Cara Membuat Link pada Teks / Tulisan Postingan Blog

Cara Membuat Link pada Teks / Tulisan Postingan Blog Adalah cukup membingungkan jika kita baru bergabung di dunia blogging. Dalam istilah kerennya adalah newbie atau Blogger Pemula. Banyak hal yang belum kita tahu tentang blogging. Setidaknya itu merupakan pengalaman saya ketika baru kali pertama kenal dengan Blogger. Bingung ingin menulis tentang apa? Bingung ingin mendesain blog seperti apa? Kalau lihat blog tentangga kok keren sekali. Oleh karena itu, biasanya blogger pemula lebih fokus pada desain web/blog daripada fokus menyajikan konten yang menarik dan bernilai manfaat. Konsekuensinya, praktek plagiarisme tidak dapat terhindarkan. Itulah pengalaman yang saya alami di awal tahun 2013 ketika saya kali pertama membuat blog. Namun, dengan berjalannya waktu, kini saya bisa menghasilkan tulisan sendiri, meski tulisan saya masih jelek.

Ada hal yang menurut saya cukup sepele tapi tidak banyak dibicarakan oleh Blogger Lama, yakni tentang memasang link pada teks/tulisan postingan blog. Ya, mungkin karena caranya sangat mudah dan sudah banyak diketahui oleh orang, sehingga blogger lama enggan untuk menulis tentang tutorial ini. Namun, ternyata bagi blogger pemula, untuk melakukan hal ini terbilang cukup sulit. Oleh karena itu saya menjadi tertarik untuk memberikan tutorial ini. Mudah-mudahan sedikit-banyak bisa memberikan pencerahan bagi blogger pemula yang belum tahu.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Membuat Link pada Gambar. Mungkin apa yang saya sampaikan dalam artikel ini adalah kebalikannya, yakni Membuat Link pada Teks. Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya.

Cara Membuat Link pada Teks / Tulisan Postingan Blog

1. Silahkan log in ke akun Blogger anda. Silahkan masuk ke Dashboard dan pilih Buat Entri Baru.
Cara Membuat Link pada Teks / Tulisan Postingan Blog
2. Silahkan tulis artikel anda. Jangan lupa untuk selalu menyertakan judul nya juga. Setelah artikel seudah selesai anda buat, silahkan block teks/tulisan yang ingin diberi link. Setelah itu, silahkan klik menu Link.
cara bikin link keren dan SEO Friendly di dalam artikel blog
3. Maka akan muncul pop-up seperti screenshoot berikut ini. Silahkan masukkan url/alamat blog atau mungkin link download pada kolom yang tersedia.
cara buat teks link dengan anchor text yang bagus agar seo
Keterangan:
Nomor 1 adalah teks yang akan disisipi link
Nomor 2 adalah alamat/url blog atau url link donwload
Contoh alamat url blog: http://cara-ririn.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-link-pada-gambar.html
Contoh url download: https://app.box.com/s/4fwd3p3ysc8rglmwo1vi
Nomor 3 cek list jika link teks tersebut ingin ditampilkan pada jendela baru apabila di klik nantinya
Nomor 4 cek list jika anda ingin menambahkan atribut nofollow pada link teks tersebut

Selanjutnya silahkan klik tombol OK.

Berikut adalah screenshoot contoh teks postingan blog yang sudah diberi/disisipi link.
cara meningkatkan traffic blog website dengan membuat link internal di dalam artikel
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Link pada Teks/Tulisan Postingan Blog. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog Cara Ririn tentang Cara Membuat Buku Tamu di Blog. Apabila terdapat kekeliruan dalam hal substansi ataupun tata tulis, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya. Salam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

84 komentar:

Kang Ucup said...

mudah sekali ya mbak, tapi kalau belum tahu memang agak merepotkan juga :)

Claresta said...

Saya dulu bisa memasang link di blog perlu waktu setahun sist, hihihi :)
Ternyata hal2 yg sepele terasa sangat sulit jika kita tdk tahu caranya :D
nice share!

Unknown said...

sip deh berguna bagi yang belum tau, seperti saya hehehe

Unknown said...

kak
good information :)

Mizz Aiza said...

bagus sekali tutorialnya.. saya dulu belajar try and error saja..

Anonymous said...

Pelajaran baru buat saya Mbak Rin.
Mohon ijin belajar saya Mbak. kali aja
Blog saya sehebat dan seramai Blog nya Mbak Rin..
Tapi kayanya mimpi deh,.. tt3ttt3 salam sukses terus yah Mbak.?

rumah abu abu said...

Makasih mba :) suatu artikel yg sederhana tapi bermanfaat istimewa :)

AbdurahmanBW said...

coba dan selalu mencoba sehingga berhasil

Senyum syukur said...

Dulunya saya coba-coba saja..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Ucup, seratus untuk kang ucup hehe :)

Mbak Indri, hehehe lumayan lama juga ya mbak untuk bisa membuat link teks :) Tapi yang penting kan sekarang sudah bisa :)

Mas Vandobrack, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya mas tutorial sederhana diatas :)

Mas Zacky, nice comment :)

Mizz Aiza, berarti sama dengan saya mizz hehe :D

Mas Karis, terimakasih banyak mas karis atas kunjungannya ya :)

Mas Dadang, iya betul mas. Ini hanya artikel sederhana saja hehe Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua yang belum tahu ya :)

Mas Wahid, betul itu mas. Kalau kita tidak pernah mencoba, maka kita tidak akan pernah bisa dan berhasil :)

Mas Senyum, pasti sekarang sudah mahir ya mas :)

Unknown said...

aku bagaimana ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bagaimana gimana ya? hmmmm :)

Unknown said...

masuk blok orang nggak ada tulisannya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nggak paham saya mbak :)

Unknown said...

misalnya aku masuk ke blog eka sprti ini dah ada post nya tapi di situ tertulis"laman yang anda cari tidak tersedia"atau emng punyaku yg nggak bisa mencari

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya. Itu artinya postingan tersebut sudah dihapus mbak. Tapi url (permanent link) nya masih ada. Sehingga apabila url tersebut di klik untuk dikunjungi, maka ada tulisan "Maaf laman tidak tersedia".

Mang Lembu said...

simpeldan gamblang jadi mudah dipahami banget tutorial mengenai cara membuat link pada teks postingannya ya....asik banget untuk nubi ke'kita-kita ini deh ih...
#kasih peluk ah.... ;o)

Unknown said...

o gitu ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Cilembu, iya pak. Ini adalah tutorial sederhana saja untuk kita yang masih belajar membuat blog hehe :D Kalau Pak Cilembu mah bukan newbie lagi, tapi sudah master hehe :)

Jenk Indah, seratus untuk jenk indah hehe :)

blogger said...

@jeng indah.. itulah yang dinamakan broken link hehehe..

kalau saya jebolan dari wen.ru mbak.. jadi biasa ngetik pake HTML. saat pindah ke blogger jadinya semakin mudah di mata saya..

kalau memakai link dari compose bagi saya masih ada yang kurang (tidak bisa memasukan title). jadi ttap harus pindah ke HTML biar bisa di beri title pada linknya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Seratus untuk Mas Hekos atas tambahannya hehe :)

Intan Sudibjo said...

tak perlu edit html, karena blogger telahh menyediakannya hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Seratus untuk Mas Intan hehe :)

Unknown said...

Trik dasar nih, blogger wajib tahu :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Yupz, seratus untuk Mas Arriyadh :)

Unknown said...

Wah kalau saya di suruh buwat artikel yang sederhana seperti ini malah bingung :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

kenapa musti bingung mas rahmat, kan kita tinggal nulis aja, soalnya tutorialnya sangat mudah hehe :D

Indra Kusuma Sejati said...

Mantap deh mab, untuk tutorialnya bagi yang akan mempraktekannnya dengan mudah.

Salam wisata

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih Mas Ejawantah :)

Unknown said...

tutorial yg sangat mudah untuk dilakukan.. makasih ya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama mas aben :)

MANG YONO said...

ternyata gampang sekali ya mbak master cara membuat link pada teks tulisan blog.... tapi saya tetep bingung, waktu pasang link pada teks tulisan blog saya tidak ada tanda panah dan angka merah 1, 2,3, dan 4.... terimakasih master atas sarenya

Anonymous said...

dulu saat saya pertama kali ngeblog, saya kebingungan mb; gimana caranya membuat link di dalam postingan sampai saya cari tutorialnya kemana mana tak ketemu saat itu, dan ketemunya malah dari bos saya tempat saya kerja yang kebetulan juga narablog.
@Rizkyzone.com

M. Alex Joenaedi said...

mantap gan, tthank dah berbagi ahhhh................

Asep Haryono said...

Dulu jamannya saya belum kenal Blogging, taunya cuma buka alamat world wide web (www) belum tau cara membuat link dalam teks. Saya dulu taunya menggunakan bahasa HTML (hypertext mark up language). Dulu saya belajar dasar membuat website dengan menggunakan NOTEPAD dengan bahasa HTML Nah untuk membuat link dalam HTML hanya dengan menambah teks hiehiehiheiee. Gitu deh. Hieiheiheiheiee.

Nah sekarang sudah semakin mudah

Kang Ucup said...

mang yono : baru nyadar saya mang kalau di blog saya juga nggak ada :D

Asep Haryono said...

Wah kotak komennya nda bisa mensave bahasa HTML hiehieiee Saya lupa. Jadi maksud saya dulu untuk membuat link dalam teks saya hanya memakai program HTML dengan Note Pad. Yaitu dengan mengetik di NOTEPAD sintag- a href="url"-tutup sintaq teksnya garis miring a heiheiheihiehiehiehieee

Anonymous said...

Kalau bagus memang dikasih attribut nofollow biar lebih optimal dalam search artikel pada search engine google :)

akang sam said...

nice infoh, heee

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mang Yono, wkwkwkwk nomor 1 2 3 itu kan hanya gambarnya aja master. Gambar tersebut sudah saya edit wkwkwk :D

Mas Rizky, pengalaman yang sangat bagus mas. Saya dulu hanya trial and eror saja hehe :D

Mas Alexa, sama-sama master :)

Pak Asep, ternyata cukup rumit juga ya pak kalau membuat link teks dengan kode HTML. Untung saja di Blogger lebih mudah hehe :D

Kang Ucup, ya nggak ada lah di gambar aslinya wkwkwk aneh dech kang ucup ini ikut-ikutan master mamang :D

Mas Abed, iya betul itu mas. Jadi bisa lebih aman kalau pakai atribut nofollow ya :)

Akang Budi, thanks ya :)

Staff Administrator said...

Kreatif banget..sih mbak Rin sampe dapat ide ide briliant setiap harinya untuk di publish... :)

Sip mbak...makin hari makin ok kok tulisannya utk di baca dan di simak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak mas budi. Tapi tutorial ini sangat sederhana sekali dan sudah banyak diketahui oleh orang hehehe :D

Mas Andes said...

ikut nyimak mbak :) hehe ga ada threaded commment jadinya ga bisa numpang ngobrol sama yang lain. btw bener juga yang di bilang mas budi.. makin hari makin briliant :)

Staff Administrator said...

Malah yg Sederhana tepat sasaran dan berguna ..yg pentingkan itu poin nya...hehe
-------

Permen sy..udah dua toples di rumah loh mbak Rin...jd lain kali aja ya....ngasih seratus ke saya nya....wkwk :D

Anonymous said...

Mudah sekali mbak, tapi bagi yang belum tau pasti cukup merepotkan

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Andes, mohon maaf ya mas andes kalau nggak ada thread comment nya, soalnya dulu pernah pasang tapi nggak berfungsi. Jadi saya lepas lagi dech thread comment nya hehe :D Alah mas andes bisa aja nich wkwkwk :D Thanks ya atas apresiasinya :)

Mas Budi, semacam poin plus-plus ya mas hehehe :D Kalau nggak mau seratus, nanti tak kasih parsel aja mas hehe :D

Mas Faisal, iya betul mas. Ini hanya tutorial sederhana saja hehe :D

maslasno said...

Infone sangat berguna Mbak , apalagi bagi pemula
Salam

Anonymous said...

Makasih mbak Ririn saya newbie nih, jadi ngerti sekarang cara bikin link di postingan, sip deh :)

Unknown said...

tutorialnya mudah mbak cocok nih bagi yang belum tahu caranya ..

Meutrap said...

ini yang sering saya lakukan kak,
mantap artikelnya untuk mengingatkan orang yang belum tau kak.

lang lang blog said...

mudah pasang link ya mbak, hanya perlu menonaktifkan relnofollow ya mbak untuk menghindari dobel konten (katanya sih)

Unknown said...

Sederhana dan mudah dipahami ya mbak. Ini cocok buat newbie sperti saya hehe :)
Salam kenal ya mbak :)

Anonymous said...

Mohon maaf numpang ngobrog...eehh maaf numpang ngobrol maksudnya
makin hari makin cantik Mbak Rin ini.. Artikel nya maksudnya ttt3tt3tt3tt3
Tapi orang nya juga Cantik koq da Cewek. mf becanda saja Mbak
Ijin nyimak untuk menambah wawasan saya Mbak terima kasih

Unknown said...

O,yah bener kata Mas Andes dan Mas Budi.
saya pengen ngbrol di tengah sobat saya. tapi Mbak Rin
Belum sempet pasang Threaded comments nya yh Mbak?
Muga2 besok2 bisa di pasang yah Mbak terima kasih

MbahDoyok said...

maju terus ... #blogwalking siang

Unknown said...

Postingnya sangat membantu bagi seorang pemula seperti saya ini :D
salam persaudaraan blogging.

agung raharjo said...

walah....joss tenan....

Unknown said...

hmmm .. mbak eka Bener bener Kreatif dahh haha ada Ada Aja Postingannya :D
Thanks dahhh atas Infonya Mbakk atas infonya sungguh sangatt Bermanfatt hihi #Pura ppura Belom Tau :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Lasno, mudah-mudahan harapannya seperti itu mas. Thanks ya :)

Mas Anthonie, saya malah nggak percaya kalau mas anthonie adalah newbie wkwkwkwk :D

Mas Nucky, seratus untuk ma nucky hehe :)

Mas Meutrap, hehehe mudah-mudahan saja yang belum tahu bisa tahu ya mas. Kalau mas meutrap, saya yakin pasti sudah tahu dan sudah pinter :)

Mas Thanjawa, kok katanya mas? sepertinya nggak mantep dech wkwkwk :D Dengan mencentang rell nofollow berarti link teks tersebut menjadi nofollow, bukan dofollow mas. Jadi misalkan link teks tersebut suatu saat nanti broken link (rusak) itu tidak menjadi masalah :)

Mas Agri, saya kok nggak percaya kalau mas agri masih pemula, soalnya blog nya bagus banget hehe :)

Mas Karis, iya mas do'akan saja ya supaya besok atau secepatnya blog saya bisa dipasang thread comment, biar ngobrolnya bisa enak di kotak komentar :)

Mas Hidayat, terimakasih ya :)

Mas Semangat, salam persahabatan juga ya :)

Mas Agung, terimakasih banyak ya atas apresiasinya :)

Mas Ainul, hehehe dari pada nulis tutorial yang sulit-sulit, lebih baik menulis tutorial yang gampang-gampang saja biar nggak pusing mas wkwkwk :D

Blog Kampret said...

Hallo mbak ririn :) bagus sekali blognya dan sangat aktif hehe :)
mohon untuk berkunjung ke blog saya : game-begog.blogspot.com :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ma kasih ea atas pujiannya. Jadi nggak enak sendiri nich wkwkwk :D

Nasrullah Halim said...

waah mantap mbak artikel nya :) sukses selalu buat blog ini ...

Mas Marnes said...

mantap pisan tutorialnya mba' selalu saja ada postingan terbaru kalo mampir diblog nie, saluuuut.....
thanks ya udah berbagi :)

hayardin said...

selamat malam Mba Ririn...benar sekali yang Mba Ririn katakan, saya sendiri tidak pernah kefikiran untuk membuat Postingan mengenai Cara Membuat Link pada Teks padahal ini merupakan Tutorial dasar yang wajib kita ketahui ketika sudah mulai berjabat tangan dengan dunia Blogging...

Anonymous said...

Sip Mbak Rin semoga secepat nya, sukses terus
yah Mbak..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nasrulloh, terimakasih atas support nya yah :)

Mas Marness, hehe ini hanya tutorial dasar mas, untuk para blogger pemula yang belum tahu cara membuat link teks di artikel :D

Mas Hayardin, seratus untuk mas hayardin. Tutorial ini sangat sepele tapi juga penting sekali untuk diketahui para blogger pemula ya mas :)

Mas Karis, thanks mas karis atas support nya yah :)

Unknown said...

ah mbak Ririn bisa aja hehe...

Unknown said...

Artikel 'baru' yang isinya juga merujuk pada postingan yang 'lebih lama' dan info untuk juga membaca artikel terkait lainnya, dengan membuat linknya sehingga pembaca tinggal klik, menjadi 'pola baku' yang amat baik untuk diikuti. Blog Cara Ririn ini menjadi contoh atau model atau pola yang amat bagus. Dalam tempo relatif singkat telah memiliki trafik yang tinggi terbukti nilai Alexanya sudah dibawah angka 100 ribu. Postingannya menarik dan bermanfaat khususnya bagi para blogger di tanah air. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, wkwkwk mas anthonie malu-malu kucing nich hehe :D

Pak Herdoni, iya betul itu pak. Jadi dengan adanya link teks dalam sebuah artikel/postingan, bisa menghubungkan antara artikel yang satu dengan yang lainnya. Jadi pembaca bisa mempelajari lebih lanjut artikel yang lainnya.

Wah pak herdoni bisa aja nich hehe jadi nggak enak sendiri saya. Semua itu berkat anda dan juga sahabat blogger yang lain yang sudah ikut mensupport dan meramaikan blog saya. Terimakasih banyak ya pak :)

Unknown said...

Sebagai tambahan mbak agar lebih SEO friendly, setelah membuat link pada teks cobalah beralih ke mode HTML dan menambahkan title pada link tersebut, jika no 3 di centang maka tambahkan title setelah target="_blank" , sehingga menjadi seperti ini target="_blank" title="judul link yang akan munjul jika disentuh cursor"

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak mas arie atas tambahannya. Sepertinya bagus apabila dikasih title pada link teks, karena link internal tersebut bisa lebih SEO Friendly.

Hanya saja yang jadi masalah adalah tidak semua link internal di postingan itu dikehendaki untuk di klik oleh pengunjung. Kan kasihan juga apabila kursor mouse di arahkan di link teks tersebut, tiba-tiba muncul halaman postingan baru. Sehingga terkesan mengganggu kenyamanan pembaca. Alangkah baiknya jika di setting natural saja.

Meskipun demikian, saya tetap mengapresiasi masukan dan tambahan dari Mas Arie ini. Ya, kita serahkan sama pemilik blog masing-masing. Karena setiap pemilik blog mempunyai trik dan perspekstif sendiri-sendiri.

Unknown said...

semua Blogger harus bisa cara ini.. :D

Unknown said...

keputusan tetap di tangan hakim ya mbak heheheeh

EMSI SHOP said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

@mbak eka : Biar nggak pusing Ngejawab Pertanyaan Pengunjung kand mbak?? hihi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, iya betul mas. Trik ini adalah teknik dasar ngeblog hehe :D

Mas Arie, iya betul itu mas. Seratus untuk mas arie hehe :D

Mas Tilla, muup komentarnya saya hapus :D

Mas Ainul, seratus untuk mas ainul hehe :D

Unknown said...

Support terus Mbak Rin. biar tambah sukses dan maju
Karir dan segalanya, dan yang utama blog nya, sukses terus

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak mas karis atas support nya dan do'anya ya :)

Unknown said...

mba gimana ya cara posting tulisan ditab yg berbeda. Contohnya tab: Home, gallery, profil, download... Nah cara posting di beda tab gmna ya?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya sudah melihat blog anda. Ternyata blog anda menggunakan template yang tidak ada tab atau menu horizontalnya. Untuk itu, jika anda ingin memasang menu, silahkan anda ganti template dulu. Setelah itu, silahkan anda baca artikel saya terdahulu yang berjudul Panduan Cara Membuat Menu Horizontal di Blog yang mana sebagai panduan praktis untuk membuat menu navigasi di blog. Silahkan gunakan kotak penelusuran di blog ini untuk mencari artikel tersebut. Terimakasih :)

Unknown said...

wahh maksih banyak :)

admin said...

Terima kasih atas segala saran dan tips. sangat bermanfaat sekali

Admin said...

saya mau tanya ko setelah saya praktekan seperti contoh diatas, linknya malah lari ke link lain.contoh larinya ke Ask....dan kita suruh memilih link yang ada dstu, jadi bukan ke link kita sendiri. disitu saya masih bingung mbak, mohon dibantu yaaa. terima kasih, sukses selalu ya

Admin said...

mau tanya lagi . tinggal dikit lagi, sudah bisa masuk ke link kita, tapi tampilannya, maaf laman yang anda cari tidak ada, cara isikanurl sama dengan link yang dituju atau gmana? cri contoh dong. maaf yah sudah merepotkan. makasih mbak

Post a Comment