Tips Agar Postingan Blog Cepat Terindeks Google

Tips Agar Postingan Blog Cepat Terindeks Google Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara agar artikel terbaru di blog cepat terdeteksi dan muncul pada halaman teratas google. Sebagai pemilik blog sekaligus pengelola, anda pasti akan merasa senang jika artikel yang baru anda terbitkan bisa langsung muncul di halaman hasil penelusuran Google. Betul nggak? Saya sendiri juga merasakan hal itu.

Tentu saja untuk mewujudkan hal itu, tidaklah mudah. Karena ada beberapa hal yang harus anda aplikasikan dalam kaitannya dengan mengoptimasi SEO di blog anda. Adalah sangat jarang blog yang masih baru, bisa cepat muncul di search engine Google. Tentu butuh proses yang panjang dan juga dibutuhkan ketekunan dari anda masing-masing.
Bagaiman Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindeks Google
Berikut akan saya jelaskan bagaimana supaya artikel anda bisa cepat terindeks Google dalam hitungan jam atau bahkan dalam hitungan menit. Berikut adalah uraiannya. Silahkan anda simak baik-baik.

Tips Agar Postingan Blog Cepat Terindeks Google

1. Riset kompetisi target judul artikel di Google
Sebelum anda membuat sebuah artikel, ada baiknya untuk cek judul artikel anda di Google. Anda bisa melihat dari jumlah hasil penelusuran Google itu ada berapa laman? Jika kurang dari 500.000 itu artinya tingkat kompetisi cukup rendah. Anda bisa membuat artikel dengan judul yang anda inginkan tersebut. Sebailknya jika tingkat kompetisinya tinggi, misal lebih dari jutaan, sebaiknya urungkan niat anda untuk menulis artikel dengan judul tersebut. Kecuali jika ranking blog/web anda tinggi, itu tidak ada masalah.
Agar Blog Cepat dan Mudah muncul di halaman paling atas pencarian Google
2. Buat Artikel dengan judul yang unik
Judul yang unik adalah judul yang belum banyak dibahas oleh pengguna blogger lain. Anda harus jeli-jeli dalam memilah dan memilih judul apa yang tepat untuk dibuat sebuah artikel. Yang mana pada nantinya bisa menduduki peringkat pertama dan mudah terindeks oleh Google. Kalau judul anda terlalu general, dikhawatirkan artikel anda akan sulit untuk cepat terindeks Google.

3. Frekuensi Update Artikel
Point ini merupakan poin inti dalam kaitannya dengan kecepatan peng-indekan Google. Semakin teratur update sebuah blog, maka setiap postingan yang baru dibuat oleh anda, itu akan cepat dan mudah ter-indeks oleh Google. Idealnya update blog adalah 1 hari 1 artikel yang di publikasikan. Kalau anda tidak bisa, anda bisa men-setting nya dengan Cara Menjadwal Publikasi Artikel Postingan di Blog.
Cara Agar artikel website wordpress blogger blogdetik Cepat Terdeteksi search engine Google
Kebanyakan dari anda jika update artikel yakni sekali terbit 3 sampai 4 buah dalam satu hari. Besok dan besoknya lagi tidak update sama sekali. Itu saya rasa kurang tepat. Jangan terlalu terburu-buru untuk menerbitkan artikel yang baru anda tulis. Akan lebih baik jika penerbitannya dijadwal 1 hari 1 artikel.

4. Buat Artikel Fresh
Artikel fresh disini adalah artikel hasil karya anda sendiri. Bukan artikel hasil copy paste artikel blog orang lain. Jangan malu-malu untuk menerbitkan hasil karya tulis anda. Karena hal itu akan membuat anda bisa belajar sedikit demi sedikit untuk berlatih menulis. Nanti anda bisa membandingkan tulisan lama dengan tulisan yang baru. Pasti akan kelihatan bedanya. Bisa dipastikan tulisan baru akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tulisan saat kali pertama anda membuat blog. Selain itu, ternyata Google lebih suka dengan artikel fresh dibandingkan dengan artikel yang hanya republikasi dari blog orang lain.

5. Tingkatkan ranking Blog di Alexa
Ranking sebuah blog di Alexa sangat mempengaruhi tingkat kompetisi di search engine Google, Yahoo, atau yang lainnya. Semakin bagus ranking blog/web anda, maka semakin bagus pula kualitas blog anda dimata search engine. Yang pada gilirannya, setiap kali anda posting, maka akan cepat terindeks oleh Google. Silahkan baca Cara Merampingkan Alexa agar ranking blog anda bisa bagus.
Tips Agar Postingan terbaru Blog Cepat ditemukan oleh Google
6. Kirim peta situs ke Google Webmster Tools
Selain anda rajin update blog dengan menyajikan artikel fresh, yang tak kalah penting adalah anda diaharapkan mengirim peta situs (sitemap) ke Google Webmaster Tools. Dengan begitu, maka Google akan mengindeks seluruh posting yang anda terbitkan di blog anda tanpa ada sisa. Hal ini ternyata juga dapat mempercepat proses pengindekan Google untuk situs anda. Bagaimana cara mengirim sitemap? Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mengirim Peta Situs ke Google Webmaster.

7. Setelah publish artikel, langsung blogwalking
Kenapa setelah menerbitkan artikel diharapkan langsung blogwalking? Hal itu karena dengan adanya blogwalking, maka akan banyak teman-teman blogger yang memberi komentar di posting terbaru anda. Yang pada gilirannya akan membantu artikel anda dis search engine. Karena komentar tersebut sangat mempengaruhi posting blog di Search Engine Result Page (SERP) Google. Namun, perlu dicatat bahwa komentar yang bagus yang menyumbang keyword posting adalah komentar yang relevan dengan topik artikel yang dibahas.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Agar Postingan Blog Cepat Terindeks Google. Semoga dapat memberikan pencerahan untuk anda. Terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

96 komentar:

Mas Marnes said...

Pertamax lagi mba' rin... :)
Sekali lagi dapet gelas nie hehehe... :D
Postingan yang bermanfaat banget nie buat pemula seperti saya, berarti kendala saya yg utama ada di point satu kayaknya nie coz ga update artikel secara berkala, pengen sie buat artikel yg teratur cuma suka bingung ga punya bahan mo bikin artikel apa gitu...akhirnya semaunya deh bikin postingannya.

Unknown said...

alhamdulillah masih dapat Premium sob... memang benar kata mbak ririn, kalo kita udah capek2 nulis artikel trsu artikelnya penuh manfaat jika dibaca namun nggak ke indeks di mbah google kan jadinya galau.. kalo saya dulu langsung BW dengan mencantumkan link langsung ke postingan yang habis dibuat.. Salam blogger!! barokallohu fiikum,,

Ilham Nurhamzah said...

Ini nih yg aku cari, dari kemaren blog sya udah ancur"an seo nya.
hiks... gara" alogaritma google humingbird

Unknown said...

dulu saya begitu mba.. Stiap menerbitkan artikel baru, dalam hitungan menit psti sudah muncul di halaman 10 besar google, tpi stelah lama off skrng jadi susah agar bisa sperti dlu..

Indra Kusuma Sejati said...

Sepertinya hal ini merupakan langkah dasar bagi yang mau memulia usaha online dan offline ya Mba, walau tidak udah juga sih membuat minimal 1 hari 1 artikel, apalgi yang bermutu. Tapi nanti di coba deh. he,, he,, he,,,

Salam

Unknown said...

wah mantap juga nih, perlu dicoba! makasih udah berbagi...

Nandar said...

Update artikel 1 perhari tapi cari ide nulisnya itu yg susah ya

technopart said...

postingan yang sangat bermanfaat bagi newbie ini :)

Claresta said...

Saya sdh menerapkan semua itu mbak,,, karena saya sering baca2 tips di blog ini lalu saya praktekkan di blog saya. Jadi sekarang saya tinggal menyimak aja, hehehe :)
makasih nice sharenya ^_^

Anonymous said...

Ilmu baru lagi, buat saya nih Mbak ijin belajar buat di terapkan di blog saya
Supaya artikel blog saya cepat Terindex, seperti Blog nya Mbak Rin
Terima kasih atas ilmu, dan berbaginya

Intan Sudibjo said...

saya setuju dengan poin yang menjelaskan cara posting. biasanya orang memilih posting 3 artikel dalam sehari namun hari berikutnya vakum. Nah hal tersebut tidak dibenarkan dan kurang efektif. Memang tak semua orang memiliki waktu untuk update, jadi terpaksa melakukan itu :)

rumah abu abu said...

Selalu hadir disetiap kesibukan yang aku rasakan, hehe salam siang dan cemerlang mba ririn

Unknown said...

ternyata begitu ya mbak triknya, supaya artikel kita cepat terindex google, saya byasanya langsung submit url artikel tersebut ke webmaster, btw perlu di coba ni trik dari mbak Eka

Unknown said...

saya setuju mbak, pada waktu awal ngeblog memang artikel masih susah diindex. Kadang bisa sampai 3-4 hari baru masuk index google. terus menerus menulis artikel dengan frekuensi yang teratur, ping ke webmaster, dan rank alexa yang semakin tipis memudahkan postingan baru diindex sehingga cepat keluar di SERP.
omong-omong, rank alexanya semakin anjlok ya mbak....congrats lah (y)

Mas Andes said...

sipp mbak saya serap dulu tips2nya biar ga kualahan kalo kalo abis publish artikel nyarinya biar gampang ga ngupek2 serp :) hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marnes, iya betul itu mas. Ide menulis artikel tidak selalu muncul tiap hari, sehingga kita akan kesulitan untuk update blog setiap hari. Tapi apabila dijadwal, insyaAllah hal itu bisa diatasi. Thanks mas marnes :)

Mas Bams, memang benar bahwa ada baiknya setelah kita menerbitkan artikel di blog, usahakan untuk melakukan blogwalking ke blog sahabat kita, dengan begitu maka akan dapat meningkatkan dan memperkuat posisi postingan kita di Search Engine Result Page (SERP) Google. Thanks atas kunjungannya :)

Mas Ilham, berarti perlu hati-hati ya mas apabila kita ingin melakukan optimasi SEO onpage, sehingga tidak menyalahi aturan dalam algoritma Google yang berlaku :)

Mas Warim, iya mas kalau blog jarang atau nggak pernah di update dalam jangka waktu lama memang sangat mempengaruhi kecepatan pengindekskan oleh Google. Usahakan 1 minggu sekali 1 artikel yang diterbitkan di blog kita kalau nggak bisa update 1 hari 1 artikel :)

Mas Indra, sebenarnya tidak hanya untuk blogger yang berpartisipasi bisnis online saja mas, tapi semua blogger pasti sangat mengharapkan artikel yang baru di publish di blog nya itu bisa segera muncul di Google Search. Semacam ada kepuasan tersendiri getu :) Silahkan dicoba mas. Good luck ya :)

Mbak Jesica, silahkan dicoba dan good luck ya :)

Mas Nandar, iya lumayan susah mas untuk mencari ide :)

Mas Bayu, mudah-mudaha bisa bermanfaat untuk kita semua ya mas :)

Mbak Indri, wah bagus mbak kalau sudah dipraktekkan semua nya hehe :D Silahkan disimak baik-baik ya. Jangan sambil ngelamun lho wkwkwk :D

Mas Karis, terimakasih banyak mas karis sudah singgah kemari :)

Mas Intan, alangkah baiknya jika penerbitan artikel di blog di jadwal, maka akan lebih bagus dan efektif mas :)

Mas Dadang, wah terimakasih banyak mas atas kunjungannya ya :) Salam juga :)

Mas Arie, bagus kalau begitu mas. Dengan cara men-submit artikel di Google Webmaster Tools, maka akan lebih cepat dan bagus hasilnya di Google Search :)

Mas Hasby, saya malah nggak pernah melakukan Ping mas, soalnya nggak tahu hehe :D Tapi boleh dicoba kapan-kapan kalau ada waktu :) Thanks ya mas atas tambahannya :)

Mas Andes, nggak sekalian disimpen di kulkas mas biar aman? hehe :D

Unknown said...

bener juga mbak,, pernah sy terbitkan sekaligus besoknya krisis artikel :'(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alangkah baiknya jika publikasi artikel di blog di jadwal, sehingga tidak akan pernah mengalami krisis artikel hehe :D

Agus said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Mas Marnes said...

Mohon maaf mba' ririn, yang dimaksud artikel yg dijadwal itu gimana ya? Saya masih kurang paham nie, apa kita menyiapkan beberapa artikel dahulu trus kita jadwalkan kapan artikel yang sudah kita persiapkan tersebut diterbitkan...artinya jika kita sudah punya beberapa stok artikel di kompie jangan langsung diterbitkan semua nanti kita atur penjadwalan untuk menerbitkan artikel tersebut...atau gimana menurut mba ?

Unknown said...

wah!! makasih ya karena berkongsi artikel yang berguna seperti ini.. Akan coba dipraktikkan supaya google suka sama 'saya'... hehehe

Anonymous said...

Tips yang sangat bagus mbak ^_^ artikel saya juga pernah ke index dalam waktu 3 menit, padahal tidak saya apa-apakan, dan juga saya tulis keywordnya di google :)

Unknown said...

Ping cuma saya lakukan di awal ngeblog mbak, soalnya googlebot belum kenal dengan blog saya. Jadi minta diundang dulu, sekarang mah sudah ngga pernah PING lagi kecuali ada pembaharuan artikel.

Unknown said...

hmm
blog kakak emank keren
sipp (y)

Reusam Endatu said...

Harus di coba ini mbak
dan pantesan tadi malam waktu mencari suatu postingan blog mbak ada di urutan ke tiga
ternyata itu rahasia-nya

Kang Ucup said...

betul sekali apa yang mbak Ririn utarakan di atas. karena mungkin berdasarkan pengalaman ya mbak.
kalau yang sering saya lakukan adalah mensubmit url artikel ke webmaster tool mbak, baru blogwalking. tapi kalau pas nggak ada waktu terpaksa blogwalking saya tunda.

Angga Kusuma Nugraha said...

maksih tutorialnya mba rin,
rajin anget, bisa jadi self tutorial buat diri sendiri klo suatu saat lupa
dulu saya sempet tergila2 sama SEO dan coba2
tapi sejak hosting saya ambruk dan ganti hosting dan domain jadi males karena usaha nya lebih berat dari hasilnya (hasilnya cuma kebanggan aja bisa di halaman pertama google hehe)

dear anies said...

seperkara saya nak tanya... yang mana lebih berkesan, guna title (untuk blog) berbahasa ibunda atau berbahasa inggeris?

Unknown said...

Memang sangat sulit ya mbak.. Butuh kebiasaan dan wawasan yang luas jga agar kita bisa selalu update artikel yg fresh2.. :s

Unknown said...

sudah lama cara ini saya coba mbak dan berhasil bahkan 3 detik postingan saya sudah ada di google kadang juga ada yang 20 detik ..

Toko Sepeda Majuroyal said...

Wow hebat tuh Artikel Mba yg 3 jam sudah Page One.
Saya beberapa bulan yg lalu juga pernah terheran2 dengan salah satu Artikel saya yg berjudul " Groupset Itu Artinya Apa Sih ? " baru 5 menit saya Publikasikan, eh eh... iseng-iseng saya hunting di google search, dia nongol di page one ????? Pengalaman ini pernah di alami oleh Kang Ucup juga ya Kang... Mana nih Kang Ucup.... ?
Terima Kasih

Anonymous said...

Frekuensi update saya yang kurang Mbak karena bingung mau posting apa lagi ini saja cari-cari ide untuk update postingan diblog :)

Kang Ucup said...

saya di sini pak. ada apa,.... apakah bapak mau ngasih saya sepeda :hehe

Anonymous said...

sangat bermanfaat mba' ,,,

cara ririn emang TOP ^__^

Anonymous said...

Oh jadi begitu ya mbak cantik :)
Saya akan coba beberapa trik di atas maklum lah saya masih pemula jadi bingung dalam SEO SEO ini hehe

Unknown said...

kalau saya sih tinggal submit manual saja melalui webmaster tools-nya ahay

Anonymous said...

kalau saya sih biasanya merubah sedikit judul postingnya yang sekiranya persaingan terlalu berat mb', yah itung - itung biar kiwodnya merata gt. #Rizkyzone.com

Unknown said...

boleh coba nih buat yang baru seperti saya....langsung tak praktekin

Unknown said...

Banyak sekali cara-cara yang belum saya ketahui Mba. Ririn. terima kasih atas infonya yang bisa saya terapkan pada blog saya.

Unknown said...

bagus juga nih bagi pemula seperti saya....langsung di coba

blogger said...

pengen lebih cepet lagi naik pesawat jet mbak hahahaha.. OOT lagi ( menggila versi admin hekos-soft )

M. Alex Joenaedi said...

wah mantep ni trik, perlu dipelajari lebih jauh ni

Staff Administrator said...

wah...saya biasanya hanya tulis trus publish dan ngelakuin ping aja mbak Rin :)

ternyata ada cara lebih jitu ya...sipp deh saya coba langsung praktekin besok di saat mau buat artikel baru...
matur suwun njeh... :)






Anonymous said...

widih keren amat baru 4 menit dah keindex,ijin nyobain aja dehh semoga bisa seperti blog ini...

Claresta said...

Mbak Eka, gimana caranya membuat tulisan "7 jam yang lalu" bisa nongol seperti pada gambar di atas itu, saya pingin bisa, hihihi ^_^
makasih infonya :)

Unknown said...

Mantab mbak...google lebih seneng sama artikel yang baru dan unik, jika kita mampu menyajikan artikel yg unik dan relevan otomatis akan ditempatkan pada posisi halaman pertama...untuk lebih afdolnya lagi jika kita check lebih dari satu server index, biasanya untuk posisi halaman pertama ini muncul hanya pada satu server yg saat itu kita gunakan...kita bisa uji dengan mengganti IP browser kita...

Agung Kharisma said...

saya sudah kirimkan ke google webmaster. boleh menambahkan satu poin? setelah menulis artikel di blog, langsung lakukan ping di pingomatic. itu salah satu optimasi artikel agar cepat terindeks oleh google. :)

Anonymous said...

martabak mbak.. eh salah mantab mbak maksudnya :) hehe
waduh berarti saya telat banget nih mbak, kata orang2 kalo abis publish harus ping dulu, tapi saya pingnya kalo abis ganti template doang hihihi..

Unknown said...

Ternyata begitu ya mbk caranya kalau punya saya mungkin satu hari baru muncul .terimakasih banyak ya mbk tipsnya :)

Unknown said...

alexanya mkn ramping saja, kereeeen...
hal yang paling sulit menurut saya adalah konsistensi dalam membuat artikel, selain waktu kadang juga bingung mau nulis apaan. hehee

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

wah bagus amat ini petunjuk yang saya cari ternyata ada disini
thanks ya master

Aditya Nugroho said...

Akhirnya saya menemukan artikel yang WOWdan sangat cocok diterapkan bagi newbie seperti saya ini dan blog baru saya.

Kalau indeks blog saya ini menurut mbak, sudah baik atau terlalu lama? https://lh6.googleusercontent.com/-JbTYX8l3OUs/UmapSfXa0BI/AAAAAAAABvM/WZPVdd6EIXQ/h80/pos.png kwkwkwkwk :D

Anonymous said...

kalau saya nggak bisa cepet mbak, paling cepet 7-9 jam baru terindeks, apa karena postingnya di hari sabtu kali yah jadi agak lambat terindeks hehe...

Netizen said...

Wah, satu artikel ini saja manfaatnya banyak sekali bagi saya. Ternyata banyak sekali teorinya mengelola blog ya mbak? saya akan baca semuanya sampai paham, terus saya praktekkan di blog saya.
Terima kasih ya mbak...................

stonkids said...

Wahhh keren., patutu di coba nehhh.,

Unknown said...

wah saya baru tau tuh mbak caranya seperti itu.masuk akal juga sih,tapi blog saya kan tentang tutorial photoshop pastinya judul postingan ya gak jauh dari elemen aplikasi photoshop.kira kira contohnya seperti ini kali ya mbak.
'' silogay.blogspot.com membongkar rahasia photoshop''

Asep Haryono said...

Eiehihieei wah wah ada aturan di bawahnya. Iya deh. Yang namanya TUAN RUMAH harus dihormati oleh para tamu tamunya. Namanya juga tamu kan harus menghormati RULE yang dibuat oleh Tuan Rumah.

Mas Marnes said...

Iya kang Asep saya malahan baru engeh kalo ada aturan dibawahnya, apa mba' ririn baru bikin aturannya apa dah lama ya? Atau mungkin saya yang ga ngeliat kali....

Mizz Aiza said...

bernas sekali informasi dalam entry ini.. sesuai menjadi rujukan saya, terima kasih ya..

Asep Haryono said...

@marnes Kliker : Iya baru kayaknya nih. Saya rasa kalau mau jujur (pinjem mas Rawins-red) ini gara gara komentar saya kemarin, Kalau nda salah memasang kata "AKU" yang dipersepsikan "Sombong atau Angkuh". Saya rasa ini tidak perlu diperdebatkan. Karena ADMIN BLOG punya wewenang penuh untuk membuat RULE yang harus dipatuhi oleh para pengunjungnya. Its ok. Bagi saya tidak ada masalah

Direktori Indonesia said...

Tengkiu sharingnya om...ijin bukmak dulu.
Salam kenal dan jalau sempat mampir ya :)

Anonymous said...

waduh , teknik agar blog cepat terindek ke mbah google mantap detail sekali ya mbak ...... . trus berkarya mbak .........

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Agus, sorry guys komentarnya tak hapus :D

Mas Marnes, iya betul seperti itu mas. Saya juga sering mempraktekkan hal seperti itu, yakni mengatur jadwal penerbitan artikel di blog. Saat saya punya ide menulis artikel, saya langsung ketik di blogger, tapi tidak langsung saya terbitkan, melainkan saya jadwal penerbitannya. Dan hal itu ternyata sangat efektif. Hingga kini saya melakukan trik seperti itu. Saya masih punya stok artikel 40 buah yang dijadwal penerbitannya. Silahkan bisa dicoba. Trik penjadwalan seperti ini sangat efektif untuk dilakukan sebagai antisipasi kalau kita tidak punya ide untuk menulis artikel :)

Mas Aben, silahkan dicoba mas. Semoga aja Google suka sama blog anda ya :)

Mas Manarul, wah pengalaman yang sangat bagus mas. Bararti mas manarul sudah pinter dunk ^^

Mas Hasby, owh jadi ping seperti itu tow, saya malah nggak pernah melakukan Ping hehe :D

Mas Zacky, yang pasti admin nya juga nggak kalah keren hehe ^_+

Mas Reusam, silahkan dicoba mas reusam. Tips ini saya kira bukan rahasia kok. Soalnya sudah banyak orang yang tahu hehehe :D Tapi paling tidak bahwa tips yang saya tulis diatas berdasarkan pengalaman pribadi :)

Kang Ucup, wah bagus itu kang kalau posting artikel di submit ke Google Webmaster Tools. Sepertinya itu lebih bagus dari trik diatas. Saya malah belum pernah nyoba hehe :D

Mas Angga, pengalaman yang cukup menarik untuk disimak. Yang dulu bisa dijadikan kenangan dan catatan yang berharga ya mas. Jadi kalau bisa sekarang dan besok bisa lebih baik dari yang dulu-dulu. Good luck ya untuk blog nya dan keep spirit :)

Mbak Khairin, lebih baik menggunakan Bahasa Negara masing-masing karena tingkat kompetisinya lebih rendah. Kalau menggunakan Bahasa Inggris, tingkat persaingannya sangat ketat sekali mbak. Jadi ketika anda membuat artikel Berbahasa Inggris, akan sulit artikel anda bisa muncul di halaman pertama Google :)

Mas Agri, iya betul itu mas. Untuk bisa muncul artikel kita di Search Engine Result Page (SERP) Google itu sangat sulit, apalagi bisa langsung muncul setelah publish artikel di blog. Butuh sebuah treatment khusus :)

Mas Nucky, wah bagus itu mas kalau ternyata anda sudah mempraktekkannya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Maju, saya kira biasa aja kok mas dalam durasi 3 jam hehe soalnya masih ada yang lebih cepat lagi, misalnya posting blog anda. Pengalaman yang sangat menarik ya mas. Itu bisa dijadikan sebagai pelajaran yang berharga untuk kedepannya :)

Mas Abed Siragih, iya juga ya mas bener banget. Ide untuk menulis artikel memang sulit banget diajak kompromi. Sulit bisa membuat dan menerbitkan artikel tiap hari di blog :)

Kang Ucup, iya mungkin mas maju mau ngasih parsel buat kang ucup hehe :D

Mas Hidayat, hehehe thanks ya mas sudah memberi TOP untuk blog saya ^^

Mas Lutfi, saya kok nggak percaya kalau mas lutfi masih pemula wkwkwkwk Thanks ya atas kunjungannya :)

Mas Baskoro, ide yang bagus itu mas. Bisa dijadikan sebagai referensi untuk kita semua :)

Mas Rizky, iya perlu juga hal itu untuk dilakukan ya mas, karena tingkat kompetisi di Search Engine sangat ketat sekali :)

Mbak Indah, silahkan dicoba mbak. Good luck ya :)

Mas Faisal, kita sama-sama belajar ya mas, karena saya juga belum banyak tahu tentang blogging :)

Mas Hekos, iya kalau naik pesawat mungkin bisa ngebut kali ya, soalnya ini saya naik becak sih, jadi kecepatan hanya kisaran jam, belum sampai ke detik hehe :D

Mas Alex, silahkan mas alexa :)

Mas Budi, sepertinya nge-ping artikel postingan blog juga cukup bagus mas. Tapi kebetulan saya tidak menggunakan cara itu. Ya, mungkin setiap orang mempunyai cara yang berbeda kali ya. Silahkan dicoba mas budi :)

Unknown said...

Tips yang bagus agar postingan blog cepat terindeks Google. 'Rambu-rambu' atau 'arahan' yang hendaknya dipegang oleh para blogger agar cepat terindeks Google. Terkadang melalui Alat Webmaster, saya mengirimkan URL artikel terbaru. Disitu ada keterangan yang berbunyi : 'Google menambahkan situs baru ke indeks kami, dan memperbarui yang sudah ada, setiap kali kami merayapi web tersebut. Jika Anda memiliki URL baru, beri tahu kami mengenai hal itu di sini. Kami tidak menambahkan semua URL yang dikirimkan ke indeks kami, dan kami tidak dapat memprediksi atau menjamin kapan atau apakah URL yang dikirimkan akan muncul dalam indeks kami'.

Konten yang berkualitas, original, unik, dan dicari orang tentu menjadi impian para blogger. Terima kasih sharingnya yang amat bermanfaat. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas SEO, silahkan dicoba mas. Semoga berhasil ya :)

Mbak Indri, itu kan gambar hasil edit mbak wkwkwk :D Saya pakai program Corel DRAW untuk membuat screenshot seperti diatas :)

Mas Virlyz, wah terimakasih banyak master atas tambahannya. Saya terus terang belum tau soal server atau IP Address, tapi nanti bisa dicoba dech. Thanks ya mas avirlyz :)

Mas Agung, terimakasih banyak mas atas tambahannya. Jadi alangkah baiknya jika setelah selesai publish artikel di blog, kita diharapkan melakukan ping ya mas. Ide yang sangat bagus itu :)

Mas Potret, iya mas, harus selalu di ping artikel nya biar bisa langsung nongol di Google. Tapi kadang juga suka lupa ya mas, karena keterbatasan waktu untuk melakukan ping. Tapi malah saya belum pernah melakukan ping ya hehe :D

Mas Rahmat, biar cepet mungkin perlu di ping mas. Kalau 1 hari baru bisa nongol di Google, cukup lama juga ya hehehe :D Tapi nggak apa-apa sich yang penting kan masing bisa nongol dari pada tidak sama sekali ya mas :)

Mas Adjie, hehehe makasih mas atas apresiasinya. Itu semua berkat support dari teman-teman blogger, termasuk dari mas adjie juga. Terkiat dengan update artikel, memang sangat sulit untuk bisa konsisten ya mas. Ada aja halangannya :) Jadi mungkin solusinya adalah dengan cara menjadwal penerbitan artikel ya mas :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Lubis, hehehe master ini bisa aja dech. Thanks ya mas atas kunjungannya :)

Mas Aditya, saya hanya bisa mengatakan "percaya dech" bahwa anda LEBIH HEBAT. Thanks ya :)

Mas Anthonie, mungkin perlu di ping mas biar lebih cepat indeks nya :) Soalnya kalau natural memang agak sulit untuk bisa cepat :)

Mas Yudi, iya mas memang banyak sekali teori tentang SEO. Tapi untuk mempraktekkan nya yang cukup sulit hehe :D Silahkan dicoba mas. Good luck ya :)

Mas Kevin, silahkan :)

Mas Vandobrak, iya judul tersebut saya kira sudah bagus mas. Mungkin perlu konsisten lagi dalam update artikel di blog, biar SEO nya bisa lebih bagus dan mudah ditemukan oleh Google Search :)

Pak Asep, iya pak ada aturan dalam berkomentar. Saya membuat tata tertib seperti itu karena beberapa waktu yang lalu banyak sekali komentar yang memberikan spam dan komentar promosi iklan. Jadi rsanya kurang nayaman getu dech :)

Mas Marnes, iya mas ini aturan yang baru saya buat kemarin hehe :D Tujuannya agar lebih tertib aja komentarnya hehe :D

Mizz Aiza, wah bagus itu mizz. Sukses ya untuk Blog Dunia Kecil :)

Pak Asep, yang pasti setiap blog mempunyai tata tertib yang tidak sama pak. Apapun aturannya, ya paling-tidak kita bisa mengikutinya hehe :D

Mas Direktori, iya sama-sama mas. Thanks sudah berkunjung :)

Mas Suyadi, iya makasih ya atas support nya :)

Pak Herdoni, iya itu betul pak. Dengan mensubmit artikel terbaru di Google Webmaster Tools, maka postingan terbaru kita bisa mudah dan cepat terindeks oleh Google Search. Kalau tips yang dikemukakan diatas hanya berupa pengalaman saya pribadi kok hehe :D

Anisayu Nastutik said...

buat apa masuk halaman depan kalau yang datang ga tahu dan ga mau kenal yang buat artikel, apalagi cuma posting ikut-ikutan pasti ga langgeng dan akan tersingkir dg post baru yang serupa,,, jadi mending buat sesuatu yang baru tetapi masik halaman depan akan terus dapat view dan pengunjung akan kenal yang punya blog akan lebih baik dari yang hanya meniru ...

hehehe

Unknown said...

Kunjungan malam selagi online..saya salut dengan mbak ririn, blog ini yang tetep konsisten update artikel...sukses selalu buat blognya mbak

Unknown said...

Wahh ada ilmu baru nihh hihi :D
Makasii bangett nih mbakk atas Ilmunya inysa allah akan saya praktekan makasii yah makasiiii

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Anis, kalau ingin cari teman, saya kira tidak memerlukan optimasi SEO, tapi hanya perlu melakukan blogwalking saja ke blog orag lain. Nanti pasti teman akan banyak. Tapi kalau untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog, kita perlu melakukan SEO pada blog kita. Kita perlu menyadari bahwa blogger merupakan media sosial yang berbasis terbuka, yakni konten blog bisa dilihat dan dibaca oleh siapa saja, tidak hanya bisa dibaca oleh teman sesama blogger. Jadi pembaca bebas, mau memberikan komentar atau nggak itu hak pembaca. Pembaca mau menjalin pertemanan atau nggak dengan pemilik blog, itu juga hak pembaca. Tidak ada paksaaan dalam hal ini :)

Mas Virlyz, terimakasih atas support nya ya :)

Mas Ainul, iya sama-sama ya :)

Unknown said...

iya mbak saya perlu banyak belajar lagi nih biar lebih cepat terindeks, makasih buat tipsnya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Alangkah baik nya jika kita belajar bersama-sama ya mas atau belajar kelompok. Pasti lebih asyik hehe :D

Toko Sepeda Majuroyal said...
This comment has been removed by the author.
Meutrap said...

Izin simak dulu ya kak,
setelah saya simak artikel di atas,
saya akan melanjutkan membaca artikel tentang Cara Mengirim Peta Situs ke Google Webmaster di blog kakak.
Update terus ya kak!

Sigli Cyber said...

artkel yg sngat bermanfaat sobat...
meskipun ujung2 nya butuh perjuangan dan usaha ya utk mncpai hsil yg trbaik

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Maju, alhamdulillah saya sudah kirim peta situs di Google Webmaster Tools mas hehe :D Kok komentarnya dihapus? kenapa? lagi galau ya hehehe :)

Mas Meutrap, iya thanks mas atas support nya yah. InsyaAllah saya akan update di blog ini :)

Mas Sigli, iya betul itu mas. Kita harus semangat ngeblog nya :)

Bang day said...

gitu ya caranya biar cepet ke index, banyak juga ya poin-poinnya, ntar saya coba deh..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya lumayan banyak komponen-komponen penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh Google. Sebenarnya ada point yang masih kurang dalam artikel diatas, yakni point tentang melakukan ping. Thanks mas dayat sudah singgah kemari :)

Unknown said...

Memang trik nya Mbak Rin sangat ajib deh
Membuat postingan, jadi lebih cepat terindex
Terima kasih suadah berbagi

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas. Mudah-mudahan tips yang dijelaskan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua ya :)

Unknown said...

mantap artikel.a, ga sia2 baca, coz banyak wawasan yang diperoleh setelah membaca artikel ini, blog gan bagus dech, ramai lagi.
visit back ya gan blog milik ane yang masih jelek
http://dananxkusuma.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas danang atas kunjungannya ya :)

jiebagz said...

Makasih Tips nya, saya praktek lagi nie trik soalnya blg qu habis kena Algoritma Google :(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya silahkan dicoba mas. Keep spirit ya :)

alaysdy said...

makasih banyak infonya gan......

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

You're welcome mas ali hasan :)

Mr. Witch said...

Terima kasih kasih banyak infonya mbak ririn, lagi butuh tips banget buat blog ane agar cepet di index nie.

Ditunggu komba nya mbak
http://planetdiponk.blogspot.com/

Anonymous said...

Wah mba sudah pernah menulisnya yah..tapi untunglah berbeda dengan tulisan saya yang di index Googel hanya dalam beberapa detik.. :)

vierforever said...

bagus tips nya, patut untuk dicoba. Terima kasih :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

mbak ririn emng terbaik,, masih bingung cara naikin rangking alexa

Yulia said...

Mb ririn.. saya kan ga pinter seperti mb ririn.. untuk membuat artikel yang berkualitas... Alexa rank nya juga masih gendut nieh ..
bantu ngrmpingin donk..hhaaa...

sekalian nanya, keluar dari topik.. Komentar di blog aku kok aku ga tau ya,, Cz,, di postingan aku itu ada komentar.. tapi tetep nol komntar.,.. pncrhan nya donk..

Unknown said...

Makasih y tipsnya sangat membantu ...

Post a Comment