Cara Melaporkan Artikel yang di Copy Paste kepada DMCA

Cara Melaporkan Artikel yang di Copy Paste kepada DMCA Digital Millennium Copyright Act (DMCA) merupakan tempat pengaduan atas pelanggaran yang dilakukan oleh seseorang yang ada di internet. Pelanggaran tersebut bisa berupa copy paste artikel, penyebaran file yang dilindungi hak cipta (misalnya file Mp3), atau yang lainnya. Dengan melaporkan kepada DMCA, memungkinkan mereka (pelanggar) akan memperoleh sanksi. Sanksi tersebut bisa berupa penghapusan postingan blog, penghapusan blog, penurunan ranking di Search Engine Result Page (SERP) Google, atau mungkin bisa juga sampai di meja hijau.

Terlepas dari itu semua, dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana caranya melaporkan sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh seseorang di dunia maya. Lebih khususnya adalah pelanggaran copy paste artikel di blog. Apakah artikel copas tersebut melanggar? Tentu saja iya, karena hal itu jelas sudah melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Sehingga sangat layak dan pantas untuk dilaporkan kepada DMCA.

Berikut saya jelaskan step by step tentang tata Cara Melaporkan Artikel yang di Copy Paste kepada DMCA. Silahkan disimak baik-baik tutorial yang akan saya jelaskan berikut ini agar anda tidak salah dalam mempraktekkannya.

Cara Melaporkan Artikel yang di Copy Paste kepada DMCA

1. Silahkan log in ke Akun Google anda terlebih dahulu. Kemudian silahkan kunjungi laman DMCA Notice di url https://support.google.com/legal/contact/lr_dmca?product=blogger&contact_type=lr_dmca&rd=1

2. Arahkan kursor mouse anda ke bawah. Nanti anda menjumpai form yang harus diisi. Berikut adalah screenshoot nya. Silahkan lengkapi informasi kontak anda.
Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA
Keterangan:
Nomor 1 isi dengan Nama Lengkap anda
Nomor 2 isi dengan Nama Blog anda
Nomor 3 isi dengan Nama Anda lagi
Nomor 4 masukkan alamat E-mail anda
Nomor 5 pilih negara anda

3. Setelah form Informasi Kontak sudah anda isi, berikutnya silahkan isi form Copyrigthed.
Cara Melaporkan Artikel yang di Copy Paste kepada DMCA
Keterangan:
Nomor 1 isi dengan url laman blog anda yang di copy paste oleh orang lain
Nomor 2 isi dengan Judul Artikel anda serta Tanggal Publikasinya

4. Langkah selanjutnya, silahkan masukkan url laman blog orang lain yang sudah meng-copy paste artikel anda.
bersihkan blogger copas dari internet
Keterangan:
Nomor 1 isi dengan url-url copaser
Nomor 2 silahkan di klik untuk menambah kolom

5. Langkah berikutnya adalah mencentang Pernyataan Tersumpah. Silahkan centang nomor 1 dan 2 pada screenshoot di bawah ini.
cara mengajukan komplain ke pihak Google DMCA terkait pelanggaran hak cipta artikel di blog
6. Selanjutnya, silahkan isi form pada poin signature atau tanda tangan.
isi biodata diri dan judul artikel serta url postingan yang di copas
Keterangan:
Nomor 1 pilih tanggal, bulan, dan tahun saat anda melaporkan tersebut.
Nomor 2 isi dengan Nama Lengkap anda

7. Setelah semua form tersebut sudah anda isi, langkah berikutnya adalah klik tombol Submit.
cara menghapus blog para copaser dengan melapor ke DMCA
8. Maka anda akan menjumpai laman seperti screenshoot dibawah ini.
keberatan artikel dicopas tanpa mencantumkan sumber link ke blog kita
9. Sesaat kemudian, anda akan memperoleh notifikasi dari Google melalui pesan yang dikirim pada Email anda yang isinya seperti screenshoot berikut ini.
selamat! Blog para pelaku copas sudah dihapus oleh pihak Google

Silahkan tunggu sekitar 1 minggu atau mungkin bisa lebih. Itu tergantung dari jumlah banyak nya pelanggaran yang sedang dilaporkan. Selain itu juga tergantung dari banyaknya antrean. Mohon anda bersabar. Ok

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Melaporkan Artikel yang di Copy Paste kepada DMCA. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

75 komentar:

dunia maya said...

sangat bermanfaat mb wahyu,,,,
saya tidak pernah cek artikel blog apa ada yg copas? lain kali saya coba,,,,
trimakasih dah berbagi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

ok mbak maya terimakasih banyak sudah singgah kemari :)

Kang Ucup said...

melihat ancaman yang begitu serius yang ditujukan kepada para copaser ternyata tidak membuat mereka takut. atau memang karena belum tahu ya. semoga setelah membaca artikel ini mereka jadi tahu dan menghentikan tindakannya yang dapat merugikan orang lain dan juga dirinya sendiri :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau blogger pemula biasanya takut kang dengan ancaman seperti ini. Tapi bagi blogger lama yang sudah mempunyai kebiasaan buruk ini (sudah biasa copy paste), mereka nampaknya tidak takut hehehe :D

Iya mudah-mudahan mereka semua (copaser) bisa sadar dan insyaf akan perbuatan nya ya kang. Terimakasih banyak kang atas kunjunganya :)

Claresta said...

informasi yg sangat bermanfaat,,, skrg saya jd tahu cara melaporkan artikel yg dicopas org lain ke DMCA.
makasih share-nya n salam sukses mbak Wahyu,,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kita sama-sama belajar mbak, saya baru tahu kemarin kok hehehe :D
Terimakasih sudah singgah kemari ya :)

Unknown said...

Baru satu artikel yang saya tahu telah dicopypaste oleh beberapa situs atau blog. Berhubung belum ada waktu yang longgar untuk sementara belum saya laporkan kepada DMCA. Cukup banyak yang mengcopypaste artikel di blog Info Seputar Kita (menurut informasi sobat Wahyu Eka Prasetiyarini beberapa waktu lalu).

Yang membuat saya agak prihatin adalah artikel yang saya check tersebut sama-sama tampil di halaman pertama hasil pencarian search engine Google. Apakah tidak ada semacam sistem atau 'saringan' dalam mesin pencari, bila suatu website atau blog mengcopypaste suatu artikel maka otomatis artikel yang ditampilkan itu yang original, sedangkan yang copy paste tidak ditampilkan di halaman pertama ? Data artikel sudah ada baik judul artikel, hari, tanggal, bulan, tahun, dan jam artikel itu diposting.

Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang buat sobat Wahyu Eka Prasetiyarini !

Unknown said...

Sekarang sudah semakin bagus aja perlindungan konten untul netter. Post yang bermanfaat, ijin BM dulu. Mungkin suatu saat saya butuh..hehehe
Kalau DMCAnya belum terverifikasi bagaimana mbak ??

Boku no Blog said...

Tutorial yang sangat bermanfaat Mbak Wahyu, karena kadang kita juga gak ngecek dengan artikel kita yang kena copas.

Happy Blogging..!!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya juga kurang tahu pak kenapa artikel hasil copy paste bisa menduduki posisi yang bagus di mesin pencari Google. Padahal apabila duplikat konten itu disebut sebagai konten spam. Biasanya blog sumber yang menjadi korban, misalnya trafik menurun dan lain sebagainya.

Terimakasih banyak pak sudah berbagi pengalaman yang cukup menarik :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hasby, maksudnya belum terverifikasi bagaimana ya mas? saya nggak paham :)
Kalau setahu saya, nggak ada verifikasi segala kok mas, tapi langsung lapor saja. Nanti pihak Google yang akan bekerja. Dan apabila sudah selesai, maka kita akan dikasih tahu via E-mail :)

Pak Boku, terimakasih banyak pak sudah singgah kemari :)

Unknown said...

tutorial yang sangat bermanfaat sob, tak jarang para bloger yang tidak mengetahui cara melaporkan DMCA ini, termasuk saya sendiri, dengan demikian mudah mudahan para bloger copas berfikir 2 kali untuk melakukan indakan tercela tersebut, thks sob untuk inlumya, semoga berguna buat kita semua

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Harapan nya seperti itu mas supaya para copaser bisa sadar, syukur-syukur bisa khilaf mau bertaubat untuk tidak melakukan copy paste karya orang lain, karena konsekuensinya cukup berat :) Thanksya sudah berkunjung kemari :)

Unknown said...

Banner DMCA di blogku ketika saya klik menampilkan sertifikat DMCA. Nah di situ ada tulisan belum terverifikasi mbak -_-

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu, saya malah kurang tahu mas soal banner DMCA tersebut. Mungkin anda harus verifikasi terlebih dahulu.

Kalau trik yang dijelaskan diatas, tidak pakai banner, tapi langsung lapor kepada DMCA. bgeitu mas :)

Unknown said...

menambah ilmu :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks Pak Isnan atas kunjungannya :)

Mizz Aiza said...

sangat bermanfaat tutorial ini.. setakat ini saya belum berjumpa orang yang copy entri saya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

wah bagus itu mizz kalau posting anda belum ada yang di copy paste :)

Hariyanto Wijoyo said...

kalo ada mau copas artikel di blog-ku , saya persilahkan saja....mau pasang link ke seumber aslinya ..silahkan, nggak pasang juga nggak apa-apa.....hitung-hitung cari amal....... :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Baik banget ya Pak Hariyanto. Perlu ditiru nih kebaikannya :)

Lelaki said...

ooo mcm itu ya.

Anonymous said...

Saya setuju sama mas Hariyanto :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Lelaki, iya pak kurang lebih seperti itu caranya. Thanks ya sudah singgah kemari :)

Mas Naufal, hehehe wah malah ikut-ikutan Pak Har nich hmmm :D

Unknown said...

oh...jadi begitu, kirain sertifikat DMCA nya hrs terverifikasi dulu baru bisa diterima laporannya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, jadi untuk melaporkan kepada DMCA tidak perlu minta verifikasi, tapi lagsung lapor saja melalui form yang sudah disediakan. Terimakasih sudah singgah kemari :)

Rohis Facebook said...

sy jgn dilapor ya.., *smile
sy gk pasang DMCA cz sy jg copas hehee.., tp insya Allah sumber2 copasan sy rela ilmux dibagi lagian aturan copas sdh sy laksanakan dgn baik.., makasih ya mbk..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehehe ya nggak lah, masak saya harus melaporkan mas rohis :D Kan mas rohis sahabat baik saya (smile)

Bagus itu mas kalau hasil copy paste tersebut diberi sumber aslinya. Jadi kita bisa terhindar dari tindakan copy paste :)

Thanks ya sudah mampir di blog saya :)

Mbak Iis said...

wah tambah ilmu lagi, jadi kita bisa melaporkan yg copas artikel kita. memang sebaiknya kalau copas di kasih tulisan hasil karya.

mksh infonya mbak.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar itu mbak lis, jadi kalau copy paste itu harus mencantumkan sumber aslinya :) Sehingga hasil copy paste teresebut tidak dilaporkan kepada pihak yang berwajib :) Thanks ya sudah mau mampir :)

Djangkaru Bumi said...

Kalau saya , ikhlas jika ada yang copy paste artikek artikel di blogku. Berani ngeblog harus siap mental untuk di curi.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah Pak Djangkaru baik hati banget ya. Salut buat Pak Djangkaru :)

Anonymous said...

di copas itu kan resiko ngeblog, sekalipun dilaporin, masih bahnyak juga copaser2 yang lain, bikin capek saja, santai saja, toh kalau mang bagus, pasti penulis aslinya lebih di kenal ketimbang si copaser

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar sekali apa yang anda sampaikan. Nge-blog memang penuh dengan risiko. Terutama rentan terhadap tindakan copy paste. Saya menyadari bahwa setiap orang mempunyai perspektif yang berbeda-beda. Ada yang tulisannya boleh dicopas. Dan ada juga yang tidak boleh. Semua itu saya rasa hal yang wajar.

Terkait dengan tutorial diatas, itu ditujuakan kepada para pemirsa blog saya yang mana mungkin mereka keberatan apabila artikelnya di copy paste, sehingga alternatifnya adalah dengan cara melaporkan kepada DMCA. Thanks atas kunjungannya :)

Staff Administrator said...

Cara ini di lakukan bertujuan utk memberikan aksi jera ya mbak
Padahal kalo memang meminta izin sama empunya dan tau akan etikanya..
Semuanya akan fine2 aja.. :)
Oh ya..thx loh mbak ...buat sharenya.. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Melaporkan kepada DMCA merupakan alternatif terakhir apabila kita merasa tidak suka apabila artikel kita di copy paste. Harapannya para pelaku praktek plagiarisme bisa jera dengan adanya tindakan ini. Tentu saja apabila dalam meng-copy paste sesuai dengan ketentuan webmaster, itu tidak menjadi suatu masalah. Thanks mas budi atas kunjungannya. Salam :)

Anonymous said...

memang resikonya kalau ngeblog yah dicopas, oh ya mau tanya mbak misal salah satu artikel kita dicopas sama persis berikut gambarnya, tapi masih menyertakan link sumbernya apakah itu tidak akan merugikan kita? atau malah menguntungkan? mohon pencerahannya, makasih sebelumnya :)

Yanuar Catur said...

paling yang copas ituh ya para pencari duit onlen, blognya kan banyak tuh.hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Anthonie, iya benar sekali mas bahwa copas adalah resiko nge-blog. Oleh karena itu mengapa kita diharapkan bisa me-manage resiko tersebut secara baik.

Terkait dengan pertanyaan anda. Itu jelas merugikan. Coba anda bayangkan, kira-kira berapa lama waktu yang digunakan oleh anda menulis artikel? dan berapa koneksi internet yang anda gunakan untuk menerbitkan artikel tersebut di blog? dan berapa tenaga yang sudah anda keluarkan untuk menulis? dan masih banyak lagi.

Eh tiba-tiba ada orang yang suka dengan artikel anda, kemudian tinggal copy paste dan diterbitkan di blog mereka sama persis dengan artikel sumbernya. Mungkin copaser hanya butuh waktu 5 menit untuk menerbitkan artikel di blog nya, tapi anda mungkin butuh waktu 2 jam untuk membuatkan artikel tersebut atau mungkin bisa berjam-jam. Kira-kira rugi apa nggak mas? dan kira-kira anda sakit hati nggak? Kalau saya terus terang sakit hati banget hehehe :)

Sebenarnya copy paste boleh-boleh saja asalkan artikel sumbernya di tulis ulang dengan menggunakan gaya bahasa sendiri (menggunakan narasi sendiri). Dan jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Dengan begitu, mereka bisa terhindar dari plagiarisme. Thanks mas Anthoni sudah mau berbagi pengalaman yang sangat menarik :)

Mas Yanuar, iya benar itu mas kebanyakan orangnya seperti itu tujuannya. Tapi tidak sedikit juga mereka yang baru menjadi blogger (blogger pemula). Thanks ya sudah mampir :)

Anonymous said...

oy mb riri, klau boleh saya kasih saran, link koemntator yang ada di blog ini di setting agar muncul di tab baru, gpp di proteksi dan nggak bisa di klik kanan, agar supaya ketika ingin mengunjungi blog yang berkomentar di blog ini, saya klik linknya langsung beralih ke link yang di klik, juga memudahkan bagi yang terbiasa membuka banyak tab. ini cuma sekedar saran saja loh mb' hehehheheeheh.....
#Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Mas Rizky atas masukan dan sarannya. Nanti saya pertimbangkan lagi untuk men-setting form komentar di blog ini. Thanks atas perhatiannya ya :)

Anonymous said...

untuk setting form komentar gpp mb' nggak di setting, cuma untuk link kalau bisa sih di setting agar kalau di klik bisa muncul di tab baru, misalnya saya mau mengunjungi blognya mas Catur Yanuar atau mas Budi OS, kalau bisa kalau saya klik linknya langsung membuka di tab baru (new tab), yang ada sekarang kalau saya ingin mengunjungi blog pengomentator di blog ini, nggak membuka di tab baru alias blognya mb' Ririn ini tertutup blog yang saya kunjungi. gt mb'
#Rizkyzone.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Tadi saya sudah mencoba untuk setting form komentar agar bisa muncul jendela baru, tapi malah form komentar nya hilang hehehe aneh :D

Wah saya nggak tahu caranya mas soal yang klik komentator agar bisa muncul di tab baru hehehe :D

Anonymous said...

cara ini udah saya praktekan mbak, dan akhirnya blog yang copas itu sudah lenyap dari peredaran heheh... tapi saya pakai bahasa Indonesia ... bisa kan?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah bagus itu Mang kalau anda sudah pernah mempraktekkannya. Terkait dengan bahasa, tidak ada masalah kok kalau menggunakan Bahasa Indonesia dalam melapor ke DMCA :)

Tengku Said Annuhsi said...

WAH .. usable nih post :) , jika yang copas menyertakan yg sumber mungkin lain cerita ya :)

salam sukses

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya benar itu pak. Jadi copy paste yang baik adalah yang menyertakan sumber aslinya serta artikel yang di copy paste itu tidak sama persis, melainkan ditulis ulang dengan menggunakan narasi mereka sendiri. Thanks pak sudah mau mampir di blog saya :)

Unknown said...

wah ada juga mbak yang copas artikel saya tanpa menyertakan link sumbernya, perlu saya laporin tuh orang biar kapok... makasih artikelnya mbak sangat bermanfaat buat saya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lebih baik laporkan saja mas ke DMCA. Selain tidak banyak menyita waktu kita, juga untuk melaporkan juga mudah kok. Tinggal isi form dan kemudian kirim. Thanks mas sudah mampir ke blog saya :)

Unknown said...

oh ya mbak saya sudah coba melaporkan ke DMCA tapi pada waktu menuliskan url si copas kok nggak bisa yah, soalnya urlnya artikelnya dia belakangnya nggak ada dot htmlnya, terus caranya gimana yah padahal saya liat artikelnya dia ratusan mungkin hasil copas semua, emang bisa yah mbak url artikelnya nggak ada dot htmlnya, mohon pencerahannya, makasih :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Memang benar bahwa blog yang selfhosting (hosting premium) itu tidak ada embel-embel dot html. Tapi saya kira bisa kok dimasukkan ke form DMCA, solanya kemarin saya juga sudah mempraktekkannya.

Unknown said...

kenapa yah mbak tetep nggak bisa keterangannya harus menyertakan http tapi udah saya coba tetep nggak bisa, aneh juga, yang copas nama sitenya sehat2 dot com, bikin kesel juga, tips agar cepat hamil saya dicopas...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kok bisa begitu ya mas. Aneh banget dech, padahal kemarin saya bisa kok hmmm Saya malah jadi bingung sendiri :)

Saya sudah melihat blog nya. Memang benar, ada banyak artikel anda yang di copas dan diterbitkan di blog tersebut.

Mungkin solusinya adalah melakukan tindakan pencegahan mas, agar artikel berikutnya tidak di copy paste lagi, yakni dengan cara memproteksi klik kanan dan sistem blok pada postingan blog anda.

Unknown said...

Ok mbak terimakasih sarannya, akan saya coba, mudah mudahan bisa diakali dengan cara itu, terimakasih banyak mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mudah-mudahan berhasil mas. Thanks ya sudah mau berdiskusi disini :)

Unknown said...

Saya nemuin lagi kalau artikel saya dicopas, tapi pas saya lihat di blognya si copas kok enggak ada tulusan artikelnya yah, yang ada cuman judulnya aja yang ada, satu halaman bawah judul kosong nggak ada artikel sama sekali, terus gimana yah mau ngelaporinnya takutnya nanti salah soalnya nggak ada bukti :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Bisa jadi blog tersebut merupakan blog Auto Generated Content (AGC) yakni blog yang konten nya dibuat secara otomatis. Atau mungkin juga blog tersebut adalah Auto Blog Copy Paste.

Blog tersebut biasanya hanya menampilkan judul dan sedikit ringkasan artikel. Karena posting dibuat secara otomatis oleh script tertentu.

Blog tersebut kerjaannya hanya mengumpulkan konten dari blog-blog lain. Dan blog tersebut dianggap spam oleh Google.

Saya kira nggak masalah kok mas kalau judul nya saja yang kembar/mirip. Karena judul artikel mirip itu sudah biasa. Namun, kalau seluruh artikel itu sama persis, itu baru copy paste 100%. Dan biasanya yang diganti hanya judulnya saja.

Thanks mas sudah mau sharing pengalaman :)

Unknown said...

bukan judulnya yang jadi masalah mbak, waktu saya cek satu paragraf artikel saya diantara dua tanda kutip di google search terlihat bahwa artikel saya dicopas soalnya satu paragraf itu di bold huruf tebal semua, nah pas saya cek sitenya yang copas, yang ada cuma judulnya aja, dibawah judulnya kosong warna putih, dan semua artikelnya saya buka sama semua, cuma judul-judulnya aja nggak ada artikelnya,itu yang saya bikin bingung mbak...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh kasus nya seperti itu to. Bisa jadi blog tersebut antara warna tulisan/teks dengan warna template nya sama mas. Jadi besar kemungkinan tulisan/teks nya tidak terlihat. Kalau boleh tahu, alamat situs nya apa mas? saya pengen lihat :)

Unknown said...

maaf mbak setelah saya cek lagi ternyata artikelnya sudah muncul dan dia ternyata menyertakan link sumbernya, pas kemaren sama sekali nggak ada isinya cuman judul aja mungkin lagi dalam perbaikan atauapa saya nggak tahu...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Bagus berarti kalau sudah menyertakan link sumbernya. Jadi, kita nggak perlu repot-repot melaporkan ke DMCA :)

Unknown said...

wah bgus ni...bs untuk mlindungi blog kt

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya kang betul itu. Thanks ya sudah mampir :)

Unknown said...

di copas memang menyakitkan, apalagi artikelnya hasil olah pikir dan penelitian kita yang memakan biaya dan waktu... budaya plagiatisme memang perlu di berantas dan diberi sanksi. melaporkan ke DMCA salah satu solusi mengurangi plagiatisme di dunia netter..
Trims atas bagi-bagi ilmunya, mbak...
Sukses!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Di dunia maya memang rentan sekali dengan buaday copy paste, karena memang sangat mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memberantas budaya tersebut dengan cara melaporkannya kepada DMCA. Terimakasih banyak mas sudah mau mampir di blog saya :)

Arif Hakim said...

saya juga jengkel soalnya yang copas sama persis cuma diganti pas ada nama blog saya + link aktifnya parahnya kagak pake link sumber lagi,padahal saya nulis tu artikel berjam-jam,,terpaksa deh ane laporin biar mampus tu blog,hehehe,,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe pengalaman yang sangat menjengkelkan ya mas. Memang, tindakan copy paste artikel itu merupakan momok yang perlu di perangi oleh kita semua. Karena untuk menulis artikel itu tidak mudah. Mudah-mudahan berhasil ya mas untuk melaporkan ke DMCA. Terimakasih atas kunjungannya :)

Unknown said...

oh begitu yah mba.. Saya baru tau.. Klo via hp bisa ga mba.? Hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kurang tahu saya mas, soalnya saya belum pernah nyoba melapor ke DMCA melalui hand phone hehe :)

Walidin said...

mantap banget nih artikel, biasanya blogger baru yang sering copy paste ya mba..yang belum tahu aturan main blog dan kode etik blog yang sebenarnya.
semoga artikel ini lebih banyak pembacanya dan para blogger sadar apa yang akan di akibatkan jika copy-paste.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya harapaannya begitu pak. Semoga para copaser bisa sadar untuk tidak melakukan plagiat terhadap artikel/postingan blog orang lain. Dengan cara melaporkan ke DMCA, sedikit-banyak bisa mengurangi para copaser pak :)

Walidin said...

Malah ada beberapa blog yang dengan sengaja menulis warning yang intinya "kalau anda mengkopi paste dari blog .... akan saya laporkan ke dmca".

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya pak. Itu berarti si pemilik blog tidak menginginkan artikelnya dicopas, jadi mereka memasang sebuah peringatan :)

Hendrik said...

artikel saya banyak yang dicopas orang setelah saya cek. Sangat merugikan saya karena setelah saya cek banyak artikel yang menghilang dari serp. Memang dulu tidak saya pasang script anti klik kanan atau apa karena saya mikirnya biar copaser menyadari sendiri kalau ngopas itu gak bener. Tapi ternyata gak sadar2 juga :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah pengalaman yang sangat menarik mas. Memang benar bahwa tindakan copy paste sangat merugikan pihak sumber nya. Jadi sebaiknya kita memproteksi blog kita agar tidak di copas. Kalau artikel blog kita sudah terlanjur banyak yang di copas, solusi alternatif nya adalah dengan cara melaporkan kepada Google DMCA :)

Post a Comment