Belajar Ngeblog dari Blogger Malaysia

Belajar Ngeblog dari Blogger Malaysia Motivasi ngeblog diantara kita tidak sama. Ada yang sekedar fun, ada yang sekedar menyalurkan hobby menulis, ada yang cari teman, dan ada juga untuk memperoleh penghasilan (Baca: Apa Motivasi Anda Membuat Sebuah Blog). Apapun motivasi anda, it is no problem. Karena setiap orang punya pilihan dan pirinsip yang tidak sama.

Sedikit cerita tentang pengalaman saya pertama kali ngeblog. Terus terang, pada awal-awal membuat blog, motivasi saya ngeblog untuk cari uang hehe :D Tapi kemudian dengan berjalannya waktu motivasi saya berubah menjadi cari teman, sharing, dan fun. This is real. Berbulan-bulan saya ngeblog, nggak dapat apa-apa waktu itu, karena memang yang ada dalam pikiran hanya mengejar uang, uang dan uang.

Namun, setelah saya bertemu dengan Mizz Aiza, saya mulai sadar, bahwa ternyata menjalin persahabatan dan sharing pengalaman itu jauh lebih penting dibandingkan dengan mencari uang ketika ngeblog. Who is Mizz Aiza? beliau adalah Blogger Malaysia dan kini beliau masih aktif mengelola blog Dunia Kecil. Sebenarnya masih ada satu lagi, yakni Aida Ismail, tapi sekarang nampaknya sudah tidak aktif ngeblog karena sibuk bekerja di dunia offline.
Belajar Ngeblog dari Blogger Malaysia
Image by ariesinfo.wordpress.com
Ada beberapa pelajaran berharga dan nilai-nilai positif yang bisa saya peroleh dari Blogger Malaysia ini. Antara lain adalah sebagai berikut:

Belajar Ngeblog dari Blogger Malaysia

1. Suka Menjalin Persahabatan
Berapa jumlah follower blog anda? Pasti sedikit yang bilang sudah mencapai ratusan. Tapi Blogger Malaysia, rata-rata jumlah follower nya sudah mencapai ratusan. Bahkan tidak sedikit juga yang sudah ribuan. Kenapa bisa begitu? karena mereka suka menjalin persahabatan antar sesama Blogger dengan cara saling follow satu sama lain.

2. Aktif Blogwalking
Salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan di dunia blogging adalah blogwalking. Yakni dengan cara salig memberi komentar satu sama lain di blog. Blogger Malaysia, terutama yang perempuan, pasti comment back apabila blog nya kita beri komentar. Ini yang kemudian bisa kita contoh aktivitas berkomentar balik itu penting, yakni sebagai bentuk apresiasi karena telah meluangkan waktu singgah dan berkomentar di blog kita.

3. Ramah-ramah
Blogger Malaysia cenderung ramah-ramah baik ketika memberikan komentar atau menulis sebuah artikel di blog mereka. Meski kadang-kadang saya meminta bantuan Google Translate untuk menerjemahkan bahasa, tapi lama-lama mudah juga dipahami Bahasa Melayu itu, karena memang hampir mirip dengan Bahasa Indonesia.

4. Konsisten Update Blog
Ini yang paling saya suka, yakni konsistensi update blog. Setiap hari, selalu ada saja artikel yang dipublikasikan di blog. Tak heran jika rangking Alexa Blogger Malaysia ini ramping-ramping, karena update blog nya teratur. Ini yang kemudian bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua. Hendaknya kita bisa selalu meng-update blog kita tiap hari. Tujuannya agar blog kita selalu aktif dan hidup.

Demikian cerita tentang pengalaman saya ketika ngeblog yang berjudul Belajar Ngeblog dari Blogger Malaysia. Semoga dapat bermanfaat. Baca juga postingan saya sebelumnya tentang Manfaat Blogger Follower. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

57 komentar:

Ilham Nurhamzah said...

Setuju banget.... :D
Malaysia negara serumpun dengan INDONESIA.
Saya sangat menghargai semangat ngeblog orang malaysia, orang indonesia pun ngga boleh kalah :D

dunia maya said...

wuah,,,ajarin saya nyari uang mb ,,,,,, hehehehehe,,
setuju dengn uraian di atas,,,,

Toko Sepeda Majuroyal said...

Oh... baru tahu nih Mba...
inspirasi nya dari sana juga ya...
pingin mampir ke sana ah...

Anonymous said...

Tujuan awal pertama saya membuat blog adalah "untuk mendapat pengalaman dan tentunya wawasan" :D ^_^

Inge Lakawa said...

oh semua blogger yg komen di aku. ramah2 :3 termasuk malaysian

visit my blog ^_^
www.LuchLuchCraft.com
My online store ^_^
www.TokoLuchLuchCraft.biz

Kang Ucup said...

hmm... :)

Unknown said...

kalau tujuan utama saya ngeblog si ya cuma berbagi gagasan dan memotivasi saja master.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Ilham, dengan bersahabat antar sesama Blogger pasti ngeblog nya akan semakin menjadi indah ya mas :)

Mbak Maya, saya juga setuju sama mbak maya. Saya nggak mau ngajari lho mbak, soalnya mbak maya sudah pinter :)

Mas Maju, silahkan menuju ke TKP mas hehe :)

Mas Manarul, wah bagus itu mas. Mudah-mudahan saja motivasinya nggak berubah ya :)

Mbak Inge, blog nya mbak inge bagus dan ramai :)

Kang Ucup, tumben kang ucup hanya bilang "hmmmm" hehe :D

Mas Faisal, wah itu merupakan tujuan yang sangat mulia master. Silahkan di lanjutkan ea :)

Kang Ucup said...

itu tanda setuju mbak. kalau dijabarkan bisa satu halaman penuh :D

Mas Marnes said...

Betul banget mba' follower blog-blognya orang Malaysia itu banyak2 banget coz saya juga suka liat kalo lagi blogwalking di blognya mereka, itu menandakan mereka itu kompak mba' dan kalo boleh saya jujur dari pengalaman saya ketika saya mengajak untuk saling follow blog mereka cukup fair dan fast respon...

Anonymous said...

memang saya sangat terkesan dengan malaysian, karena setianya dengan apa yang ia lakukan bahkan tingkat sosialisasinya yang tinggi kepada rekan2nya apa lagi didumay pastinya, dan saya sangat salut lagi dengan malaysian yang saya ketahui yaitu kalo perempuan itu semua memakai penutup kepala ^_^. soalnya sempet pernah pacaran sama orang malaysia ^_*. hehe

Unknown said...

oww jdi kakak blajar dri malaysia ni ceritanya
hehe

Anonymous said...

pantesan aja master hebat, ternyata punya teman-teman yang hebat pula. ^^

Maaf sebelum nya jika kurang berkenan, kalo saya boleh tau berapa sih jumlah pageview blog ini perhari nya, Terima kasih. ^^

Anonymous said...

Melalui blog semua persahabatan bisa terjalin dengan baik baik sesama teman maupun dengan tetangga kita malaysia :)

rumah abu abu said...

Ayo jangan kalah sama blogger malaysia, kita tingkatkan kreatifitas dan keahlian kita dalam dunia blog.. semangat mba :D hehe

Jery Yanuarlan said...

wah kalau untuk apdet tiap hari...kayanya WS nyerah n ga sanggup mbak hehe...

setuju sekali dengan uraian di atas

hayardin said...

selamat malam Mba Ririn...jujur motivasi saya dulu ngeblog juga adalah untuk mencari uang..hehehe...dulu sebelum saya memiliki website saya selalu Update Postingan bisa sampai 5 postingan dalam satu minggu. tapi sekarang sepertinya sangat susah untuk membagi waktu untuk buat postingan dengan urus website,ditambah lagi dengan Profesi saya yang mengajar anak SD setiap hari...saya salut sama Mba Ririn yang Postingannya selalu Update...

Anonymous said...

wah ternyata jauh juaga ya master belajarnya... kalau saya belajarnya ngeblog dengan Miz Tia ...hehehe


kalau saya tujuan awal ngeblog ya pengen tulisan saya nongol di internet... tapi berhubung blogernya bening - bening ya akhirnya sambil cuci mata juga eheheh....

Mizz Aiza said...

semoga persahabatan kita di alam maya akan terus berkekalan.. terima kasih review blog saya.. :D

Unknown said...

tips yang terakhir itu sang susah susah gampang mbak buat diterapkan

Claresta said...

Wah,,, banyak banget ternyata pengalaman mbak Eka dgn blogger luar negeri seperti Malaysia... Memang mereka menjaga tutur kata setiap kali berkomentar dan sangat menghargai jika blgnya dikunjungi...
Info yg sangat inspiratif!

Ngomong2 mbak Eka beberapa hari gak update sibuk bakar sate ya, hihihi :)

Staff Administrator said...

Saya sama dg pandangan mbak Rin...memang seperti itu gambarannya...jumlah folliwer sampe mencapai ribuan dan Rank alexa nya pun byk di temui di bawah seratus ribuan...
Itu pertanda jalinan silahturahmi mereka memang kuat.

sy jg suka berkunjung dan perhatiin di blog mereka..baik lewat komen atau pun dari buku tamu meski hanya sekedar menyapa... :)

Pointnya..memang ngeblog itu asyik ya mbak..apalagi punya temen spesial blogger yg berasal dari negara sebelah..kayak mbak Rin hehe :)

blogger said...

saya belum punya rekan bloger luar,, jadi gak tau deh..

ini sedikit pencerahan buat saya.. mksh mbak

Unknown said...

Bisa di jadikan motivasi mbk

Mas Andes said...

saya juga setuju dengan argumen yang di sampaikan mbak ririn di atas, namun di lain sisi ada juga yang buat saya selalu berpikir.. kenapa kalo blogger malaysia acara follow2an dan blogwalking aja sampe di posting ya mbak.. entah itu konten, komentar atau buku tamu pasti tidak jauh dari kata jom join segmen dll yang menurut saya itu hanya sekedar curhat/ceritanya author saat ngeblog saja :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Ucup, owh getu ya hehehe :D Jadi penasaran sama penjabaran dari Kang Ucup ini. Hehehe :D

Mas Marness, pengalaman yang sangat menarik mas. Ini bisa dijadikan motivasi untuk kita semua agar kita bisa semangat ngeblog nya ya :)

Mas Awhnymous, wkwkwk ternyata pernah juga ya punya pacar orang malaysia. Pasti sangat asyik ya mas hehehe :D

Mas Zacky, seratus untuk mas zacky hehe :)

Mas Fadly, saya hanya blogger biasa kok master hehehe :D Terkait tentang pageview blog ini yakni sekitar 1500 sampai 2000 pageview per hari mas :)

Mas Abed Seragih, yupz seratus untuk mas abed. Persahabatan memang penting ya mas dan ngeblog kita jadi indah :)

Mas Dadang, semangat juga untuk mas dadang yach :)

Mas Wewengkon, dicoba dulu mas untuk update blog tiap hari. Pasti seru lho hehe :D

Mas Hayardin, yang penting waktu nya bisa di atur ya mas. Kita bisa memprioritaskan mana aktivitas yang penting dan mana yang lebih penting. Ngeblog bisa juga untuk mengisi waktu luang kita :)

Mang Yono, asyik juga ya mang kalau ngeblog sambil cuci mata getu hehe :)

Mizz Aiza, iya mizz semoga persahabatan kita bisa terjalin dengan baik. Terimakasih ya :)

Mas Arie, iya betul itu mas. Jadi kita musti belajar bagaimana agar bisa konsisten update blog :)

Mbak Indri, iya betul itu mbak. Blogger malaysia baik-baik :) Saya rasa blog update tiap hari mbak. Yang libur adalah blogwalking dan balas komentar di blog ini hehehe :D Ya maklum kan ada aktivitas di dunia nyata yang tidak bisa di tinggalkan. Termasuk juga nyate hehehe :D

Mas Budi, seratus untuk mas budi hehe :D yang penting aktivitas ngeblog itu dinikmatin saja ya mas. Dengan cara menjalin persahabatan antar sesama blogger :)

Mas Hekos, silahkan cari teman luar negeri mas. Siapa tahu mas hekos bisa dapat jodoh dari luar negeri juga hehehe :D

Mas Rahmat, betul betul betul ^^

Mas Andes, kan motivasi ngeblog antara orang yang satu dengan yang lain kan tidak sama mas. Sehingga konten blog nya juga tidak sama diantara kita. So, it is no problem. Yang terpenting adalah kita bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger. Karena platform blogger sendiri adalah media sosial. Jadi kita bisa berinteraksi dengan siapapun :)

Anonymous said...

saya paling suka mb' ririn kalau blogwalking ke blog2 malaysia, walaupun terkadang saya kurang mengerti dengan bahasanya, soalnya kan bahasa malaysia terkadang berbeda dengan bahasa indonesia, sama kata tapi beda arti

Stiker Jalingkut said...

selamat mlm. oh jadi begitu ya ceritanya

Kang Ucup said...

suka menjalin persahabatan, aktif blogwalking, ramah, dan konsisten update blog juga saya temui di blog ini. selain itu, mbak ririn juga selalu memotivasi blogger pemula seperti saya ini agar tidak mudah putus asa dan tetap konsisten dalam mengelola blog. dari blog cara-ririn inilah awal mula saya mulai aktif nge-blog. semua karena dukungan semangat dari mabk ririn. baik banget kan admin berkacamata yang satu ini :)

Masnady said...

kalau saya ya cari temen, fun, kalau awalnya memang sih hampir semua blogger awalnya pengen cari uang.. tapi setelah paham dengan ngeblog.. lama lama ada yang makin jadi mencari penghasilannya. ada yang sudah nggak lagi mencari uang karena asyiknya berbagi dengan sahabat sahabat blogger sedunia.

karena persahabatan di dunia blogger lebih asyik di bandingkan di dunia nyata.. persahabatan di dunia blogger berbeda dengan persahabatan di dunia twitter atau facebook..

persahabatan di dunia blogger is thebest lah menurut saya mbak.. hehehehe

Sigli Cyber said...

@Mas Nady : setuju ...!! persahabatan didunia blogger lebih mnyenangkan dibndingkan didunia nyata,,,

Anonymous said...

bisa belajar banyak yah dari para blogger Malaysia yang mengutamakan persahabatan dan sharing, perlu dicontoh nih :)

Anonymous said...

Bisa di contoh ni mbk :)

Unknown said...

kalo sy hoby dan cari teman...belum mengarah pada penghasilan...coz blum ngerti

belajar berbagi said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Benar banget mba, 2 tahun saya ngeblog tpi tidak mempunyai follower, karna saya malas blog walking, dan stelah 1 tahun kemudian saya males ngeblog, dan 9 bulan saya off, tpi stelah kemarin saya on lg, saya mencoba follow blog nya mba mizz aiza, dan yg kedua blognya mba ririn, blog saya mulai rame, jadi saya ber terimakasih banyak sma mba mizz aiza dan mba ririn, yang membuat saya semangt ngeblog lg, walawpun dulu smpet blog saya off 9 bulan, dan aktif lg bru 1 bulan ini,, thankz yah mba..

Anonymous said...

Sangat setuju sekali apa yang telah Mbak Rin tulis di artikel diatas
Pendapat saya pun demikian, dan lengakap tujuan saya ngeblog pun
Denagn diawali Suka Menjalin Persahabatan

Sepereti teks artikel Mbak Rin di atas, salam sukses Mbak
Terima kasih atas artikelnya.

Unknown said...

Maaf Mbak ada tulisan yang kesrimped nya tt3tt3tt3
Maklum baru lagi on blog salam buat sobat semua yah?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rizky, perlu minta bantuan Google Translate mas hehe :D

Mas Brebes, cerita yang menarik mas hehehe :D

Kang Ucup, ada-ada aja kang ucup ini. Jadi terharu nich denger kang ucup curhat hehehe Thanks ya kang :)

Mas Nady, seratus untuk mas nady hehe :) Persahabatan di dunia blogger memang indah ya mas. Jejaring sosial yang lain tidak bisa menandingi persahabatan ini. Thanks mas nady :)

Mas Sigli, seratus untuk mas sigli :)

Mas Anthonie, iya mas ini perlu dicontoh oleh kita semua :)

Mas SEO, silahkan mas :)

Mas Vandobrack, lanjutkan :)

Mas Warim, sama-sama mas. Jadi terharu nich mendengar cerita mas warim hehe :D

Mas Karis, thanks ya mas sudah mau setuju hehe :)

Mas Andes said...

oh begitu ya mbak.. iya sih bener juga masing2 blogger pasti beda tujuan beda motivasi juga ya mbak :) hehe terimakasih mbak pencerahannya.. udah terang sekarang, kemarin agak2 bures.. hoho

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau tiap bulan bayar listrik tepat waktu, pasti di rumah selalu terang mas hehe :D

Unknown said...

kalau udah terang begini kan enak yah, mau ngapain juga bisa hehe...

Unknown said...

Kalau ngeblog Motivasi hanya cari Uang, kemungkinan besar akan Gagal. Saya sendiri masih komitmen dengan tujuan awal saya (Cari duit), hehehhe

Awal mula saya ngeblog ingin Cari Uang, setelah 3 bulan saya sadar bahwa ilmu saya masih Kurang, di sini lah teman blogger dibutuhkan, saya memutuskan untuk mencari teman Facebook yang bisa diajak sharing langsung seputar blogger. Tips dan trik saya dapat dari mereka, butuh waktu kurang lebih 1 tahun utk bisa Paham betul apa itu Blog, SEO dan Backlink yg sebenarnya.

Tips aja bagi temen2 yg ingin memonetize blog nya, siapa tau bermanfaat
- Perbanyak teman Facebook sesama Blogger
- Gabung di Grub blogger Facebook
- Jangan malu bertanya
- Pelajari dan renungkan tips dari mereka
- Jangan ragu untuk membeli Ebook dari mereka (Bila punya Uang)

#Kesimpulan : kalau punya banyak teman, rejeki pun mengalir.. :D, mungkin ada yang mau Add Fb saya Monggo

"Daniel Card Flourisher" :D

Meutrap said...

saya mau belajar sama negara tentangga,
bisa menjalin silaturrahmi.

lang lang blog said...

ingat malaysia jadi ingat nuffnang

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, kalau terang, bisa ngeblog sambil ngopi ya mas hehe :D

Mas Daniel, wah terimakasih banyak mas sudah mau sharing pengalaman yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Ini bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita yang ingin monetasi blog nya atau mungkin ingin berpartisipasi dalam bisnis online. Good luck mas! Saya support lewat do'a saja :)

Mas Meutrap, bagus itu mas. Lanjutkan! hehe :)

Mas Thanjawa, kalau ingat nuffnang, jadi ingat $$ ya mas hehe :D

Unknown said...

betul mbak Ririn, enak kan kalau terang benderang kayak gini hehe...
eh ngomong-ngomong ada yang baru yah di bawah postingan, mantap deh :)

Nurul Imam said...

Yang penting sering update dan blogwalking :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, hehe itu widget di akhir postingan adalah parsel dari Mas Andes hehe :D

Mas Nurul, seratus untuk mas nurul imam hehe :D

Unknown said...

wow..... full mantap abizzzz dah.... luar biasa sekali artikel nya ....good job mbak....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak mas rolli atas apresiasinya ya :)

Unknown said...

persahabatan memang mengasyikan, setuju banget,, ngeblog , jika di jalani dengan fan, efek samping ny positf ,,

Unknown said...

gua ni mantan blogger malaysia selama 7 tahun :P

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Yudisha, iya mas betul itu. Jadi ngeblog itu indah karena bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger. Sukses untuk mas yudisha :)

Mas Andria, wah hebat hebat salut saya wkwkwk :D Saya malah belum pernah ke Malaysia hehe :D

Unknown said...

wah,baru kepikiran kyk gini,nyoba follow blog malaysia ah hehe..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan mas harum :)

Unknown said...

Salam Teman Blogger :)

Post a Comment