Cara Merapikan Kode Script dalam Postingan Blog

Cara Merapikan Kode Script dalam Postingan Blog Apabila sebuah tulisan yang disajikan dalam sebuah blog terlihat rapi, maka akan terlihat menarik dan mudah untuk dibaca oleh para pemirsa blog. Tentu saja, kita harus mengaturnya sebaik mungkin agar tulisan tersebut bisa tertata rapi. Biasanya tulisan yang kurang begitu rapi adalah dengan adanya kode-kode script yang disisipkan dalam postingan. Ini sering terjadi pada blog ber-niche tutorial blogging.

Oleh karena itu, kita harus men-setting kode-kode CSS tersebut agar terlihat rapi dan menarik untuk dilihat. Sebenrnya sudah sejak lama saya ingin tahu tentang cara ini karena ada beberapa artikel saya terdapat kode CSS. Tapi, nampaknya hampir tidak ada webmaster yang menjelaskan tutorial ini. Karena mungkin tutorial ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut adalah screenshoot kode script yang terlihat rapi dalam postingan.
Cara Merapikan Kode Script dalam Postingan Blog
Kode CSS yang dirapikan
Terlihat rapi kan? hehehe :D Sebenarnya tidak hanya kode CSS saja yang bisa diatur seperti itu. Melainkan tulisan apa saja bisa dibuat seperti itu. Misalnya apabila kita mengutip tulisan seseorang atau mungkin sebuah definisi hal tertentu atau hal lainnya.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana untuk membuat agar tulisan atau kode script bisa seperti itu? Ternyata caranya sangatlah mudah. Silahkan simak baik-baik panduan yang akan saya jelaskan berikut ini.

Cara Merapikan Kode Script dalam Postingan Blog

1. Silahkan buat artikel baru/entri baru di blog anda masing masing.

2. Setelah artikel anda selesai dibuat, silahkan pilih kode script yang ingin dirapikan.

3. Silahkan kode script anda di blok dan kemudian klik menu Quote (tanda ") di atas entri. Contohnya seperti screenshoot dibawah ini.
cara merapikan susunan artikel di blog website
4. Silahkan klik Publish postingan anda dan lihat hasilnya.

Berikut adalah contoh kode CSS yang dirapikan:
<!-- Related Posts with Thumbnails Code Start-->
<!-- remove --><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='related-posts'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>
</b:if>
<script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels_thumbs&amp;max-results=6&quot;' type='text/javascript'/></b:loop>
<script type='text/javascript'>
removeRelatedDuplicates_thumbs();
printRelatedLabels_thumbs(&quot;<data:post.url/>&quot;);
</script>
</div><div style='clear:both'/>
<!-- remove --></b:if>
<!-- Related Posts with Thumbnails Code End-->

Caranya cukup mudah kan? Kini anda hanya perlu mempraktekkannya. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Merapikan Kode Script dalam Postingan Blog. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas atensinya. Wassalam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

30 komentar:

Anonymous said...

good idea sob, moga ini bisa membantu proses loading yang lebih cepat di blog

Mizz Aiza said...

perkongsian yang bagus.. :D

afada said...

walapun saya tidak pandai dalam bidang pembahasan ini, tapi content ini cukup menegaskan pandangan saya, bahwa blog ini memang patut untuk tetap menjadi kunjungan tetap.

Unknown said...

saya malah baru tau lho cara yang seperti ini..

Thanks mbak, simple banget.. :D

Unknown said...

Fitur yang ada di blogger begitu lengkap. Hal yang kelihatan tidak penting, kecil dan seolah sepele pun tersedia disana. Seperti cara merapikan kode script dalam postingan blog. Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang buat sobat Wahyu Eka Prasetiyarini.

Claresta said...

Banyak blogger kawakan yg malah gak ngerti opsi2 yg terletak di sekelumit entry baru,,, Apalagi pemula seperti saya,,,

Akhirnya saya ucapkan makasih berat krn artikel ini sangat bermanfaat bagi saya,,,

Salam cemerlang :)

Ngomong2 di Sleman lg musim apa sist,,?? hehehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Jocker, heran dech kok bisa sampai loading blog ya mas? aneh hehehe :D Trik diatas tentang merapikan kode-kode script aja kok mas hehehehe :D :P

Mizz Aiza, terimakasih banyak mizz atas kunjungannya :)

Mas Raja, wah statement yang sangat mengesankan mas hehehe :D Terimakasih banyak ya sudah berkenan ingin menjadi pemirsa tetap blog saya :)

Mas Daniel, hehehe cara ini bisa digunakan untuk merapikan kode-kode CSS mas. Mungkin anda bisa mencobanya supaya postingan yang ada kode tersebut bisa terlihat rapi :)

Pak Herdoni, benar sekali pak. Ini adalah hal yang sangat sepele dan hal kecil. Tapi eksistensinya sangat penting untuk diterapkan pada tulisan postingan agar terlihat rapi dan menarik sehingga biar enak dibaca. Terimakasih pak sudah singgah kemari :)

Mbak Indri, wah mbak indri sukanya merendah dech. Hehehe :) Saya malah banyak belajar dari anda karena anda sudah lama berkecimpung di dunia blogging, yakni udah 3 tahun. Kalau saya kan baru kemarin sore hehehe :) Wah saya tidak tinggal di Sleman mbak tapi di Jawa Tengah :)

Unknown said...

Wah, blog saya ngga pakai script code. Tapi ngga apa-apa, mayan dapat ilmu tambahan dari sini.
Keep post mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sebenarnya tidak harus kode script/kode CSS saja yang bisa dibuat seperti itu mas, tapi semua tulisan teks, itu bisa dibuat seperti itu. Misalnya apabila kita ingin membuat sebuah kutipan, atau mungkin kalimat yang penting atau yang lainnya. Thanks ya sudah mampir :)

Masnady said...

sip deh mbak eka.. memang biasanya ada beberapa blog tutorial blogger yang scribnya berantakan.. tapi ya namanya kita "butuh" atau "perlu" ya di telateni aja mbak.. hehehehe.

menurut saya sih memang harus di rapikan agar pembaca mudah dalam membaca dan mengambil scribnya.. terimakasih mbak eka... ijin save dulu ya..?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar mas, termasuk blog saya pada beberapa artikelnya terdapat kode script yang berantakan, karena saya tidak tahu cara mengaturnya. Tapi setelah tahu, artikel tersebut sudah saya edit agar terlihat menarik dan cantik :D

Terimakasih banyak mas sudah mau berkunjung di blog saya :)

Unknown said...

owh...jadi bisa digunakan untuk fungsi lainnya juga, baru tahu :D
Besok saya coba deh.

dunia maya said...

saya simpan dulu mb ,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, iya betul itu mas. Silahkan dicoba biar tambah pinter hehe ^^

Mbak Maya, jangan hanya di simpan mbak, tapi dipraktekkan biar bisa paham dan tambah ilmu hehehe :D

Djangkaru Bumi said...

Script sengaja di amburadulkan agar tidak mudah dirubah orang. Kerena biasanya sang tutorial menyembunykan kode atau link selipan.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya Pak, kelihatanya aneh juga ya kok bisa sengaja begitu hehehe :) Kalau saya mah suka yang rapi agar kode script tersebut terlihat menarik untuk dilihat hehehe :)

Rohis Facebook said...

merapikan dan merapatkan tiap baris.., katax ini bs mempercepat/meringankan kinerja script.., walaupun gk trlalu signifikan tp tetap ada pengaruhx.., thx ya.. *smile

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas, saya malah baru tahu kalau ternyata bisa mempercepat loading sebuah blog. Thanks mas rohis atas tambahannya yang sangat bermanfaat untuk kita semua :)

Radja Blangkon said...

Terimakasih sudah mau berbagi cara merapikan kode script.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ok sama-sama Pak Blankon :)

Unknown said...

dalam penyisipankode pada posting memang memerlukan kerapian seperti yang telah dijelaskan di atas, semua itu bertujuan untuk mempermudah pemahaman pada pembaca, perapian kode juga dapat kita lakukan menggunakan kode <pre>
kode CSS atau HTML
</pre>

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar itu mas. Tujuannya memang agar tulisan kita bisa rapi dan enak dibaca. Saya malah baru tahu kalau ternyata bisa juga menggunakan kode pre hehehe :D Terimakasih banyak ya sudah menambahkan :)

Anonymous said...

ini tips yang bagus buat saya, sayakan di belog asal nulis aja hehehe... dengan adanya tips ini ... saya jadi malu wkwkwkw

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita sama-sama belajar pak. Saya juga belum bisa menulis dengan rapi. Thanks ya sudah singgah di blog saya :)

Staff Administrator said...

Wah saya baru tau nih trik untuk cara merapihkannya.. :) terkadang sanking buru2nya di kejar waktu..ndak memikirkan hal ini..hehe

Biasanya sy hanya menambahkan dan mengurangi kodenya lewat Html mbak...dan itu sy lakuin kalo lagi mud aja..haha payah ya saya.. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Saya kira tidak masalah kok. Yang penting artikel nya bagus dan mudah dibaca itu sudah lebih dari cukup. Tapi kalau dari sagi estetik memang yang namanya kerapian/kerajinan itu penting :)

Anonymous said...

keren juga nih ilmunya mbak, kapan-kapan saya coba ah biar scriptnya lebih rapih... makasih mbak Wahyu :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan mas dicoba. Saya juga dulu nggak pernah mempraktekkan cara ini. Tapi setelah tahu, jadi sering praktek :D

photocopy canon said...

Mba bisa tidak kalau untuk merapikan template blog pakai trik diatas? Begini template (kode html) di blog saya itukan berantakan, terus saya copas masukan di entri baru kemudian setelah pk trik diatas saya copy lagi dan paste kode itu di template blog saya. kira-kira error tidak ya? maaf ya maklum masih awam dan terima kasih.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tutorial ini berbeda dengan merapikan kode script yang ada dalam template mas. Untuk tutorial ini hanya membahas tentang cara agar script yang dimasukkan ke dalam postingan blog itu terlihat rapi. Bukan untuk template. Jadi untuk merapikan kode script template sendiri berbeda caranya. Saya sendiri kurang tahu mas, karena setiap template mempunyai kode yang berbeda-beda :)

Post a Comment