Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Mudah

Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Mudah - Pageview merupakan jumlah tampilan halaman blog yang diakses oleh visitor. Jika jumlah pageview sebuah blog tinggi, itu artinya kualitas blog bagus. Banyak blog yang mempunyai pageview tinggi setiap harinya, ada juga yang mempunyai pageview rendah. Itu semua tergantung admin blog pribadi bagaimana cara mengelola blognya. Jumlah pageview menentukan baik tidaknya suatu blog dimata visitor. Semakin banyak jumlah pageview suatu blog perhari, semakin banyak yang melirik blog kita untuk berbondong-bondong memasang iklan. Tentu bukan semata-mata untuk tujuan komersial, tapi tujuannya adalah agar blog kita bisa terkenal dan laris dikunjungi banyak visitor. Itu yang menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang admin blog.

Namun, untuk meningkatkan jumlah pageview suatu blog, itu tidak mudah. Ada berbagai aspek yang musti kita perhatikan dan musti kita lakukan. Siapa sich yang tidak suka kalau blognya laris dikunjungi banyak visitor?. Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan tips tentang bagaimana caranya meningkatkan jumlah pageview blog tinggi dengan mudah.
Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Mudah

Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Mudah

1. Buat Judul Posting yang Menarik
Judul posting artikel hendaknya tidak dibuat asal-asalan, tapi dibuat semenarik mungkin agar dapat memikat hati pengunjung. Blog kita tentu banyak ditemukan oleh visitor melalui mesin pencari atau mungkin di media sosial yang sudah kita share. Ketika judul artikel kita menarik dan membuat penasaran visitor, maka mereka akan mengunjungi blog kita. Contoh judul artikel yang menarik adalah "Cara Membuat Blog Agar SEO Friendly", "Cara Tepat Mendaftar Google AdSense Agar Cepat di Approve", dan lain sebagainya.

2. Kualitas Postingan
Buat artikel yang berkualitas. Jangan hanya copy-paste artikel dari blog orang lain. Sebenarnya copy-paste boleh, asalkan anda menulisnya kembali dengan narasi anda sendiri. Jika anda belum tahu tentang bagaimana caranya membuat artikel yang berkualitas, silahkan anda bisa membaca Cara Menulis Artikel Berkualitas. Artikel yang berkualitas akan menentukan jumlah pageview blog kita.

3. Kuantitas Postingan
Kuantitas postingan juga mempengaruhi jumlah pageview blog kita. Bagaimana mungkin pageview blog kita akan tinggi, jika jumlah artikel blog kita hanya 10 buah. Sangat rasional bukan?. Oleh karena itu, buat artikel sebanyak-banyaknya di blog anda, dengan tetap mengedepankan kualitas artikel.

4. Perhatikan Desain Template
Visitor tentu menyukai blog yang ringan ketika dibuka, dalam artian mempunyai loading yang tidak berat. Oleh karena itu, hendaknya anda menggunakan template SEO Friendly yang mempunyai warna putih pada konten dan background blog. Selain itu, hendaknya anda menghapus kode-kode HTML Javascript pada template yang sekiranya tidak penting.

5. Perhatikan Layout Blog
Tata letak blog dapat memberikan kesan tersendiri bagi visitor blog. Blog yang mempunyai tata letak yang rapi dan teratur, tentu akan disukai oleh visitor blog, karena mudah dinavigasi oleh visitor. Oleh karena itu, hendaknya layout blog kita organisir sebaik mungkin. Tentukan main menu dengan jelas dan rapi, dan beberapa widget lainnya yang mendukung.

6. Buat Internal Link
Internal link merupakan link yang disisipkan dalam suatu konten artikel posting. Tentunya dalam menyisipkan link tidak boleh asal-asalan, akan tetapi harus sesuai dengan topik apa yang dibahas dalam artikel tersebut. Dengan begitu, besar kemungkinan bagi visitor untuk mengunjungi link yang kita sisipkan dalam artikel kita.

7. Buat Artkel Terkait
Tidak semua template blog mempunyai widget artikel terkait (related post). Padahal eksistensi posting terkait sangat penting bagi blog kita, terutama dalam meingkatkan pageview. Biasanya posting terkait terdapat diakhir setiap postingan, yang mana memungkinkan visitor untuk mengklik dan membaca artikel tersebut. Oleh karena itu, jika blog anda tidak terdapat widget related post, hendaknya anda memasangnya. Dengan tujuan agar anda tidak membuat artikel terkait secara manual.

8. Buat Recent Post
Recent post atau yang lebih akrab disebut sebagai artikel terbaru di blog kita, itu juga mempunyai peran yang cukup penting. Dengan memasang widget recent post pada sidebar, itu dapat memberikan informasi kepada visitor tentang artikel terbaru yang ada blog kita, dan kemungkinan besar mereka juga akan membacanya. Sayangnya widget recent post yang ada di blogger sudah tidak berfungsi lagi. Oleh karena itu, jika anda ingin membuat widget recent post, anda bisa mempelajari Cara Membuat Widget Recent Post atau Artikel Terbaru di Blog.

9. Buat Popular Post
Widget popular post juga mempunyai peran yang cukup penting bagi jumlah pageview blog. Dengan memasang widget posting terlaris di sidebar, akan memberikan informasi kepada visitor tentang posting kita yang paling sering dikunjungi. Widget ini sudah tersedia di blogger. Silahkan anda pasang disedebar blog anda.

10. Share ke Media Sosial
Media sosial merupakan media yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah pageview dengan cara membagikan artikel kita dimedia tersebut. Namun, tidak semua media sosial dapat berperan dengan baik. Media sosial yang paling efektif untuk meningkatkan lalu lintas blog kita adalah Google+. Media ini sangat dianjurkan oleh blogger. Mungkin anda bisa mempelejarinya lebih lanjut Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung dengan Google Plus.

Demikian tips tentang tata Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Mudah. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih. Salam Blogger!!!
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

18 komentar:

Ai & Yoyo said...

keren deh postnya. btw iklannya sudah GA ya gan., mau nanya nih, apa ngaruh ya jumlah suku kata dalam postingan agar dapat diterima GA ? jika ya berapa jumlah suku kata yang diperbolehkan?
review my blog @ujangyoyo.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas jumlah tulisan juga berpengaruh. Tidak boleh terlalu sedikit mas. Ya minimal 2 paragraf mas. Itu pun harus substansial isinya, tidak boleh sembarangan :)

Tapi menurut saya yang terpenting adalah niche (fokus blog). Blog hendaknya berisi konten spesifik, tidak boleh campur aduk mas. Mungkin seperti itu mas.

Makasih sudah berkunjung di blog saya :)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

@Riska, thanks ya :)

Budi27 said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

@Agung Budianto, hehehe maaf mas komentar anda yang berupa spam sudah terhapus secara otomatis :D

By the way terimakasih sudah berkenan berkunjung di blog saya dan sudah bersedia memberikan komentar di posting ini :)

game said...

ada g selain cara diatas,soalnya saya sudah coba masih ja pageviewnya rendah

pmsukses.blogspot.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

sebenarnya ada banyak cara mas yang bisa diaplikasikan untuk Meningkatkan Jumlah Pageview Blog. Tentunya semua itu harus dilakukan secara telaten dan juga sabar. Anda bisa membaca artikel saya tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung di blog saya yang sudah saya tulis beberapa waktu yang lalu.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas Pangeran atas kunjungannya. Sorry, komentar anda terpaksa saya hapus karena substansi komentar anda tidak relevan dengan topik artikel.

Apabila komentar anda tidak ingin di hapus di kemudian hari, silahkan berkomentar yang baik dan benar. Ok

akang sam said...

ku suka ririn, eh maksudnya ku suka cara ririn, hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe ada-ada aja nich Akang Budi :D

Anonymous said...

hampir putus asa nih mas bro, ane udah 3 minggu bikin blog niche baru, SEO di chkme.com dan bing oke, tapi pageviews masih jeblok. udah share ke social media, tapi gak signifikan hasilnya. apalagi yang kurang ya ?
coba mas bro cek SEO blog ane http://meningkatkan-usaha.blogspot.com dan http://economy-value.blogspot.com, udah gitu http://portaldinamis.blogspot.com. kira-kira2 apa yang kurang ya mas bro ?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Usaha, untuk mengelola blog butuh suatu kesabaran, kerja keras, tekun, dan konsisten. Blog yang baru ber-umur 3 minggu memang belum bisa meningkatkan pageview blog karena selain search engine belum mengindeks blog anda, juga jumlah postingan blog masih sedikit.

Saran saya, untuk Meningkatkan Pageview Blog Anda, silahkan lakukan hal-hal berikut ini:
(i) Silahkan rampingkan angka Alexa Blog anda
(ii) Silahkan kirim peta situs blog anda di Google Webmaster Tools
(iii) Update blog setiap hari. Terbitkan 1 artikel setiap hari
(iv) Pasang internal link di setiap postingan
(v) Blogwalking di blog orang lain. Trik dilakukan untuk mengundang para blogger untuk berkunjung dan berkomentar di blog anda

Silahkan coba tips ini. Mudah-mudahan bisa membantu dan bisa mengobati perasaan galau anda.

Yang terakhir, jangan panggil saya dengan panggilan mas brow!!!! Karena saya bukan cowok. Ok
Understand? ^_+

Unknown said...

nyari alamat ke mbah google eh ketemu ma ririn lagi, hehehe...
beberapa tips diatas udah saya coba sih tapi mungkin memang belum waktunya aja kali ya pageview ramai, tentang niche blog itu sendiri kayaknya masih belum dapat nih yang cocok, tiap ngeblog dunia serasa makin sempit aja :(

Makasih infonya, semoga abis baca ini PV makin naik, keep blogging...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Yang penting berusaha dulu mas. Mudah-mudahan berhasil ya :) Keep spirit :)

vieta hardiansyah said...

maksih info nya, langsung di coba

Post a Comment