Daftar Situs File Sharing Media Penyimpanan File Online di Internet

Daftar Situs File Sharing Media Penyimpanan File Online di Internet - Dewasa ini teknologi internet berkembang begitu pesat. Banyak berbagai fasilitas gratis yang bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah media penyimpanan file secara online di internet. Kita dapat memanfaatkan media tersebut untuk menyimpan file-file software, foto, game, dokumen, mp3, video, dam lain sebagainya. Selain itu, file yang kita simpan di media online tersebut bisa kita share kepada teman-teman via url, sehingga mereka bisa mendownloadnya melalui media tersebut.

Di internet ada banyak situs yang memberikan layanan media penyimpanan online secara gratis. Namun, tidak semuanya bonafide, dalam artian file kita bisa hilang sewaktu-waktu jika kita menyimpan di salah satu situs tersebut. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilah dan memilih situs mana yang akan kita daftar untuk menyimpan file-file kita. Berikut merupakan beberapa situs yang menyediakan layanan penyimpanan online secara gratis.
Daftar Situs File Sharing Media Penyimpanan File Online di Internet

Daftar Situs File Sharing Media Penyimpanan File Online di Internet

1. Box.com
Situs ini memberikan kapasitas sebesar 5 GB secara gratis. Jika ingin menambah kuota penyimpanan, kita harus berlangganan dengan membayar setiap tahun atau bulan. Situs ini lumayan aman dan terjamin dalam menyimpan file-file kita. Kita bisa menyimpan file software, game, aplikasi, dokumen dan lain sebagainya di website ini. Namun, kelemahannya adalah loading pada website tersebut agak sedikit lambat, sehingga kurang begitu nyaman bagi kita yang ingin mengakses situs tersebut. Sebelum kita ingin menyimpan file di situs tersebut, kita harus mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan e-mail dan mengisi formulir pendaftaran. Saya suka dengan Box.com karena situs ini aman dan tidak ada iklan sama sekali. Untuk membuat akun di situs Box, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftar Box.com.

2. 4Shared.com
Situs ini memberikan kuota penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Kita bisa menyimpan file apa saja, namun sebelumnya kita harus sign up dulu pada situs tersebut. Namun demikian, kita harus mematuhi peraturan yang ada di situs tersebut, misalnya kita tidak boleh menyimpan file mp3 lagu-lagu luar negeri, karena hal itu melanggar hak cipta. Jika kita melanggar sampai 3x, maka kita akan di banned. Dibanned dalam artian, file-file yang sudah kita simpan pada situs tersebut itu tidak bisa lagi di download oleh orang lain. Kelemahan dari 4Shared adalah pada saat orang lain ingin mendownload file kita, mereka harus menjadi member dulu di 4shared. Selain itu, kelemahan dari situs ini adalah banyak terdapat iklan. Namun demikian, situs ini relatif aman untuk menyimpan file-file kita. Untuk melakukan pendaftaran di 4Shared, silahkan baca artikel saya tentang Cara Mendaftar 4Shared.

3. Mediafire.com
Mediafire juga merupakan salah satu situs yang menyediakan penyimpanan online di internet secara gratis. Kita bisa menyimpan file-file kita di website tersebut. Namun, sebelumnya kita harus sign up terlebih dahulu. Kapasitas penyimpanan di website tersebut saya kurang begitu tahu betul, karena saya belum mendaftar pada situs tersebut. Sehingga saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh tentang Mediafire. Akan tetapi saya optimis bahwa situs tersebut relatif aman sebagai penyimpanan file online.

4. Ziddu.com
Situs ini cukup populer di Indonesia, karena sering diakses oleh kebanyakan pengguna internet baik mereka yang ingin mendownload file atau yang ingin meng-uploud file. Ziddu memberikan kapasitas penyimpanan file tanpa batas (unlimited) bagi member nya. Itu merupakan salah satu kelebihan dari ziddu. Namun, ziddu juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya adalah (i) file yang kita simpan di ziddu kurang begitu aman, dalam artian sewaktu-waktu bisa hilang, (ii) terlalu banyak iklan baik iklan pop-up atau pop-under, (iii) kecepatan uploud dan download dibatasi, dan masih banyak lagi.

Demikian sedikit informasi tentang Daftar Situs File Sharing Media Penyimpanan File Online di Internet. Sebenarnya masih banyak situs-situs yang menyediakan layanan seperti itu. Namun, setahu saya hanya 4 itu. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

3 komentar:

Update Campuran said...

siap ndan

Yoyo Apriyanto said...

Thanks infonya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

You are welcome :)

Post a Comment