Jejaring Sosial dan Tendensinya

Jejaring Sosial dan Tendensinya Kita pasti sudah sangat akrab dengan berbagai jenis jejaring sosial yang ada di dunia maya. Tak dapat dipungkiri dengan memanfaatkan jejaring sosial kita bisa berhubungan dengan orang-orang dalam kehidupan kita. Bahkan mungkin lebih mengasyikkan dibandingkan dengan berinteraksi secara langsung di dunia nyata. Itulah mengapa media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+ sangat digemari oleh masyarakat di dunia. Yang tak kalah menarik ternyata di Indonesia juga termasuk pengguna jejaring sosial yang cukup besar.

Namun, taukah anda bahwa setiap jejaring sosial ternyata mempunyai kecenderungan tersendiri. Kecenderungan yang dimaksud disini adalah perilaku penggunanya dalam menggunakan jejaring sosial tersebut.
Jejaring Sosial dan Tendensinya
Image by arman-gabung.blogspot.com
Oleh karena itu, hal ini saya anggap perlu dan penting untuk saya jelaskan tentang jejaring sosial dan tendensinya. Mengingat banyak diantara kita belum begitu paham tentang fungsi dan kegunaan masing-masing jejaring sosial. Berikut merupakan penjelasannya.

Jejaring Sosial dan Tendensinya

1. Sharing pengetahuan
Madia sosial seperti Blogger dan WordPress merupakan media yang paling cocok untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Pasalnya semua netizen (pengguna internet) bisa mengakses berbagai website dan blog yang berbasis sumber terbuka (open source). Kebanyakan mereka memanfaatkan mesin mencari untuk mendapat informasi tentang apa yang mereka cari.

Berbagai blog dan website merupakan gudang informasi dan pengetahuan untuk disebarluaskan kepada seluruh masyarakat di dunia. Adalah tidak tepat apabila eksistensi sebuah blog/web dimanfaatkan untuk curhat atau pamer foto, karena kita tidak tahu siapa saja yang membaca dan mengakses blog kita. Selain itu, banyak netizen kurang berminat untuk membaca artikel yang berisi curhat dan atau cerita tentang kehidupan pribadi, kecuali memang administrator blog adalah artis atau tokoh terkenal, itu lain lagi ceritanya.

2. Curhat dan sharing foto
Munculnya jejaring sosial Facebook menjadikan sebagian besar penggunanya memanfaatkan media sosial ini sebagai media untuk curhat. Pasalnya, selain jejaring sosial ini bersifat sumber tertutup, dalam artian hanya bisa diakses apabila kita log in, juga aman keberadaannya. Kalau dahulu kita ingin curhat, pasti secara diam-diam dengan teman kita ditempat yang tersmbunyi, namun sekarang dengan adanya Facebook, kita curhat secara publik.

Selain itu, jejaring sosial yang satu ini banyak dimanfaatkan juga untuk menyimpan foto pribadi dan juga foto bersama teman-teman. Sehingga kita bisa menunjukkan foto kita kepada teman-teman kita pada jejaring sosial ini.

3. Sharing informasi dan berita
Kecenderungan ini melekat pada jejaring sosial Twitter, yang mana kebanyakan penggunanya memanfaatkan Twitter untuk berbagi informasi dan berita kepada follower-followernya. Selain itu, jejaring sosial ini juga banyak digunakan oleh para artis dan juga para tokoh masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan kepada para fans-fans nya.

4. Sharing video
Sebenarnya berbagai media sosial yang ada di internet bisa digunakan untuk sharing video, namun yang paling populer dan yang paling digemari dan oleh netizen adalah Youtube. Situs Youtube adalah situs mitra host Google yang keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk uploud video, menonton video, dan juga bisa di download video tersebut.

5. Chating dan video call
Hampir semua jejaring sosial yang ada di internet semuanya sudah mempunyai fasilitas ini. Baik itu Yahoo Messenger, Facebook, Skype, Google+, ataupun yang lainnya. Kita tidak perlu memiliki pulsa untuk memanfaatkan fasilitas chating ataupun video call. Namun, kita hanya perlu koneksi internet untuk bisa mengakses situs-situs yang mempunyai fasilitas tersebut.

6. Media untuk mencari uang
Seiring dengan perkembangan zaman, kini jejaring sosial banyak dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan atau yang biasa disebut dengan Bisnis Online. Katakanlah misalnya Blogger. Kita bisa memanfaatkan konten online yang ada di blog kita, kemudian kita bergabung dengan Google AdSense, kita bisa meraup uang yang jumlahnya tidak sedikit. Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mancari penghasilan di internet. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Macam-macam Bisnis Online di Internet.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Jejaring Sosial dan Tendensinya. Semoga beberapa jenis jejaring sosial yang ada di dunia maya dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Akhir kata terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

4 komentar:

Anonymous said...

makasih infonya... facbook in ok

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

jancokers: iya sama-sama mas :)

Kang Sun said...

Sementara facebook saya gunakan untuk chat dulu, hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya tidak apa-apa kang. Semua jejaring sosial memang cukup asyik untuk chating. Apalagi ditambah dengan adanya emoticon. Bisa dipastikan ngobrol via chating bisa lebih seru dan terkesan serta lebih hidup :)

Post a Comment