous said...

Tips2nya muantebs... nanti saya samperin satu2...

Asep Haryono said...

Terima kasih atas tips tips nya. Isu menghasilkan konten yang berkualitias memang dibutuhkan oleh Google untuk bisa mengindex tulisann kita agar mudah dibaca oleh "robot" Google. Salah satu indikator Blog atau website kita sudah diindex oleh Google adalah page rank. Rank blog mula dari page rank (PR) 1 sampai dengan 10. Saya sendiri baru sampai page rank (PR) 2.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Aulia, wah terimakasih banyak pak sudah menyukai blog saya. Padahal sebenarnya blog saya jelek banget hikz hikz :D Saya juga masih belajar kok pak tentang menulis, jadi belum sepenuhnya bisa mempraktekkan cara-cara diatas :D

Mas Budi, ah mas budi sukanya merendah deh. Padahal tulisan anda lebih bagus dari tulisan saya hufth >;<

Bang Ancis, biasa aja kok mas nggak mantep-mantep wkwkwkwk :D Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

Pak Asep, woh begitu ya pak. Jadi harus pagerank nya tinggi agar blog/web bisa diakses. Hmmmm saya malah baru tahu hehehe :D Wah hebat donk kalau blog bapak pagerank sudah 2. Pagerank blog saya malah masih N/A wkwkwkwk :D

17Nima said...

Thanks tips nya...dan blog ini bisa jadi teladan yang kece...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Nima, wah kok jadi teladan sih mbak? blog saya bukan blog yang bagus, jadi rasa-rasanya kurang tepat bila dijadikan sebagai teladan hehehe :)

Thanks sudah singgah kemari :)

dunia maya said...

sama mas nady,,,
saya nulis juga asal"an,,,,,

dunia maya said...

yupz,,,betul sekali,,,saya juga mengalami

dunia maya said...

saya harus bnyak belajar dar sini,,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita sama-sama belajar mbak maya. Saya juga belum bisa membuat tulisan yang baik :)

Anonymous said...

saya pengennya sih bikin blog pake bahasa Inggris biar pembacanya lebih banyak lagi, cuman kendalanya yah nggak bisa bahasa Inggris, udah pernah nyoba belajar, cuman kalau nggak kita pake setiap hari jadinya yah percuma aja, tapi kalau untuk blog Indonesia sih saya masih bisa menerapkan seperti yang mbak Wahyu tulis, meskipun harus banyak belajar, makasih mbak Wahyu buat tipsnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah ide bagus itu mas seandainya bisa direalisasikan. Memang benar, bahwa apabila dalam artikel blog menggunakan Bahasa Inggris, maka pemirsanya bisa banyak yakni mencakup seluruh penjuru dunia. Tapi perlu diingat juga bahwa tingkat kompetisinya juga tinggi di search engine.

Saya kira dengan menggunakan Bahasa Indonesia juga bagus. Asalkan sesuai dengan standar Bahasa Indonesia baku, agar mudah dibaca dan dipahami oleh para pemirsa blog kita.

Terimakasih banyak Mas Anthoni sudah berkunjung di blog saya :)

Juniyarsa said...

Makasih mbak atas tips menulisnya. Saya memang masih bermasalah dalam hal menulis. Mungkin karena ide dan kurang latihan kali.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita sama-sama belajar mas untuk menulis. Supaya kedepan tulisan kita bisa lebih bagus dari sebelumnya. Thanks ya sudah mampir :)

Putra said...

Cuma sedikit bule yang komen di blog saya. Huhuuu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin trafik blog nya bermasalah kali mas :)

Unknown said...

trimakasih sekali untuk tipsnya..salam kenal dari tetangga sebelah, blgo jagadkawula.blogspot...sukses selalu ya ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Kang Zeer. Salam kenal juga ya :)

Anonymous said...

kalau saya sih nulisnya juga cuma asal2an mb' cz ang pada dsarnya saka bukanlah tipikal penulis, tp dengan ngeblog saya jd banyak belajar. #Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik mas. Memang benar bahwa nge-blog merupakan media yang paling tepat untuk belajar apa saja, terutama dalam hal tulis menulis. Dari situ kita jadi terbiasa untuk menulis. Dari yang awalnya tulisan nya jelek, sampai akhirnya dengan berjalannya waktu, tulisannya menjadi baik. Thanks ya atas kunjungannya :)

Anonymous said...

semlam saya dah menghapus postingan saya yang dah lebih dari 1000 postingan dan rata2 semuanya hasil copas, dan sekarang dah terpangkas jd 320 postingan, saya termotivasi oleh narablog favorit saya bang Amdhas Chromatic Authornya Amdhas dot com, yang pernah bilang intinya lebih suka baca tulisan alay tapi hasil tulisan sendiri, itu membuat saya sadar, saya jadi mikir, biarlah tulisan saya berantakan, acak2an, nggak sesuai setruktur bahasa indonesia yang benar, yang penting itu tulisan saya sendiri.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tulisan hasil karya sendiri memang sangat memuaskan dibandingkan dengan hasil karya orang lain. Oleh karena itu mengapa seburuk apapun tulisan kita, pasti akan nyaman untuk dibaca oleh kita sendiri dan kita mungkin tidak akan pernah bosan membaca tulisan kita yang dibuat dengan susah payan dari tangan kita sendiri.

Terimakasih banyak Mas Rizky sudah mau berbagi cerita dan pengalaman yang menarik untuk kita semua. Ini bisa dijadikan pelajaran yang berharga tentunya untuk kita semua agar kedepan, kita harus bisa menulis sendiri di blog kita. :)

Staff Administrator said...

Mampir lagi mbak Rin...
Oh ya..mbak mau curhat dikit gpp ya ...hehe

Ada pengaruh buruknya atau ndak ya mbak..kalo sapaan di Cbox tercantum link hidup..masalhnya..udah beberapa hari ini tukang obat alias spamer sering gentayangan..

Ada cara selain ngapus lewa manual atau ada trik buat nyegahnya ndak ya...
Thx ya mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tentu ada mas. Buku tamu (guestbook) yang dipasang di halaman/page atau posting itu mempengaruhi terhadap blog anda di mesin pencari. Tentu hal itu adanya spammer yang masuk dan mencantumkan link pada buku tamu tersebut. Kalau hapus secara manual, saya kira cukup menyita waktu kita. Lebih baik waktu kita untuk menulis artikel daripada dialokasikan untuk hapus di guestbook.

Solusi alternatif yang tepat adalah dengan cara memasang buku tamu pada halaman tersendiri. Seperti guestbook yang ada di blog saya. Anda pasti sudah melihat kan bahwa buku tamu di blog saya itu saya pisahkan dengan blog ini. Jadi begitu Mas Budi :)

Thanks ya sudah sharing pengalaman yang menarik :)

Staff Administrator said...

Sip deh mbak...udah dpt pencerahan panjang lebar nih hehe :)
lagi2 soal waktunya nih...nunggu dpt yg pas dan luang buat benahin hal2 kayak seperti ini.. :)

Sekali lagi terima ksh ya mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, saya juga masih belajar tentang menulis artikel yang baik di blog, supaya artikelnya bisa enak kalau dibaca :)

Thanks ya sudah mampir :)

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

Maaf, tapi tips2nya itu nggak nampar banget di wajahku.... Kurang nonjok.

Hendrik said...

Menulis masih menjadi beban bagi saya pribadi. Masih perlu banyak belajar untuk punya kebiasaan menulis sehingga tidak merasa menjadi beban lagi. hehe

Agus Supriyono said...

mantap ni postingannya

Anonymous said...

Kumpulan Tips Menulis Artikel Blog Cara Ririn..??
wah postingan ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai pemula pengguna blog

Terima Kasih mbak Ririn.

Post a Comment