Ciri-ciri blog yang disukai Google

Ciri-ciri blog yang disukai Google Blog yang bagus tidak hanya disukai oleh visitor saja, melainkan mesin pencari seperti Google juga suka dengan blog tersebut. Suka yang dimaksud disini adalah blog tersebut mudah terindeks oleh mesin pencari dan selalu ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian. Misalnya anda baru publish artikel di blog. Satu menit kemudian anda coba cari postingan anda yang baru tersebut dengan kata kunci yang ditargetkan pada mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Apabila Google sudah mengindeks laman anda, bisa dipastikan Google suka dengan blog anda.

Blog yang mudah terindeks oleh Google, tentu mempunyai dampak yang bagus bagi blog itu sendiri. Salah satunya adalah trafik blog meningkat, Alexa Rank meningkat, dan Google Page Rank juga meningkat. Tentu, hal itu sangat anda harapkan bukan?. Oleh karena itu apabila blog anda ingin dicintai oleh Google, anda harus melakukan sesuatu. Misalnya seperti optimasi SEO on page, rutin update artikel di blog, dan lain sebagainya.
Ciri-ciri blog yang disukai Google
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri blog yang disukai oleh Google. Silahkan simak baik-baik ya sebagai pembelajaran buat anda semuanya. Dan tentunya juga untuk saya sendiri supaya lebih aktif dalam Blogging.

Ciri-ciri blog yang disukai Google

1. Kualitas artikel
Blog yang bagus selalu menyajikan artikel yang berkualitas dan bermutu tinggi. Mereka membuat artikel dengan kompetensi yang mereka miliki. Mereka menghindari praktek copy-paste dari artikel blog/web orang lain. Blog yang semacam ini bisa dipastikan akan disukai oleh Google, karena karya tulisnya bersifat fresh dan mutakhir. Belum tahu cara membuat artikel berkualitas? silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Menulis Artikel Berkualiats.

2. Sering update artikel
Kenapa surat kabar online seperti Kompas, Detik, dan kawan-kawan selalu muncul pada halaman pertama? anda tahu apa tidak alasannya?. Sebenarnya alasannya mudah yakni mereka sering update artikel. Mungkin dalam satu hari mereka bisa update sampai 30 artikel lebih. Anda mungkin bisa memaklumi karena mereka adalah perusahaan yang mana websitenya dikelola oleh tim profesional.

Bagaimana dengan blog personal yang anda miliki? itulah masalahnya. Blog personal dikelola oleh individu. Apabila anda sebagai pengelola blog tidak rajin-rajin update artikel pada blog, bisa dipastikan blog anda akan sulit terindeks oleh Google. Mungkin bisa terindeks, tapi 4 hari kemudian atau mungkin bisa lebih.
cara agar blog website disukai oleh mbah google search
6 Jam setelah publish, sudah bisa terindeks oleh Google
Blog yang sering update biasanya setelah selesai publish artikel, langsung bisa terindeks Google. Tentu, dengan kata kunci yang ditargetkan. Anda mungkin akan kesulitan apabila menulis artikel 3 buah dalam satu hari. Sebenarnya update 1 buah artikel dalam satu minggu sebenarnya sudah bagus. Namun, lebih bagus lagi apabila update 1 artikel 1 hari.

3. Kaya informasi
Blog yang disukai oleh Google adalah blog yang kaya informasi, bukan hanya berisi kata kunci saja, atau yang lebih parah lagi adalah blog yang berisi Auto Generated Content (AGC) atau yang sering disebut dengan konten yang dibuat secara otomatis.

Blog yang berisi rentetan keyword dan AGC memang mudah terindeks oleh Google, tapi itu tidak akan berlangsung lama. Hal itu disebabkan karena Google selalu memperbaharui laman hasil mesin pencari atau Search Engine Result Page (SERP) berdasarkan pengalaman pengguna internet.

Blog yang berisi konten yang bermanfaat dan kaya informasi itu sangat disukai oleh Google. Contohnya seperti surat kabar online. Mereka selalu menyajikan artikel yang berniali informatif dan berguna bagi pembaca, sehingga hal itu menjadikan websitenya dicintai oleh Google.

4. Pengalaman visitor blog
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Google selalu memperbaharui SERP berdasarkan pengalaman pengguna internet, dalam hal ini adalah visitor blog. Pengguna internet biasanya memanfaatkan mesin pencari untuk mencari informasi yang mereka inginkan sampai ketemu. Ketika mereka mengetikkan kata kunci pada mesin pencari, maka muncul ringkasan-ringkasan laman sebuah blog/web.

Biasanya yang mereka kunjungi adalah blog yang muncul pada halaman nomor satu pada hasil pencarian. Apabila blog/web yang mereka kunjungi ternyata belum bisa memberikan informasi yang mereka cari, maka mereka akan beralih ke blog/web lain, dan seterusnya sampai informasi yang mereka inginkan itu ketemu.

Dari situlah Google akan memberi peringkat kepada blog/web pada SERP nya berdasarkan pengalaman pengguna internet. Oleh karena itu, anda harus bisa membaca minat pengguna internet. Kira-kira apa yang mereka butuhkan? dan bagaimana anda menyajikan artikel di blog anda dengan baik? Sehingga mereka (visitor) akan suka berkunjung di blog anda.

5. Kuantitas artikel
Semakin banyak artikel yang anda publish di blog, semakin banyak pula kesempatan blog anda bisa mempunyai trafik tinggi. Ilustrasi sederhana saja misalnya blog anda hanya berisi satu artikel, bisa dipastikan blog anda jarang dikunjungi oleh orang. Beda hal nya jika blog anda terdapat banyak artikel, bisa dipastikan blog anda akan ramai dikunjungi orang.

Dari banyaknya pengunjung di blog anda, itu bisa memungkinkan blog anda mudah terndeks oleh mesin pencari. Dan bukan tidak mungkin bahwa Google juga akan menyukai blog anda.

6. Niche blog
Niche/tema blog juga menentukan kecintaan Google kepada blog anda. Karena Google akan membaca tema blog anda dan akan selalu memprioritaskan blog yang mempunyai niche spesifik pada SERP nya. Bagaiamana dengan blog gado-gado yang mempunyai konten ratusan? Blog tersebut juga bagus, namun masih kalah dengan blog niche yang konten-nya juga ratusan.

7. Optimasi SEO yang tepat
Blog yang dioptimasi biasanya juga disukai oleh Google. Tentu, dalam optimasi mesin pencari sesuai Pedoman Webmaster, sehingga blog tersebut tidak dibanned oleh Google. Apabila anda masih bingung tentang cara optimasi SEO, silahkan baca Cara Optimasi Mesin Pencari (SEO).

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Ciri-ciri blog yang disukai Google. Semoga blog anda merupakan salah satu blog yang disukai oleh Google. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

18 komentar:

Mbak Iis said...

wah bisa jd referensi biar ngeblognya lebih baik lagi...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mbak lis, terimakasih banyak atas apresiasi dan kunjungannya :)

Kita sama-sama belajar mbak :D

Unknown said...

Profesional blogger artikel-artikel banyak yang saya sukai, saya lanjut baca yang lainnya dulubos, terima kasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Agooes, iya mas sama-sama.
terimakasih banyak sudah berkunjung di blog saya :)

Unknown said...

Referensi penting bagi para Blogger dalam mengelola blognya agar disukai Google. I love Google.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya pak terimkasih banyak atas kunjungannya :)

Bagus Hermawan said...

wah makasih infonya sangat bermanfaat ni, kalau blog pertama saya masih gado-gado sampai sekarang, untuk blog-blog yang lain udah mulai niche :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas HeQris, iya mas sama-sama. Wah anda juga punya blog banyak to? hehehe :D
Salut saya mas anda bisa mengelola blog yang jumlahnya banyak. Tapi itu tidak apa-apa, asalkan dikelola dengan baik. Bukan tidak mungkin blog anda juga akan disukai oleh Google :)

sugeng wijaya said...

kalau Blog ane di sukai Google ngak Min

sugeng wijaya said...

kalau Blog ane di sukai Google ngak Min

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya kurang tahu mas. Tapi kalau blog anda sulit ditemukan oleh Google dalam hasil pencariannya, kemungkinan Google belum suka dengan blog anda hehehehe :)

Anonymous said...

wuih mantep nih blog nya, ya saya juga merasakan perbedaan ngetik dengan copas, artikel orsinil memang top di SERP... mantep,, sukses dan salam kenal

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks Pak heddy sudah mau sharing pengalaman yang sangat menark dan menginspirasi kita semua :)

mangtato said...

Blog yang Bagus,dan inovative Thanks !

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mang tato :)

Unknown said...

intuksi sedikit mbak,blog saya berita,alexa mengecil,PR udah dapet 1,tapi visitornya sepi banget :( ,mentok 10/hari.begitu selesai publish artikel.nggak sampe 2 menit langsung ke indeks,apa ya masalahnya please

Unknown said...

gile infonya bisa gw terapin nih,, thanks http://belajarsehat88.blogspot.com/

Anonymous said...

Hmmm boeh di terapin ni poin poin di atas agar lebih di sayang oleh google

Post a Comment