Cara Pasang Tombol Like Facebook di Blog

Cara Pasang Tombol Like Facebook di Blog Hi all, jumpa lagi dengan saya di Blog Cara Ririn. Mudah-mudahan masih tetap semangat ngeblog nya ya. Setelah beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Pasang Tombol Follow Twitter di Blog, dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memasukkan like button fb kedalam blog website.

Tombol like/suka adalah widget yang bisa dipasang di blog untuk menjaring pemirsa setia blog anda untuk bergabung di halaman fans page Facebook yang anda kelola. Sehingga, nantinya anda akan memperoleh liker yang banyak jika trafik web/blog anda tinggi.

Kenapa memilih tombol like? hal itu dikarenakan widget ini ukurannya cenderung kecil sehingga tidak banyak memakan space di blog/web kita. Yang nampak dari widget ini hanya tombol suka dan juga foto para liker yang berukuran kecil.
Like Button Facebook
Image by alamsyahrachmat.blogspot.com
Tertarik untuk pasang widget ini? Jika iya, anda harus sudah punya halaman suka di Facebook. Jika belum, silahkan buat terlebih dahulu atau baca selengkapnya tentang Cara Membuat Halaman Fans Page Facebook. Berikut langkah-langkah tata cara menambahkan tombol suka fb di blog. Silahkan perhatikan secara seksama.

Cara Pasang Tombol Like Facebook di Blog

1. Langkah pertama silahkan log in terlebih dahulu di Facebook.

2. Langkah berikutnya silahkan kunjungi halaman Developer Facebook di url http://developers.facebook.com/docs/plugins/like-button/

3. Silahkan atur ukuran, warna, dan lain-lain
Cara Pasang Tombol Like Facebook di Blog
Keterangan:
Nomor 1 masukkan alamat url atau username Fans Page Facebook anda. Contoh http://facebook.com/cararirin
Nomor 2 tentukan ukuran lebar widget
Nomor 3 tentukan tinggi widget
Nomor 4 pilih warna widget
Nomor 5 pilih layout
Nomor 6 pilih tipe widget
Nomor 7 centang untuk menampilkan wajah para liker
Nomor 8 centang untuk menampilkan tombol kirim/send

Kemudian silahkan klik tombol Get Code

4. Maka akan muncul pop up melayang. Silahkan klik tulisan IFRAME. Silahkan copy seluruh script yang ada dalam kotak.
cara memasukkan like button fb kedalam blog website
5. Untuk pemasangan widget di blog, silahkan log in ke akun Blogger anda.

6. Silahkan masuk ke Dashboard > pilih menu Tata Letak > klik tulisan Tambahkan Gadget > pilih widget HTML/JavaScript > paste seluruh script tadi ke dalam kotak > klik tombol Save/Simpan

Berikut adalah contoh tampilan widget Tombol Like Facebook.
cara menambahkan tombol suka fb di blog
Demikianlah tutorial sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Pasang Tombol Like Facebook di Blog. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga tutorial menarik lainnya tentang Cara Membuat dan Memasang Widget Facebook Like Box di Blog. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

66 komentar:

Unknown said...

Terimakasih mbk tutorialnya sangat bermanfaat

Unknown said...

dengan begitu akan lebih mudahya mbak, bagi para pengunjung jika ingin me like fb kita

Kang Ucup said...

kan sudah ada dari bawaan templatenya mbak :)

Mizz Aiza said...

bagus tutorial nya.. nanti boleh saya cuba buat.. terima aksih ya..

Unknown said...

kak
tu bisa melambatkan loading blog gak ?

Intan Sudibjo said...

wah...mba, kenapa memilih yang iframe? Iframe bertolak belakang dengan SEO. mending pilih yang HTML5 saja :)

lang lang blog said...

iya mbak yang asli bawaan bloger imut banget, ini tidak menguntungkan karena menyulitkan pengunjung untuk mencari

17Nima said...

uwwaow, bisa nih di coba di blog...worthed banget infonya :D

Unknown said...

banyaknya "like" pada suatu artikel juga berpengaruh ke rating

HP Yitno said...

begitu ya caranya kak

Anonymous said...

Kalau saya mau pasang tombol like facebook ini di blog saya, saya tinggal pergi ke blognya mbak ririn aja :D hehehe

Ilham Nurhamzah said...

BTW...
Mba ririn sndiri udah masang tombol like blum ?
hehe

Anonymous said...

terima kasih mbak tutorialnya...nanti kapan2 tak praktekkan :)

Unknown said...

Kalau saya masangnya digabungin dalam satu widget mbak..ngga ngabis2n tempat.

Toko Sepeda Majuroyal said...

Alhamdulillah
di Blogspot aku sudah terpasang
terima kasih

Unknown said...

kalo tombol like sudah terpasang dari bawaan blog mba', tapi biasanya yang ngasih sendiri itu, like buat fanspage, hehe

thanks mba' sudah berbagi...

Anonymous said...

Untuk like yang satu ini sudah terpasang mbak,terima kasih telah menyajikan tutorialnya kembali :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rahmat, bermanfaat banget atau bermanfaat saja? hehe :)

Mas Arie, seratus untuk mas arie. Paling-tidak dengan widget ini yang dipasang di blog bisa menjaring pemirsa setia blog kita untuk join dengan fans page facebook yang kita kelola :)

Kang Ucup, wah bagus kalau sudah ada kang. Jadi nggak perlu pasang lagi :)

Mizz Aiza, silahkan dicoba mizz :)

Mas Zacky, widget tombol like Facebook ini cukup mempengaruhi loading blog mas. Jadi, silahkan dipikir-pikir dulu ya apabila ingin pasang widget ini di blog anda :)

Mas Intan, pengennya pilih HTML5 mas. Tapi saya nggak mudeng/nggak paham hehe :D Sehingga saya pilih IFRAME saja hehe :D

Mas Thanjawa, kalau ternyata tombol jejaring sosial bawaan blogger lebih bagus, itu malah lebih baik mas. Jadi tidak perlu lagi untuk memasang widget ini di blog :)

Mbak Nima, silahkan dipraktekkan mbak kalau tertarik :)

Mbak Elsa, seratus untuk mbak elsa hehe :)

Mas Yitno, yupz :)

Mas Manarul, silahkan mas. Dengan senang hati :)

Mas Ilham, kemarin sudah pernah pasang mas. Tapi sudah saya lepas lagi hehe :D

Mas Wewengkon, nggak diterapkan juga nggak apa-apa kok mas. Nggak ada paksaan untuk memasang widget ini di blog :)

Mas Hasby, itu malah lebih bagus mas :)

Mas Maju, alhamdulillah saya ikut senang mendengarnya :)

Mas Awhnymous, bagus kalau sudah ada mas. Jadi nggak perlu repot-repot untuk memasang widget ini lagi :)

Mas Abed, wah bagus kalau sudah terpasang mas. Saya ikut senang :)

Unknown said...

Artikelnya fresh terus mbak..dan artikel2 ini paling banyak dicari para pengguna domain blogspot, buat promosi blog di facebook

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu kalau ternyata artikel ini lumayan banyak dicari hehehe Thanks ya atas kunjungannya :)

Anonymous said...

Kunjungan malam hari Mbak Rin
Maaf baru bisa on blog, abies sibuk urusan keluarga
Gimana kabar nya Mbak..? moga baik-baik saja,..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ea nggak apa-apa mas karis. Saya juga habis liburan kok dari aktivitas ngeblog hehe :D Alhamdulillah kabar fine-fine wae :)

Anonymous said...

waduh.. saya baru tau master... yang saya tau ndak begitu deh cara pasang tombol like . mungkin saya salah pasang, jadi gak ada yang like - like hehehe..
terus kalau facebuk nya punya dua atau tiga bisa di pasang sekaligus ya master....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Apabila Master Mamang punya Fans Page Facebook, anda bisa pasang tombol like fans page tersebut di blog anda.

Widget Facebook ada banyak sekali master. Jadi mungkin tutorialnya antara widget yang satu dengan yang lain itu berbeda. Mungkin seperti itu master :)

Anonymous said...

mantab master blog saya juga sudah dipasang. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sipppp kalau sudah dipasang master :)

Nasrullah Halim said...

Makasih mbk tutorialnya , sangat bermanfaat ...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Mas Halim :)

Mas Andes said...

maap mbak telat berkunjung.. hehe masih ada jadwal padat di luar.
btw mantap tombol likenya mbak bisa jadi variasi sekaligus memperbanyak likers :)

Staff Administrator said...

Kebetulan widget ini masih setia nempel di tp sy mbak Rin. :)
dan Pastinya... Cara ini mudah buat di coba ya..

Aditya Nugroho said...

Tutorial yang bagus mbak tapi sebagai newbie kalau boleh saya kasih saran, untuk pemasangan Like Fanspage facebook ini ada baiknya untuk menghindari pemasangan iframe di blog.

Lebih baik pilih yang kode HTM5 mbak untuk Fanspage, selain lebih valid dan seo friendly, bentuk iframe saya buktikan sendiri bisa menurunkan nilai Seo kita jika di cek di chkme.com. Bukannya menggurui tapi saya hanya ingin berbagi info menurut penglaman saya pribadi. Happy Blogging :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Andes, seratus untuk mas andes :)

Mas Budi, iya mas trik nya sangat mudah. Jadi apabila kita sudah punya fans page, tinggal pasang aja tombol like ini di blog untuk mendapatkan liker dari pengunjung blog kita :)

Mas Aditya, terimakasih banyak mas atas saran dan masukannya. Mungkin script HTML5 lebih bagus dalam segi SEO blog dibandingkan dengan script IFRAME. Tapi untuk alasan kemudahan pengunjung blog dalam mempraktekkan tutorial diatas, saya menggunakan IFRAME. Karena asumsi saya, semua pengunjung blog beranekaragam background. Ada yang sudah master, dan ada juga yang masih pemula. Sehingga tingkat pemahaman tentang HTML5 juga tidak sama :)

Agung Kharisma said...

widget ini bisa jadi rekomendasi untuk dipasang di setiap blog karena mengingat ada beberapa keuntungan dari widget ini diantaranya:
- Menambah jumlah like pada artikel blog
- Ketika pengunjung me-like, maka biasanya artikel yang di like akan ada diprofilnya juga sehingga bisa menambah trafik. :)
Itu menurut hemat saya. Oh ya, saya udah update post nih. ditunggu yah comment backnya di: http://dailybloggerpro.blogspot.com/2013/10/7-tips-teruji-mendapatkan-ide-menulis-blog.html

Asep Haryono said...

asyeeek coba ah

Unknown said...

kayaknya tampilan Developernya udah berbeda,

Anonymous said...

tutorialnya ini beda yah mbak sama widget FB bawaan aslinya seperti punya saya, makasih buat tutorialnya :)

Anonymous said...

alhamdulillah punya ane udah gan...... bermanfaat tuch tombol hehehehehehe

Intan Sudibjo said...

mba Ririn, saat klik HTML5 nanti ada dua kolom, setiap kolom ada kodenya, nah kedua kode itu digabungin jadi satu, pasang langsung di tata letak seperti biasanya :) hehe gk usah bingung mba

t said...

Punya saya udah . . .

http://www.onspe.tk/2013/10/widget-tukar-font-diblogger.html

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Agung, sepakat sama mas agung. Widget tombol like fans page Facebook ini sangat bermanfaat apabila dipasang di blog kita. Sehingga kita dapat dengan mudah untuk mendapatkan liker baru dan pada akhirnya bisa meningkatkan trafik blog/web kita :)

Pak Asep, silahkan dicoba pak. Good luck ea :)

Mas Daniel, iya betul itu mas. Dalam segi tampilan memang agak berbeda mas. Tapi selain itu tenyata dulu untuk membuat widget di halaman Developer Facebook tidak perlu log in. Tapi sekarang harus log in terlebih dahulu hehehe :D

Mas Anthonie, iya beda-beda mas tutorialnya. Soalnya Facebook selalu berkembang setiap tahun :)

Mas Menone, alhamdulillah kalau tombol like facebook sudah dipasang di blog. Saya ikut senang :)

Mas Intan, terimakasih banyak mas atas pencerahannya :)

Mas Oness, sipp kalau udah dipasang :)

Mas Marnes said...

Terimakasih udah share tutorialnya mba' kebetulan pas saya ganti template blog tombol like fb dah ada rupanya :)

Anonymous said...

wah. tips nya manteb nich. buat nambah visitor blog kita juga.
oh ya follow blog ea mbak. please. ditunggu.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marness, bagus kalau sudah ada tombol like facebook nya mas. Jadi tidak perlu pasang lagi ya :)

Mas Labbay, terimakasih atas kunjungannya ya :)

Unknown said...

Kujungan malam jumat nih mbak, makasih untuk tutor2nya makin keren nih blognya, dgn rank alexa yg smakin meramping

Gupitan said...

Coba pasang ah,,,, siapa tau ada yang mau like :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Virlyz, alhamdulillah mas. Itu semua berkat sahabat blogger semua yang sudah ikut meramaikan blog ini. Thanks ya mas :)

Mas Heri, silahkan mas. Good luck ea :)

Unknown said...

Makasih mbak kapan-kapan akan saya coba menggunakan tutorial ini, sip deh :)

Unknown said...

Uh untung blog sy sdh di pasang loke fb nya
http://silogay.blogspot.com/

Unknown said...

trimakasih mbak ririn, saya jadi tahu sekarang...:)

Anonymous said...

follow blog ku please. buat nambah temen nich

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

bikin tutorial tombol like dibawah postingan mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, ea sama-sama mas. Silahkan dicoba kapan-kapan aja yach :)

Mas Vandobrack, sippp dech kalau sudah dipasang tombol like di blog nya mas van :)

Kang Zeer, sama-sama kang :)

Mas Labbay, silahkan anda follow blog saya terlebih dahulu. Nanti akan saya follow back blog anda :)

Mas Sabda, ok mas. Nanti kapan-kapan akan saya buatkan tutorial tersebut. Thanks ya :)

Blog Kampret said...

Saya sudah mengerti nih :D
Izin follow blog ini ya mbak :D tolong follback biar saling mengunjungi :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan follow, dengan senang hati akan saya follow back :)

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Widget/Gadget HTML/JavaScript itu ada di Blogger. Silahkan masuk ke Akun Blogger anda > pilih menu Tata Letak/Layout > klik tulisan Add Widget/Tambahkan Gadget > pilih Gadget/Widget HTML/JavaScript :)

Pakde said...

Hai sist... U pasang tombol fblike agar muncul di postingan (individual) sekaligus di homepage gmn caranya..?

Thx a lot. Nice blog...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Anda bisa membaca artikel saya terdahulu yang berjudul Cara Pasang Tombol Share Jejaring Sosial di Setiap Postingan Blog Pada tutorial tersebut dijelaskan bagaimana caranya memasang widget tombol like dan share facebook di postingan blog. Silahkan gunakan widget kotak penelusuran untuk menemukan postingan tersebut. Terimakasih :)

Anonymous said...

saya sudah pasang tapi belum ada hasil terhadap kunjungan..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sabar aja mas :)

Anonymous said...

kunjungan perdana kk
nice blog

ijin follow kk,n ditunggu follbacknya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya terimakasih sudah mau follow blog saya ya ^^

Lid Cup Sealer said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Maaf mas surya komentar anda saya hapus. Saya harap anda mau mengerti :)

Kang Jajat said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas jajat atas kunjungannya ya :)

Post a Comment