Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools

Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Mendapatkan Google Sitelinks sebagai panduan praktis untuk memperoleh sitelinks dari Google di mesin penelusuran nya. Apakah anda belum tahu tentang Google Sitelinks? adalah ringkasan laman web/blog pada laman hasil penelusuran Google yang terdiri dari situs utama dan tautan situs (sitelinks). Ada banyak manfaat bila web/blog kita bila memperoleh sitelinks. Tentu saja hal itu memudahkan pengguna internet untuk menemukan informasi dari web/blog kita dengan mudah dan cepat.

Namun, karena sitelinks yang diberikan oleh Google ini secara otomatis menurut algoritma nya, terkadang sitelinks nya tidak sesuai atau tidak tepat. Sehingga, kita perlu untuk menurunkan nya. Kan sayang apabila sitelinks tersebut diturunkan, mengingat untuk memperoleh nya tidaklah mudah? Berikut adalah alasan yang melatarbelakangi kenapa sitelinks perlu untuk diturunkan. Penjelasan ini saya kutip langsung dari Google Webmaster di url ini https://support.google.com/webmasters/answer/47334?hl=en

If you think that a sitelink URL is inappropriate or incorrect, you can demote it. Demoting a URL for a sitelink tells Google that you don't consider this URL a good sitelink candidate for a specific page on your site. Google doesn't guarantee that demoted URLs will never appear as a sitelink, but we do consider a demotion a strong hint that we'll try to honor when generating sitelinks.

Jadi, intinya adalah bila sitelinks yang diberikan oleh Google tidak tepat pada hasil pencariannya, kita bisa meminta nya untuk menurunkan nya atau mendemosikannya. Kita bisa mendemosikan sitelinks tersebut pada laman Google Webmaster. Berikut saya jelaskan tata Cara Demote Sitelinks dari Google. Mohon disimak baik-baik ya.

Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools

1. Silahkan kunjungi laman Google Webmaster di url http://google.com/webmasters/ Nanti anda akan menjumpai laman seperti screenshoot dibawah ini. Silahkan klik tombol Masuklah ke Layanan Alat Webmaster.
Cara Menghapus Google Sitelinks
2. Sign in menggunakan Username dan Pasword anda masing-masing.
Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools
3. Silahkan klik alamat web/blog anda
Cara Menurunkan Sitelinks dari Google
4. Setelah anda masuk, silahkan pilih Menu Tampilan Penelusuran dan kemudian pilih Sub Menu Taut Situs/Sitelinks.
cara menghilangkan sitelinks blog kita di google search
5. Silahkan masukkan url postingan anda yang ingin diturunkan ke dalam kolom dan kemudian klik tombol Demosikan.
cara agar google sitelinks tidak bisa muncul
Meskipun anda sudah mendemosikan url postingan anda, Google tidak menjamin bahwa sitelinks tersebut benar-benar bisa diturunkan. Namun, Google tetap akan berusaha untuk menurunkannya.

Berikut adalah screenshoot contoh blog yang sudah memperoleh Google Sitelink dengan jumlah 6 sitelinks.
contoh google sitelinks yang masih muncul
Berikut adalah screenshoot contoh blog yang sitelinks nya sudah diturunkan sehingga sitelinks nya tinggal menjadi 2 buah.
contoh google sitelinks yang sudah di demosikan atau di hapus dari hasil pencarian google
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Demote Sitelinks dari Google. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga postingan yang lainnya tentang Manfaat Google Sitelinks bagi Web/Blog. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

37 komentar:

Unknown said...

saya pikir gak bisa, mau coba tapi site link udah hilang. terlihat simple kalau hanya pakai 2 site link.

Bagus tutorial nya mbak, :D

Mizz Aiza said...

bagus sekali sharing ini.. boleh dicuba.. terima kasih ya.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, silahkan dicoba mas untuk membuktikannya hehehe :D
Kalau belum ada sitelinks, tunggu sampai sitelinks nya muncul, baru kemudian didemosikan :D

Mizz Aiza, biasa aja kok mizz, nggak bagus-bagus banget kok wkwkwkwkwk :D Thanks ya atas kunjungannya :)

Claresta said...

makasih infonya mbak Eka,,, sekarang saya jadi tahu cara menurunkan sitelink. Ntar mau saya demosikan aja sitelink saya biar memenuhi halaman pertama mesin pencari,,, hehehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lebih baik pilih sitelinks yang tepat dan sesuai dari pada menurunkan semua sitelinks. Sayang kan kalau sitelinks yang diperoleh dengan susah payah malah di turunkan semuanya :) Thanks mbak atas kunjungannya :)

Kang Ucup said...

saya malah belum punya sitelinks :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nggak apa-apa Kang Ucup, yang penting fokus dulu pada pengelolaan blog dan update artikel baru di blog secara rutin. Nanti lama kelamaan pasti akan dapat Google Sitelinks dengan sendirinya :)

Unknown said...

Artikelnya sangatt Bermanfaatt Mbakkk makasiii yahhh Hehehe
Saya Mau langsung Coba :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok silahkan dicoba. Thanks ya atas kunjungannya :)

Anonymous said...

tapi harus nunggu site kita dapet sitelink dulu kan baru bisa mengikuti tutorial ini, nanti kalau saya udah dapet sitelink saya pasti butuh artikel ini, makasih mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar Mas Anthonie, kita harus punya sitelinks dulu, baru bisa mempraktekkan trik diatas. Thanks ya sudah menambahkan :)

Anonymous said...

kalau blog saya itu kadang2 mb', kadang muncul 2 sitelink kadang muncul 6 sitelink itu kenapa yah mb'?
#Rizkyzone.com

Anonymous said...

Kalau saya tidak apa-apain Mbak ,mudahan saja sitelinknya bisa bertahan lama.

Djangkaru Bumi said...

Aku belum kebagian sitelink. mungkin saat ini belum jatah arisanku. Terimakasih !

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Rizky, wah saya juga kurang tahu mas. Punya saya juga seperti itu, yakni kadang muncul 2, kadang 4, dan kadang juga 6. Hmmmm :)

Mas Infosaja, wah selamat ya mas blog nya sudah punya Google Sitelinks. Semoga bisa awet ya :)

Pak Djangkaru, wah pak djangkaru sukanya merendah. Saya sudah lihat kok bahwa blog anda sudah dapat sitelinks, yakni 2 buah hehehe :D

Anonymous said...

Hmmmm makasih sharenya, tp sy pikir ga bakal ada orang yg mau menyingkirkan tulisannya yg muncul di sitelink, hehehehe... punyaku dulu sempat nongol, gara2 deindex kemarin, hilanglah sesuati itu,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar juga ya bang hehehehe :D Tapi sebenarnya tutorial ini dimaksudkan untuk meluruskan berbagai tutorial yang banyak beredar di dunia maya, yakni mengartikan "demosite" sebagai mendapatkan sitelinks, padahal itu tidak benar. Yang benar bahwa demosite adalah cara untuk menurunkan atau menyembunyikan sitelinks dari Google Search :) Thanks ya atas kunjungannya :)

Unknown said...

wah, belum ngerti sekali masalah kayak gini hehehhe :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama mbak, saya juga sedang belajar tentang Google Sitelinks, jadi belum banyak tahu hehehe :D

Rawins said...

penjelasannya mantap, sis
lugas dan jelas
berarti otakku saja yang belum nyampe karena masih saja bingung, hehe... maklumlah cuman bisa ngoceh doang di blog. ga bisa secanggih teman teman...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ah biasa aja kok pak nggak mantap-mantap amat hehehehe :D Wah Pak Rawins sukanya merendah deh, padahal sebenarnya sudah tahu kan tentang Google Sitelinks hehehe :D Saya malah baru tahu kemarin dan hingga kini masih belajar :) Thanks pak sudah singgah kemari :)

Unknown said...

Wah...saya kira demosikan itu maksudnya untuk memunculkan site link -_-
Benar-benar pemula yang salah kaprah

Putra said...

Wah, saya g tau apa2 ni mbak. Blog saya malah g punya sitelink. Hahaaa

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, iya benar mas bahwa domite bermakna menurunkan :)

Mas Wahyu, saya juga lagi belajar kok mas :)

Unknown said...

Ada ruang untuk komunikasi antara Google dengan admin situs atau blog bila terjadi kekurangtepatan sitelinks. Umpan balik selalu dibutuhkan untuk kenyamanan bersama. Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang !

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu pak. Memang, terkadang sitelinks yang kurang tepat juga membuat kita kurang nyaman. Sehingga memungkinkan kita untuk mendemosikan nya agar tidak tampil di search engine. Thanks pak atas kunjungannya :)

Rawins said...

lhah sapa bilang...
liat aja jurnal jurnal di blog aku isinya tulisan ngaco semua
ga ada yang mutu blash...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Itu kan menurut bapak. Tapi kalau menurut saya artikel yang ada di blog anda sangat bagus dan menginspirasi kita semua :)

Ahmad Zaelani said...

saya belum punya sitelinknya.. malahan baru tahu, terima kasih.. artikel ini sangat bermanfaat sekali,....

Ahmad Zaelani said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ahmad Zaelani said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok Mas Zaelani sama-sama. Thnaks atas kunjungannya :)

Anonymous said...

sudah di lakukan mbak cuman sitelinknya belum muncul hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bunda, trik ini dilakukan jika blog anda sudah mendapatkan sitelinks dan kemudian sitelinks tersebut ingin di hapus, jadi anda bisa mendemosikan sitelinks di Google Webmaster Tools. Kalau anda ingin mendapatkan sitelinks, jangan mempraktekkan trik ini. Karena trik ini adalah kebalikan dari mendapatkan sitelinks.

Demote maknanya adalah = Menurunkan / Menghapus :)

Anonymous said...

oalah kok mbak tidak kasih tau sejak awal,pas cek pwsan dari webmaster bilangnya seperti ini

Seorang pengguna diverifikasi telah memblokir atau diblokir tautan situs untuk situs ini: http://www.catatanbundafirzha.com/.

Tautan yang ditunjukkan di bawah situs dalam hasil pencarian kami, yang disebut tautan situs, dimaksudkan untuk membantu pengguna menavigasi situs Anda. Sistem kami menganalisis struktur link dari situs Anda untuk menemukan jalan pintas yang akan menghemat waktu pengguna dan memungkinkan mereka untuk dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari. Proses pembuatan Tautsitus sepenuhnya otomatis, tetapi jika Anda berpikir bahwa tautan situs yang ditampilkan untuk situs Anda tidak sesuai atau tidak benar, Anda dapat memblokir mereka sehingga mereka muncul lagi. Informasi lebih lanjut.

bingung kok saya memblokir situs sendiri,makanya saya balik lagi dan baru tau kalau blog baru cara ini justru adalah kebalikannya,hehehhe terus apa yang saya harus lakukan mbak hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Untuk memperbaikinya, silahkan anda masuk ke Google Webmaster Tools, dan pada menu tautan situs/sitelinks, silahkan anda cabut url-url yang sudah di blokir. Nanti pasti akan normal lagi.

Untuk memperoleh Google Sitelinks untuk blog anda, anda bisa membaca artikel saya yang berjudul Cara Mendapatkan Google Sitelinks di blog ini yang sudah saya terbitkan beberapa waktu yang lalu. Untuk menemukan posting tersebut, silahkan gunakan kotak telusur yang ada di blog ini. Thanks :)

Penggemar Rahasia said...

matursuwun gan

Post a Comment