Manfaat Google Sitelinks bagi Web/Blog

Manfaat Google Sitelinks bagi Web/Blog Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Apa itu Google Sitelinks? Kini istilah tersebut tidak akan saya bahas lagi. Namun, uraian yang akan saya jelaskan pada artikel ini lebih fokus pada manfaat Google Sitelinks bagi Web/Blog. Pertanyaannya adalah apakah blog/web anda kini sudah mempunyai Google Sitelinks? jika belum, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendapatkan Google Sitelinks.

Berikut adalah screenshoot contoh web/blog saya yang sudah memperoleh Google Sitelinks. Cukup menarik bukan? hehehe :) Blog saya tersebut bisa mendapatkan Google Sitelinks dalam waktu kurang lebih 5 bulan. Memang, bukan waktu yang singkat dan bukan pekerjaan yang mudah. Melainkan adanya kerja keras, usaha, belajar, mengorbankan waktu, dan lain sebagainya.
Manfaat Google Sitelinks bagi Web/Blog
Berikut saya jelaskan tentang beberapa keuntungan blog kita mendapatkan sitelinks dari mbah google. Silahkan disimak baik-baik ya.

Manfaat Google Sitelinks bagi Web/Blog

1. Terlihat profesional
Sama seperti website yang sudah besar seperti Kompas, Facebook, Twitter, dan lain-lain ketika kita mengetikkan keyword tersebut dimesin pencari Google, maka kita akan disuguhkan dengan sitelinks situs mereka. Oleh karena itu mengapa dengan adanya sitelinks pada sebuah/web blog, itu bisa terlihat profesional, karena mirip dengan situs-situs besar tersebut.

2. Terlihat cantik dan menarik
Dengan adanya Google Sitelinks pada sebuah web/blog, maka akan terlihat menarik pada laman hasil penelusuran Google yang mana terdiri dari situs utama, dan sub menu situs (laman). Sehingga, dengan begitu maka akan memungkinkan pengguna internet (pengunjung) itu mengunjungi web/blog kita. Karena blog/web kita terlihat cantik di Search Engine Result Page (SERP) Google.

3. Muncul pada halaman pertama Google
Web/blog yang sudah memperoleh Google Sitelinks akan selalu muncul pada halaman pertama Google dengan nomor urut satu, dengan keyword judul blog/web yang dimasukkan pada mesin pencari Google. Oleh karena itu, apabila web/blog kita muncul pada halaman pertama dan menempati posisi ter-atas, maka akan meningkatkan trafik blog kita.

4. Memudahkan pengguna internet
Pengguna internet, yang dalam hal ini adalah visitor, dapat dengan mudah menemukan informasi yang dicarinya apabila web/blog sudah mempunyai sitelinks. Karena biasanya sitelinks yang ditampilkan adalah laman yang paling sering dikunjungi dan banyak ditaut.

5. Meningkatkan trafik blog
Dan yang terakhir adalah dengan adanya Google Sitelinks pada blog kita, itu secara tidak langsung akan meningkatkan trafik blog kita. Karena web/blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari Google.

Demikianlah uraian singkat dari saya tentang Manfaat Google Sitelinks bagi Web/Blog. Semoga dapat bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools. By the way terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

61 komentar:

Meutrap said...

Mantap kak artikelnya,
apalagi muncul di halaman pertama google,
itu yang saya inginkan.
terima kasih artikelnya,
:)

Unknown said...

mba' dulu blog saya yg satunya sudah pernah dapet google sitelink tapi skrang sudah tidak ada sitelinknya, nah itu penyebabnya apa ya mba'?

terima kasih

Anonymous said...

Wah hebat mbak ririn udah dapet 6 sitelink ^_^ :D, betul banget mbak keuntungan-keuntungan diatas, saya paling suka karena bisa memudahkan artikel blog kita berada di page one SERP google ^_^

Unknown said...

waahh.. Selamat yah mba... :-)

Anonymous said...

postingan ini memotivasi saya untuk lebih bersemangat dalam ngeblog. ^^

Unknown said...

Mantaps juga sitelink ya mbak.

Mizz Aiza said...

blog saya tidak dapat google site link.. hebatnya blog anda sudah dapat 6 site link.. :D

Afrid Fransisco said...

punyaku ngga ada bu, padahal umur blogku udah 1 tahun ni, bulan ni ulangtahun ke 1 he he...

Unknown said...

Oh aku baru tahu master.......

Unknown said...

aku baru bergabung....semoga bisa menimba ilmu

Unknown said...

Berharap bisa dapat Sitelink lagi, punya saya hilang pas kena Auto Blog Email, :(

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

saya udah pasang sejak lama mbak. tapi aneh ya, kadang site linknya muncul ngga sesuai dengan yang didaftarkan

blogger said...

mbak sory oot,, tolong review tentang cara mengatasi duplikat content di webmaster ( tampilan penelusuran => penyempurnaan html )

Anonymous said...

makasih mastah atas infonya :D sangat bermanfaat untuk blogger newbie seperti saya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Meutrap, saya kira artikelnya biasa aja kok, nggak mantap-mantap banget :D Semoga blog nya bisa muncul di halaman pertama Google ya. Good luck :)

Mas Awhnymous, banyak sekali penyebab kenapa Google Sitelink bisa hilang. Antara lain (i) blog mempunyai konten campuran, (ii) jarang update blog, (iii) tidak menggunakan Anchor Text yang tepat pada saat membuat internal link, dll :)

Mas Manarul, hehehe biasa aja kok mas. Nggak hebat-hebat banget :D Yang pasti ada kepuasan tersendiri jika web/blog kita mendapatkan Google Sitelink ya mas hehe :)

Mas Warim, thanks ya Mas Warim :)

Mas Fadly, good luck ya master. Saya do'akan Blog Kolong Tulis juga bisa segera memperoleh Google Sitelinks :)

Mas Vandobrack, iya lumayan mantap mas hehe :D

Mizz Aiza, nggak apa-apa mizz, yang penting blog nya rame itu sudah bagus kok. Alhamdulillah mizz hehe Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Mas Afrid, wah sekarang blog nya ulang tahu ya? Wah happy birtday aja dech. Semoga blog nya Mas Afrid makin sukses aja :)

Mas Faisal, iya sama berarti kalau begitu mas, kebetulan saya juga baru tahu hehe :)

Mbak Indah, wah kita sama-sama belajar mbak. Saya juga masih baru kok ngeblog nya hehe :)

Mas Daniel, tetap semangat ya mas. Auto Blog Copy Paste memang sangat merugikan. Jadi perlu segera diatasi permasalahan seperti itu :)

Mas Sabda, kok bisa getu ya mas? hmmm Apa jangan-jangan anda melakukan demote sitelink di Google Webmaster Tools ya? Kalau iya, berarti anda keliru. Demote sitelink itu artinya menyembunyikan sitelink yang sudah ada. Oleh karena itu, sebaiknya jangan melakukan demote sitelink. Tapi biarkan mengalir saja :)

Mas Hekos, wah saya kurang tahu mas, mohon maaf ya :)

Mas Koran, iya sama mas. Kita sama-sama belajar ya karena saya juga masih pemula kok :)

Claresta said...

google sitelink ternyata banyak manfaatnya ya mbak??? tapi sayangnya sitelink saya turun kebawah setelah saya menghapus beberapa archive dan tag judul duplikat di webmaster tool.... hmmm... :)
Mudah2 cpt pulih ya mbak, biar ringkas dan tampak cantik dilihat, hehehe :)

Unknown said...

Punya saya juga sudah hilang nih sis.. huft..

Mas Andes said...

mantap mbak banyak manfaatnya namun punyaku udah ilang hehe..
kalo muncul pada halaman pertama udah pasti mbak, kalo yang di ketik keyword nama blognya biarpun tanpa sitelink :)

Catatan Harian Irfan said...

Pengen dong mbk gimana si caranya :)

Mang Lembu said...

setuju dengan apa yang telah diterangkan diatas itu, lagian ngga gampang juga loh ng'dapetin sitelink itu...bangga dan seneng banget lah tentunya bagi blogger yang blognya bisa kaya blog ini...selamat yah.

Anonymous said...

Wah banyak manfaatnya yah kalau blog kita sudah punya google sitelink, punya saya belum ada sitelinknya mungkin karena jarang posting kali yah mbak Ririn :)

Unknown said...

Punya saya udah dapet belum ya mbk :D

Unknown said...

berharap bisa dapet sitelink kayak blog ini, tapi kapanya hehehe

Unknown said...

artikelny sngt bermnfaat skli...trimksih mbk

Masnady said...

poin 1.2 dan 3 saya setuju banget mbak.. sayang blog saya gado-gado. jadi susah untuk mendapatkan sitelink dari mbah google.. ntr saja deh kalau pas main ke tempat mbah google. saya minta hadiah site link hehehehe

Staff Administrator said...

Congrat ya mbak Rin..udah dapetin hal yg menjd salah satu dambaan para bloger....

Moga makin betah nempel trus di blog Elegance ini dan sukses selalu... :)

Unknown said...

wah-wah kadang-kadang punya saya ada sitelinknya tapi kadang juga tidak ada, gimana ya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Indri, saya juga berharap Blog Juragan Cipir bisa mendapatkan Google Sitelinks lagi. Supaya blog nya terlihat cantik dan menarik ya mbak hehe :)

Mas Adjie, wah sayang sekali ya mas kalau sitelink nya sudah hilang. Mungkin perlu dicari lagi mas, sampai ketemu hehe :D

Mas Andes, iya bener mas kalau keyword nya nama/judul blog pasti yang muncul blog nya. Tapi kan kurang keren kalau nggak ada sitelinks nya hehe :D

Mas Irfan, silahkan baca postingan saya terdahulu yang berjudul Cara Mendapatkan Google Sitelinks

Pak Cilembu, wah terimakasih banyak pak atas apresiasinya. Jadi terharu nich hehe :D

Mas Anthonie, mungkin karena tingkat kompetisi keyword judul/nama blog anda cukup tinggi mas. Jadi sulit untuk dapat sitelink :)

Mas Rahmat, dicek donk mas biar tahu udah dapat apa belum hehe :)

Mas Arie, mudah-mudahan Blog Gond3s.com secepatnya dapat sitelinks ya mas :)

Kang Zer, sama-sama Kang :)

Mas Nady, hehehe ada-ada aja nich Mas Nady. Emang tahu dimana rumahnya Mbah Google? hehe :D

Mas Budi, wah terimakasih banyak ya mas bud. Ini semua berkat do'a dan support dari teman-teman semua :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Baskoro, mungkin link internal nya kurang banyak mas. Jadi nya sering muncul dan sering tidak muncul sitelinks nya :)

Meutrap said...

Mudah-mudahan saja kak,
itu yang saya inginkan

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sipp dech kalau begitu :)

Hariyanto Wijoyo said...

sitelink-ku malah timbul tengggelam...entah ada apa gerangan dengan mbah Google :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin update blog nya kurang sering pak. Jadinya sitelink blog anda mudah datang dan pergi :)

Staff Administrator said...

Tapi knapa bisa beda ya mbak.jumlah sitenya...di tiap browsernya.....antara modzila,chrome sama versi opmin ataupun mobile... :)

Staff Administrator said...

Sy barusan tes.....di chrom dan via mobile ada 6..di modzilla cuma 4..
tapi blm coba pke pc lain...hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya nggak tahu mas bud, soalnya itu kan yang bekerja sistem algoritma nya Google heheehe :D

Kita hanya terima jadi aja :D

Staff Administrator said...

Hehe....iya mbak ta pikir juga demikian sih :)

Btw sy suka sama kata dari Yang "Terima Jadi" nya....mbak Rin... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin internal link yang dipasang di dalam setiap postingan blog kurang banyak mas. Jadi kadang sitelinks bisa muncul dan hilang.

Kita hanya bisa berusaha aja mas bud. Yang menentukan muncul tidaknya hanya mbah Google hehe :D

Kang Ucup said...

dari dulu saya kok belum dapat sitelink ya............

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Blog nya Kang Ucup umur nya berapa sekarang? :)

Kang Ucup said...

4 bulan mbak, ibarat bayi sudah belajar merangkak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin Kang Ucup perlu rajin-rajin pasang internal link di setiap postingan blog. Kalau bisa semua postingan di pasang internal link. 1 posting 3 buah link internal. Biar cepet dapat Google Sitelinks :)

Kang Ucup said...

terima kasih tipsnya mbak :)

AbdurahmanBW said...

blog kok bisa rame kaya gini ya..super..pengaruh dari google site link kayaknya..

Unknown said...

Wah berarti saya salah ngasih judul blog yah mbak jadi saingannya terlalu banyak, jadinya sulit buat dapat sitelink, tadinya sih biar keliatan keren gitu, tapi terlalu umum yah hehe...

Blogging said...

Mau...

Nurul Imam said...

Mbakyu gimana cara dapetinnya ? Pliss step by stepnya :D

Sigli Cyber said...

pngen deh kya mbak,,, dpet stelink dan pringkat 1 pncarian

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Ucup, sama-sama kang :)

Mas Abdurahman, alahamdulillah kang. Ini semua berkat support dari teman-teman Blogger :)

Mas Anthonie, kemungkinan sih begitu mas. Tapi nggak apa-apa, yang penting kan nama blog nya keren hehe :D

Mas Dadi, mau apa hayo? hehehe :D

Mas Nurul, silahkan klik link internal di postingan ini yang berjudul Cara Mendapatkan Google Sitelinks. Disitu ada penjelasannya untuk memperoleh sitelink dari Google mas :)

Mas Sigli, mudah-mudahan berhasil ya. Good luck ya :)

Mbak Maya, admin nya kan mbak yang keren? hehehe :D

MANG YONO said...

wooow keren master dapat sitelinks...

sitelinks saya pergi entah kemana eheheh... jempol deh master

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak master atas apresiasinya :)

Meitri Setiyo said...

bah kenapa baru sekarang sy nyasar di blog ini,, blog keren kaya gini, ramai dan yg mpunya mbak mbak, sudah master pulaa,, ah boleh deh belajar banyak di sini,, waduh mak ulasan2 artikelnya bagus2,,
wah salam kenal deh mbak dari saya,, blog ny sy follow,,
comeback y mbak sy newbie,, kasi deh masukan di blog saya,, :D :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wwkwkwk saya bukan master mas, tapi masih pemula. Baru buat blog aja tahun 2013 kok hehehe :D

Salam kenal juga ya. Saya sudah follow blog anda juga kok. Thanks ya atas kunjungannya :)

Anonymous said...

Info dan artikel yang sangat, bermanfaat buat semua blogging
malah saya belum paham Mbak dengan tips ini.
Jadi tau nih manfaat nya setelah membaca artikel ini
terima kasih atas kiat dan Ilmunya Mbak salam sukses

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas kita sama-sama belajar. Thanks ya atas kunjungannya :)

Nurul Imam said...

Caranya perbanyak link internal yah tadi saya baca, hmm repot juga nyisipin post klo udah pada tenggelem :(

technopart said...

mantab ini kak patut ditiru biar keluar pertama ditampilan google :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nurul, iya memang benar bahwa memperbaiki posting itu lebih sulit dibandingkan dengan membuat posting. Kalau postingan yang dulu belum sempat dipasang link internal, berarti untuk postingan selanjutnya saja yang perlu dipasang mas. Biar nggak repot :)

Mas Bayu, silahkan mas bayu. Semoga sukses ya :)

Masbimo said...

mantab artikel,nya
bermanfaat

Anonymous said...

Kunjungan malam lagi di season2 di priode Jumat 18-10-2013
Di blog Mbak Rin. Mantap nih artikel nya. dengan artikel yang
Mbak Rin Tulis memberi warna dan semangat baru untuk terus
Berbagi dan berkarya di blogging. semangat terus yah Mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Haryo, terimakasih ya atas kunjungannya :)

Mas Karis, terimakasih atas support nya mas karis :)

Post a Comment