Ciri-ciri Komentar Spam yang Berbahaya bagi Blog Website

Ciri-ciri Komentar Spam yang Berbahaya bagi Blog Website Kolom komentar merupakan komponen yang cukup penting bagi eksistensi sebuah blog pribadi. Dengan adanya kotak komentar, administrator dan visitor blog dapat berinteraksi satu sama lain dan biasanya berbuah diskusi yang cukup menarik. Tentu diskusi yang baik, tidak terlepas dari topik artikel dalam postingan, dalam artian terdapat kesesuaian antara topik artikel dengan isi komentar. Dari situlah mengapa banyaknya komentar sangat berpengaruh positif terhadap search engine. Sayangnya tidak semua visitor blog bisa bersikap profesional ketika berkomentar di blog. Sering kali kita menjumpai komentar spam pada kolom komentar. Dan hal itu sangat merugikan bagi administrator blog, karena komentar spam dapat mempengaruhi reputasi blog kita di mata mesin pencari. Oleh karena itu, komentar spam sebaiknya kita cegah sedini mungkin.

Mungkin sebagian dari anda sering dan gemar berkomentar spam di blog orang lain. Modusnya pun beranekaragam, misalnya untuk mendapatkan backlink, promosi produk, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, komentar spam adalah tindakan tidak terpuji. Apabila ingin mendapatkan backlink, tidak seperti itu cara melakukannya, namun ada caranya tersendiri. Silahkan baca Cara Mendapatkan Backlink dengan Mudah.
Ciri-ciri Komentar Spam yang Berbahaya bagi Blog Website
Bagi administrator blog, eksistensi komentar spam adalah musibah. Oleh karena itu, apabila terdapat komentar di blog anda, silahkan segera dihapus. Mungkin dari anda belum banyak yang tahu tentang bentuk dan jenis komentar spam, sehingga hal itu perlu saya jelaskan dalam posting kali ini. Berikut merupakan ciri-ciri komentar spam.

Ciri-ciri Komentar Spam yang Berbahaya bagi Blog Website

1. Isi Komentar Berupa Link Aktif
Pernahkah anda menjumpai isi komentar dari visitor blog yang berupa link aktif? kalau pernah, itu adalah komentar spam. Silahkan dihapus saja komentar tersebut, karena bisa mempengaruhi reputasi blog anda dimata mesin pencari. Sudah beberapa kali saya menjumpai komentar spam di blog saya, dan kemudian langsung saya hapus.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan oleh komentator spam. Toh tidak ada manfaatnya. Malahan anda akan rugi waktu, karena waktu anda terbuang sia-sia untuk berkomentar spam, yang mana ujung-ujungnya komentar anda akan dihapus oleh administrator blog. Sebaiknya berkomentarlah yang baik dan sopan. Tentu harus sesuai dengan topik artikel. Dengan begitu anda akan dihargai. Dan bisa jadi administrator blog akan berkunjung balik ke blog anda.

2. Isi Komentar Berupa Promosi Produk
Point ini apabila ditinjau sekilas, bukan merupakan komentar spam, karena isi komentar tidak berupa link aktif. Namun, apabila ditinjau secara komprehensif, ternyata isi komentar tersebut masuk ke dalam kategori komentar spam. Kenapa saya bisa bilang seperti itu? Alasannya adalah komentar yang berupa promosi produk biasanya duplikat kontent, yang mana isi komentar selalu sama di blog yang mereka beri komentar. Adapun di internet, yang namanya duplikat konten, itu merupakan spam.

Oleh karena itu, isi komentar yang berupa promosi produk sebaiknya kita hapus dari kolom komentar yang terdapat di blog kita. Karena hal itu akan merugikan eksistensi blog kita. Sebenarnya untuk promosi produk sudah ada tempatnya tersendiri. Misalnya berpromosi di Google AdWords, di KlikSaya, AdsenseCamp, dan lain sebagainya.

3. Isi Komentar tidak Sesuai dengan Topik Artikel
Kita mungkin sering menjumpai isi komentar yang tidak sesuai dengan topik artikel. Mungkin sang komentator agak sedikit terburu-buru atau mungkin tidak bisa berlama-lama dalam berkomentar atau mungkin alasan yang lain, sehingga mengakibatkan komentar yang ia berikan tidak nyambung dengan topik artikel postingan. Isi komentar tersebut bisa dikategorikan sebagai komentar spam, dan juga bisa dikategorikan sebagai komentar bukan spam. Belum ada kepastian dalam hal ini.

Namun, bagi saya pribadi, saya masih bisa memaklumi isi komentar yang demikian. Karena masih dalam tatanan berkomentar dengan baik tanpa ada link aktif dan tanpa promosi produk. Namun, komentar yang demikian, tidak dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan blog kita, karena isi komentar tidak sesuai dengan topik artikel.

Demikian sedikit penjelasan dari saya tentang Ciri-ciri Komentar Spam yang Berbahaya bagi Blog Website. Semoga dapat memberikan pamahaman kepada anda sekalian tentang dampak buruk dari komentar spam. Sehingga komentar spam perlu dihindari dan dicegah eksistensinya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

16 komentar:

Wahyu said...

manteb mbak ririn,tukeran link yok mampir balik donk mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

terimakasih banyak mbak Wahyur Pras. :)

Kang Jum said...

benar mbak Ririn, sekarang sering berkomentar dengan hanya sedikit kata untuk basa basi doang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Salah satu modusnya seperti itu pak, hanya basa-basi saja dalam berkomentar, sehingga isi komentar tidak sesuai dengan topik artikel yang dibahas :)

Wahyu said...

:) waduh ada bu master.
Komentar spam dah merajalela mbak.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya mbak sekarang banyak komentar spam :)

Unknown said...

sepertinya saya harus memeriksa kembali komentar-komentar di artikel blog saya, karena tidak sempat membalas komen-komen jadi nggak tau ada spam atau nggak-nya mbak :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mbak hehehe :) Silahkan dicek blog nya Mbak Elsa kalau begitu. Kalau saya biasanya langsung saya hapus kalau ada komentar spam yang masuk di blog saya. Karena cukup meresahkan hehe :)

Qudrat Priatna said...

Mungkin yang berkomentar, belum memahami sepenuhnya maksud dari subtansi artikelnya, karena terlalu cepat baca atau mungkin hanya sekilas saja (ha ha), tapi maaf (hanya sekedar saran) kalaupun komentarnya pendek sepanjang komentarnya bukan spam, ya tidak apa-apa, mungkin dia masih taraf belajar atau baru mengenal blogging tapi dia ingin mengucapkan terima kasih kepada mbak. Ok itu saja komentar dari saya mbak, maaf jika ada yang salah.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kemungkinan juga seperti itu pak. Saya juga menyadari dan memahami hal itu (komentar pendek) karena saya pun dulu pernah melakukan seperti itu pada awal-awal ngeblog hehe :D

Terimakasih Pak Quadrat atas saran dan masukan yang sangat berharga ini untuk kita semua. Salam :)

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Betul sekali mbak, paling menjijikan komen yg makasih artikel bagus, keren ya gitu doang jadinya pake sistem moderasi deh blog saya.

Soalnya ga sepadan dengan komentar yang saya berikan di blognya. Jadi bener meresahkan. Makanya saya langsung memfilternya ke ruang spam

Unknown said...

Hehee rin.. Maaf yaaa mau tanyaa link hidup itu sebenarnya yang seperti apa yaa..???
Bagaimana cara membuatnya di kotak komentar?
Aku masih belum tahu yang namanya link hidup..
Kalau ini contoh link hidup bukan??? http://muyadevoteeshonesty.blogspot.com

Agus Supriyono said...

oke, ilmu lagi ni dalam perbloggeran, begini kalau rajin berkunjung ke blog nambah pengetahuan terus, apalagi di blognya mba ririn yang informatif banyak pengetahuan yang saya dapatkan dari blog ini

Sigit Dwi Prasetyo said...

Good post
http://sixghakreasi.com/

nuhid santai said...

bermanfaat banget nih,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Muhammad Nuhan Nahidl, iya semoga berguna ya ;)

Post a Comment