Mengapa Komentar Blog itu Penting?

Mengapa Komentar Blog itu Penting? Itulah topik artikel yang akan kita bahas kali ini sebagai bagian dari opini saya tentang dunia blogging. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan komentar blogger. Lebih-lebih jika anda adalah pengelola sebuah blog, bisa dipastikan sangat mengharapkan adanya komentar di blog anda. Apalagi jika anda merupakan blogger pemula seperti saya, pasti sangat senang jika blog anda ramai banyak komentar.

Kalau di dunia nyata, orang di komentari cenderung tidak suka. Tapi kalau di dunia maya, terutama di dunia blogging, cenderung suka diberi komentar. Kenapa bisa begitu ya? Saya sendiri juga heran kenapa yang terjadi malah sebaliknya.

Setelah beberapa waktu yang lalu saya menjelaskan tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang mengapa komentar blog itu penting? Berikut adalah uraiannya.
Mengapa Komentar Blog itu Penting
Image by websigmas.com

Mengapa Komentar Blog itu Penting?

1. Tempat diskusi
Form komentar yang berada di bawah posting blog berguna untuk dimanfaatkan sebagai ajang diskusi atas artikel yang di jelaskan diatas oleh pembaca dan juga penulis itu sendiri. Bagaimana respon pembaca atas artikel yang kita tulis? Dari situlah sering muncul tanya jawab yang berlangsung kondusif. Dan bahkan terkadang muncul ide dan gagasan baru, sehingga bisa dijadikan sebagai topik artikel pada posting yang akan datang.

2. Sharing pengalaman
Pengalaman setiap orang dalam blogging tidak sama. Ada yang sudah bertahun-tahun, dan ada juga yang baru kemarin bergabung di dunia blogging. Tentu saja tingkat pengetahuan diantara kita tidak sama. Sehingga dengan adanya form komentar, kita bisa tukar pengalaman baik seputar topik artikel yang dibahas, atau mungkin hal lainnya.

3. Saling membantu
Konten blog antara yang satu dengan yang lain pasti berbeda. Ada blog yang kontennya campuran, ada juga yang fokus membahas itu itu saja. Konten blog yang bersifat teknis biasanya tentang tutorial. Kadang pembaca tidak begitu paham dengan tutorial tersebut, sehingga tidak bisa mengaplikasikannya. Dengan adanya form komentar, pembaca bisa tanya tentang problematika yang menghampirinya. Disitulah peran admin blog dan pembaca yang lain bisa saling membantu. Admin blog yang dikenal ramah dan penuh antusias dalam membantu kesulitan pengunjung adalah Saudara Andes Rizky Nugroho, owner blog Faceblog Evolutions dan juga Saudara Daniel Erick, owner blog Dan For Blogg.

4. Koreksi kekurangan dalam artikel
Terkadang tulisan yang sudah kita anggap benar, belum tentu menurut orang lain benar. Dari adanya sebuah komentar yang dilontarkan oleh pembaca, kita jadi tahu kekurangan yang ada dalam artikel. Sehingga kita bisa segera memperbaikinya.

5. Tempat bercanda
Kita kembalikan lagi pada fitrah Blogger. Blogger merupakan media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh orang untuk berinteraksi satu sama lain. Kita bisa berkomunikasi antar sesama pengguna blogger pada kolom komentar. Dari situlah kadang-kadang terjadi komunikasi dua arah yang sangat harmonis dan kadang juga penuh dengan senda gurau. Fenomena ini saya jumpai di blog Rahasia Hidup Sehat yang dikelola oleh Saudara Anthonie Eka.

6. Popularitas blog
Semakin banyak komentar yang masuk di blog, maka semakin tinggi pula popularitas blog tersebut. Banyaknya komentar mencerminkan bahwa blog tersebut sudah diketahui oleh banyak orang. Selain itu juga blog tersebut dicintai oleh pemirsanya. Disukai dalam hal ini bisa karena admin nya yang ramah, bisa juga karena konten nya sangat berkualitas, atau mungkin memang si pengelola blog suka menjalin persahabatan antar sesama blogger. Ini yang terjadi pada blog Purnomosymb19 yang dikelola oleh Saudara Budi Os 19. Tak tanggung-tanggung setiap kali posting pasti komentarnya ratusan.

7. Menyumbang keyword di Search Engine
Selain hal-hal yang dijelaskan diatas, ternyata adanya komentar yang masuk di sebuah postingan blog, itu bisa menyumbang keyword di mesin pencari. Pertanyaannya, kok bisa? Tentu saja bisa. Karena mesin pencari dalam melakukan perayapan itu tidak hanya pada artikel posting saja, melainkan secara keseluruhan pada halaman blog tersebut. Yang terindeks bisa berupa posting populer, arsip, komentar, dan masih banyak lagi. Sehingga dengan banyaknya komentar tersebut, bisa memperkuat posisi laman blog di Search Engine Result Page (SERP) Google.

Demikianlah opini singkat dari saya tentang dunia blogging yang berjudul Mengapa Komentar Blog itu Penting?. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan artikel saya yang lainnya tentang Mengelola Banyak Blog, Efektifkah?. Bila ada kekurangan dalam hal substansi dan tata tulis, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

91 komentar:

Anonymous said...

tanpa komentar memang blog seperti kuburan haha :D

Masnady said...

bener banget mbak... memang sangat penting kolom komentar tersebut.. dari situ kita menerima beberapa kritikan positif dari beberapa sahabat blogger yang secara tidak langsung akan membuat blog kita semakin maju.

karena dengan beberapa keritikan kita akan tau letak kesalahan atau letak yang kurang pas di blog kita menurut pandangan sahabat blogger..

itu di atas ada 2 blogger senior yang di sebutin mbak.. ada satu lagi mbak.. yaitu maszachk.. cuma nulis judul artikel saya komentarnya 2ratusan.. hehehe dan sekarang kolom komentarnya di nonaktifkan.. hehehe

Unknown said...

Iya mbk coba aja kita liat blog yang banyak komentarnya banyak pasti kita berpandangan bahwa blog itu trafficnya sangat tinggi dan lebih di sukai orang :)

Asep Haryono said...

Sepanjang yang saya tau sih memang cukup penting. Adanya komentar di Blog menandakan bahwa blog yang kita admini ini populer, artinya ada pengunjung yang datang berkunjung, dan secara teknikal memang memancing Page Rank memberikan penilaiannya yang positif. Semakin banyak yang datang berkunjung popularitas Blog akan semakin bagus.

Unknown said...

yang menyumbang Keyword di Search Engine itu benar dan saya sering dapat pengunjung dari Keyword Komentar.

Tapi saya sering kesal dengan blog yang tidak menyediakan kolom komentar, jadinya kan gak bisa blogwalking ria, biasanya blog yang sudah punya PR tinggi kolom komentarnya dihilangkan.. :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Intan, blog nya sepi ya mas kalau nggak ada komentarnya. Bisa bikin galau heheehe :D

Mas Nady, betul itu mas. Jadi tulisan kita ada yang mengoreksi sehingga kita bisa segera memperbaikinya. Sehingga ke depan, tulisan kita bisa lebih bagus :) Wah thanks ya mas atas tambahannya. Tapi saya belum tahu blog nya maszack :)

Pak Asep, nampaknya pak asep sudah sangat berpengalaman nich. Jadi ingin berguru sama pak asp dech ^^

Mas Daniel, iya juga ya mas kok ada ya blog yang tidak dikasih kotak komentar, padahal banyak banget lho manfaatnya :)

MANG YONO said...

tanpa komentar blog seperti sayur tanpa garam... hehhehe...
kebanyakan komentar blog ribet balesnya hehehe....
yang lebih parah lagi tanpa postingan blog bagaikan pepesan kosong ehheeh

Anonymous said...

lupa mau bilang ini.... terimakasih master...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkwk ada-ada aja Mang Yono ini kalau buat pengandaian :D
Kalau begitu berarti yang sedang-sedang aja ya master komentarnya, nggak terlalu banyak dan nggak terlalu sedikit hehehe :D
Terimakasih banyak master Mamang :D

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

satu lagi blog dengan komen ratusan itu ada blog of hariyanto, sehat alami juga.. saya ngga habis pikir mereka visit back pasti membutuhkan waktu yang sanagt lama,, haha...

yang paling asyik itu sebagai tempat bercanda, rasanya lebih asyik dari media social :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas betul itu Blog Of Hariyanto juga banyak komentarnya hehehe :D
Pastinya cukup melelahkan ya mas kalau komentar balik, tapi saya rasa tidak apa-apa karena blog nya sudah ramai :D

Iya saya juga suka sama Blog Sehat Alami. Pokoknya heboh kalau blogwalking kesitu. Biasanya 3 orang itu yang bikin heboh wkwkwk :D

Anonymous said...

ehehe bener ya, kalau di dunia nyata orang tu pasi bakalan sebel kalau dikomentari, tapi kalau di dunia maya apalagi blog...pasti seneng banget kalau dikomentari, baru ngeh loh WS mbak :D

setuju banget sama semua point di atas mbak

K.A.A said...

Hi mba Wahyu Eka Prasetiyarini, komentar jujur dari pembaca adalah sesuatu yang terindah. Lebih dari sekedar kata-kata dan hanya berharap dapat ilmu dan sudut pandang baru "PARADIGMA". Sebagai Blogger Amatir, saya sangat menghargai pembaca, sebagai saudara. Dan bagi sata, itu pemacu untuk menulis informasi yang bernutrisi cukup - biar gak GALAU!

Terima kasih

Meutrap said...

Ada yang baru ni,
perlu disimak dengan seksama semoga dapat membantu .
:)

Claresta said...

Benar sekali mbak Eka,,, manfaat komentar banyak sekali sprti diatas. Dan yang sangat penting sekali adalah kita bisa mengetahui kesalahan/kekurangan di postingan kita sehingga kita bisa cpt2 memperbaiki.

Blognya mbak Eka jg banyak komennya,,, tandanya adminnya raham... ada lagi blog yg kaya komentar, yaitu blognya mbak MaYa Kaila,,, hmmm ratusan komennya...

Klu blog saya sepi, hehehe :) Saya banyak belajar dari mbak Eka :D
Makasih sharingnya....

Mizz Aiza said...

bersetuju dengan artikel ini.. komentar sangat penting.. blog saya lebih kepada perkongsian pengalaman dan kehidupan, tentunya blogger yang datang komen menceritakan perihal kehidupan mereka juga..

Unknown said...

baru nyadar tampilan komentar di platform blogspot sekarang udah berubah ya mbak, sepintas mirip form komennya google +

Unknown said...

memang asik kalau yang komentarin sesama bloger, kalau gak komentar yang masuk benar-benar kacau balau.hehehe :) jadinya gak semua komentar di publikasikan.;)

Djangkaru Bumi said...

tapi yang bikin sebel itu, kolom komentarnya ada huruf chaphta ditambah moderasi pula. itu yang bikin pengunjung kerepotan :)
Terlalu banyak yang koment juga bikin bingung, bingung berkunjung baliknya.

plagiart said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Wewengkon, hehehe memang begitu kan realitanya? hehehe :D

Mas Kharis, lengkap banget mas kalau manggil nama saya hmmmm :D Iya benar itu mas kalau komentator mau koment jujur kita pasti senang, karena kita jadi tahu bagian mana dalam artikel yang masih salah dan kurang. Sehingga dari situlah bisa kita revisi. Dan tentunya dapat memotivasi kita dalam mengelola blog :)

Mas Meutrap, silahkan disimak baik-baik mas hehehe :D

Mbak Indri, betul itu mbak. Jadi kita bisa tahu letak kesalahan dalam artikel misalnya saja ada komentator yang mengkritisi tulisan kita. Sehingga kita bisa segera memperbaikinya. Wah saya kira blog saya komentar nya nggak begitu banyak kok hehehe :D Blog mbak Maya tuh yang banyk. Kita sama-sama belajar ya mbak. Soalnya saya masih pemula. Kalau anda kan sudah lama, udah lebih dari 3 tahun bergabung di dunia blogging.

Mizz Aiza, iya betul itu mizz. Dengan adanya komentar kita bisa tahu pengalaman masing-masing sang komentator, sehingga kita bisa belajar dari pengalaman mereka. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Mbak Elsa, iya mbak komentar blogger sudah berubah dari kemarin. Sekarang agak ringan loading nya dengan kotak komentar yang baru tersebut :)

Mas Mewo, iya donk kalau blog ada komentarnya kan kita bisa berinteraksi dengan sesama pengguna Blogger. Jadi kita bisa diskusi dengan mereka tentang seputar artikel atau mungkin hal lainnya :)

Pak Djangkaru, iya betul itu pak. Saya juga agak repot kalau berkomentar di blog seperti itu. Amat sangat menyita waktu kita untuk comment back. Kenapa kotak komentarnya harus di setting seperti itu ya? heran :) Memang benar pak kalau kita belum terbiasa dengan banyak komentar di blog kita, kita bingung untuk balasnya. Namun, kalau sudah terbiasa kita pasti bisa menikmatinya :)

Mas Plagiart, mohon maaf ya mas komentar anda saya hapus, karena anda menyisipkan link aktif. Mohon jangan di ulangi lagi ya. Padahal, saya sudah berkomentar baik-baik di blog anda, sesuai dengan topik artikel. Malah anda balasnya seperti itu. Saya jadi malas untuk berkunjung lagi di blog anda.

Ahmad Zaelani said...

kalau komen saya suka bercanda.. hahah soalnya gak bisa serius atau terlalu formal, yah yang penting bahasanya sopan aja...

Unknown said...

Berkomentar itu sangat penting, minimal mengucapkan terima kasih atas info atau bertanya yg sesuai dengan post dan disertai joke2 ringan akan membuat tali persaudaraan sesama blogger semakin erat. Dengan begitu akan lebih mudah dalam bertukar info...Ulasan yang sangat menarik dan bagus mbak.
Tapi saya bingung, kenapa jarang ada yang komen di blog saya kecuali dari teman-teman seperti mbak ririn, mas intan, daniel dan lain-lain. Padahal jika saya cek selalu ada yang datang min 200/hari -_-

Unknown said...

Untuk mencegah link aktif tanpa repot-repot menghapusnya di kolom komentar pasang script dari sini mbak http://www.dte.web.id/2012/07/no-live-links.html
Sudah saya terapkan di blog saya dan itu berfungsi.
Maaf, bukan bermaksud nyepam. Kalau dirasa merugikan dihapus saja ...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Zaelani, tidak apa-apa mas yang penting tidak menyinggung perasaan orang lain, dalam artian bercanda secara wajar. Itu malah bagus, sehingga kita tidak terlalu monoton dalam berinteraksi antar sesama blogger :)

Mas Hasby, iya betul itu mas. Memang sudah menjadi keharusan apabila kita punya blog itu saling berkomentar satu sama lain di blog nya. Mungkin jalinan pertemanan di blog anda masih sedikit mas, sehingga yang berkomentar masih sedikit. Coba dech tingkatkan dulu jumlah followernya. Supaya bisa dengan mudah untuk saling berkomentar. Blog saya juga awalnya begitu. Yang komentar sedikit. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, bisa lebih banyak dari sebelumnya.

Thanks mas atas sarannya tentang link aktif. Nanti akan saya coba :) Untuk sementara ini saya masih menggunakan none important untuk mencegah link aktif pada kotak komentar :)

Unknown said...

Saya coba tipsnya mbak....thanks sudah memberi banyak masukan untuk blog kecilku

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan dicoba mas. Kita sama-sama belajar mas hehe :)

Anonymous said...

Wahh Emang Bener Skali itu Mbakk (y) tapi Ada 1 Hal Lagi Nihhh manfatt Dari banyaknya komentar Di Blogg yaitu Turunnya Rank Alexsa Kandd Lumayan Tuhh Buat Ngerampingin Rank Alexsa hhehe Ya kand?? :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya juga ya mas, saya malah nggak kepikiran sampai kesitu hehe :) Thanks ya mas sudah menambahkan :)

Staff Administrator said...

Mav mbak Rin..telat mampir
Ini juga ....lagi di tp kerja....ambil break bentar....sekedar Bw an hehe :)

Waduh...kayaknya apa ndak berlebihan..tuh mbak Rin..buat review gubuk saya...
Jd ndak enak nih...hehe padahal masih byk loh blog yg bagus dan punya ratusan jumlah komentarnya.... :)
------

Sy sependapat sama komen dari mas bumi..karna kalo ngeliat saat ini...aksi ngeblog ndak cuma di akses lewat pc aja...khususnya pengguna hp pun ndak sedikit....
Dan kesulitannya kita udah tau sama tau...kalo buat ngetikin capcay....lewat hp...susah banget...
Kan sayang banget tuh di saat orang ingin berkomentar..malah ndak jd..padahal kontennya bagus..

Tapi ya balik lagi ke selera masing2 juga ya mbak...
Mungkin dari mereka punya alasan lain.hehe :)

Staff Administrator said...

Lupa saya....
Terima kasih ya...

Btw no sepatunya...ukuran berapa mbak Rin....hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya kira nggak berlebihan kok mas. Kan realitanya memang begitu, ya nggak? hehe :) Kalau blog lain saya kurang tahu mas. Jadi ya nggak saya sertakan dalam artikel diatas hehe :)

Memang benar apa yang disampaikan oleh Pak Bumi. Captcha dalam kotak komentar sangat menyulitkan pengunjung yang ingin memberikan komentar. Saya juga pernah tuh ngasih saran sama yang punya blog, tapi malah diomelin hehe :D Kalau ngeblog via hand phone saya belum pernah mas. Jadi nggak begitu tahu. Yang penting kan form komentar di blog saya nggak ada captcha nya hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah saya lupa mas sama nomor sepatu saya. Soalnya sudah lama nggak sekolah lagi hehe :)

Unknown said...

Mau tanya nih mbak eka boleh kan
setiap saya membuat postingan baru koq posting yang lama di HOME jadi hilang,yang ada cuma posting yg baru. duh gini nih kalo gak ngetri ngeblog

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya memang begitu mas. Yang ditampilkan di Halaman Utama Blog (homepage) itu adalah posting-posting terbaru. Posting lama tidak hilang, tapi sudah tergeser ke halaman berikutnya.

Anda bisa setting Jumlah Posting yang ditampilkan di halaman utama blog dengan cara:
1. Masuk ke Blogger
2. Masuk ke dashboard
3. Pilih menu Tata letak/layout
4. Pada tata letak, klik tulisan edit pada Posting Blog
5. Maka akan muncul jendela baru, silahkan di setting jumlah posting yang ditampilkan pada halaman utama blog
6. Klik Save

Mang Lembu said...

saya mah ng'blog ngga punya target yang lain selain targetnya Ubi Cilembu ku ada yang order...soal isi artikel, komentar dan lain-lainnya, malah lebih banyak eror nya daripada bagusnya....untukku ng'blog yang penting keren...udah gituh azh deh ih....;o)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kan motivasi setiap orang berbeda-beda pak dalam kaitannya dengan ngeblog. Apapun motivasinya kita selalu mendukung nya. Yang penting ngeblognya masih dalam koridor yang benar :)

Anonymous said...

Semangat blogging deh sob.. mantap artikelnya. salam kenal.

Meutrap said...

Jadi pingin kasih komentar banyak-banyak ni mbak.
:)

HP Yitno said...

Komentar yang baik akan mendukung artikel itu sendiri. Jika komentarnya berkaitan dengan artikel, kadang ada yang teindex dan membantu artikel itu sendiri. Itulah salah satu fungsi lain komentar.

Anonymous said...

mengapa komentar blog itu penting? hehe mengapa ya mbak.. itu udah di jawab mbak eka di artikelnya :) hohoho.. sedikit mau menambahkan, selain yang sudah di jelaskan mbak eka di atas komentar blog juga untuk meningkatkan backlink dan untuk membantu repurtasi konten. namun walopun demikian terkadang masih ada juga blogger yang menyalahgunakan form komentar yang seharusnya tidak perlu dilakukan. dengan melakukan promo apalagi dilengkapi link aktif lalu di sebar ke konten blog lain justru malah merusak reputasi blog sendiri :) terimakasih mbak eka, oh iya saya juga minta maaf kalo selama ini komentarnya kurang membangun :)

Jos Bloko said...

komentar bagiku sangat penting untuk memacu semangatku ngeblog mbak.

Rizkyzone.com said...

kalau blog saya untul soalan komentar masih kalah jauh mb' dengan blog sampean ini, maklumlah saya sendiri ngeblog hanya mengandalkan jasa warnet jd tak bisa sering OL, banyak narablog berkomentar sebatas cari backlink, kalau saya berkomentar berusaha nggak OOT dan berusaha komentar sesuai topik, karena saya komentar belajar mengasah kemampuan berkir saya mb'
#Rizkyzone.com

Anonymous said...

saya sangat setuju dengan yang terakhir, menyumbang keyword di search engine, saya sering sekali bikin artikel yang sangat singkat, dengan adanya komentar otomatis akan menambah kalimat bagi artikel saya sendiri. hehe ^^

Claresta said...

hey mbak Eka,,, saya sdh lama ngeblog tapi msh newbie banget. Mbak Eka blm begitu lama tetapi lebih pintar dari saya,,,

alexa mbak Eka turunnya cpt banget, bagi donk resep-nya... saya tunggu loh,,, hehehe :)

makasih buat tips-nya...

Anonymous said...

blog gak punya komentar,, ibarat minum kopi gak pake gula,, pahiiitt banget.. tapi saling mengomentari itu seru banget apa lagi di bumbui dengan senda gurau.. uuucccchhh asiiik banget...

Unknown said...

blog tanpa komentar, ibarat sebuah situs tanpa konten ya jeng

blogger said...

la trus blog saya gimana nasibnya :D jrg updt krn sibuk krja. jrg blogwalking krna kterbatasn waktu :D tp sya senang krena blog bisa menghilangkan setres krna penat mikirn krja krja n krja

Anonymous said...

Artikel yang Menarik khusus nya pada dunia blogging
Ini sangat sangat penting, untuk seorang pemblogging
Mbak Rini.. karena dengan berkomentar di blog teman
Menurut saya selain, dari mengharap backlink, tapi tujuan
saya yang Utama adalah,, Berusaha mempererat tali silaturahmi
Antar sobat web-blog dan teman online lainya, bahkan tanpa di sadari
Atau kita sadari, steep komentar kita ini bisa di baca oleh pembaca
Yang lain, dan itu bisa di bilang backlink, dan nilai lebih secara tidak
Langsung, Bisa Mempromosi kan blog kita sendiri, Karena.. link atau
teks komentar kita, bisa di kunjungi teman yang lain.

Kesimpulanya, Berkomentar itu sangat penting bagi para pemblogging
Walau tidak wajib,.dengan Niat secara Agama dan Dirigama, saya ikhlas
Berkomentar pada semua sobat, demi budaya Saling Hormat
Dan menghormati. Terima kasih atas artikel nya Mbak Ririn. salam hormat
Lainya

Kang Ucup said...

komentar di blog bagi saya juga sangat penting sekali peranannya, seperti yang sudah disebutkan di atas. tapi ada juga orang berkomentar hanya sekedar mendapatkan backlink sehingga cuma nulis 'nice info' dan sebagainya. sdah begitu ninggalin link aktif lagi :D
kalau dulu kotak komentar malah dibuat sebagai ajang promosi.
macem2 ya mbak...

Agung Kharisma said...

Kunjungan malam. wah udah update post lagi nih. :)
Soal topik diatas, kalau menurut saya sih komentar di blog itu sangat bermanfaat. Bisa buat sharing, bisa buat berbagi pengalaman, bisa silaturahmi. Satu poin yang paling menguntungkan itu, di poin terakhir. Komentar yang ada di sebuah post memberikan satu keuntungan bagi penulis yaitu menambah jumlah kueri keyword. Makasih ya mba udah sering berkomentar di blog saya. Salam blogger. :)
http://dailybloggerpro.blogspot.com/
http://rumahcerpenmu.blogspot.com/

Sigli Cyber said...

tak banyak komentar deh..
yang penting KOMENTAR utk Blog memank Sangat2 penting utk mnjlin persahabatn di dunia bloger :D

Nurul Imam said...

Klo saya emang suka baca & komentar mba, apalagi kayak gini kan bisa menyambung tali pertemanan antar blogger mba hehehe

Toko Sepeda Majuroyal said...

Hai Mba Ririn...
Berdasarkan Petunjuk Master Seo kami, kalau Blog kami adalah Blog untuk Berdagang Online, maka lebih baik, Komentar nya di tutup saja.

Bagaimana Pendapat Mba Ririn...?

Anonymous said...

Komentar di blog memang sangat penting menurut saya coz informasi yang kita sharing lewat blog mendapatkan tanggapan dari pembaca informasi tsb itu berarti informasi yang kita sharing layak untuk dibaca dan diaplikasikan oleh pembacanya jika informasi yang kita sharing itu berupa tutorial atau cara2 melakukan "sesuatu". Kemudian dengan adanya komentar dari pembaca, tidak menutup kemungkinan akan muncul diskusi baru untuk lebih memperkaya lagi wacana yang kita sharing tsb. Akhir kata, makasih atas informasinya sob dan semoga blognya tambah rame dan semakin bermanfaat buat pembacanya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Risamawang, thanks atas support nya :)

Mas Meutrap, silahkan aja mas. Jangan sunkan-sunkan hehe :)

Mas Yitno, iya memang betul itu mas. Manfaat adanya komentar di posting dapat membantu posting di Search Engine. Tentu saja komentarnya harus relevan biar lebih Ok :)

Mas Andes, betul itu mas. Adanya komentar di sebuah posting selain bisa bermanfaat untuk blog yang di komentari, juga bermanfaat untuk komentator itu sendiri. Jadi kedua belah pihak sama-sama menguntungkan. Blog dapat meningkat SEO nya. Begitu juga si komentator, yakni dapat backlink gratis dan berkualitas. Jadi yang paling merugikan adalah mereka (komentator spam) dan juga para promotor iklan. Merugikan diri sendiri dan juga merugikan blog yang di komentari. Thanks Mas Andes :)

Mas Jos, sama berarti kalau begitu mas. Saya juga lebih semangat kalau ada orang yang memberikan komentar di blog saya :)

Mas Rizky, blog saya juga masih sedikit kok mas komentar nya hehe :) Kita sama-sama belajar aja ya soalnya saya masih pemula banget. Jadi harus rajin-rajin menuntut ilmu dari pada master Blogger :)

Mas Fadly, pengalaman yang bagus mas. Jadi memang benar adanya bahwa komentar blog dapat berkontribusi terhadap posisi laman blog di Search Engine Result Page (SERP) Google. Thanks master atas sharing nya. Sangat amazing :)

Mbak Indri, wah berlebihan mbak indri nich hehehe :D Terus terang saya belum begitu paham kok mbak soal blogging, karena sampai sejauh ini saya juga masih terus belajar. Pengalaman masih sangat minim sekali karena rasa-rasanya baru kemarin terjun di dunia blogging. Tentang Alexa Rank, saya hanya natural saja mbak. Alias nggak punya resep apa-apa. Namun, kalau anda memaksa untuk sharing tips tentang Alexa, akan saya usahakan untuk membuatnya. Tapi mungkin tidak dalam waktu dekat ini. Thanks mbak atas request nya hehe :)

Mas Andy, ok juga mas kalimat pengandaiannya hehe :) Iya memang begitulah kalau nggak ada komentar yang masuk di blog, kita merasa kesepian. Kan blogger adalah media sosial. Sudah menjadi keharusan apabila dimanfaatkan untuk saling berinteraksi satu sama lain antar sesama pengguna Blogger. Ya nggak? hehe :)

Mas Arie, mungkin bisa juga diartikan seperti itu. Tapi saya kira itu terlalu berlebihan mas hehe :)

Mas Hekos, sabar mas. Semua itu butuh proses panjang dan melelahkan. Saya kira lebih baik fokus pada pekerjaan offline terlebih dahulu. Baru kemudian sediakan waktu untuk blogging. Kan blogging is fun. Tidak ada paksaan untuk ini dan untuk itu. Jadi enjoy saja lah hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Karis, oh ada kesimpulannya juga tow hehe :) Saya sependapat saya statement anda mas. Saling berkomentar satu sama lain bisa bermanfaat untuk menjalin tali persaudaraan antar sesama blogger. Urusan backlink atau promo blog itu mah manfaat selanjutnya. Bener nggak? hehe :)

Kang Ucup, ada-ada aja ya kang. Memang begitulah fenomena blogging di tanah air Indonesia ini. Perspektif dan motivasi setiap orang tentang blogging beranekaragam. Dari situlah kita belajar dari pengalaman. Yang penting dinikmati aja kang aktivitas ngeblognya. Nanti lama-kelamaan juga pasti menemukan sebuah manfaatnya :)

Mas Agung, persis seperti yang dijelaskan dalam artikel diatas ya mas. Ternyata kita punya pandangan yang sama ya pada sebuah komentar blog. Hehe Sukses dech buat Mas Agung :)

Mas Sigli, sedikit tapi mengena. Cocok itu mas. Persahabatan antar sesama blogger bisa terjalin harmonis dari adanya aktivitas saling memberi komentar satu sama lain. Thanks buat Mas Sigli :)

Mas Nurul, iya betul itu mas. Dengan saling berkomentar di blog, bisa bermanfaat untuk menjalin tali persahabatan yang baik. Sehingga bisa bermanfaat untuk kedua-duanya. Thanks ya mas :)

Mas Fritz, mungkin petunjuk dari master SEO untuk Toko Online Maju Royal memang ada benarnya juga mas. Karena tanpa adanya komentar, proses penjualan bisa berlangsung kondusif. Selain itu, para calon konsumen bisa langsung order melalui chating atau mungkin yang lainnya. Saya sendiri terus terang tidak bisa berbicara banyak karena saya belum mempunyai pengalaman dalam hal toko online hehe :) Maklum masih pemula mas :)

Mas Agung, sepaka saya mas. Hehe :) Kolom komentar blog memang wadah yang tepat untuk dimanfaatkan sebagai ajang diskusi atas topik artikel yang dibahas. Sehingga selain kita bisa tukar pengalaman, juga bisa memunculkan ide-ide baru yang pada gilirannya bisa dijadikan topik bahasan pada pembuatan posting selanjutnya. Sangat menarik komentar anda mas. Terimakasih atas supportnya ya :)

Unknown said...

mantap mbak hehehe mampir juga ya :) pemula ini http://jemmstore.blogspot.com/ & http://thefareraa.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

banyak juga ya blog nya :) apa nggak capek ngurus nya mas? hehe :)

Anonymous said...

Makasih atas kunjungan baliknya sob. O iya saya mau nanya nih kok iklan GA nya udah nggak muncul ya kalau saya buka blognya sobat ini di PC saya. Apa ada masalah dengan akun GA nya sob..??

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya nih mas iklannya kosong hehe :D soalnya saya belum verifikasi PIN Google AdSense. Nggak tahu kenapa surat nya kok belum nyampai di rumah. Padahal sudah hampir 3 bulan hmmm :)

Anonymous said...

Semua sudah jelas dijelaskan diatas bahwa komentar itu perlu supaya blog tetap hidup dan terjalin silaturahmi antar blogger serta mendapat banyak informasi pengetahuan penting dari blog tersebut.

Meutrap said...

Berbagi pengalaman sedikit ya kak!
punya saya sekitar sebulan 10 hari sampe ke tujuan pin Google Adsense,
walaupun sekarng GA sudah tiada.

MitraBibit.com said...

wah,,, mantaaaaaap.... jadi nambah semangat nih buat blog walking.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Info, iya betul itu mas. Dengan cara saling berkomentar satu sama lain, maka akan mempererat tali persahabatan antara sesama pengguna Blogger. Ide yang sangat cemerlang mas :)

Mas Meutrap, lumayan cepet juga ya mas surat dari Google AdSense punya anda. Kenapa ya punya saya kok lumayan lama. Aneh juga ya hehe :)

Mas Mitra, semangat apa semangat? hehe :)

Anonymous said...

Ooo.. sobat lagi nunggu PIN Verifikasi alamat dari GA ya. Kalau saya kemarin waktu nunggu PIN dari GA, iklannya tetap muncul kok. Saya tunggu2 3 bulan lebih kemarin sampai akhirnya saya kirimkan hasil scan KTP saya dan setelah saya kirimkan hasil scan tsb alhamdulillah verifikasi alamatnya malah pihak GA yg lakukan di akun GA saya. Mda lama kemudian cek PO nya keluar pula di akun saya. Coba aja cara itu sob, kirimkan hasil scan KTP nya. Saya yakin PIN nya akan segera diproses atau mungkin akunnya akan langsung diverifikasikan oleh pihak GA seperti yg dilakukan pada akun GA saya itu hari.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sepertinya ide nya cukup bagus mas. Jadi bisa lebih cepet terverifikasi akun Google AdSense nya. Daripada harus nunggu lama-lama, malah bikin galau hehehe :)

Thanks ya mas atas sarannya. Nanti akan saya coba praktekkan verifikasi dengan scan KTP :)

Anonymous said...

O iya sob, saya lupa tadi kalau mau minta ulang PIN verifikasinya dengan cara mengirimkan hasil scan KTP nya, silakan kunjungi halaman ini aja :
http://www.google.com/adsense/support/bin/request.py?contact_type=id_verification&hl=id

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak mas atas segala bantuannya. Saya malah jadi nggak enak nich sudah merepotkan Mas Agung hehehe :)

Pokoknya terimakasih banyak mas :)

abitalita said...

semakin banyak komentar yang masuk semakin tau kita akan kekurangan dan kelebihan kita dalam menyajikan artikel juga kualitas dari blog kita ya mbak..

Anonymous said...

wah ternyata saya kelewatan nih hehe...
Kadang baca komentar-komentar temen-temen bisa ngilangin stres juga, soalnya lucu-lucu, tapi saya setuju dengan artikel ini banyak manfaatnya kalau kita bisa saling berkomentar dengan sesama blogger, sip deh :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Aulia, sepakat saya pak. Benar bahwa tidak selamanya apa yang kita tulis itu selalu benar. Jadi, dengan ada nya mereka (komentator blog) bisa memberikan saran, masukan, dan kritikan yang membangun sehingga tulisan kita bisa lebih baik dari sebelumnya :)

Mas Anthonie, iya betul itu mas. Banyak sekali manfaat dari adanya komentar yang masuk di blog kita. Yang paling penting adalah menjalin persahabatan antar sesama pengguna Blogger. Thanks mas anthonie :)

Meutrap said...

artikel yang mantap, sesuai dengan apa yang saya cari kak,
:)
perbanyaklah berkomentar

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks atas apresiasinya ya :)

MitraBibit.com said...

Saluuut deh buat mbk wahyu eka yg selalu menjawab tiap koment,, kadang sya smp lama gag buka blog krn kesibukan. giliran mau bales komen, kayaknya udah lama tanggalnya, jd kl dibales kayaknya agak basi gitu. tanya kapan, jawabnya kapan... gmn nih, ada solusi??

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kebetulan saya punya banyak waktu untuk aktivitas ngeblog mas. Jadi alhamdulillah bisa merespon semua komentar di blog saya. Nggak nanti atau besok kalau sudah mulai sibuk lagi hehe :)

Kalau menurut saya, sebaiknya dijawab semua mas komentar di blog anda. Saya kira nggak ada kata basi. Mungkin itu hanya perasaan anda saja hehe :)

Blogging said...

Lari dari topik. Saya suka kacamatanya he... he...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Emang lari-lari kemana mas? mau olahraga ya hehehe :D

Kalau suka, ya beli kaca mata donk, di toko banyak kok hehehe :D

Blogging said...

Jam segini udah tutup RIN...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin besok lagi mas ke toko nya hehe :)

Anonymous said...

Kunjungan di tengah siang hari, dan sengatan matahari
Namun tak meluluhkan niat saya yang selalu membudayakan
Arti persahabatn dalam blogging, dimana saling mengunjungi
Dan tanya jawab, antara komentator dan kompetitor
Wah kaya Toko Onliene dong ya Mbak.? tt3tt3tt3ttt3tt3
Maaf deh bila salah kata. yang jelas niatnya tulus untuk
Saling berbagi, selamat kepanasan sama kaya saya
Sukses dan tetap semangat 45 jangan surut..hhxxhhxx

Unknown said...

Oh samapai lupa di atas tadi ada Mas Budi, Mas Andes,
dan Mas Anthonie gak, waduh samapi lupa, gak di
senggol-senggol sorry Mas, dan sobat blogging semua

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Mas Karis atas support dan semangat nya. Mudah-mudaha kita bisa konsisten untuk mengelola blog kita. Thanks ya sudah ikut meramaikan blog saya :)

Blogging said...

Kabar terbaru Mbak.. Kacamatanya udah dapet. Jadi bisa komentar tentang ini. Gak lari dari topik, apalagi lari sana-sini.. he... he...g
>>> Oh.. ya, dulu saya paling males berkomentar. Dan hasilnya, blog saya juga sepi komentar. Beda sekarang, dengan mulai rajin memberi komentar dan mengubah blog menjadi dofollow secara iklas he... he... Komentar secara bertahap mulai masuk dalam blog saya.
>>Apalagi ketika sistem komentar tidak ribet harus melalui kode verifikasi.
>Dan hasilnya, saya merasa ada hal baru yang didapat. Persahabatan secara perlahan terjalin dengan sendirinya.. Ada semacam pemicu yang membuat saya bersamangat untuk blogging. Saya merasa masuk dalam sebuah komintas blogger yang senang saling berbagi. Soal backlink dari komentar itu bagian lain yang tidak perlu terlalu dipusingkan.
Yakin dengan memberi maka akan semakin banyak yang kita dapatkan.... HAPPY BLOGING

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik Mas Dedi. Ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua bahwa ngeblog merupakan hobby yang menyenangkan. Kita bisa fun di dunia blogging, karena kita bisa berinteraksi satu sama lain, bercanda, sharing ilmu dan pengalaman, dan juga tukar pikiran.

Jadi kita tidak merasa kesepian lagi jika kita mau saling berkunjung di blog masing-masing. Ada kepuasan tersendiri dari aktivitas blogwalking. Saya dulu juga ketika berkomentar hanya ingin mendapatkan backlink. Dan akhirnya malah capek sendiri, karena backlink bentuknya abstract. Dan semenjak banyak teman di blog saya, ngeblog menjadi terasa indah.

Terimakasih Mas Dedi sudah mau sharing pengalaman :)

Indra Kusuma Sejati said...

Memang ada untungnya akalu komentar di blog bisa hidup, apa lagi kalau di balas. Namun, banyak juga sih yang tidak pada balas. Sudah kita pasang link blognya, selalu di mampiri dan di berikomntar, malah gak pernah balik berkunjung. Itu sih mah kembali kepada orangnya si Mba, banyak juga yang milih-milih. he,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

AbdurahmanBW said...

kenapa blog ku jarang dikomentari ya. apa karena saya kurang aktif?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mungkin anda jarang blogwalking mas. Kalau blog nya ingin banyak komentar, anda perlu menjalin pertemanan antar sesama blogger dengan cara saling follow satu sama lain. Setelah itu, anda bisa saling berkomentar satu sama lain dengan mudah dan pada akhirnya blog anda jadi banyak komentarnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Ejawantah, semacam tukar link getu ya? wah kalau itu saya kira kurang efektif untuk menjalin pertemanan. Lebih efektif menggunakan jalinan pertemanan Blogger Follower karena kita bisa tahu update nya dengan mudah.

Memang benar, kita harus sabar untuk menunggu mereka berkomentar balik, karena kita tidak tahu situasi dan kondisi mereka. Bisa jadi mereka sedang sibuk, terkena gangguan internet, dll kita kan nggak tahu. Ya, intinya kita harus sabar aja mas hehe :)

astin hanifa said...

Yup,betul dengan berkomentar di Blog kita seolah Bersedekah dengan menyumbang traffic..,dan Sunnatulloah nya,siapa memberi akan diberi...bahkan berlipat ganda...!!!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya sepakat dengan komentar mas astin. Komentar blog bisa mempererat tali persaudaraan antar sesama blogger ya mas :)

Post a Comment