Cara Membuat Jawaban E-mail Secara Otomatis di Gmail

Cara Membuat Jawaban E-mail Secara Otomatis di Gmail Ketika anda hendak berlibur ria dari dunia online, misalnya ingin mudik lebaran, liburan kuliah, atau mungkin libur kerja, anda perlu menyiapkan segala sesuatunya. Apabila anda pengelola blog, tentu anda tetap harus update artikel postingan setiap hari. Bagaimana caranya? anda bisa menjadwal publikasi artikel postingan di blog anda. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Menjadwal Waktu Publikasi Postingan di Blogger. Sehingga ketika anda berlibur, anda tetap bisa update.

Selain itu, apabila aktivitas E-mail anda cukup aktif, anda juga bisa mengaturnya. Caranya bagaimana? anda bisa mengatur jawaban E-mail secara otomatis. Sehingga, apabila anda seseorang yang mengirim pesan untuk anda via E-mail, maka akan terjawab secara otomatis.
Cara Membuat Jawaban E-mail Secara Otomatis di Gmail
Seperti yang telah saya sebutkan diatas, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tutorial tentang Cara Membuat Jawaban E-mail Secara Otomatis di Gmail. Ide tulisan ini muncul ketika beberapa waktu yang lalu saya blogwalking di Hayardin.com Tutorial ini sengaja saya buat untuk memperlengkap tutorial yang ada di blog saya. Thanks untuk Mr. Hayardin atas ilmu yang anda berikan kepada saya :)

Berikut adalah langkah-langkah untuk men-setting E-mail anda agar bisa menjawab secara otomatis. Oh iya, ini khusus Gmail. Untuk E-mail yang lain, saya kurang tahu bagaimana cara mengaturnya.

Cara Membuat Jawaban E-mail Secara Otomatis di Gmail

1. Langkah pertama silahkan kunjungi Gmail. Log in menggunakan Username dan Pasword anda masing-masing
daftar google mail, cara buat akun email di gmail
2. Setelah anda masuk ke Gmail, langkah selanjutnya silahkan klik menu Setelan/Setting yang ada di pojok kanan atas.
cara mengirim email di gmail dengan mudah
3. Setelah anda masuk ke menu Setelan/Setting, silahkan pilih sub menu Umum. silahkan atur beberapa opsi berikut ini.
Auto Respon Email di Google Mail, Cara Setting nya
Keterangan:
Nomor 1 silahkan pilih sub menu Umum
Nomor 2 pilih opsi Responder Liburan On
Nomor 3 isi Subject/Judul Pesan dalam E-mail yang akan anda buat
Nomor 4 isi Pesan apa yang ingin anda sampaikan
Nomor 5 tidak usah di centang

Selanjutnya silahkan klik tombol Simpan Perubahan.

Contoh Subject:
Terimakasih sudah menghubungi saya

Contoh Isi Pesan:
Terimakasih sudah menghubungi saya via E-mail. Pesan anda sudah saya terima dalam inbox saya. Saya akan segera membalas pesan dari anda secepat mungkin.


Regard


Ririn
cara-ririn.blogspot.com

Setelah itu mungkin anda bisa mencobanya apakah berhasil ataukah tidak, yakni dengan cara mengirim pesan kepada E-mail yang beru saja anda setting. Apabila berhasil, saya ucpkan selamat!!!

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Jawaban E-mail Secara Otomatis di Gmail. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

43 komentar:

Yanuar Catur said...

wahh, mantep nih tutorialnya. Langsung coba dehhh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Biasa aja kok mas, nggak mantep-mantep amat kok wkwkwkwkwk :D
Iya silahkan dipraktekkan supaya bisa paham :)

Masnady said...

wah sip deh mbak.. tapi email saya nggak pernah saya pakek untuk kirim pesan mbak.. emailnya cuma buat syarat saja hehehehe.... tapi makasih nih tips nya.. tak save dulu ya..? hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu, iya nggak apa-apa mas. Mungkin sekarang E-mail anda belum digunakan secara optimal, tapi suatu saat nanti kan siapa tahu sangat sering digunakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempraktekkan trik ini. Hehehe :D

Thanks ya sudah mampir di blog saya :)

hayardin said...

Mantap Mba Ririn tutorialnya...saya juga menggunakan Tips ini di dalam akun gmail saya....Tips ini memang sangat cocok kita gunakan ketika kita akan keluar kota yang tidak memungkinkan kita untuk membalas email yang masuk secara Manual....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe Terimakasih banyak Mas Hayardin sudah sharing informasi yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Tutorial diatas hasil inspirasi dari blog anda. Thanks ya sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)

HP Yitno said...

Jadi caranya begini to.
Dulu sempet heran, baru kirim email kok langsung dapat balasan. Apa beneran orangnya selalu mantengin internet. Ternyata beliau memanfaatkan model ini too.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas ini adalah salah satu trik untuk menjawab pesan email dari seseorang secara otomatis. Kita bisa menggunakan cara ini apabila kita akan off sementara dari dunia online. Selain itu, bisa juga digunakan untuk promosi blog kita kepada orang lain. Hehehe :D Pengalaman yang sangat menarik kawan. Jadi sekarang kita hanya perlu mencobanya :)

Unknown said...

infonya sangat bermanfaat mbak...??
boleh nih di coba.. nanti.

Unknown said...

eh baru tau saya mbak.. :)

keren juga nie, biasanya dipakai para Internet Marketer..

Update Campuran said...

begitu ya, saya juga baru tau.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Cuute Yanti, iya silahkan dipraktekkan mbak :)

Mas Daniel Erick, iya mas trik ini lumayan keren. Siapa saja boleh mencobanya kok, asalkan punya akun Gmail. Tidak hanya internet marketer saja hehehe :D

Masnady said...

nggak ada yang ngirim email ke saya mbak.. yang serin ngirim email ke saya cuma google plus hahaha...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Om Update Campuran, berarti anda nggak sia-sia ya sudah berkunjung di blog saya hehehe karena dapat ilmu baru hehehe :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nady, wah mungkin Google Plus ngefans sama anda mas, sehingga sering kirim E-mail ke anda hehehe :D

Update Campuran said...

iya mb, saya kira email yang begituan bot yang kirim, ternyata setingan otomatis.

Claresta said...

makasih infonya sis,,, saya baru tahu nih. saya kira bikin kaya gitu itu sulit, tp ternyata cuma setingan saja.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Update Campuran, owh begitu ya mas hehehehe :D saya juga tahu nya begitu, tapi ternyata tidak hehehe Thanks sudah mampir kesini :)

Indri Lidiawati, iya sist sama-sama. Nggak sulit kok sist buat kayak gini. Mungkin yang sulit karena kita belum tahu tadinya hehehe :)

Mizz Aiza said...

terima kasih di atas tutorial ini.. boleh saya cuba selepas ini..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan dicoba mizz hehehe :)
Thanks ya sudah singgah kemari :)

Bagus Hermawan said...

bisa dijawab secara automatis ternyata, terima kasih mbak atas informasinya, saya coba dulu :)

dunia maya said...

mantengin tyus mas :-D

dunia maya said...

trimakasih dah berbagi mb,,,,
saya save dlu,,,moga suatu saat nnti bs lgsung bka,,, g pk nyari lama,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas HeQris, iya mas. Ini apabila di setting di Email Gmail, maka apabila ada pesan masuk, maka akan terjawab secara otomatis :)

Mbak MaYa KayLa, iya mbak silahkan di save/bookmark, siapa tahu nanti atau beson trik ini bisa berguna untuk anda :) Thanks ya sudah mampir :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

wah ini sangat memabntu sekali mbak, penting nih. ternyata ada jawaban otomatis seperti ini. makasih ya infonya

Mbak Iis said...

mungkin bisa disimpan dulu, mslhnya belum pakai gmail..mungkin besuk kalau sudah menggunakan bisa dipakai.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas sabda awal, iya mas trik ini lumayan penting untuk diterapkan ketika kita akan off sebentar dari dunia online. Misalnya ingin mudik lebaran, liburan kuliah, ataupun yang lainnya. Thanks ya sudah mampir :)

Mbak Iis, iya slahkan disimpan dulu buk. Siapa tahu besok atau kapan tutorial ini perlu untuk aktivitas email anda. Kalau orang akademisi bisa dipastikan email-nya selalu aktif. Seperti anda hehehe Thanks sudah singgah kemari :)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks ya sudah mampir :)

Rohis Facebook said...

folbekx sukses *smile

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ma kasih Pak Rohis sudah follow blog saya. Nantikan update artikel menarik dari blog saya ya hehehe :)

Sigli Cyber said...

klo ane sih jrang pake gmail nya..
tpi cucok deh bwt tutor nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau menurut saya sih tergantung dari kebutuhan sih mas. Ada yang sering menggunakan Gmail dan ada pula yang jarang atau memilih menggunakan Email dari situs lain. By the way terimakasih banyak ya sudah berkunjung di blog saya :)

Anonymous said...

wah baru tahu sekarang saya kalau email Gmail bisa diseting seperti ini, jadi meskipun kita sedang liburan kalau ada yang mengirim email ke kita bisa langsung direspon yah mbak... boleh dicoba nih, kalau email yang lain seperti yahoo atau hotmail bisa juga nggak yah?

Unknown said...

Tampaknya hal ini merupakan bentuk kepedulian kepada pengunjung/mitra/rekan/sahabat/customer dengan segera meberikan respon atas email yang masuk. Layanan prima seperti ini bagian dari pola hidup modern yang serba cepat, instan, efisien, dan efektif. Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang.

Mang Lembu said...

sejak lama saya pake setelan ituh...cuman jadi kesian sama peng email, terutama email dari kantor...karena belum beberapa menit udah ada jawaban dari email kita....dianggapnya kita steycun...gituh lama ngga ada jawaban yang ditunggu oleh peng email itu...kesellah mereka..dan segera menelpon..."lu udah jawab email, tapi berita yang diharepin ngga nongol2..dasar dodol lu"..gituh masa?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthoni, iya benar sekali mas. Trik ini bisa bermanfaat ketika kita hendak berlibur ria, misalnya seperti mudik lebaran. Jadi, kalau nanti ada orang yang mengirim Email ke alamat Email kita, maka akan terjawab secara otomatis. Iya silahkan dicoba dipraktekkan agar supaya bisa lebih paham. Mengenai Email yang lain saya belum tahu mas cara men-setting nya. Sejauh ini, saya hanya baru tahu tentang Gmail saja. Thanks ya sudah mampir kesini :)

Pak Herdoni, iya benar pak. Tapi kalau dalam mengaplikasikan-nya kurang tepat, menjadi tidak nyaman bagi mereka teman, partner, kerabat, tetangga, dan lain lain yang telah mengirim Email kepada kita. Ada saat-saat tertentu untuk menggunakan trik ini. Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel adalah ketika kita hendak melaksanakan liburan dengan waktu cukup lama dan sementara waktu libur dari dunia online. Seperti itu pak :)

Pak Cilembu, wah bagus itu pak kalau anda sudah tahu sejak lama. Iya benar juga apa yang anda ceritakan bahwa kadang-kadang menjadi kurang nyaman untuk diterapkan karena pengirim menjadi malas untuk mengirim Email kepada kita karena alasan Email balasan berisi konten yang bukan diharapkan. Kalau menurut saya trik ini cocok untuk diterapkan tidak setiap hari, melainkan cocok diterapkan ketika kita akan berlbur sementara dari dunia online. Thanks ya pak atas share pengalaman yang sangat menarik. Pengalaman anda bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua.

Anonymous said...

Sangat bermanfaat, suatu saat ini kan saya butuhkan, Izin Bookmark

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas. Trik ini bisa kita aplikasikan ketika kita hendak berlibur dari dunia online. Silahkan di bookmark saja langsung biar tidak sulit untuk mencarinya lagi hehehe :)

Anonymous said...

selama menggunakan gmail baru tau saya ada cara membuat jawaban secara otomatis digmail.. hehehe.. makasih ya udah dishare.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Mungkin trik ini jarang diinformasikan kepada pembaca, sehingga banyak yang belum tahu ^^

Thanks ya sudah berkunjung di blog saya :)

Ahmad Zaelani said...

kereen nih,... baru tau ada juga yang kayak gini, maksih infonya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya Mas Zaelani, trik ini lumayan keren sebagai upaya untuk mengoptimalisasi penggunaan Gmail ketika kita hendak berlibur ria dari dunia online :)

Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Post a Comment