Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste Kita pasti akan merasa kesal jika tulisan yang kita buat di web/blog dengan susah payah, itu di copy paste oleh orang lain dengan cara yang tidak tepat. Ini sering terjadi ketika blog/web kita sudah mempunyai trafik tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan juga blog yang trafik nya rendah juga bisa mengalami hal demikian. Apapun alasannya, tentu tindakan tidak terpuji tersebut tidak pernah dibenarkan. Meskipun dalam prakteknya kita sering sekali menjumpai hal demikian. Terutama dikalangan webmaster Indonesia. Ironis dan memalukan.

Memang, apa yang kita tulis di blog kita itu tidak 100% murni dari buah pemikiran kita. Informasi yang kita tulis sering kali berdasarkan informasi dari blog/web orang lain, dari pengalaman kita sendiri, dan juga dari hasil observasi yang mendalam. Meskipun tulisan kita berasal dari artikel orang lain, apabila kita menulisnya lagi dengan menggunakan narasi kita sendiri, bisa dipastikan akan berbeda dengan sumber aslinya. Meskipun dalam substansinya sama. Hal itu tidak dianggap copy-paste.
Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste
Image by tempatbiasa.com
Lalu copy paste yang dimaksud itu seperti apa? Adalah tindakan meng-copy paste tulisan orang lain tanpa proses editing sama sekali dan tulisan tersebut dipublikasikan di blog/web mereka sendiri baik mencantumkan sumbernya ataupun tidak. Itu adalah perbuatan plagiarisme yang nyata. Dan sangat buruk sekali. Kok tahu kalau artikel kita di copas? Tentu saja tahu, karena untuk mengetahui hal itu sagatlah mudah. Silahkan baca artikel saya tentang Cara Mengetahui Artikel yang di Copy Paste oleh Orang Lain.

Ada banyak dampak negatif apabila postingan kita di copy paste oleh orang lain. Antara lain adalah dapat menurunkan trafik blog, tulisan kita sulit terindeks oleh mesin pencari, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita perlu mencari cara yang tepat agar tulisan kita tidak bisa di copy paste oleh orang lain. Mengingat, tulisan di web/blog itu sangat mudah sekali di copas dan sangat riskan eksistensinya. Bila artikel postingan anda di copy paste, silahkan laporkan ke DMCA.

Agar postingan blog kita tidak bisa di copy paste oleh orang lain adalah dengan cara membatasi gerak copaser, yakni dengan menon-aktifkan klik kanan pada mouse dan juga menon-aktifkan sistem block pada tulisan. Cara ini terbilang cukup efektif. Tapi juga ada kelemahannya. Yakni apabila blog/web kita ber-niche tutorial Blogging yang mana didalam nya terdapat script HTML yang mengharuskan di copy paste, itu tidak bisa menggunakan cara ini. Untuk blog ber-niche selain itu, saya kira bisa untuk diterapkan. Berikut adalah langkah-langkah agar tulisan posting tidak bisa di copy paste. Catatan: cara ini hanya bisa diterapkan pada blog yang ber-platform Blogger.

Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste

1. Silahkan log in ke Blogger dengan menggunakan E-mail dan Pasword anda masing-masing.

2. Masuk ke Dashboard > pilih Menu Template > klik Edit Template.

3. Silahkan cari kode <body>. Untuk mencari kode tersebut, silahkan tekan Ctrl + F pada keyboard komputer anda. Maka akan muncul kotak pencarian. Masukkan kode <body> pada kotak pencarian, dan kemudian tekan Enter.

4. Setelah kode <body> sudah anda temukan, silahkan ganti kode <body> dengan kode berikut ini.

<body onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false" >

5. Setelah itu, silahkan di Save dan lihat hasilnya.

Bila anda berhasil, maka tulisan postingan anda tidak bisa di klik kanan dan juga tidak bisa di block. Contohnya seperti blog saya di url http://ririnx.blogspot.com/ Silahkan di cek blog saya untuk memastikan tutorial yang saya berikan ini.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Agar Postingan Blog Tidak Bisa di Copy Paste. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

104 komentar:

Unknown said...

kalau di pasang di blog Niche Tutorial Blog kurang cocok mbak, soalnya kan ada script atau kode yang harus di copy paste, kasihan pengunjung nya juga..

Anonymous said...

Copy paste sudah menjadi hal umum. Dan biasanya yang ngopas adalah blogger pemula yang belum menemukan jati dirinya. Kalau ane sih biarin aja di copas. Karena ada satu kelemahan yang tidak diketahui copaser. Dan kita bisa memanfaatkan darisana.

Unknown said...

Semua sudah tahu copy paste merugikan Blogger sendiri bila melakukannya. Plagiat amat buruk di mata mesin pencari Google. Tentu bila mengutip suatu artikel dengan menyertakan linknya atau mencantumkan sumbernya secara jelas. Suatu kode etik yang berlaku dalam dunia maya.

Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang.

dunia maya said...

saya harus banyak belajar dari mb eka

Unknown said...

Copas sudah menjadi rahasia umum sob, cuman kalau untuk jenis blog tutor seperti dijelaskan diatas, ini akan membuat para pembaca kesulitan dalam menerapkan apa yang kita jelaskan dalam artikel tersebut, apalagi kalau bentuk artikel itu membahas seputar PHP,CSS dan sejenisnya, nah yang jadi pertanyaan sekaligus PR cara mengatasi budaya Copas untuk jenis blog berbasis tutorial ii bagaimana ya............, ?

Fajar said...

katanya memasang script anti copas tidak seo ya mbak blognya? apakah betul?

Update Campuran said...

bisa dipertimbangkan.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, iya mas memang kendalanya untuk blog ber-niche tutorial itu tidak bisa mengaplikasikan trik ini, karena alasan ada kode script/HTML yang harus di copy-paste oleh pemirsa blog pada posting tertentu.

Website Mini, iya mas copy-paste memang sangat banyak terjadi. Terutama Blogger Indonesia. Salah satu indikator bahwa mereka copy paste adalah Blogger Pemula, Blogger Pemalas, dan lain sebagainya. Kalau soal kelemahan mereka (copaser) malah saya kurang tahu mas hehehe. Jadi pengen berguru sama Mas Website Mini dech hehehe ^^

Pak Herdoni, benar sekali pak bahwa tindakan copy paste sangat merugikan bagi diri sendiri atau pihak sumber nya. Bagi diri sendiri adalah membiasakan diri bersikap malas menulis, berbuat tidak terpuji mencuri karya orang lain, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya apabila kita selalui mencantumkan sumber aslinya ketika kita hendak mengutip artikel orang lain. Thanks pak atas share nya :)

Mbak Maya, kita sama-sama belajar mbak. Yang sudah tahu memberi tahu dan yang belum tahu mencari tahu. Supaya kita bisa lebih pinter hehehe Ma kasih ya sudah mampir di blog saya ^^

Mas Arie Gondes, memang benar mas bahwa kita, yang punya blog tutorial, agak sedikit kesulitan untuk menerapkan trik ini yakni membatasi gerak copaser dengan cara mouse tidak bisa dklik kanan dan juga postingannya tidak bisa di block. karena dalam postingan kita terdapat kode script yang harus di copy-paste oleh para pemirsa blog kita. Sampai saat ini pun saya masih mencari tahu untuk hal ini, sehingga saya belum bisa menjawab pertanyaan dari anda. Mohon maaf ya. ^^

Mas Fajar, wah saya malah kurang tahu mas soal itu. Yang jelas script ini bisa dipasang ditemplate blog sebagai upaya antisipasi tindakan plagiarisme mas. Mungkin seperti itu mas. Thanks ya sudah mampir :)

Om Update Campuran, iya silahkan dipertimbangkan lagi mas. Siapa tahu trik ini berguna untuk blog anda.

Ahmad Zaelani said...

copy paste..? kalau saya pribadi, ya boleh - boleh saja asal mencantumkan sumbernya.. tujuan kita kan berbagi ilmu.. so boleh copy paste, tapi mencantumkan sumbernya.. kalo ga bisa di copas, kasian juga pengunjungnya mba.....tapi itu sih menurut saya.. :)

Masnady said...

wah saya nyimak saja mbak.. belum bisa mempratekkan nya hehehe.. saya ijin save dulu aja deh....

kalau kita tidak memberi copas, terus seandainya kita share tutorial blog,, para pengunjung akan kesulitan donk mbak mengcopy kode CSS yang kita kasih hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Zaelani, iya ada benarnya juga pendapat anda. Kita nge-blog adalah berbagi ilmu. Tapi bagaimana dengan berbagi tulisan? Berbagai tulisan dengan berbagi ilmu berbeda mas. Kita menulis itu capek, lelah, dan juga pusing. Mereka enak saja tinggal copy paste saja. Lalu di publish di blog nya masing-masing. Tentu saja copy paste ada aturannya. Seperti yang anda sebutkan bahwa copaser harus mencantumkan link sumber nya. Itu sudah benar, tapi belum cukup. Tulisan yang di copy paste harus ada proses editing mas. Jadi nantinya tulisan mereka tidak sama persis dengan tulisan sumber nya. Seperti itu mas. Thanks ya sudah mau sharing :)

Mas Nady, itulah masalahnya mas. Trik ini mempunyai kelemahan, yakni tidak bisa diterapkan pada blog ber-niche tutorial blogging, karena bisa dipastikan nantinya ada beberapa postingan kita yang mengharuskan copy-paste seperti code CSS dan lain-lain. oleh karena itu, kita perlu memikirkan hal ini supaya tulisan kita tidak mudah di copy paste. Mengingat, membuat artikel tutorial itu tidak mudah. Thanks ya mas sudah mampir kemari :)

Anonymous said...

Menurut saya ,kondisi ini tergantung kebutuhan. Relatif.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Berarti kan tergantung Admin blog nya mas. Kalau admin nya nggak suka kalau artikel nya di copy paste karena alasan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), trik ini harus diaplikasikan.

Kalau admin nya suka kalau artikel nya di copas, mungkin tidak perlu menggunakan cara seperti ini.

Pertanyaannya adalah apakah ada webmaster yang senang bila artikel yang ditulis dengan susah payah, itu di jiplak begitu saja? Bisa dipastikan tidak ada. Oleh karena itu, perlu kiranya kita menerapkan cara ini untuk meminimalisasi tindakan plagiarisme. Thanks ya sudah mampir :)

Unknown said...

@Ahmad Zaelani : kalau mas ahmad kena Korban Auto Post pasti langsung emosi Level Dewa.

Bagaimana tidak puluhan artikel yang dibuat selama berbulan-bulan bisa mereka Copy hanya dengan hitungan menit.. mungkin mas belum tau kalau ada Copas macam ini...


Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menyedihkan ya Mas Daniel kalau ternyata postingan yang kita publish di blog, itu diambil oleh orang lain dengan cara-cara yang tidak benar. Ironis dan sangat merugikan pihak penulis.

Saya juga sedang mencari tahu tentang Email Post yang dilakukan oleh oknum yang mengambil postingan anda. Kira-kira caranya bagaimana kok bisa seperti itu? dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita pikirkan bersama-sama :)

Anonymous said...

kalau DMCA itu fungsinya buat apa ya ? efektif buat mencegah copy paste apa gak ya mbak ?

newbie nih, hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

DMCA adalah tempat pengaduan terhadap pelanggaran tentang hak cipta yang ada di internet. Pelanggaran bisa berupa artikel karya orang lain yang di copy paste, materi yang dilindungi hak cipta seperti mp3, dan lain sebagainya.

Ketika artikel yang dipublikasikan di web/blog kita, itu di copy paste oleh orang lain dan kemudian di publikasikan di blog mereka, kita bisa melaporkannya kepada DMCA.

Tujuannya agar tulisan hasil copy paste mereka itu bisa di hapus oleh Google baik dihapus dari laman hasil penelusuran Google atau dari posting blog itu sendiri atau mungkin blog nya yang dihapus, itu tergantung dari berat tidaknya pelanggaran yang dilakukan.

Saya nggak percaya kalau anda masih baru (newbie) karena blog anda sudah berumur kok hehehe peace :D Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Ana Sriwahyuni said...

setuju banget dengan pemasangan kode anti klik kanan dan block ini pada setiap blog, setidaknya hal ini meminimalisir ruang gerak copaser
untuk blog tutorial sebenarnya masih bisa dipasang kode ini dengan menggunakan script :) tapi meskipun dipasang seperti apapun artikel tetap bisa di copas

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bu Ana, untuk blog tutorial memang bisa sih buk kalau dipasang kode ini. Tapi untuk posting yang mengharuskan di copy paste bagaimana? misalnya posting tentang script atau kode CSS?

Iya juga buk, benar kata anda bahwa sehebat apapun proteksi anti copy paste yang kita pasang di web/blog, tentu para copaser mempunyai trik yang hebat juga untuk mencuri konten artikel orang lain.

Meskipun demikian, paling-tidak dengan adanya trik ini, itu bisa meminimalisasi tindakan copy-paste. Thanks bu Ana sudah singgah di blog saya :)

Anonymous said...

apakah benar2 bisa dipastikan tidak bisa dicopas, kalau dimatikan dengan cara menonaktifkan enable javascript melalui menu option gimana ya.. hehehe..

tapi patut dicoba bagi yang artikelnya gak ingin dicopas orang2 yang gak bertanggung jawab.. karena hal itu melanggar etika blogging.. :D

Unknown said...

Artikel yang menarik mbak, mengenai copy paste ada juga sih beberapa artikel saya yang dicopy persis tapi dia mencantumkan sumbernya berarti nggak apa-apa yah mbak, dulu saya pernah coba untuk mematikan blok dan klik kanan tapi kolom berlangganan via emailnya jadi nggak bisa digunakan, akhirnya saya hapus lagi. susah juga yah, makasih mbak artikelnya sangat bermanfaat :)

HP Yitno said...

Dulu pernah menggunakan teknik ini. Tapi berhubung kebanyakan artikelku berjenis tutorial, ane hilangkan. Kalau ada yang copas ya biarkan saja. Merekalah para pembaca setia situs saya. Untuk menyalin artikel yang ada tentunya hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas andydesain, paling tidak dengan diterapkannya cara ini dapat meminimalisasi tindakan copy-paste. Kita semua tidak tahu teknik copas apa yang mereka praktekkan. Yang jelas dengan menon-aktifkan klik kanan dan sistem block, maka mereka akan kesulitan untuk menyalin artikel postingan di blog kita. Kalau dengan cara menon-aktifkan enable javascript melalui menu option, malah saya kurang tahu mas hehehe :D Iya silahkan dicoba dipraktekkan agar bisa mengantisipasi para copaser di blog anda.

Mas Anthonie, setiap trik dan tips yang kita aplikasikan untuk blog, kadangkala mempunyai kelemahan dan kelebihan. Hal itu tentu saja perlu disikapi dengan sikap yang dinamis dalam artian sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Kalau memang trik ini kurang tepat untuk blog, ya jangan diterapkan. Yang terpting adalah jangan sampai postingan kita di copy paste oleh orang lain. Mengingat, proses pembuatannya cukup sulit dan memakan waktu yang cukup lama. By the way terimakasih banyak sudah sharing pengalaman yang sangat menarik.

Mas Yitno, iya benar juga mas apa yang anda sampaikan bahwa blog tentang tutorial blogging memang agak sulit untuk diterapkan dengan menggunakan teknik ini, karena bisa dipastikan tutorial kita berkaitan erat dengan yang namanya kode HTML/Script yang mengharuskan untuk di copy paste oleh pemirsa blog kita. Kalau melihat dari pengalaman anda, nampaknya cukup menarik dan aneh juga ya hehehe :D Orang copas kok malah dibiarkan saja hmmmmm :D

Ahmad Zaelani said...

@ Mas Daniel.. belum ngerti auto post.. heheh saya pernah mencoba search di google dan mencocokan kata kunci dengan artikel yang saya punya, kemudian saya menemukan artikel yang sama percis dengan tulisan yang saya punya dan ditampilkan di urutan pertama cuma tanggal postingnya berbeda.. dan saya sangat emosi tingkat nusantara...dan tentu saja saya maki - maki yang punya tuh wapblog apalagi dia ga mencantumkan sumbernya .... hahah (Curhat).. tapi mungkin ini dampak dari sebuah copy paste, ya kalo sebatas di simpen gak apa2, tapi kalo udah di publish serta tidak mengubah apapun didalamnya... emang sangat merugikan "benar kata mba wahyu" dan masalah kesulitan pengunjung blog untuk mencopy kode Htm/css dan komplotannya sih itu urusan pengunjungnya, kalo dia niat belajar ya harus usahalah jangan cuma klik kanan lalu save..haha thanks ya mba atas petunjuknya.......... lanjtkan aja, beda orang, beda pemikiran, :)

abang ichal said...

wow ngerii, agar tidak bisa di copas

dedetea66 said...

Ma’af banget kawan baru bisa berkunjung lagi kesini,karena urusan DUTA yang sangat menyita waktuku

Soal copas mengkopas,merutku sih tergantung blognya saja ah,contohnya seperti blog saya sendiri yang isinya memang harus di copas oleh pembacanya,jadi tidak perlu di kunci,\

Kecuali mungkin untuk blog yang memang isinya harus dikunci seperti trick sulap dll yang kalau di copas akan merugikan admid blog itu sendiri,,,,,

ahhhhh ini hanya pendapat saya saja yang masih awam geetoo hehehe

abitalita said...

bagus dan bermanfaat mbak infonya,memang kadang kita perlu juga melindungi atrikel yang sudah di buat dengan susah payah.walopun kadang copas itu masih bisa dimaklumi asal masih dalam batas kewajaran setidaknya bisa menyertakan link sumbernya.tapi yang namanya plagiat itu kan biasanya 100% copas tanpa link sumber sampe ada kata yang salah ejaan pun tidak terlihat,tidak dibetulkan dan ikut ke copas :)

TS Frima said...

jangan kasih kesempatan buat tukang copas blog! ^^

Mohon maaf lahir bathin :)
Selamat lebaran bagi yang merayakan, selamat liburan bagi yang tidak :D

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

sudah pernah menerapkan, tapi di copot lagi.. memang ada kelebihan dan kekurangannya. saya lebih memilih dicopas saja, tak apa

dedetea66 said...

Ramadhan membasuh hati yang berjelaga,
Saatnya meraih rahmat dan ampunanNya
Untuk lisan dan sikap yang takterjaga
Mohon dibukakan pintu ma’af yang sebesar-
Besarnya.
Selamat Harri Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1434 H
Minal Aidin Wal Faidzin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Sigli Cyber said...

berguna nih utk mencegah blogger yg suka copy paste ...

Unknown said...

Sangat berguna mbak buat yang membutuhkan ya, ? artikelku juga hasil copasan mbak cuma di rubah bahasanya..

Selalat hari raya idul fitri, Mohon maaf lahir dan batin ya :)

Unknown said...

orang pintar tidak akan mencantumkan sumbernya website mini

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Wah bagus banget ini blog (y) . Postingan dan komentar2nya menarik banget untuk dibaca sampai akhir :D :D :D . Sangat bermanfaat dan para komentator sangat kritis sekali menanggapi permasalahan yg muncul, contohnya ya copy paste postingan blog (y) . Kunjungan balik ya http://cepatdapatmoney.blogspot.com/ sekalian kritik dan sarannya untuk blog baru saya :)

Buret MRj said...

saya mengaktifkan anti-blok di blog saya, maksudnya agar tak bisa di copas, tapi ketika googling tetap aja banyak yg copas blog saya, bahkan ada yg copas artikel saya 1 blog penuh, terlalu...wkk
sekarang saya pasrah aja di copas oleh yg lain, ambil hikmahnya aja saling berbagi informasi sesama blogger.
bermanfaat sekali infonya mbak, terima kasih

Yanuar Catur said...

Kalau copypaste full gitu ya kebangetan deh, nyari untuk mulu pastinya tuh orang.
oiya, mohon maap lahir batin yah mbak

Unknown said...

Dicoba dulu scriptnya, mbak...trims ya sdh berbagi :)

Unknown said...

kelemahan cara diatas jika di ctrl+a pasti akan terblock tulisanny lalu kan di ctrl+c dan ctrl+v nanti tetap bisa tercopas

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Zaelani, memang benar apa yang anda sampaikan bahwa ketika artikel kita di copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kita langsung emosi. Bisa emosi tingkat dewa (seperti kata Mas Daniel) atau bisa emosi tingkat nusantara (seperti kata anda) hehehe :D Apapun ukuran tingkat emosi kita, sebaiknya kita bisa meredam nya karena hal itu tidak akan menghasilkan apa-apa tanpa kita mencari solusinya. Oleh karena itu, kita perlu mencari solusinya baik dengan cara preventif ataupun dengan cara kuratif. Melaporkan ke DMCA adalah pilihan terakhir jika jumlah orang yang copy paste sudah banyak dan mungkin kita kesulitan untuk memberikan peringatan kepada mereka. Memang benar bahwa beda orang, beda pemikiran. Oleh karena itu dari perbedaan itulah jangan kita jadikan sebagai pemisah, melainkan kita jadikan sebagai pemersatu. Terimakasih banyak Mas Zaelani atas sharing dan argumennya yang sangat antusias. :)

Mas Ahmad Rizal, biasa aja kok mas, nggak ngeri-ngeri amat. Trik ini hanyalah sebagai upaya tindakan preventif untuk postingan artikel yang kita publikasi di blog kita, agar supaya terproteksi dengan aman dan terhindar dari tindakan plagiarisme oleh orang lain. Thanks ya sudah mampir :)

Pak Dede Thea, sharing yang sangat menarik pak. Tapi kalau menurut saya sih boleh tidaknya artikel di copy paste, itu tergantung dari administrator blog itu sendiri pak. Misalnya seperti blog bapak yang konon kata bapak itu boleh di copy paste. Tapi kalau blog saya, tidak diperbolehkan untuk copy paste pak, karena untuk membuat artikel itu susah pak hehehe :D Terimakasih banyak Pak Dede atas komentarnya. Oh iya, mengenai keterlambatan comment back, bagi saya itu tidak masalah hehehe :D Bagi saya "Lebih Baik Terlambat daripada Tidak Sama Sekali" hehehe :D

Pak Aulia, terimakasih banyak pak atas apresiasinya. Feedback yang sangat menarik pak dalam kaitannya dengan copas-mengcopas. Memang benar bahwa tindakan copy paste sebaiknya harus sesuai dengan tingkat kewajaran. Copy paste yang berlebihan dan tidak memperhatikan kode etik webmaster, maka tindakan tersebut sama sekali tidak dibenarkan di lingkungan blogging karena konsekuensinya dapat merugikan pihak sumber asal. Kalau menurut saya apabila kita ingin mengutip artikel orang lain, kita harus menulisnya kembali dengan menggunakan narasi kita sendiri dan tetap mencantumkan link sumbernya. Itu menurut saya adalah langkah yang tepat agar kita tidak terlibat dalam tindakan copy paste. Thanks Pak Aulia atas sharingnya :)

Mas Rian, tepat sekali apa yang anda sampaikan mas bahwa hendaknya kita jangan memberikan kesempatan sedikitpun kepada para copaser. Meskipun demikian, berbagai upaya yang kita lakukan untuk memproteksi artikel di blog kita, itu masih saja bisa di jiplak oleh orang lain entah bagaimana caranya saya sendiri juga kurang tahu betul. Trik yang dikemukakan diatas bisa dijadikan solusi alternatif sebagai upaya pencegahan agar artikel postingan kita tidak bisa di copy paste. Thanks mas sudah mampir di blog saya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda Awal, pengalaman yang sangat menarik mas bahwa anda sudah pernah menerapkan tutorial anti copy paste di blog anda. Memang benar apa yang anda sampaikan bahwa trik ini mempunyai kelemahan dan kelebihan apabila kita aplikasikan di blog kita. Semua itu kita kembalikan kepada diri kita masing-masing, apakah artikel kita boleh di jiplak atau tidak itu tergantung si empunya blog. Thanks Mas Sabda sudah berkenan mampir di blog saya :)

Pak Dede, terimakasih banyak pak atas ucapannya. Saya juga mohon maaf lahir dan batin bila mana kata-kata yang saya tulis tidak berkenan di hati anda. Karena saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari salah dan lupa. Thanks ya sudah mampir lagi :)

Mas Sigli, mudah-mudahan tutorial ini bisa bermanfaat untuk kita semua dalam kaitannya dengan upaya untuk mencegah tindakan copy paste yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Thanks mas Sigli atas kunjungannya. Salam :)

Mbak Yanti, iya mbak, mudah-mudahan trik ini bisa berguna untuk siapa saja yang membutuhakannya, terutama mereka yang mengelola blog. Memang benar apa yang anda sampaikan bahwa untuk mengcopy paste itu harus diubah baik tulisannya, bahasanya, ataupun kata-katanya. Yakni dengan cara menulis artikel kembali dengan menggunakan narasi kita sendiri. Langkah anda sudah tepat karena apa yang anda tulis itu bisa dipastikan berbeda dari artikel asal. Thanks mbak sudah mau sharing pengalaman yang sangat menarik :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Handhika, terimakasih banyak mas sudah memberikan tambahan informasi dalam kaitannya dengan tutorial yang dijelaskan diatas. Tutorial diatas memang mempunyai kelemahan dan juga kelebihan. Kelemahannya adalah artikel tetap bisa di copy paste dengan cara mengoptimalkan penggunakan keyboard di komputer yang kita gunakan baik dengan cara control C, V, atau yang lainnya. Meskipun begitu, paling-tidak trik diatas bisa dijadikan sebagai solusi alternatif bagi admin blog yang sedang galau karena artikel di blognya di copy paste oleh orang lain dengan cara yang tidak tepat. Oleh karena itu, trik ini bisa dijadikan sebagai jawabannya. Thanks Mas sudah mampir dan memberikan komentar di blog saya :)

Mas Kurniawan, wah terimakasih banyak mas atas apresiasinya yang tinggi untuk kita semua. Tulisan postingan dan komentar di blog ini adalah buah pemikiran dari kita, untuk kita, dan oleh kita semua. Mudah-mudahan apa yang kita tulis disini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, terutama yang membacanya untuk memperkaya khasanah pengetahuan kita. Thanks Mas Kurniawan sudah singgah di blog saya dan sudah berkenan memberikan feedback positif :)

Mas Buret, pengalaman yang sangat menarik kawan. Pengalaman anda bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua dalam hubungannya dengan permasalahan copy paste di blogsphere. Ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk kita agar kita bisa mengantisipasi tindakan plagiarisme yang sudah menjamur di lingkungan Blogger Indonesia. Copy paste sebenarnya diperbolehkan dengan catatan harus mengimplementasikan dan mengedepankan ketentuan webmaster. Tindakan copy paste yang berlebihan, apalagi sampai full satu blog, itu tidak dibenarkan dan sangat merugikan pihak sumber asal, karena untuk menulis artikel itu tidak mudah. Blogger yang baik adalah mereka yang mau dan mampu menghargai karya tulis orang lain. Terimakasih banyak Mas Buret atas sharingnya :)

Mas Yanuar, benar itu mas. Copy paste satu blog penuh itu sangat keterlaluan dan sangat merugikan orang lain yang di jiplak. Itu merupakan masalah serius yang harus kita hadapi bersama agar tindakan copy paste tidak merajalela di lingkungan blogger Indonesia. Mari kita belajar menulis artikel sejak dini sebagai upaya untuk membiasakan menulis secara mendiri agar kita tidak copy paste karya tulis orang lain. Thanks mas sudah mampir di blog saya :)

Penerjemah, iya silahkan sob di praktekkan agar bisa lebih paham. Terimakasih sudah berkenan berkunjung di blog saya dan memberikan komentar.

Uno Gates said...

Nice Post mbak..
sudah saya praktekan dan hasilnya 100% work...
Jaya terus mbak..

di Tunggu kunbalnya..
strenght-of-the-world.blogspot.com

Anonymous said...

thanks mba' pos nya 100% ampuh banget
saya tunggu sendbacknya di
http://imandroidcollection.blogspot.com/
thanks mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Uno, pengalaman yang sangat menarik kawan bahwa anda sudah pernah mempraktekkan trik yang dijelaskan diatas sebagai antisipasi tindakan copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Thanks ya atas apresiasi dan kunjungannya :)

Mas Nur, terimakasih banyak atas penghargaannya. Senang rasanya bisa sharing informasi yang bisa bermanfaat untuk orang lain :)

Anonymous said...

asik2 :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau boleh tahu, apanya yang asyik? hmmm aneh :D

Muhammad Ibnu Idris said...

Ini nampaknya cuman beralaku bagi para blogger yang ketakutan dicopas artikelnya Mbak bro. Kalo gw mah cuek aja, di kasih link sumber ya syukur, nggak juga ya sabodo teuing. Kan ada pasukan Google Panda ama Google Pinguin yang bakal jadi panglima perangnya..
Hahaha... So, happy blogging aja mbak bro :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bukan masalah takut atau tidak Mas Ibnu Idris, tapi lebih kepada sikap jujur dan tidak mencuri ide orang lain, karena hal itu perbuatan yang tidak baik. Blogger menyediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyalurkan ide dan gagasan melalui tulisan dan dipublikasikan dalam sebuah blog.

Apa artinya kita membuat dan mempunyai sebuah blog kalau kita hanya republikasi artikel orang lain saja. Tentu saja hal itu malah tidak dapat meningkatkan daya kreativitas kita masing-masing dalam hal tulis menulis, karena orang tersebut hanya copy paste saja.

Jujur saja, saya kurang begitu paham tentang Google Panda dan Pinguin, jadi saya tidak bisa berkata banyak. Meskipun demikian, yang namanya copy paste adalah perbuatan yang tercela dan melanggar hak cipta. Oleh karena itu, trik yang dijelaskan diatas bisa menjadi solusi yang tepat sebagai upaya tindakan preventif agar artikel kita tidak bisa di copy paste. Terimakasih banyak sudah mau berbagi pengalaman yang sangat menarik :)

Mizz Aiza said...

bagus totorial begini.. hasil tulisan tentunya hakcipta penulis blog..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul sekali itu Mizz. Hak cipta tersebut mahal harganya karena kita sudah mengorbankan tenaga, fikiran, waktu dan uang untuk menulis sebuah artikel. Terimakasih atas apresiasinya :)

Albab Alpachino said...

kalau memakai script ini.. form kontak, form pencarian google jadi tidak bisa digunakan mbak

ada gak ya script yang hanya disable di postingannya aja, jadi form kontak, form google search bahkan judul artikel bisa di copy paste

saya sudah menemukan blog yang seperti itu, tetapi belum tau caranya, mungkin mbak ririn tau caranya ?

blog nya di arhamvhy[dot]blogspot[dot]com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, itu memang sudah menjadi konsekuensi dari penggunaan script ini. Ada beberapa widget yang sudah anda sebutkan diatas adalah widget yang mati dari penggunaan scipt ini.

Saya kebetulan tidak tahu caranya mas kecuali cara ini saja. By the way terimakasih banyak ya atas masukannya. Salam :)

Anonymous said...

Bagus juga mbak buat mengurangi artikel kita dicopas orang, cuma kayaknya nggak bisa dipake kalau ada email subscriber yah mbak, jadinya nggak bisa masukkin alamat emailnya, susah juga yah...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Benar sekali mas. Itu merupakan salah satu kelemahan dari trik ini. Oleh karena itu, semuanya tergantung sama admin blog apakah lebih mementingkan artikelnya ataukah mementingkan email subscriber nya. Thanks mas atas kunjungannya :)

Unknown said...

Sekarang ini tukang copas pinter mba, ga dari sumber dia buka feedburner, archive, atau ctrl U, beres kebongkar semua.. Maling mah pinter semua. Btw, ini gimana copy scriptnya? ko ga bisa ya, apa pake trik no copas, nah kalo gitu mendning nulis non tutor mba, he he he

Anonymous said...

kalau memang niatnya mau copas, meskipun udah pake cara diatas tetep aja bisa yah mbak, apa harus direlakan aja yah biar nggak pusing hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Luqman, iya benar mas yang anda sampaikan. Memang, orang copas lebih pinter. Seperti yang telah anda sampaikan tadi. Iya paling-tidak dengan mempraktekkan trik anti copas itu bisa mencegah adanya copy paste. Mohon maaf mas script nya nggak bisa di copas hehehe :D Terimakasih atas saran dan masukan yang sangat membangun ini. Salam :)

Mas Anthonie, sulit mas untuk merelakan tulisan yang dibuat dengan susah payah :)

Dansde said...

praktek html diatas itu untuk blogspot ya?
kalo wordpress itu beda lagi ya mbak?

http://thesteno.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul mas trik diatas untuk blogspot. Kalau untuk platform WordPress saya kurang tahu. Mohon maaf ya :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saudara Ricky. Sorry komentar anda saya hapus, karena anda tidak bisa berkomentar dengan baik dan benar :)

ViralBanget said...

thx atas tutorialnya mba.. tapi para copas jga g mau kalah mba

ada aja cara buat copas >,<

ViralBanget said...

http://prntscr.com/1sa27x < SS
contoh aja ini di blog kka

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar juga mas. Saya juga heran kenapa belum pada insyaf ya untuk melakukan copy paste. Padahal itu tidak hanya merugikan pihak sumber nya lho, tapi juga merugikan diri sendiri. Karena daya kreativitasnya tidak tumbuh dan berkembang :)

Terimakasih ya sudah memberitahu saya tentang konten yang di copy paste. Nanti saya akan segera meng-eksekusinya :)

ViralBanget said...

sebenarnya ad beberapa artikel yg udah biasa di copy paste
contoh ni cerita lucu kyak blog saya sendiri.. boong banget mereka bisa bikin cerita sendiri.. terus gua coba search sedikit cerita dari yang saya copy waduh keluar bnyak banget ribuan

gmn tuh?

sebenarnya kalo bagi saya sendiri.. artikel yang ber unsur
Video/Cerita/Music waduh bukan hall yang biasa jika di copy paste..

artikel yg barhaga ya gitu seo/tips/trick/ dll yang jarang di bahas dan pastinya pakai otak sendiri..

gmn menurut mba?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Yang namanya tindakan copy paste tetaplah itu copy paste yang mana merupakan pelanggaran hak cipta. Apapun bentuk artikelnya, mau artikel SEO, cerita, game, dan lain-lain selagi artikel tersebut dibuat dengan tangan kita sendiri, itu harus kita laporkan apabila kita memergoki para copaser menjiplak artikel kita. So, jangan ragu-ragu untuk melaporkan para copaser kepada pihak yang berwajib, dalam hal ini yang menangani adalah CDMA.

Unknown said...

wah...sya stuju dengn admin blog ini,,jerih payah ketikan qta ..
tpi kalau blog sya pribadi bebas2 aja mau di copas,,sambil berkreasi,sambil nyari pahala,, heheheehe,,,
mksh udh ngash kesmptn bwt komen mba...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Setiap pengelola blog pasti mempunyai prinsip ya mas. Kalau saya sendiri jujur keberatan kalau artikel saya di copy paste. Tapi kalau anda tidak keberatan, itu tidak masalah. Kan semua itu pilihan. Ya nggak? hehehe :)
Thanks ya atas kunjungannya :)

Anonymous said...

mantap benerrrrrrrrrrrrrrrr., mksh gan atas infonya, sangat bermanfaat.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Mas Meja :) Thanks ya sudah singgah kemari :)

Unknown said...

mksh non info nya udah saya coba ternyata berhasil kali lg thank ya slm kenal silahkan mampir ke blog.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alhamdulillah kalau sudah berhasil. Thanks ya atas kunjungannya. Segera meluncur ke TKP :D

Unknown said...

hmmm gitu ya mbak
bermanfaat banget nih, soalnya kalau artikelnya bagus pasti di copas

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Kita harus melindungi artikel kita dari para copaser dengan menerapkan trik ini :)

Unknown said...

bembem hadir mbak.....ikut nyimak aja....

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih ya sudah singgah di blog saya. Silahkan disimak baik-baik ya biar paham. Kalau sedang baca, jangan sambil ngelamun lho hehe :D

Anonymous said...

salam kenal dari blogger pemula

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya salam kenal juga ya. Saya juga masih pemula kok hehe :)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Nasrullah Halim said...

Mbak, tapi bisa nggak ya menon aktifkan klik kanan nya hanya di postingan tertentu, soalnya di blog saya ada tema "makalah" tu mbak, sapa tau aja ada orang yang lagi nyari tugas-tugas atau apa gitu, jadi kan ga bisa di copy mbak !! hehehe

Maaf mbak kalo pertanyaan nya agak aneh :) makasih atas sharenya ...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

SD Negeri, thanks atas kunjungannya ya :)

Nasrullah, sepertinya tidak bisa mas. Tutorial diatas untuk seluruh posting blog :)

Unknown said...

thakz atas infonya .....
memang bekerja triknya...mbak
kalau tau trik untuk copy paste posting di off tpi untuk klik kanan di on , mohon di beri tahu ya...mbak...
trimz

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas arzaq. Terimakasih sudah singgah di blog saya ya :)

Anonymous said...

kebetulan lagi cari info ini...tapi denger2 tehnik anti copas membuat jelek di search google apa iya atau hanya sekedar isu ya....? mohon penjelasannya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah saya kurang tahu mas. Tapi sepertinya sih tidak begitu berpengaruh terhadap search engine kok. Silahkan bisa dicoba mas :)

Unknown said...

Makasih mbak informasinya... akhirnya nemu disable klik kanan yang cocok buat blog bertipe tutorial. :)

sukses selalu ya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas thanks ya atas kunjungannya :)
semoga sukses untuk blog mas andifa :)

mank solin said...

Waahhh matab browww... sekarang ini baru namanya AMAN , temen ane suka Copy Paste di blog ane yang ini http://manksolin.blogspot.com

Unknown said...

trims banyak

Unknown said...

Mantap gan

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

http://blogdmk.blogspot.com/ Kunjungin gan

Unknown said...

Izinn Pake Tipsnya Mbak Buat Blogg Baru sayahhh :D makasii yaahhhhh

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#Ainnul Yaqin, iya silahkan, semoga berguna ya ;)

Deni Demian Renovtri said...

yang gak bisa di copy sama skli ada gak mbak..tuh ada solusi nya juga agar bisa di copy mba ririn kasih tips

Unknown said...

wah,, mantap,, sudah ane praktekin,,,, terimakasih infonya,,,
#newbie blogger mau comott scriptnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#haqi ruzaro, iya sama-sama semoga berguna :)

Unknown said...

trimakasih nggih :)

Unknown said...

terima kasih
bisa di lihat gan
blog saya
www.cecepcom.blogspot.com

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Ijin kopi gambar nya lah (STOP PLAGIARISM)

Post a Comment