4 Tempat untuk Belajar SEO dan Blog untuk Pemula (Recommended)

4 Tempat untuk Belajar SEO dan Blog untuk Pemula (Recommended) Apabila anda seorang blogger pemula, tentu mengalami berbagai problematika tentang banyak hal. Misalnya tentang bagaimana cara mendesain blog dengan baik? Bagaimana menulis artikel / posting dengan baik? Atau mungkin bagaimana cara melakukan optimasi SEO pada blog? Setidaknya beberapa pertanyaan tersebut merupakan hal yang wajar dialami oleh para blogger dikancah tanah air Indonesia, termasuk saya juga :)

Untuk belajar ngeblog sebenarnya tidak sulit. Asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat untuk belajar. Namun, tempat yang bagus juga perlu dipertimbangkan untuk belajar. Jangan sampai anda belajar di tempat yang salah.

Meski akhir-akhir ini sudah banyak bermunculan tempat kursus ngeblog, belajar SEO, dan internet marketing secara online ataupun offline, tapi tidak ada salahnya apabila kita belajar secara mandiri/otodidak. Selain bisa menghemat uang saku kita, juga bisa meminimalisasi kerugian, misalnya ditipu dan lain sebagainya.
4 Tempat untuk Belajar SEO dan Blog untuk Pemula (Recommended)
Image by depositphotos.com
Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang Belajar Ngeblog dari Blogger Malaysia. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang 4 situs blog sebagai referensi ngeblog dan belajar SEO untuk para blogger pemula (recommended). Setidaknya 4 blog berikut ini sering saya jadikan referensi untuk belajar ngeblog dan belajar banyak hal tentang internet.

Tempat untuk Belajar SEO dan Blog untuk Pemula (Recommended)

1. Trik Mudah SEO (TMS)
Sebenarnya nama blog ini bukan ini, melainkan Belajar SEO dan Blog untuk Pemula. Namun, blog ini sering dan sudah akrab dikenal oleh masyarakat dunia dengan nama blog Trik Mudah SEO. Blog keren ini di kelola oleh 2 orang lho. Adalah saudara Ricky Pratama dan Saudara Fritz BT yang berada di balik blog yang satu ini.

Di blog ini anda bisa belajar banyak hal, terutama tentang SEO, Google Pagerank, Backlink, dan masih banyak lagi. Gaya bahasa yang digunakan dalam artikel juga mudah untuk dipahami. Selain itu juga loading blog sangat ringan, sehingga nyaman untuk dikunjungi. Blog ini juga menyediakan kursus SEO lho. Cocok sekali untuk anda yang ingin memperdalam tentang teknik SEO. Oh iya sampai lupa blog keren ini mempunyai url trikmudahseo.blogspot.com.

2. Buka Rahasia Blogspot
Blog yang satu ini dikelola oleh Saudara Ahmad Khoirul Azmi, seorang dosen di salah satu Universitas di Solo dan juga seorang internet marketer. Blog Buka Rahasia ini mempunyai konten yang bervariatif yang meliputi tips SEO, desain blog, make money online, dan tips menulis artikel. Anda bisa belajar banyak hal di blog yang satu ini jika ingin memperdalam tentang seluk beluk blogging.

Meskipun setiap artikel yang ada di blog ini panjang-panjang dan juga menggunakan bahasa intelek. Namun, penyampaiannya sangat komunikatif dan enak dibaca. Untuk itu blog ini bisa dijadikan acuan untuk belajar ngeblog dan SEO tingkat lanjut. Anda bisa menemukan blog profesional ini di alamat buka-rahasia.blogspot.com.

3. Digital Areas
Blog ini dikelola oleh Saudara Eddy Wijaya, merupakan seorang mahasiswa S1 jurusan Sistem Informasi di salah satu Universitas yang terletak di Jakarta Selatan. Blog ini mempunyai konten yang beragam, mulai dari tutorial komputer, trik tips SEO, desain blog, dan cara mendapatkan penghasilan dari internet.

Di blog ini anda bisa belajar banyak hal, terutama dasar-dasar ngeblog, tips menulis artikel standar SEO, cara pasang widget, dan masih banyak lagi. Cara penyampaiannya pun tidak bertele-tele dan enak dibaca, sehingga mudah dipahami. Kebetulan saya dulu ketika awal-awal ngeblog banyak belajar ngeblog di blog ini. Nah, anda bisa menemukan blog keren ini di url digitalareas.blogspot.com.

4. Blog Kang Ismet
Blog yang satu ini dikelola oleh Saudara Ujang Ismatullah atau yang akrab disapa Kang Ismet, merupakan blogger asal Suka Bumi, Jawa Barat. Blog ini membahas informasi seputar blogging, desain widget, berbagi template gratis, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunjungi blog ini di alamat blog.kangismet.net.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang 4 Tempat untuk Belajar SEO dan Blog untuk Pemula (Recommended). Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Tips Sebelum Membuat Blog. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

77 komentar:

Unknown said...

Makasih rin infonya..
Sangat bagus informasi ini buat pemula

rumah abu abu said...

Selamat pagi mba riri, absen pagi :D

AbdurahmanBW said...

infonya membantu saya memahami SEO

Unknown said...

Semua blog diatas menjadi inspirasi saya dalam menulis... :)

Unknown said...

Saya mau komplain masalah Trik Mudah SEO mba Ririn... Itu singkatanya kok jadi TMS sama seperti PT tempat saya bekerja hahaha

Unknown said...

Kunjungan Siang Mbak Rin, artikenya menarik dan bermanfaat
Buat saya belajar SEO, Lebih mendalem terima kasih atas artikelnya

Anonymous said...

Mas Adjie TMS, Sama dengan Teman Menarik Saud yah..?
tapi yang aslinya mah Trik Muda Seo, sesuai dengan artikel Mbak Rin.

Intan Sudibjo said...

gk boleh promo yah? wkwkwk
tadinya mau promo blog saya bla..bla..bla hahaha :D

betul sekali mba, itu blog buka rahasia blog yang paling rame komentar sempet sesak juga kalo mampir ke sana :D

Unknown said...

Saya kira Ikerenki.blogspot.com masuk urutan kelima, haha
Mas Intan mari kita promo disini.

Unknown said...

dari ke 4 blog tersebut, yang sering saya kunjungi adalah blog kang ismet mbak, disana saya banyak belajar tentang platform blogspot hehehe

Anonymous said...

Sepertinya tempat belajar seo tersebut benar-benar agak lama saya belajar dari artikelnya ya mudahan banyak ilmu yang bisa didapat dari sana dan sekarang sudah bisa diterapkan dengan baik sampai sekarang ini :)

sopyan nc said...

iah kadang aku jg suka mampir disana

Masnady said...

wih mantap mbak.. tambah tempat belajar lagi nih saya hehehe.. sampai saat ini baru blognya kang ismet sama trik mudah seo milik mas ricky yang sering saya kunjungi mbak., terimakasih daftar blog untuk belajar seonya mbak.. ntar yang dua lagi akan saya kunjungi hehehehe

Anonymous said...

top semua 4 blog itu... saling melengkapi , saya pribadi lebih sering akses kang ismet dan TMS .. sekarang blog cara-ririn juga patut masuk diantara ke 4 blog itu ..

have a nice week end all...

Unknown said...

Infonya sangat bermanfaat mbk buat pemula seperti saya :)

Budiyanto Simo said...

maaf mbak ,.baru bisa blogwalking ,.he he tadi pagi masih sibuk modif template, . ehm ,.q juga kadang mampir disana jika butuh info terbaru he he, .

Anonymous said...

Saya sering loh kunjungi blog-blog diatas :D hehe. Untuk belajar lebih lanjut tentang blog dan seo :D

Unknown said...

sip...selalu mencerahkan artikelnya :)

Mas Andes said...

kalo blog kang ismet menurut saya lebih tepat untuk blog desain mbak banyak sekali tutorial untuk desain blog disitu.. saya juga banyak belajar dari blog kang ismet :)

Blog Kampret said...

Saya sering mengunjungi blog yang di atas hehe kecuali blog Digital Areas ^_^

Anonymous said...

wah, blog-blog diatas sering banget saya kunjunngi mbak..
selera kita sama ya, haha

Afrid Fransisco said...

kalau saya di buka rahasia mba di blognya milik mas khoirul
artikelnya bagus bangus dan detail

Unknown said...

Trimakasih mbak eka jadi saya bisa ikutan belajar..sangat tidak mudah bagi saya tapi saya tetap tidak menyerah
sekali lagi makasih saya save dulu infonya

Fazri said...

Emm. mungkin diantara blog- blog diatas yang sering muncul di google yaitu Buka-rahasia

Blogging said...

Makasih rekomendasinya... cocok buat saya yang lagi belajar nge blog..

Anonymous said...

mantap gan ,
sangat bermanfaat buat ane :)

Anonymous said...

Sepertinya ini jadi panduan buat kita yang sedang belajar blog dan blogging mudahan refrensi dari Mbak diatas bisa menambah ilmu blog :)

Unknown said...

Trim's info nya mbak ririn

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Sebetulnya hebat orang sukabumi juga ada jadi bangga deh soalnya saya juga orang sukabumi.

Mbak, kalau ada 10 blog saya juga termasuk loh sekalipun ga fokus tapi saya selalu membahasnya secara ilmiah biar mudah diikuti blogger pemula. Sekalipun blog saya belum cukup populer. Tapi layak buat rujukan teman blogger semua.

Sebetulnya saya penulis yang terjun ke dunia blogging hehe

wongcrewchild said...

sangat recomended...mantep

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

iya mba.. Saya sering mengunjungi blog tersebut.. Tpi yang sering saya kunjungi blog buka rahasia. Dan blog nya kang ismet..

Anonymous said...

bener sekali. 4 daftar blog di atas memang ahli seo semua. dan cara menyajikannya gampang di pahami.

saya juga sering membaca di blog mereka itu.

Staff Administrator said...

Saya juga sering belajar dari referensi blog yg terakhir mbak Rin..
Bahkan sy kenal baik sama kang adminnya..cuma sayang Beliau tidak kenal saya.. :)

Rohis Facebook said...

blogwalking malam minggu sambil nyimak..! *smile

Unknown said...

keren Nih Mbakk Infonya sangatt Bermanfatt dah hhehe Lumayan Nih Buat Referensi :D

Meutrap said...

Bagus ni ada informasi untuk belajar seo,
patut dicoba dulu, maklum masih awam kali tentang seo.

akang sam said...

pakabar sob, hehe

Unknown said...

bagus juga nih,lumayan buat referensi klo mau belajar tentang SEO

hayardin said...

selamat malam Mba Ririn, kalau saya juga sering belajar di blognya Kang Azmi di buka Rahasia Blogspot. Tapi saya lebih banyak belajar di blognya Kang Rohman di krtutorplus dot com dan Kang Oom di o-om dot com...

fiu s said...

asik asik jos ah .... jadi ada tempat lg buat nambah pengetahuaannn heheheh

Sigli Cyber said...

sngat bermanfaat ..
bisa dicoba ni utk kebaikan blog nya jga kan

DuniaUnik said...

salah satunya sering saya kunjungi tuh, nais inpoh banget

Budy Thobil said...

saya sering mampir ke blog kang Ismet. tutorial2 yg diberikan kang ismet sangat OK

Unknown said...

Blog2 diatas emang familiar banget terutama untuk kalangan blogger...makasih infonya mbak

Reo Adam said...

belajar secara otodidak,saya juga iya mba...
tapi lebih banyak baca dari web luar

Mas Marnes said...

Terimakasih atas informasinya mbak rin, saya baru tau 2 blog doang yang buka-rahasia dan kang ismet...

Bang day said...

dari keempat blog diatas yang saya kenal dan pernah saya kunjungi hanya kang ismet..thanks dah sharing blog lainnya....

Unknown said...

semuanya emg T.O.P bgt blog2 tutorial di atas. Sayangnya punya cak Tama trikmudahseo dan buka-rahasia nya Pak Azmy sudah jrg update lagi.
Nice share mbak, mayan biar nubitol2 lain bisa ikut sukses seperti mbak ririn

Anonymous said...

Mantap-mantap

Unknown said...

manteeb mba' sangat bermanfaat

Anonymous said...

saya merasa ini adalah jawaban mbak eka atas coment saya kemarin di daftar 10 blog terbaik versi cara ririn.... heheheee trima kasih banyak yaa mbak eka sudah berbagi dengan kami2 yang newbie ini... sukses selalu cara ririn
salam blogger

Rz Bot said...

sangat penting belajar SEO, makasih mbak Eka Ilmunya

Anonymous said...

memang mbak , dia memang para master seo :)

Nurul Imam said...

Saya belajar SEO disini aja yah mbak :p

Unknown said...

Makasih referensinya Mbak Eka, pengennya sih belajar disini Mbak....

Anonymous said...

terima kasih mbak
saya juga lagi belajar seo nih

Rohis Facebook said...

walaupun blom mandi tp sdh hadir pagi2.., tebar pesona.., tebar pesona apa tebar bau? hehe..

Unknown said...

makasih refrensinya mbak ririn,,,

Claresta said...

saya 44nya sering saya kunjungi mbak, karena sering ketemu di google search, kalo sdh baca2 disana saya lupa update karena saking asyiknya, hehehe ^^
tapi kalo kelamaan baca2 disitu akhirnya kita pingin utak atik blog terus krn ingin praktek, hehehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Muya, Ahmad Suyadi, Nurul Imam, Laurencius Rendy, Nando Sempai, Rohis Facebook, Aan Apk, Mawan, Awhnymous, Ikerenki, Sigli Cyber, MJ Blog, Fiu Choppie, Ainul, Meutrap, Akang Budi, Rohis Facebook, Nazir, Wongcrewchild, Aprida, Sentimeters, Jenk Indah, Kang Zeer, Rahamat, Dadang, Karis dan Wahid, thanks ya atas kunjungannya :)

Agri, wah bagus kalau begitu mas. Luar biasa :)

Adjie, wah mungkin itu kebetulan mas wkwkwk :D

Intan, wah kok bisa sesak getu ya hehehe ada-ada aja mas intan ini :D

Baskoro, wkwkwk boleh-boleh mas. Tapi kapan nggak tau blog ikerenki bisa masuk dalam list diatas wkwkwk :D

Uda, wah blog saya mah jelek mas. Nggak pantas masuk ke dalam list diatas hehehe :D

Arie, wah mantap mas :)

Infosaja, wah pengalaman yang bagus itu mas. Saya juga kebetulan juga belajar banyak dari 4 blog diatas :)

Sopyan, sipp mas :)

Mas Nady, silahkan dikunjungi mas biar tambah pinter hehehe :D

Note, wah blog saya nggak pantas mas hehehe :D

Budiyanto, wah mantap mas budiyanto. Lanjutkan mas hehe :D

Manarul, pengalaman yang sangat menarik mas :)

Andes, iya bener mas. Lebih banyak desain nya ya di blog kang ismet. Luar biasa ya :)

Lutfi, wah kok bisa ya mas belum tahu blog digital areas hehehe :D

Naufal, wkwkwkwk ada-ada aja ya. Selera kita beda yoooo :D

Afrid, iya betul mas blog buka rahasia konten nya bagus-bagus banget :)

Fazri, iya betul mas fazri :)

Dedi, iya sama-sam mas :)

Remaja, iya mas cocok bangat bagis blogger yang ingin belajar tentang SEO dan blogging agar bisa pintar ya mas :)

Adam, wah pemaksaan itu mas wkwwk :D

Warim, wah sipp itu mas. Biar tambah banyak pengetahuan tentang blogging ya :)

Nakusan, wah pengalaman yang bagus mas :)

Budi, iya mungkin mas budi bisa kenalan dulu sama kang ismet. Jangan lupa, kalau kenalan, harus salaman juga hehehe :D

Harum MF, iya mas bisa buat referensi ngeblog :)

Hayardin, wah saya malah baru tahu mas blog nya mas oom dan kang rahman hehehe :D

Budy, iya benar mas. Hebat banget tutorialnya kang ismet ya :)

Virlyz, iya sama-sama mas :)

Reo, wah luar biasa mas. Referensinya dari luar negeri :)

Marnes, iya tidak apa-apa mas untuk nambah referensi belajar hehehe :D

Bang Dayat, sipp mas :)

Hasby, iya ya mas. Blog tersebut sekarang jarang update. Mungkin admin nya sedang sibuk kayaknya ya :)

Baho, terimakasih banyak mas baho atas support nya ya :)

Indri, iya bener juga ya mbak. Kalau baca tutorial di blog tersebut malah pengen edit template terus hehehe :D

Unknown said...

Mungkin karena keterbatasan waktu dan kesibukan di dunia nyata saya sebagai blogger memang kurang begitu memperhatikan SEO atau optimasi blog. Baru sedikit yang saya benahi agar blog lebih friendly. Blog dan info ini memberi motivasi bagi saya untuk belajar lebih dalam lagi. Terima kasih sharingnya yang amat bermanfaat. Salam cemerlang!

Anonymous said...

Saya juga banyak belajar banyak dari mereka terutama TMS, BRB dan BKI, memang artikel-artikelnya sangat berbobot sekali :)

Marizka Zuverzeck said...

blog kang ismet, saya emang tau ni gan,..
ship, coba ke TKP yang 3 lagi,..
:)

Unknown said...

sama kayak adminnya Panduan Microsoft Office, lg sibuk....
pede mode : ON kwkwkwwkw

Unknown said...

wah, ternyata g salah pilih tempat belajar, ternyata blog yang sering saya kunjungi masuk dalam daftar semua. OMG. makasih share nya mbak.

Unknown said...

Selain isi artikel diatas, Blog Mbak Rin ini juga termasuk katagori
Tempat belajar saya, dalam blogging dan lainya, terima kasih Mbak Ririn :)

Unknown said...

Wah ternyata tempat belajar ngeblog favorit saya di trik mudah seo masuk juga disini.

Mizz Aiza said...

saya biasa mendengar blog kang ismet.. jika google berkenaan tutorial mesti akan keluar blog beliau di page pertama google.. mereka semua memang hebat.. :D

Anonymous said...

pas buat refrensi ane gan ,buat newbie kyak aku

Anonymous said...

Datang lagi Mbak untuk kembali saya belajar SEO, Agar blog saya
Lebih Ramah, pada berbagai element termasuk ramah dengan pengunjung

Indah Nuria Savitri said...

waah waah...pemula seperti saya harus banyak belajaar di sini...TFS dan salam kenaaal..

Anonymous said...

dan juga cara ririn
belajar blog untuk pemula

Admin said...

blognya rame banget mbak ririn

Eddy Wijaya said...

Wah komentarnya ramai sekali disini.. Menurut saya Trik Mudah SEO merupakan blog yang tepat untuk belajar dasar-dasar SEO..

Salam kenal mba ririn :D

Admin said...

mungkin itu cuma sekedar prekdisi saja ya sista ^^

DATA AKUN GELAP PEMUDA PANCASILA MENTAWAI said...

akan dikunjungi dan dikupas tunntas pembelajara di blog-blog mereka mbk
makasih bnyak ya mbk atas infonya

Post a Comment