Cara berkomentar yang baik dan benar di blog

Cara berkomentar yang baik dan benar di blog Salah satu aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan dalam dunia blogging adalah berkomentar di blog orang lain, atau yang biasa disebut dengan blogwalking. Karena selain dapat bermafaat untuk menjalin suatu persahabatan antar sesama blogger, juga bisa memperoleh backlink (Baca: Cara Mendapatkan Backlink). Dengan cara berkomentar yang baik, minimal blog yang kita kelola bisa dikenal oleh webmaster yang lain. Apalagi jika blog kita baru, kita harus rajin-rajin dalam menyosialisasikan blog kita.

Sayangnya banyak webmaster (pengelola blog) kurang begitu faham tentang bagaimana caranya berkomentar yang baik dan benar. Sehingga sering kali mereka kurang tepat dalam berkomentar. Antara lain adalah komentar mereka terlalu singkat dan pendek, menyisipkan link aktif dalam kolom komentar, isi komentar tidak sesuai dengan topik artikel postingan, promosi produk komersial dan masih banyak lagi. Tentu komentar yang berbentuk seperti itu akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi anda dan juga blog yang diberi komentar.
Cara berkomentar yang baik dan benar di blog
Image by tofixgue.blogspot.com
Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tata cara berkomentar yang baik dan benar di blog. Berikut adalah penjelasannya.

Cara berkomentar yang baik dan benar di blog

1. Selalu gunakan profil blogger
Ketika kita berkomentar hendaknya selalu gunakan nama profil. Hal tersebut dikarenakan supaya kita bisa dikenal. Pengelola blog akan selalu responsif dengan komentator yang demikian. Bahkan bukan tidak mungkin, si pemilik blog akan berkunjung balik ke blog kita tanpa kita harus meminta. Beda halnya apabila kita berkomentar dengan menggunakan nama produk atau tanpa nama (anonim). Bisa dipastikan sipemilik blog tidak akan merespon sama sekali dengan komentar yang kita berikan, apalagi berkunjung balik.

2. Komentar harus sesuai dengan topik artikel postingan
Banyaknya komentar akan mempengaruhi keyword dalam mesin pencari. Tentu komentar yang ada harus relevan dengan topik yang dibahas. Oleh karena itu, sipemilik blog akan merasa senang apabila komentar yang ada sesuai dengan isi artikel. Dan komentar yang kita berikan bisa dipastikan akan direspon positif oleh adiministrator blog. Oleh karena karena itu, hendaknya saat akan memberikan komentar kita diharapkan membaca artikel terlebih dahulu sampai selesai. Dan kemudian dilanjutkan dengan berkomentar yang susuai dengan tema artikel. Jangan asal berkomentar!.

3. Gunakan kalimat dan bahasa yang baku
Perlu diingat bahwa komentar blog itu berbeda dengan tulisan yang ada di chating atau di sms yang kebanyakan menggunakan kata disingkat-singkat, karena memang dibatasi jumlah tulisannya. Untuk komentar di blog, kita tidak dibatasi oleh jumlah karaketernya. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baku dengan kalimat dan kata yang jelas. Tujuannya agar mudah dibaca dan dipahami oleh administrator blog dan visitor yang lain.

4. Gunakan bahasa yang santun
Meskipun kita tidak sepakat dengan substansi artikel yang disajikan di blog tersebut, kita harus tetap menggunakan bahasa yang santun dan sopan dalam memberikan komentar. Kita boleh memberikan saran, masukan, dan kritikan yang bersifat membangun.

5. Jangan terlalu pendek
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa komentar yang hanya berupa kalimat pendek misalnya seperti "Nice Info" "Thanks" "Terimakasih sudah berbagi" dan lain-lain itu tidak dibenarkan dalam berkomentar. Bisa dipastikan komentar yang demikian tidak akan mendapatkan feedback positif dari administrator blog, karena mereka pasti tidak membaca artikel yang disajikan dalam blog.

6. Jangan menyisipkan link aktif
Link aktif yang disisipkan dalam isi komentar di sebut dengan komentar spam (Baca: Ciri-ciri Komentar Spam). Tidak hanya blogger saja yang tidak suka dengan komentar spam, tetapi juga mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing kesemuanya sangat membenci terhadap komentar spam. Oleh karena itu, apabila anda tidak ingin dibenci oleh siapapun, jangan pernah menyisipkan link aktif dalam kolom komentar.

7. Jangan berkomentar yang bersifat negatif
Hindari komentar yang bersifat negatif seperti isi komentar yang mengandung pornografi, perjudian, suku agama ras dan golongan (SARA). Hal tersebut dikarenakan akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi diri anda, orang lain, dan administrator blog.

8. Jangan promosi produk
Hindari berpromosi produk saat anda berkomentar. Karena bisa dipastikan tidak akan direspon positif oleh para pembaca. Berpromosilah sesuai dengan tempatnya. Gunakan jasa perinklanan online untuk mempromosikan produk anda misalnya seperti Google AdWords, KlikSaya, Bidvertiser, dan masih banyak lagi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang tata cara berkomentar yang baik dan benar di blog. Semoga dapat memberikan pemahaman bagi kita semua tentang arti penting sebuah komentar dan semoga ke depan kita bisa lebih baik dalam berkomentar. Atas perhatiannya disampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

4 komentar:

Wasis Zain said...

tukeran link yuk mbak
heheheh
:P
Iparengan

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

maaf mas Wasis Zain, nampaknya saya tidak bisa untuk tukar-menukar link. Mohon maaf ya :)

MitraBibit.com said...

"jangan terlalu pendek" setuju banget dengan yg itu,,
"jangan promosi produk" walaupun sy jualan, tp keutaman blog walking buat saya adalah memperbanyak teman, masalah dagangan laku itu hanya dampak... :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau niat kita tulus untuk blogwalking karena alasan menjalin silaturrohim antar sesama Blogger, pasti kita akan memperoleh berkah nya mas. Ya salah satunya adalah dagangan nya bisa laku atau mungkin hal lainnya :)

Post a Comment