Macam dan Jenis Web Browser Terbaik di Dunia

Macam dan Jenis Web Browser Terbaik di Dunia - Web Browser merupakan perangkat lunak (software) yang sering digunakan untuk mengakses internet. Perangkat lunak tersebut umumnya berbasis open sources yang mana dapat di download secara gratis di internet. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan Mozila Firefox dan Google Chrome, karena sudah sangat akrab kita gunakan ketika kita online. Namun, ternyata web browser tidak hanya dua itu saja, masih ada Opera Mini dan Internet Explore, serta masih banyak lagi. Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang jenis-jenis web browser dengan sedikit uraian tentang kelebihan dan kelemahannya. Dengan begitu harapanya setelah kita kenal betul dengan web browser gratis, kita bisa memilih mana yang terbaik yang akan kita gunakan untuk berselancar di dunia maya. Berikut merupakan penjelasannya.

Macam dan Jenis Web Browser Terbaik di Dunia

1. Google Chrome
Google Chrome merupakan web browser produk dari perusahaan Google Inc. Web browser ini mempunyai loading yang sangat ringan dan jarang terjadi eror. Selain itu, web browser ini sepenuhnya terintegrasi dengan website Google. Hal itu tercermin ketika kita membuka pertama kali web browser ini, langsung muncul website Google Penelusuran. Software ini sangat cocok digunakan untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Google+, Twitter, atau Koran Digital seperti Kompas, Detik, Suara Merdeka, dan masih banyak lagi. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan menggunakn web browser ini. Sejauh ini saya belum menemukan kekurangan dari Google Chrome.
Macam dan Jenis Web Browser Terbaik di Dunia

2. Mozilla Firefox
Mozila Firefox merupakan web browser yang cukup mudah untuk digunakan. Web browser ini bisa diunduh secara gratis di website resminya. Ketika kita menggunakan web browser ini, kita harus rajin update, karena Mozila Firefox sering mengeluarkan produk terbarunya. Meskipun demikian, web browser ini saat ini sudah banyak digunakan. Di Indonesia, banyak netizen keren yang telah menggunakan web browser ini untuk berselancar di internet. Ada beberapa kelemahan dari Mozila Firefox, antara lain sebagai berikut: (i) untuk menampilkan gambar gerak di internet (gambar flash), web browser ini memerlukan software flash plyer, (ii) sering mengalami eror ketika membuka tab terlalu banyak, (iii) loading agak terlalu berat ketika membuka website yang berat, dan masih banyak lagi.

3. Opera Mini
Web browser ini mempunyai loading yang sangat ringan dibandingkan dengan web browser yang lain. Namun, di Indonesia sangat jarang digunakan. Mungkin karena menu atau options-nya terlalu sulit untuk dipahami. Namun, ternyata web browser ini sering digunakan pada hand phone, bukan pada komputer (PC). Software Opera Mini ini bisa anda dapatkan di website resminya.

4. Internet Explorer
Internet explorer ini merupakan software produk dari perusahaan Microsoft Inc. Sehingga ketika kita menginstall windows di komputer/laptop kita, web browser ini sudah ikut di install juga. Namun, jarang netizen yang menggunakan web browser ini untuk mengakses internet, terutama di Indonesia. Mungkin karena loading yang cukup lama sehingga menjadikan masyarakat Indonesia jarang yang menggunakan web browser ini.

Demikian sedikit penjelasan tentang beberapa Macam dan Jenis Web Browser Terbaik di Dunia yang lazim kita gunakan untuk surving di dunia maya. Sebenarnya masih banyak lagi software-software yang lain. Namun, saya kurang begitu paham. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

5 komentar:

Anonymous said...

Aku dari sejak mengenal internet selalu pakai Mozila Firefox, Mbak...udah terbiasa soale, pernah juga sih pake Opera dan Google Chrome, tapi kayaknya masih enakan Mozila!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Itu tergantung kenyamanan dan selera saja mas, mau menggunakan web brwser yang mana itu terserah, yang penting nyaman ketika digunakan :)

Unknown said...

coba Comet Bird mbak. itu sama bagus nya dengan Google Chrome.. :D

tapi saya lebih suka pakai Google Chrome, walaupun sering ngadat tapi tampilan nya bagus...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah software apa itu mas saya malah baru dengar hehehe :D
Sepertinya menarik dan patut untuk dicoba web browser Comet Bird sebagai solusi alternatif jika browser yang kita gunakan mengalami kendala. Thanks mas Daniel sudah menambahkan :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

sama-sama ya :)

Post a Comment