Cara Pasang Widget Flag Counter di Blog

Cara Pasang Widget Flag Counter di Blog Salah satu cara untuk mempercantik performa blog atau mendesain blog yakni dengan cara memasang widget. Ada banyak widget yang bisa anda pasang di blog. Salah satunya adalah widget Flag Counter. What is Flag Conter Widget? Adalah widget yang memberikan informasi tentang bendera negara asal visitor blog dan juga jumlahnya berapa. Sehingga nantinya akan ketahuan darimana saja orang-orang yang sudah pernah mengunjungi blog anda.

Di internet ada salah satu situs yang menyediakan widget tersebut secara gratis dan tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Adalah situs Flag Counter namanya. Jika anda mempunyai sebuah blog dan ingin didesain supaya terlihat cantik dan menarik, tidak ada salahnya untuk memasang widget yang satu ini. Caranya sangat mudah. Anda bisa hanya perlu waktu 15 menit untuk proses pemasangan di blog kesayangan anda.
Cara Pasang Widget Flag Counter di Blog
Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Memasang Widget Histats di Blogspot. Berikut saya jelaskan langkah demi langkah tentang cara memasukkan dan menambahkan widget bendera negara asal pengunjung blog atau widget flag counter di blog. Silahkan perhatikan uraian yang akan saya jelaskan berikut ini.

Cara Pasang Widget Flag Counter di Blog

1. Langkah pertama, silahkan kunjungi situs Flag Counter di alamat ini www.flagcounter.com

2. Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot berikut ini. Silahkan atur ukuran, warna, dan lain-lain.
Panduan Cara menambahkan Widget Flag Counter di website
Keterangan:
Nomor 1 pilih opsi Top Countries atau Flag Map
Nomor 2 adalah jumlah maksimal bendera yang ditampilkan
Nomor 3 adalah jumlah kolom bendera
Nomor 4 adalah label Flag Counter
Nomor 5 adalah warna background
Nomor 6 adalah warna teks
Nomor 7 adalah warna garis pembatas
Nomor 8 check list label bendera negara yang ditampilkan
Nomor 9 check list jumlah pageview yang ditampilkan
Nomor 10 check list jumlah bendera yang ditampilkan

Selanjutnya silahkan klik tombol Get Your Flag Counter.

3. Silahkan klik tombol Skip jika anda tidak ingin mendaftar pada situs tersebut
Tutorial Cara Memasukkan Widget bendera negara asal pengunjung blog di Blogger
4. Silahkan copy seluruh script yang ada dalam kotak.
Langkah-langkah Cara Bikin Membuat Widget Keren dari Situs Flag Counter
5. Untuk pemasangan widget tersebut di blog, silahkan log in ke akun Blogger anda.

6. Silahkan masuk ke Dashboard > pilih menu Tata Letak/Layout > klik Add Gadget/Widget > pilih widget HTML/JavaScript > silahkan paste seluruh script yang sudah anda copy tadi ke dalam kotak > kemudian klik Save > dan lihat hasilnya.

Berikut adalah widget Flag Counter yang sudah pernah saya pasang di blog ini. Terlihat menarik kan? Kini giliran anda yang mencobanya.
Widget Bendera Negara Asal Pengunjung Blog di Blog Cara Ririn
Demikianlah tutorial singkat yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Pasang Widget Flag Counter di Blog. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog saya tentang Cara Memasang Widget Feedjit di Blog. Terimakasih banyak atas perhatiannya. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam hal substansi ataupun tata tulis.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

64 komentar:

Asep Haryono said...

Nah ini dia yang juga membuat semangat para penulis Blog. Alhamdulillah saya sudah memasang widget ini heiheiheie. Jadi keliatan di sini bahwa blog kita ternyata ada pengunjung dari Luar Negeri. Ini bisa jadi memotivasi para penulis blog untuk lebih produktif dalam menulis karena yakin blognya ada pengunjung yang berasal dari negara lain. Super sekali mba. Lanjutkan :)))

Unknown said...

waaahh.. Keren banget mba.. Jadi klo kita pasang widget itu kita jadi tau dri negara mana saja yang telah berkunjung di blog saya yah mba.. Waahh mantap mba.. Trimakasih udah sharing.. :-)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ahmad Zaelani said...

nice post mba.... hadir cuma mau ikut meramaikan saja... hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Asep, iya pak beetul itu. Jadi dengan pasang widget ini di blog, darimana saja pemirsa blog kita nanti akan ketahuan hehe :) Sehingga bisa memotivasi kita untuk lebih giat lagi dalam menulis di blog karena jangkauan pemirsa blog sangat luas, bisa berasal dari negara mana saja. Thanks pak asep atas sharing nya. Ternyata anda sudah pasang tow hehe saya malah nggak tahu hehe :)

Mas Warim, iya mas nanti akan kelihatan melalui bendera negara yang ditampilkan dari widget flag caounter ini. Silahkan dicoba apabila tertarik dengan widget ini :)

Mas Zaelani, hehehe sippp mas, thanks ya sudah ikut berpartisipasi untuk meramaikan blog saya hehe :)

Unknown said...

Wah....jadi bingung mbak, post banyak widget dan menarik semua untuk dipasang. Ntar malah penuh lagi..

Oiya, adsenseku ditolak. Bingung mau benerin yg bagian mana.

Unknown said...

Dulu pas masih awam banget, saya juga pakai widget ini , buat nambah semangat. pas tau widget ini juga nambah berat loading langsung saya copot.. :D

Mbak Iis said...

dulu saya juga pasang tapi lama kelamaan trs bosen, kemudahannya pasang widget flag itu bisa tahu dari mana pengunjung blog

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, pilih widget yang penting-penting saja mas. Kalau nggak penting jangan dipasang di blog. Nanti penuh blog nya hehe :) Btw apa alasan penolakan dari pihak adsense mas kalau boleh tahu? :)

Mas Daniel, hehehe saya malah kurang tahu mas apakah widget ini memperberat loading atau nggak hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Is, wah berarti sudah punya pengalaman pasang widget ini juga tow hehe :) Saya malah baru kemarin iseng-iseng pasang widget flag counter di blog, tapi kemudian saya copot lagi hehe :)

Masnady said...

wah mbak eka rajin banget update tutorial secara detail... dulu saya sudah pernah pasang mbak.. karena dulu masih suka gonta ganti tempalate. ahirnya widgetnya lenyap hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe biasa aja kok mas. Kan memang sudah dijadwal postingannya hehe :D
Kalau sering ganti template memang cukup merepotkan ya mas. Ditambah dengan banyaknya widget yang hilang. Bisa bikin galau jadinya hehe :)

Anonymous said...

punyaku udah tak lepas mbak soalnya di sidebar udah sempit sih :) jadi mudah ya mbak kalo pake flag counter bisa tau banyaknya visitor dari masing2 negara

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terlalau banyak widget yang dipasang di blog juga nggak bagus mas. Karena blog nya terlihat rame banget hehe :) Tapi kita kembalikan lagi pada admin blog masing-masing apakah suka apa nggak dengan widget ini.

Blog saya juga sudah tak lepas kok mas hehe :D soalnya sudah banyak widget yang terpasang di blog ini. Nanti malah seperti pasar kalau terlalu banyak widget hehe :)

Meutrap said...

wah mantap ni kak,
Tutorial yang kakak berikan sudah saya coba di blog saya yang satu lagi, di blog meutrap belum saya pasang, mau coba tutorialnya sudah lupa saya kak, kebetulan kakak posting artikel tentang ini jadi teringat kembali.
terima kasih sudah mau share kak.
:)

Mizz Aiza said...

menarik sharing nya.. tapi blog saya juga sudah banyak widget..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Meutrap, wah bagus kalau begitu mas hehe :) Iya sama-sama mas. Thanks sudah berkunjung kemari :)

Mizz Aiza, kalau sudah banyak widget yang terpasang di blog jadi mikir-mikir lagi ya mizz kalau mau nambah widget lagi hehe :)

Unknown said...

cara RIRIN emang paling top, dan widget ini udah ane pasang di blog yg satunya,

sukses selalu deh buar mba; RIRIN

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bisa aja nich Mas Awhny, bikin ge er aja hehe :) Thanks ya atas kunjungannya ;)

Claresta said...

enak ya mbak jika blog kita ada flag counternya,,, krn kita bisa tahu dari negara mana saja pengunjung blog kita. saya jg memasang ini di blog satunya.
nice sharing!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe ya lumayan sih, dengan memasang widget ini bisa mempercantik tampilan blog. Tapi kalau menambah berat loading blog, kurang bagus juga hehe :)

Unknown said...

di email cuma jelasin tentang konten. Penjabarannya tidak mungkin saya tulis di sini mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pasti jawabannya "konten tidak memadai" ya mas? hehe :)

Kang Ucup said...

dengan flag counter kita jadi tahu negara mana saja yang nyasar ke blog kita ya mbak :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe iya kang, tapi muda-mudahan aja nggak nyasar. Kasihan nanti malah nggak bisa pulang hehe :)

Unknown said...

wiw siip... Blog q belom ada flag counternya...
Hehehehe...

Mampir juga ya http://tizt.heck.in

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas Tizt sudah singgah kemari :)
Wah kalau blog berplatform heck.in saya nggak bisa komentar ke blog tersebut mas, soalnya saya nggak punya akun tersebut. Mohon maaf ya :)

Mas Huda said...

aku dulu malah pernah buat tutorialnya via video... terus tak upload di youtube he he :) kalo mau nanti tak share link nya

Unknown said...

dengan begitu kita bisa mengetahui asal muasal pengunjung blog kita ya, sip infonya sob sangat berguna

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Huda, wah ternyata mas huda sudah tahu ya soal pembuatan flag counter, saya malah baru tahu kemarin-kemarin hehe :)

Mas Arie, iya betul itu mas, nanti akan kelihatan dari mana saja orang yang sudah berkunjung di blog kita :)

Unknown said...

Nice artikelnya Master. tapi kalo aku sih lebih pilih pasang Kaleng SUSU BENDERA, alasanya sih karena Nikmatnya sampai Tetes terakhir :D hihihihhihihih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkk ada-ada aja. Bendera merah putih nggak mas? hehe :)

Staff Administrator said...

Hehe....ternyata widget ini masih juga setia nempel di tp sy...mbak Rin....

Keren kan...sy hehe :)

Staff Administrator said...

Keren nih...mbak Rin....selalu bisa update..
Sukses selalu ya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Blog Mas Budy memang keren, tapi lebih keren orang nya hehe :)

Thanks ya mas atas support nya. Semoga aja bisa tetep update daily :)
Harus cemungudh ea mas :D

Reo Adam said...

nyimak mba....hehe
takut ah dah kebanyakan widget di blogku

blogger said...

punya saya malah sudah saya bungkus mbak kurang memuaskan :D pake histats.com aja lebih keren menurut saya. tp berat. tp msih saya pke juga http://hekos-soft.blogspot.com

tp disitu bisa melihat visitor, user online, trafic, lokasi, popular dll kpn" posting itu aja hehehe

Anonymous said...

Kalau saya awal-awal buat blog pasang counter yang satu ini tapi lama kelamaan saya lepas mbak.

Unknown said...

iya mbak, solusinya bagaimana ?

Anonymous said...

wow mantab banget nih jadi bisa tau negara mana yang sering mengunjungi blog kita. ^^

Unknown said...

nice tutor mbak,mampir ke http://ah-shared.blogspot.com ya ;)

Rizal Fahmi said...

idzin coba mbak ririn

abitalita said...

keren ni mbak..dengan widget flag counter setidaknya memotivasi kita untuk mengembangkan blog..dan kebanggaan tersendiri kalau visitornya sudah banyak apalagi dari berbagai negara :)

maksih mbak sudah berbagi..

Anonymous said...

Bagus dan menarik nih Mbak artikelnya,.
Dulu saya juga pasang, tapi sedikit membawa
Error pada validasi html 5 jadi saya lepas, karena
Males ngedit nyari kode yang error di Flag counternya
Jadi seumpama masih memakai widget ini, harus
Merubah kode yang error nya Mbak.. maaf bukan
Menggurui, ini hanya pandangan saya saja,
benar salahnya, coba cek saja kebenaranya.

Meutrap said...

oke kak sama-sama,

Masnady said...

hahaha iya mbak.. bukan cinta saja yang bisa bikin galau. tapi widget juga bisa hehehehe....

Anonymous said...

Dulu saya pernah pasang widget flag ini, cuma setelah dipikir-pikir akhirnya dibuang lagi, terlalu banyak widget juga nggak bagus, jadi dipilih yang perlu-perlu aja :)

Djangkaru Bumi said...

aku dulu pernah memasangnya. Terasa senang jika ada pengunjung berbendera asing. Ada kebanggaan tersendiri.

Agung Kharisma said...

Assalamualaikum.
Selamat pagi. :)
Wah, update post lagi nih. semoga makin banyak visitor dan makin ramping alexa ranknya ya rin. Oh ya, soal widget di atas, kalo lagi blogwalking saya juga sering ngeliat widget gitu tapi saya nggak mau pasang di blog. Soalnya kan udah ada histat atau nggak widget pageview dari blogger jadi saya pasang yang itu aja. hehe :)
dailybloggerpro.blogspot.com
http://rumahcerpenmu.blogspot.com/

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

sekarang udah ngga pakai widget yang seperti ini lagi mbak , hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Reo, kalau sudah penuh widget blog nya memang tidak perlu nambah lagi mas. Kasihan nanti pengunjung nya hehe :)

Mas Hekos, iya benar juga, flag counter hanya memberikan informasi bendera negara saja. Jadi informasi yang ditampilkan kurang begitu banyak. Masih unggul Histats. Kalau Histats kebetulan saya sudah pernah posting kok mas dulu :)

Mas Info, melepas widget ini karena ada alasan ya mas :)

Mas Hasby, sulit mas. Memang, blog Bahasa Indoensia cukup sulit untuk didaftarkan ke Google AdSense. Nggak tahu kenapa pasti jawabannya "konten tidak memadai". Aneh kan? hehehe :) Kalau menurut saya ada 2 solusi alternatif: (i) Buat blog berbahasa Inggris, nanti untuk didaftarkan ke Google AdSense, dan (ii) Daftar melalui Youtube.

Mas Fadly, iya betul master hehe keren kan? hehe :)

Mas Angwin, thanks :)

Mas Rizal, silahkan :)

Pak Aulia, lumayan pak, jadi bisa lebih keren blog nya kalau ada widget ini. Karena kita bisa tahu negara mana saja yang sudah pernah singgah di blog kita. Thanks pak :)

Mas Karis, wah sepertinya sudah sangat berpengalaman nich mas karis soal Flag Counter. Sipp dech kalau begitu. Kebetulan saya nggak paham soal valid HTML5. Jadi nggak bisa bicara panjang lebar hehe :D

Mas Nady, hehehe betul itu mas :D

Mas Anthonie, pilihan yang bijak dan elegance mas hehe :) Memang benar, kalau blog terlalu banyak widget juga kurang menarik, karena terlihat berantakan. Sebaiknya pilih widget yang penting-penting saja ya mas :)

Pak Djangkaru, wah pengalaman yang sangat menarik pak. Bisa jadi motivasi kita semua yang ingin pasang widget ini di blog nya :)

Mas Agung, iya betul itu mas. Histats dan statistik di dashboard blogger sudah ada informasi asal negara pengunjung dan bahkan lebih komplit. Widget ini saya kira lebih kepada mempercantik tampilan blog saja :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda, bagus dech kalau begitu hehe :) Biar blog nya bisa lebih cepat loading nya ya :)

Unknown said...

widget ini sepertinya malah membuat berat (menurut ku ):)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya kang bener, memang ada pengaruhnya terhadap loading blog. Oleh karena itu sebelum pasang widget Flag Counter di Blog, sebaiknya dipikir-pikir terlebih dahulu. Pengunjung adalah prioritas :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Biasa aja, saya Mbak ..hanya sepercik pengetahuan saja
yang, ada di saya, dan itu pun saya masih banyak belajar
Dari sobat-sobat blogging lainya termasuk Mbak Rin..
Sukses terus yah Mbak..?

Rizkyzone.com said...

saya dulu paling seneng pasang flag counter mb', tp sekarang saya pakai statcounter ada juga flagnya dari negara mana saja yang pernah datang ke blog saya. #Rizkyzone.com

Unknown said...

Betul mbak kita pilih widget yang penting-penting saja, pilihan yang bijak dan elegance bikin blognya lebih keren hehe...

Unknown said...

Saya sudah pernah pasang di blog saya mba Ririn tapi saya hapus karena tidak valid HTML5, hehee terimaksih sudah share....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Karis, wah sukanya merendah nich mas karis hehehe :) Thanks ya atas support nya :)

Mas Rizky, sepertinya keren tuh statscounter mas, jadi informasi yang ditampilkan bisa lebih komplit ya mas. Kalau flag counter kurang lengkap ya :)

Mas Anthonie, sipp dech kalau begitu :) Jadi nggak seperti pasar blog nya ya mas kalau terlalu banyak widget :)

Mas Adjie, owh begitu ya mas. Ini bisa dijadikan referensi untuk kita semua apabila ingin pasang widget flag counter di blog, karena tidak valid HTML5. Tapi kalau kita suka dengan widget ini, tidak ada salahnya untuk memasang nya ya mas, mungkin biar blog nya bisa terlihat menarik :)

Unknown said...

mbak trima kasih ya bisa satu lagi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Pak Nazir :)

Unknown said...

Datang lagi akh di blog nya Mbak Rin.. kaya nya Kangen
juga kalau tiap on blog gak mampir disini,. Manteb juga
Yah artikel Flag counter artikel Mbak Rin ini..
Jangan2 saya kesengsem lagi nih pasang widget nya hkhkhkkh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe ada-ada aja nich Mas Karis :) Silahkan pasang aja widget flag counter di blog anda kalau anda tertarik mas hehe :)

Post a Comment