Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara Membuat Artikel SEO Friendly Menempati urutan pertama pada laman hasil pencarian Google, Yahoo, dan Bing adalah suatu keharusan. Dengan begitu maka besar kemungkinan akan mendatangkan banyak pengunjung yang mengarah ke blog/web kita. Ini yang biasa disebut dengan Optimasi Mesin Pencari (SEO). Seperti yang kita tahu bahwa visitor blog kebanyakan merasal dari mesin pencari. Dengan hanya mengetikkan keyword maka akan muncul berjuta-juta laman blog/web pada hasil mesin pencari tersebut. Oleh karena itu sebagai pengelola blog kita harus paham dan bisa mempraktekkan teknik SEO yang tepat agar laman blog/web kita mudah terindeks oleh mesin pencari.

Teknik SEO memiliki beragam cara yang bisa kita lakukan. Antara lain bisa secara on page dan juga bisa secara off page. Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menjelaskan tentang Cara Melakukan Optimasi SEO pada Blog, mungkin anda bisa mempelajarinya lebih lanjut.
Cara Membuat Artikel SEO Friendly 1
Image by bumi-informasi.blogspot.com
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskna tentang tata cara membuat artikel postingan agar SEO Friendly. Ini maksudnya adalah supaya artikel yang kita publikasikan di blog bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari. Selain itu supaya blog kita bisa menduduki peringkat pertama pada halaman hasil penelusuran Google, Yahoo, dan Bing. Berukut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

1. Tentukan judul artikel
Hal mendasar yang perlu anda perhatikan dalam membuat sebuah artikel adalah judul. Anda harus bisa mengestimasi kira-kira apa kayword yang diketikkan oleh visitor blog?. Namun, anda perlu memperhatikan juga dengan niche (fokus blog) anda. Apabila blog anda fokus tentang tutorial, tulislah judul yang diawali oleh kata "Cara Membuat" atau mungkin "Cara Memasang" dan lain sebagainya. Bila fokus blog anda tentang game atau software, biasakan membuat judul dengan diawali dengan kata "Download Game" atau mungkin bisa juga "Free Download". Dengan begitu, akan mempermudah mesin pencari mengindeks blog pribadi anda.

Perlu diperhatikan bahwa bisa tidaknya laman blog anda menduduki peringkat pertama pada hasil pencarian, itu ditentukan oleh tingkat persaingan. Bila tingkat persaingannya tinggi, misalnya 50 juta, bisa dipastikan laman anda akan sulit menduduki peringkat pertama. Oleh karena itu, sebelum anda membuat judul, usahakan anda sudah melakukan uji coba dulu di mesin pencari mengenai judul artikel yang akan anda buat. Dengan begitu maka anda akan tahu berapa tingkat persaingan tentang judul artikel yang akan anda buat.

2. Tentukan keyword
Dalam membuat artikel, anda diharapkan menentukan keyword dengan tepat. Keyword merupakan kata kunci yang mendeskripsikan judul anda. Keyword dalam satu artikel usahakan tidak lebih dari 3 buah. Silahkan letakkan keyword pada paragraf pertama, tengah, dan paragraf akhir. Usahakan keyword yang anda tulis itu dibedakan hurufnya, supaya mudah dikenali oleh mesin pencari. Bisa menggunakan huruf tebal, huruf italic, ataupun garis bawah.
Cara Buat Artikel SEO dengan Memasang Kata Kunci yang Tepat di Blog
Perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak keyword yang anda masukkan dalam satu artikel dapat mengakibatkan artikel anda dianggap spam oleh mesin pencari. Oleh karena itu, pastikan keyword yang anda masukkan harus pas, yakni 3 buah. Tidak kurang dan tidak lebih.

3. Tentukan bahasa
Anda diharapkan dapat menargetkan bahasa apa yang akan gunakan dalam artikel anda. Apabila Bahasa Indonesia, pastikan bahwa anda harus menggunakan Bahasa Indonesia baku. Karena mesin pencari seperti Google, hanya bisa menerjemahkan Bahasa Indonesia yang baku. Hindari penggunakan kata "Gue, Lo, Agan, Nggak, Lebay, Alay dan lain sebagainya" atau mungkin kata yang disingkat-singkat (akronim).

4. Standar jumlah karakter tulisan
Standar jumlah karakter tulisan dalam sebuah artikel adalah minimal 2500 karakter atau setara dengan 350 kata. Apabila jumlah tulisan anda terlalu sedikit, misalnya hanya satu baris kalimat, bisa dipastikan artikel anda tidak akan terindeks oleh mesin pencari. Sedangkan apabila jumlah tulisan anda terlalu banyak, misalnya sampai 20.000 karakter, maka mesin pencari akan kesulitan dalam menentukan keyword yang tepat pada artikel anda.

5. Pasang Alt Tag pada Gambar
Alt Tag merupakan tanda atau deskripsi sebuah gambar yang di uploud di internet. Anda diharapkan selalu memasang Alt Tag pada gambar yang anda sertakan dalam postingan. Hal tersebut dikarenakan mesin pencari tidak bisa membaca dan menginterpretasikan sebuah gambar, walaupun gambar tersebut ada tulisannya. Silahkan pelajari selengkapnya tentang tata Cara Memasang Alt Tag pada Gambar.

6. Sertakan link internal
Pastikan bahwa anda selalu menyertakan link internal pada sebuah artikel yang anda buat. Usahakan link tersebut adalah laman blog anda sendiri, dan tentunya mempunyai topik yang relevan dengan artikel yang anda buat. Dengan begitu, maka mesin pencari akan dengan mudah mengenali artikel anda. Meskipun keyword yang dimasukkan pada mesin pencari itu berbeda dengan judul artikel anda, bila anda menyertakan link internal yang relevan, maka bisa dipastikan laman blog anda juga akan terindeks dengan mudah.

7. Pasang deskripsi penelusuran
Deskripsi penelusuran yang dipasang pada sebuah artikel itu dapat membatu mesin pencari untuk menemukan artikel kita dengan mudah. Tentu, deskripsi yang kita pasang disetiap artikel itu tidak boleh sembarangan. Kita harus memasang sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Deskripsi penelusuran ini terdapat di sebelah kanan posting/editing artikel. Berikut adalah screenshootnya.
Cara Bikin Postingan yang SEO di Blog Website
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang tata Cara Membuat Artikel SEO Friendly. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

3 komentar:

K.A.A said...

benar benar mnegsankan mba Wahyu Eka Prasetiyarini..... aku sebagai pendatang baru, jadi merasa sangat terbantu dgn beragam materi SEO yg ramah lingkungan hahahahahaha. lumayan banyak ilmu baru ku dapat selama bulan puasa ini, makasi ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas kharis, iya mas saya juga pendatang baru di dunia blogging. Apa yang saya tulis ini merupakan hasil dari pengalaman dan beberapa sumber. Kita sama-sama belajar ya mas. Ma kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)

Balkis Anton Nurohman said...

Mbak, mau tanya. Admin blog ini mbak indri ya? Salam kenal ya mbak, saya admin www.auroratekno.com...

Post a Comment