Cara Mendapatkan Google Sitelinks

Cara Mendapatkan Google Sitelinks Google Sitelinks adalah ringkasan laman hasil penelusuran Google yang terdiri dari laman utama dan tautan situs (Baca: Google Sitelinks itu Apa?). Dengan adanya Google Sitelinks sebuah Blog/Web, maka akan memudahkan pengguna internet untuk menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat dan tepat. Itu merupakan salah satu Manfaat Google Sitelinks.

Apakah kini blog/web anda sudah mempunyai Google Sitelinks? jika belum, tidak ada salahnya untuk membaca tips yang akan saya jelaskan berikut ini. Tips ini berdasarkan pengalaman saya dan juga berdasarkan informasi yang saya peroleh dari web/blog orang lain yang bonafide. Berikut adalah screenshoot contoh blog yang sudah memperoleh Google Sitelinks.
Cara Mendapatkan Google Sitelinks
Untuk mendapatkan Google Sitelinks, caranya cukup sederhana. Silahkan simak tips berikut ini.

Cara Mendapatkan Google Sitelinks

1. Buat judul blog yang unik
Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah menentukan judul/nama blog. Judul blog hendaknya adalah judul yang unik dan kalau bisa belum ada blogger lain yang menggunakan judul tersebut. Contoh judul/nama blog yang unik adalah blog saya, yakni "Cara Ririn". Kenapa nama blog harus unik? hal tersebut dikarenakan apabila kita mengetikkan keyword dimesin pencari, maka web/blog kita akan mudah ditemukan, dan bukan tidak mungkin akan menempati posisi nomor wahid.

2. Buat blog niche
Seperti yang dijelaskan dalam Google Webmaster bahwa kita dalam membuat blog itu diharapkan mempunyai niche. Karena dengan adanya niche, maka laman web/blog kita akan mudah dikenali oleh mesin pencari. Contoh blog niche adalah misalnya blog tentang "Masakan Tradisional Indonesia", maka didalamnya berisi tentang Masakan Jawa, Sunda, Padang, dan lain sebagainya.

Agar bisa mendapatkan Google Sitelinks, anda diharapkan tidak membuat blog gado-gado yang berisi konten campuran. Karena hal itu akan menyulitkan sistem algoritma Google untuk membuat sitelinks ke situs anda.

3. Frekuensi update blog
Frekuensi update blog yang bagus adalah satu hari satu artikel yang diterbitkan di blog anda. Lebih bagus lagi jika dalam mempublikasikan artikel itu pada jam yang sama dan dilakukan setiap hari. Sulit ya? saya rasa tidak ada kata yang sulit, karena anda bisa menyiasatinya dengan Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blogger.

Silahkan lakukan publish artikel diblog anda secara kontinyu atau terus menerus. Kira-kira butuh waktu sekitar 5 bulan. Ini berdasarkan pengalaman saya. Kalau ternyata blog anda bisa memperoleh Google Sitelinks lebih cepat, itu malah lebih bagus.

4. Pasang link internal
Setiap artikel anda yang diterbitkan di blog, itu hendaknya selalu dipasang link internal. Tentu saja dalam membuat link internal itu tidak sembarangan, melainkan menggunakan Anchor Text. Dengan begitu maka, sistem Google akan mudah mengenali tautan anda. Perhatikan contoh link internal berikut ini:

Link internal yang benar: Cara Mendaftar Google AdSense dari Blogger
Link internal yang salah: Klik Disini

5. Jangan lupa pasang Alt Tag pada Gambar
Setiap anda memposting artikel di blog, pasti selalu dilengkapi dengan gambar agar artikel anda terlihat informatif dan menarik. Jangan lupa untuk selalu Memasang Alt Tag pada Gambar, agar gambar anda bisa dikenali oleh mesin pencari. Yang perlu anda perhatikan adalah hindari duplikat Alt Tag pada Gambar.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mendapatkan Google Sitelinks. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di blog saya tentang Cara Demote Sitelinks di Google Webmaster Tools. Terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

37 komentar:

Kang Ucup said...

beberapa internal link yang ada di blog saya juga ada pada kata "di sini' . dengan tujuan membuat penasaran pengunjung. ternyata itu salah ya...:D
terima kasih atas informasinya.

Claresta said...

makasih infonya sist,,, sangat bermanfaat bagi saya agar bisa membuat blog yg lebih bagus lagi selain dapat google sitelink,,,
salam sahabat...

Unknown said...

memasang link internal pada setiap artikel yang kita terbitkan memang sangat bermanfaat selain untuk tujuan yang telah dijelaskan di atas, kita juga dapat nilai plus dari pengunjung, sehingga artikel yang kita terbitkan saling berkaitan satu sama lain

Unknown said...

Ini yang saya cari, jadi istilahnya site link atau taut situs ya mbak...
Thanks for infonya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Ucup, kalau link internal berupa link download, hal itu saya rasa tidak masalah. Tapi kalau link internal yang merujuk ke halaman posting, sebaiknya menggunakan Anchor Text yang benar. Thanks mas sudah mampir :)

Mbak Indri, wah saya rasa saya yang seharusnya belajar banyak dari anda, soalnya blog anda sudah laman memperoleh Google Sitelinks. Kalau blog saya sih baru kemarin-kemarin dapat nya hehehehe :D

Mas Arie, betul sekali mas. Ada banyak manfaatnya dari pemasangan link internal. Yang paling jelas adalah dapat meningkatkan pageview blog. Thanks ya :)

Unknown said...

tips dari saya mbak.. "Pertahankan Niche Blog",

saya juga pernah dapat site Link, Pas saya buat beberapa artikel yang keluar dari Niche blog saya, beberapa hari kemudian langsung Hilang site link nya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, iya mas betul sekali. Taut situs hanya ada dalam hasil penelusuran Google saja :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Daniel, wah terimakasih banyak mas sudah menambahkan kekurangan dalam artikel diatas hehehe :D Memang agak susah untuk mempertahankan niche blog. Konsekuensinya kita jarang update blog karena kita harus pilah-pilah judul yang mana yang akan dibuat postingan dan yang relevan dengan niche blog kita.

Pengalaman anda bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua. Thanks mas atas sharing nya :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

say audah buat mbak, tapi yang muncul cuma 4 link, padahal yang dimasukkin banyak

Anonymous said...

Kalau saya sudah dapat,tapi masalahnya kadang mau hilang dan muncul gitu sitelinknya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Sabda, owh begitu ya mas. Saya juga kurang tahu faktornya bagaimana kok bisa begitu. Mungkin ada duplikat link internal mas atau mungkin niche blog tidak spesifik :)

Pak Infosaja, blog saya juga mengalami hal demikian pak. Aneh kok bisa berubah-ubah sendiri ya hehehe :)

Anonymous said...

wah kayaknya suatu kebanggaan yah bisa dapetin sitelink, cuma memang dibutuhkan perjuangan untuk mendapatkannya yah, makasih infonya mbak Ririn, saya masih baru di dunia blogging jadi masih banyak belajar :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

iya betul mas bahwa kalau udah dapat sitelink, ada rasa kepuasan tersendiri karena blog kita terlihat cantik di mesin pencari Google. Yang tersulit adalah bagaimana caranya untuk menjaganya agar bisa utuh dan sitelinks tersebut tidak berubah-ubah atau hilang. Ini yang menurut saya paling sulit. Kita sama-sama belajar mas. Saya juga masih pemula di dunia blogging :)

Unknown said...

Makasih share-nya Mba.Sist...salam kenal juga...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama Mas Ari. Salam kenal juga :)

Anonymous said...

wah, ternyata saya masih salah dong.,

makasih ya mbak udah di jelasin di atas,.

nambah ilmu ane,.

Mizz Aiza said...

baru saya tahu, terima kasih informasi ini.. content blog saya tiada niche dan banyak entri campuran..

afada said...

menarik nih, tapi saya masih butuh pencerahan mengenai PASANG LINK INTERNAL,
seperti apa saja contoh nya ????
dan dimana saja LINK INTERNAL itu di rekomendasikan untuk di pasang ????

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Yogi, kita sama-sama belajar mas. Penjelasan diatas mungkin juga masih terdapat adanya kekeliruan. Oleh karena itu saya selalu mengharapkan masukan dan saran dari para pembaca :)

Mizz Aiza, nggak apa-apa mizz. Yang terpenting blog kita selalu update dan menyajikan informasi yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain, itu saya kira sangat bagus, meskipun tidak ada nichenya. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Unknown said...

Mbakk saya mau tanya klo misalkan Link Intrnalnya saya kasi nama gini
>>>DOWNLOAD_HJSPLIT_NOW<<< Ituu saya kasii nama Gitu Boleh gk mbaa??
Hehe Makasii Sebelumnya atas Tipsnya sangat bermanfaat (Y)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Raja, link internal sebaiknya dipasang di dalam postingan mas. Tentu saja kedua postingan tersebut harus relevan satu sama lain. Dan yang terpeting adalah link internal tersebut harus menggunakan Anchor Text (Nama Yang jelas). Jangan hanya menggunakan "klik disini" atau mungkin "baca ini" dan lain sebagainya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Fatahillah, kalau link internal yang mengarah ke link download/unduhan, itu tidak masalah. Tapi, kalau link internal yang mengarah postingan blog yang lain, sebaiknya menggunakan Anchor Text atau nama sesuai dengan judul postingan.

Unknown said...

Owhhh Gituu yahhh mbakk hehe Makasii yahhh :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama mas :)

Muhammad Ibnu Idris said...

Pengen seperti itu sih. Tapi masih belum bisa juga nampilin muka saya di Google Search Engine. ;(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin karena blog anda relatif masih baru mas. Atau mungkin judul blog (nama blog) anda bersifat general yang mana sudah banyak blogger lain yang menggunakan nama blog anda. Mungkin seperti itu mas. :)

Staff Administrator said...

Jadi ksatu kebanggan utk para blogger ya mbak tentunya....
Bisa mendptkan sitelink dari Google :)

Kalo sy di saat ingin buka blog..selalu mengawalinua di mesin pencari SERP ..semakin sering akan semakin bagus...ini menurut pengalaman sy aja loh mbak
Dan hasilnya..udah sy rasakan :)

Ya tapi memang begitulah...mempertahanlan lebih sulit dari pd mendapatkannya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pengalaman yang sangat menarik mas. Ini bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua yang ingin memperoleh Google Sitelinks. Memang benar bahwa dengan perolehan sitelinks, menjadikan kita lebih semangat dalam nge-blog. Dan tentunya ada kebanggaan tersendiri. Terimakasih banyak Mas Budi sudah berbagi pengalaman untuk kita semua :)

akang sam said...

untuk mendapat google sitelink ternyata tidak mudah ya, hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar kang, Google Sitelinks memang lumayan sulit untuk diperoleh. Butuh kerja keras dan juga konsisten. Tapi kalau sama Akang Budi, saya percaya dech pasti bisa :)

Staff Administrator said...

Trus knapa ya mbak ...kalo saat kita bula browser lewat chrome ,modzila atau brwosing lewat hp....tautan link blog jumlahnya berbeda.. Ndak sama. :)

Btw artikel yg lama2 sy emang byk yg blm saya perbaiki dari posting gbr maupun kata2 yg kurang di pahami.. Dan terkadang lupa mencantumkan sourcenya...harap maklum ...ya. Mbak...emang pd saat itu...baru belajr ngeblog...(blm bisa nulis) hehe
Trima ksh ya mbak Rin..buat masukannya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah saya juga kurang tahu apa penyebabnya itu mas. Soalnya punya saya juga sitelinks nya berubah-ubah terus. Kadang 2, kadang dapat sitelinks 4, dan kadang juga muncul 6. Aneh hehehe :D

Iya nggak apa-apa mas. Kita saling mengingatkan satu sama lain demi kebaikan kita bersama :)

Chaidir.Web.ID said...

Saya belum dapet google sitelinks.. :-(
Tapi yang penting tetap konsisten ngeblog aja dulu kali yaa..

Padahal saya udah nyoba sama seperti tips yang dikatakan diatas..

Chaidir.Web.ID said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ya sabar aja Mas Chaidir. Google Sitelinks itu yang ngasih pihak Google. Yang terpenting adalah konsisten dalam mengelola blog. Update posting setiap hari dan jangan lupa untuk blogwalking, supaya blog nya bisa tambah ramai :)

Saya dulu juga nggak pernah memikirkan soal Google Sitelinks kok. Saya malah baru tahu setelah teman saya memberi tau kepada saya bahwa blog saya ternyata sudah memperoleh Google Sitelinks. Surprise banget pokoknya hehe :) Padahal sebelumnya nggak pernah terlintas sedikitpun tentang Google Sitelinks :)

Unknown said...

wah hrus bljar bnyk nih agr bs sprti blogny cara ririn

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sebaiknya kita belajar bersama-sama Kang Zeer. Saya juga masih pemula soalnya hehe :)

Post a Comment