Cara Pasang Video Youtube di Blog

Cara Pasang Video Youtube di Blog Apabila anda mempunyai sebuah blog, tentu ingin menyajikan konten yang menarik dan bermanfaat untuk pemirsa blog anda. Namun, terkadang ide untuk menulis tidak selalu datang. Kadang, saat kita lagi mood, bisa menulis artikel 4 buah dalam satu hari. Namun, ketika sedang malas menulis dan mood tidak ada, mungkin dalam satu minggu, kita tidak bisa menulis sama sekali.

Nah, ketika anda tidak punya ide untuk menulis, itu bisa anda siasati dengan memposting gambar dengan sedikit tulisan, atau mungkin memposting sebuah video. Kalau gambar, mungkin anda bisa memperolehnya dari internet atau mungkin foto anda sendiri. Adapun untuk video, anda bisa meng-upload sendiri atau mungkin bisa mengambil video dari situs Youtube.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Memasang Tombol Share Jejaring Sosial di Setiap Postingan Blog. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memasukkan atau menambahkan video youtube di blog website. Kenapa harus dari situs Yotube? Hal itu dikarenakan anda tidak perlu susah payah meng-upload video, sehingga anda bisa menghemat kuota koneksi internet, dan juga bisa menampilkan video kesayangan anda. Tentu saja, apabila anda mengambil video dari situs tersebut, anda harus menyertakan sumbernya.

Anda bisa pasang video tersebut di bagian sidebar blog anda atau di dalam postingan. Namun, dalam kesempatan kali ini saya akan pasang video Youtube di postingan. Berikut adalah langkah-langkahnya. Silahkan perhatikan secara seksama.

Cara Pasang Video Youtube di Blog

1. Silahkan kunjungi situs Youtube di url http://www.youtube.com/

2. Cari video kesayangan anda dengan cara ketikkan keyword pada mesin telusur. Setelah video tersebut sudah anda temukan, silahkan klik judulnya.
 Cara Pasang Video Youtube di Blog
3. Langkah selanjutnya silahkan klik kanan mouse anda. Maka akan muncul beberapa opsi. Silahkan pilih opsi Salin Kode Smat. Maka secara otomatis anda sudah meng-copy kode script/HTML video tersebut.
Langkah-langkah Memasukkan Video Youtube kedalam Blog
4. Untuk proses pemasangan video tersebut di blog anda, silahkan log in ke akun Blogger anda.

5. Silahkan buat Entri baru/Posting Baru. Klik tombol Entri Baru.
Panduan Menambahkan Video Youtube didalam Artikel postingan website Blog
6. Tulis judul postingan dan juga tulis deskripsi tentang video tersebut. Setelah anda selesai menulis artikel, silahkan klik menu HTML, dan kemudian paste-kan kode script video tersebut kedalam postingan. Setelah itu, silahkan klik publish.
Tata Cara Menaruh Video Youtube di postingan Blog
7. Agar posisi video berada di tengah posting, silahkan tambahkan kode <center> dan <center/> diantara kode script video tersebut. Contohnya sebagai berikut.

<center><iframe width="640" height="360" src="http://www.youtube.com/embed/hlxF0LefCtE?feature=player_detailpage" frameborder="0" allowfullscreen></iframe><center/>

Keterangan:
Kode warna merah adalah lebar video
Kode warna biru adalah tinggi video

Silahkan Lihat Contoh Video Youtube yang saya pasang didalam postingan. Yakni klip video Group Band Noah yang berjudul Hidup Untukmu, Mati Tanpamu. Silahkan diputar videonya apabila anda ingin menonton video tersebut.


Caranya sangat mudah kan? Saya kira anda sudah paham. Oleh karena itu, silahkan bisa anda praktekkan di blog anda masing-masing. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Pasang Video Youtube di Blog. Jangan sampai ketinggalan postingan menarik lainnya di blog Cara Ririn tentang Cara Memasang Game Online di Blog. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas perhatiannya. Salam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

53 komentar:

Anonymous said...

mau menambahkan dikit mbak :) hehe.. sebenarnya sih tujuannya sama untuk memasukan video ke blog, sama2 bisa muncul juga di postingan. cuma bedanya valid dan tidaknya saat validasi HTML5 di W3C doang :)

<embed src="URL VIDEO" width="560" height="315"/>

Mang Lembu said...

saya udah sering pake gaia seperti tutorial diatas....dasar koneksi lemot tetep sajah lemot dan n'det-n'detan kebukanya....;o)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Andes, wah terimakasih banyak mas atas tambahannya. Jadi itu kode diletakkan dimana ya? apa semua kode yang ada dalam artikel itu di ubah semua ya? terus diganti dengan kode punya Mas Andes? :)

Pak Cilembu, wah ternyata pak ci sudah sangat berpengalaman nich tentang video youtube. Jadi ingin berguru sama pak cilembu dech hehe :)

Asep Haryono said...

wsah keren keren. Sayang sekali admin kantor saya sedang me LOCK youtube, jadi dipasang di blog pun tidak akan bisa berputar. Hiehiehiee. Kalau softwarenya sudah siap. Flash Adobe Player juga sudah siap. Cuma YOUTUBE nya aja di blocking, jadi blank alias halaman kosong begitu di pasang di Blog. Heihiehiehiehiehieee. Sentimen admin ku ni hiheihihiheiheiiee

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah ada-ada aja ya pak video youtube malah di blockir. padahal asyik lho kalau kita bisa nonton video youtube. apalagi jika video nya juga sekalian di posting di blog, pasti bisa menghibur para pengunjung blog yang sedang galau hehe :)

Anonymous said...

Kalau masukkan video memang simple dan mudah asal koneksi stabil agar bisa memposting video youtubenya.

Anonymous said...

Wahhh Ternyata Caranya sangatt Mudah Yah Mbakkk Hehee
Saya Baru Tahu :D
Makasii yah Mbakk Wahyu Infonya sangatt Bermanfatt dan Menambah Pengetahuan saya ^_^

Meutrap said...

jadi nambah wawasan lagi ni kak, jadi pingin coba untuk pasang videonya.
:)

lang lang blog said...

saya belum pernah memasang you tube mbak, nggak terlalu sulit ya caranya

Claresta said...

ternyata mudah sekali ya mbak,,, cuma copy kode embed aja lalu dipastekan di blog. saya kira hrs upload video ke blog, hehehe :)

Unknown said...

Saya engga punya film :(

Anonymous said...

Mba, mau nambahin yang mas Andes nih, kalo kode Iframe itu bakal mempersulit mesin pencari, atau kata lainnya menurunkan SEO score. jadi kode yang dikasih mas Andes itu adalah gantinya. :)

MitraBibit.com said...

makasih banyak info nya..,,, buat nambah pengetahuan nih...

Unknown said...

nambah ilmu lagi ni, jadi bisa share video video favorit ini, makasih banyak sob atas infonya

Kang Ucup said...

kalau blog-nya mau didaftarkan adsense, apa boleh ada video dalam blog mbak ?

Anonymous said...

Tapi katanya "iframe" tidak baik untuk SEO ^_^

Unknown said...

wah keren banget mba.. Patut di pelajari nie.. Kapan2 saya praktekin ah.. :-D

blogger said...

setuju buat mas intan :D ifame memang sedikit dinilai buruk di mesin pencarian.
selain cara di atas ada juga cara manual.
klik tombol bagi (di bawah video) - sematkan - centang "kode sematan lama"
terus copy dah :D agak mulek tapi itu yg biasa sy lakukan :D

Anonymous said...

top markotop deh cara nya. ^^

Rizal Fahmi said...

idzin cobak mbak

Unknown said...

sepp....memang media pembantu seperti gambar dan video sangat penting di dalam sebuah artikel. Dengan adanya tutorial cara memasang video dari mbak ririn semakin memudahkan blogger lainnya untuk unjuk gigi di google

Staff Administrator said...

Emang asyik juga ya mbak...posting sambil ada videonya....apalgi video musik...bisa ngeblog sekalian karoeke an...hehe

Selain itu size lebar dan tingginya bisa kita sesuaikan dg selera ya mbak...nambah matching deh... :)

Staff Administrator said...

Ternyata mbak Rin ngefans lagu dari Noah ya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Info, koneksi internet memang sangat mempengaruhi aktivitas ngeblog ya mas. Kalau koneksi nya lambat bisa bikin galau :)

Mas Ainul, iya donk mudah banget kalau udah tahu trik nya. Kalau kita nggak tahu ya pasti sulit banget. Ya nggak? hehe :)

Mas Meutrap, iya silahkan dicoba mas buat pasang video di blog kesayangan anda :)

Mas Arif, saya juga baru kali pertama ini mas pasang video youtube di blog saya. Biar nggak penasaran, silahkan dicoba mas Hehehe :)

Mbak Indri, kalau upload video ke blog pasti butuh koneksi internet yang cepat mbak. Jadi untuk alasan hemat dan cepat, dengan cara pasang video dari youtube, kita bisa melakukannya dengan mudah dan gratis hehe :D

Mas Lutfi, saya juga tahu mas kalau kamu nggak punya film. Bukan artis to? hehe :) Oleh karena itu, daripada galau mending pasang film dari Youtube aja untuk dipasang di blog. Lumayan untuk koleksi hehe :)

Mas Intan, owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu kalau ternyata kode I frame tidak SEO Friendly. Jadi kita harus modifikasi kode nya ya mas, supaya tidak menggunakan I frame dan bisa valid HTML5. Ok dech kalau begitu. Thanks banyak ya Mas Intan atas saran dan masukannya :)

Mas Mitra, ok sama-sama mas. Kita belajar bareng-bareng kok hehe :)

Mas Arie, iya betul itu mas. Kita bisa share kepada pengunjung blog tentang video yang menarik di blog kita. Biar mereka bisa terhibur kalau singgah di blog kita. Thanks mas arie :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Ucup, kalau blog mau di daftarkan adsense, sebaiknya jangan pasang video dari youtube kang. Tapi kalau pasang video hasil rekaman sendiri itu malah bagus :)

Mas Manarul, owh begitu ya mas. Thanks atas masukannya ea ;)

Mas Warim, silahkan langsung dipraktekkan mas biar lebih paham dan nggak lupa :)

Mas Hekos, wah terimakasih banyak mas sudah menambahkan. Sepertinya agak rumit ya trik yang anda sarankan hehe :)

Mas Kolong, pakai maknyus nggak master hehe :)

Mas Rizal, silahkan langsung dicoba mas. Nggak perlu izin hehe :D

Mas Hasby, paling tidak dengan adanya video ataupun gambar dapat memudahkan pembaca untuk memahami artikel yang dibahas. Atau mungkin sebagai deskripsi atas topik artikel yang dijelaskan. Thanks mas hasby :)

Mas Budy, hehehe bisa juga ya mas kalau untuk karaokean hehe Tapi koneksi ineternet harus cepat ya mas biar nggak sering buffering hehe :)
Iya mas kebetulan saya suka lagu-lagu NOAH hehe :)

Anonymous said...

Bagus juga sih kalau artikel dipasangin video jadi tambah menarik, tapi apa nggak bikin berat loadingnya yah mbak?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

ya lumayan agak berat mas, tapi itu kan pilihan kita masing-masing apakah tertarik dengan pasang video youtube atau nggak :)

Unknown said...

Saya lebih senang make gambar dari video biar gak lalod, soalnya waktu berkunjung ke blog yang make video kayaknya berat loadingnya di jaringan lambat kayak tempat saya.thanks infonya mba.

Mas Andes said...

kodenya bisa di taruh postingan ato dimanapun tempat mbak :) soalnya HTML5 udah tidak lagi support attribut iframe, frameborder maupun allowfullscreen

Unknown said...

Siipp.. Nanti saya praktekin deh mba.. :-D
makasih sudah berbagi mba.. :-)

Unknown said...

Sudah pernah dipraktekin mbak...
Monggo mampir untuk sekedar melihat hasil praktek saya...
hehehe... :)

Unknown said...

waduh pas bener nih postingan ini ...kebetulan sy sudah bikin video tutorial sebanyak 40 judul tapi satupun belum pernah sy upload baik di youtube maupun di blog...soale gak tau cara upload di blog.

Anonymous said...

sepertinya saya pernah pasang vidio youtube di belog apa belum ya... kayaknya udah sih.. tapi lain caranya... kalau mamang vidionya di unggah dulu pakai vidio sendiri hehe... mumpung koneksi modem internet pakai tutup panci kenceng... saya praktekan ini ah.... tapi kalau cara MASTER mas andes di komeng antas saya jujur saja belum pernak pasang gituan.... terimakasih master - master sudah berbagi

Agung Kharisma said...

Hari ini membahas video youtube yang dipasang di blog yah? Saya biasanya upload dari blogger sih, dan tentunya lama. Saya malah baru tau trik ini. Thanks udah berbagi. :)
Wahyu, saya mau tanya mengenai penempatan sumbernya. Bagaimana cara menempatkan sumber videonya?
http://dailybloggerpro.blogspot.com/
http://rumahcerpenmu.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Mewo, owh bagus kalau begitu mas. Soalnya memang agak berat apabila posting blog dipasang video :)

Mas Andes, owh begitu ya. Thanks mas andes atas pencerahannya :)

Mas Warim, silahkan dicoba mas hehe :)

Mas Riio, wah bagus kalau sudah pernah dipraktekkan. Nanti akan saya lihat :)

Mas Van, wah kok bisa kebetulan getu ya mas. Aneh ya hehe :) Lebih baik video nya di upload di Youtube dulu mas. Baru kemudian di pasang di blog anda :)

Mang Yono, wah keren mang pakai panci hehehe :D Supaya koneksinya cepet ya. Sipp dech kalau begitu. Good luck aja buat Master Mang Yono :)

Mas Agung, apa mungkin maksudnya link teks sumber video begitu ya mas? Kalau saya pasang biasa aja kok. Yang penting link sumber menuju ke sumber video aslinya, yakni di Youtube :)

Unknown said...

Kalau lewat postingan langsung gak bisa ya mbak?, kan di Tool postingan ada pemilihan Video juga, tapi kayaknya yg Youtube sudah gak bisa, harus dengan cara ini

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kebetulan saya belum pernah pasang video melalui menu video di posting blog mas. Jadi, saya tidak tahu hehe :)

Mizz Aiza said...

terima kasih sharing nya.. boleh saya prktikkan nanti..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

silahkan dicoba miss untuk pasang video youtube di Blog Dunia Kecil. Pasti tambah rame blog nya kalau ada video nya hehe :)

Anonymous said...

Nyimak dan datang lagi nih Mbak mau
Belajar di Mbak Ririn tentang Youtube
Kebetulan saya masih bingung, cara nya
Terima kasih yah Mbak

Unknown said...

iya juga sih kalau bikin berat loading jadi mikir lagi mau pasang video di postingan, banyak belajar juga di sini, makasih mbak :)

Al Muhajirin said...

pagi2 udah dapat info menarik,makasih atas tutorialnya mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Karis, kalau bingung pegangan mas Anthonine ya mas hehe :D

Mas Anthonie, iya betul itu mas. Mending pikir-pikir dulu aja kalau mau pasang video di dalam postingan blog. Kalau blog nya jadi berat kan kasihan pengunjung juga. Ya nggak? hehe :)

Mas Muhajirin, sama-sama :)

Rizkyzone.com said...

saya embed code sja mb', kalau di wordpress, kalau di upload bisa makan space dan juga banwid. #Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Kalau blog selfhosted memang harus hemat ya mas :)

Muh Rokip Blog said...

Wah ,klo blog ku masih mentahan da tips buat matengin gak biar blog ku sedap n enak dipandang ,bikinny sih dah lama sama lamanya aku mengabaikan blog ku tsb dan baru" ini kok pengen bener" belajar jd blogger , , , ,
Dibantu ya ? ?
Hehehehe . . .

Muh Rokip Blog said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah sayang sekali ya mas kalau sudah lama membuat blog mala belum dikelola secara maksimal. Ya, kita sama-sama belajar aja mas. Saya juga masih baru di dunia blogging hehe :)

Anonymous said...

Enakan ya Mbak nonton video youtubnya bisa lngsung di blog
gak usah di site youtubenya sukses dh Mbak Rin

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya lumayan Mas Karis. Terimakasih ya :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih atas kunjungannya ya :)

Unknown said...

Pakai hp juga bisa pasang video youtube yaa rin??

Post a Comment