Apa yang anda suka dari Blogging?

Apa yang anda suka dari Blogging? Halo sahabat blogger, bagaimana kabarnya hari ini? mudah-mudahan masih tetap sehat dan semangat untuk selalu meng-update blog anda masing-masing. Kali ini saya tidak akan membahas tentang tutorial blog ataupun script/HTML, tapi saya akan sharing tentang pengalaman selama blogging. Tentu saja ini berkaitan dengan kesan dan pesan saya dan nanti anda juga bisa menyampaikan kesan dan pesan anda melalui kolom komentar :)

Selama kurang lebih 4 bulan dari awal tahun 2013, saya mulai membuat blog, sampai sekarang tak terasa waktu cepat sekali berlalu. Yupz, tentu saja hal itu juga membuat saya jadi tahu tentang dunia Blogging. Ya meskipun pengetahuan saya masih sedikit, paling-tidak sedikit demi sedikit saya sudah mulai agak tahu tentang apa itu script? apa itu SEO, dofollow blog, dan lain sebagainya.
Apa yang anda suka dari Blogging?
Image by www.bloggerborneo.com
Seiring berjalannya waktu, saya pun ingin mengucapkan terimakasih banyak untuk teman-teman blogger yang sudah berkenan berkunjung di blog saya dan sudah bersedia berdiskusi melalui kolom komentar, meskipun ada beberapa komentar yang sudah saya hapus hehehe mohon maaf ya :)

Berikut adalah kesan-kesan saya selama nge-blog. Tentu, ini adalah beberapa hal yang paling saya suka ketika mengelola blog ini yakni Cara Ririn. Berikut adalah penjelasannya.

Apa yang anda suka dari Blogging?

1. Artikel banyak yang baca
Artikel yang kita tulis dari tangan kita sendiri serta dari ide kita sendiri, bisa dipastikan apabila dibaca oleh orang lain (pemirsa blog) pasti akan merasa senang. Apalagi kalau banyak yang baca, berarti kita sudah memberi kebaikan untuk orang lain berupa pengetahuan yang berguna untuk orang lain.

2. Artikel ada yang memberi komentar
Pemirsa blog yang membaca artikel itu belum tentu memberikan komentar. Begitu juga sebaliknya, pemirsa blog yang memberi komentar itu belum tentu membaca artikel terlebih dahulu. Benar tidak? hehehehe :D Meskipun demikian, kita sebagai pengelola blog pasti akan suka dan senang ketika memperoleh sebuah komentar dari orang lain.

Apapun isi komentarnya, paling-tidak mereka sudah bersedia meluangkan waktu untuk berkunjung dan menulis sesuatu di blog kita. Oleh karena itu kita harus menghargai komentator blog. Kalau komentar spam/promosi, saya kira tidak dihargai juga tidak apa-apa, karena tujuan mereka lain. Bukan dari hati kecil mereka untuk berkomentar, melainkan ingin memperoleh keuntungan sepihak.

3. Bersedia memfollow
Yupz, anda juga pasti akan merasa senang bila ada webmaster yang bersedia memfollow blog anda, meskipun tanpa diminta. Itu artinya mereka ingin memperoleh notifikasi/berlangganan update dari blog anda. Oleh karena itu, kita harus bersedia follow back, supaya kita bisa saling tahu apa saja update terbarunya. Dan kita bisa menjalin pertemanan dengan mereka melalui media blogger.

4. Laman blog pernah menduduki halaman pertama Google
Untuk mencari suatu informasi, kita selalu membutuhkan sebuah mesin pencari, semisal Google. Sebagai pengelola blog, kita juga berperan sebagai pemberi informasi. Nah, apabila laman blog kita bisa berada di urutan pertama Search Engine Result Page (SERP) Google, pasti kita juga akan suka bukan?

Meskipun laman blog saya tidak pernah ajeg (tetap) bisa duduk di urutan pertama SERP, paling-tidak blog saya pernah berada di urutan pertama. Dengan begitu maka kemungkinan besar pengunjung blog bisa dengan mudah menemukan blog kita.

5. Rangking blog meningkat
Siapa yang tidak suka kalau rangking blognya meningkat? Bagi webmaster pasti tidak ada yang tidak suka. Rangking blog seperti dari Alexa dan Google Page Rank itu bisa dijadikan sebagai pedoman untuk rangking blog kita baik secara nasional ataupun internasional. Sejak 4 bulan terakhir, setelah perjuangan update blog tiap hari, akhirnya ranking Alexa blog saya bisa meningkat. Bagaimana dengan ranking blog anda?

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Apa yang anda suka dari Blogging? atau kesan-kesan saya selama mengelola blog ini. Bagaimana pengalaman anda selama blogging? kesan-kesan-nya bagaimana? dan apa saja hal yang paling anda suka dari blogging? Mari kita sharing pada kolom komentar di bawah ini.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

16 komentar:

Unknown said...

Bagi blog saya yang relatif sedikit pengunjung, maka untuk menaikkan ranking Alexa harus sering blagwalking dan meninggalkan komentar. Hal ini cukup menyita waktu kita. Ketika tidak lagi blogwalking dan memberikan komentar dalam tempo relatif lama, maka nilai Alexa menjadi 'gemuk' lagi.

Terima kasih. Salam cemerlang buat sobat Wahyu Eka Prasetiyarini.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sebenarnya untuk menaikkan rangking alexa dan trafik blog tidak harus dengan cara blogwalking kok pak. Kalau menurut saya, blogwalking adalah suatu bentuk persahabatan antar sesama webmaster dalam rangka membangun suatu hubungan yang harmonis yang mempunyai tujuan yang sama.

Memang benar, blogwalking agak sedikit menyita waktu. Tapi kalau kita bisa enjoy dengan hal demikian, itu tidak masalah kok pak. Kan tujuannya adalah untuk diskusi dan sharing, bukan untuk meningkatkan trafik ataupun alexa rank. Mungkin itu pak pendapat saya :)

Thanks ya sudah berkenan berkunjung ke blog saya :)

ARIE CELLULAR said...

pokok mantap artikel y,....
join back yach mba Ririn's
disini : http://ariecellular.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Join back gimana ya maksudnya? saya tidak paham :D

Hanya sekedar saran saja Mas Arie Arya. Lebih baik biasakan diri untuk membaca artikel terlebih dahulu sebelum memberi komentar, sehingga substansi komentarnya bisa sinkron :D

Meskipun begitu saya ucapkan terimakasih banyak ya sudah berkenan berkunjung di blog saya :)

Bagus Hermawan said...

kalau saya selain dari ke lima hal di atas, dari blogging juga mendapatkan uang :)

Anonymous said...

selain artikel yang lima macam di atas......................
kalau saya terjun ke belog pengen belajar nulis dan baca cuma itu saja ... kalau malahan lebih ya itu yang dicari hehehe

Unknown said...

" Artikel banyak yang baca" dan "Laman blog pernah menduduki halaman pertama Google",

saya sangat senang dengan ke 2 poin diatas. apa lagi kalau bisa cari duit dari blog. :)

Update Campuran said...

lanjutkan bu :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

HeQris, kalau dapat uang dari blog, saya juga mau mas hehehehe :)
Tapi sayangnya saya belum punya pengalaman seperti itu :D

mangyono, berarti kita sama pak, saya juga dulunya ingin sekali belajar tulis menulis. Blog adalah pilihan yang tepat untuk menyalurkan minat dan bakat dibidang itu.

Daniel Erick, ternyata anda punya tujuan yang sama dengan mas heQris ya hehehe sama-sama cari uang lewat blog hehehe :)
Tapi yang lebih penting itu kalau menurut saya ya itu artikel banyak yang baca, berarti tulisan kita itu bisa berguna untuk orang lain :)

Update Campuran, kok singkat banget mas comment nya hmmmm :)
padahal saya juga ingin tahu kesan-kesan anda selama blogging :)

Walidin said...

Saya setuju dengan mas daniel dan heqris, lebih baik jika saling menghasilkan, baik kesenangan, juga dapat hasil. Karena apalah artinya jika blog yang dihasilkan dengan susah payah menduduki top 1 page google, tidak digunakan untuk kesempatan cari penghasilan.
Biasanya ada waktu ada uang, jadi tidak susah selamanya nulis artikel terus, dan.bergulat dengan seo terus.

Walidin said...

Tapu jangan uang selalu di nomor satukan. Harus punya ide dan menjalin perbloggingan lancar. Hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak walidin, ide yang sangat menarik pak. Memang benar, mengelola sebuah blog memang cukup sulit. Butuh pengorbanan yang tidak sedikit dari segi finansial (koneksi internet), fikiran, waktu, dan tenaga.

Memang tidak ada salahnya kalau blogging juga mempunyai motivasi untuk memperoleh penghasilan. Hal itu saya rasa sudah lumrah di dunia blogging, terutama di Indonesia. Tapi saya kira itu terlalu dini pak untuk sebagai motivasi.

Karena apabila kita terlalu berharap untuk cari uang lewat blog, itu lumayan sulit. Butuh waktu yang lama. Tapi kalau menjadi salah satu motivasi sih tidak apa-apa, karena hal itu bukan uatu hal yang negatif. Ya minimal sebagai penyemangat pak.

Tapi menurut saya hal yang paling berkesan adalah apabila blog kita bisa ramai pengunjung pak dan tulisan yang kita buat itu bisa bermanfaat untuk orang lain. Itu menurut saya menjadi suatu kepuasan yang tak ternilai harganya. Apalagi kalau ada komentar yang positif dan penuh responsif seperti komentar anda, hehehe Itu jauh lebih menyenangkan daripada memperoleh uang.

Mungkin itu pendapat dari saya pak. Terimakasih banyak pak sudah meluangkan waktu dan memberikan komentar yang penuh antusias. Hehehe :D

Walidin said...

Betul sekali mba Eka, saya setuju bahwa ada kepuasan tersendiri dari cara ngeblog, apalagi jika komentar dan sarannya membangun. Tingkat kepuasannya lebih dari update status di fb, misalnya.

Selanjutnya kita simak komen dari yang udah senior aja.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ya tentu saja pak. Tapi kalau koment-nya tidak nyambung sama topik artikel yang di bahas, ya sama saja bohong pak hehehe :)

Saya kira beda pak dengan update status via FB. Di FB kebanyakan sharing curhat. Kalau blogger itu sharing informasi dan pengetahuan. Tentu saja tingkat kepuasannya juga berbeda pak :)

Unknown said...

wah,, great deh mbah,, dalam 6 bulan blog nya udah seperti ini,,, ajarin donk,,, heheh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Blog saya masih jelek kok mas, belum bagus-bagus :)

Post a Comment