Cara Menulis Artikel yang Keren dan Berkualitas di Blog

Cara Menulis Artikel yang Keren dan Berkualitas di Blog - Seperti yang kita tahu bahwa menulis artikel di blog itu sangat mudah, tidak ada aturan tata tulis yang baku. Kita diperbolehkan menulis artikel sesuai dengan kemampuan kita sendiri dan gaya bahasa kita sendiri. Namun, untuk menulis artikel yang unik dan bekualitas itu sangat sulit. Butuh skill dan kreativitas yang tinggi dalam menulis. Tentunya butuh waktu yang tidak sedikit untuk berlatih menulis, karena keterampilan tersebut tumbuh dan berkembang apabila kita mau berlatih secara terus-menerus.

Saya sendiri sampai sekarang masih terus belajar menulis dan saya merasa belum bisa menulis artikel yang benar-benar berkualitas tinggi dan original. Pasalnya, hampir sebagian besar artikel dalam blog saya merupakan informasi yang saya peroleh dari berbagai artikel blog pribadi orang lain, kemudian saya tulis lagi dengan gaya bahasa sendiri.
Cara Menulis Artikel yang Keren dan Berkualitas di Blog
Dalam kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips tentang tata cara membuat artikel yang berkualitas dan unik. Tujuannya adalah supaya artikel kita atau blog kita mudah terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Berikut merupakan tips-nya.

Cara Menulis Artikel yang Keren dan Berkualitas di Blog

1. Tentukan Kata Kunci Artikel
Kata kunci merupakan serangkaian kalimat atau frasa yang sering muncul dalam sebuah artikel. Kata kunci yang ada di blog dianjurakan tidak lebih dari tiga buah. Agar kata kunci tersebut tersusun rapi, hendaknya diletakkan pada paragraf pertama, paragraf tengah, dan paragraf terakhir dalam artikel.

2. Buat Artikel yang Original
Kita mungkin akan kesulitan untuk membuat artikel yang benar-benar original, karena umumnya kita bisa menulis artikel setelah kita banyak membaca berbagai artikel orang lain. Oleh karena itu, hendaknya kita menulis artikel dengan gaya bahasa kita sendiri, meskipun itu hasil informasi yang kita peroleh dari artikel orang lain.

3. Kesesuaian antara Judul dengan Substansi Artikel
Poin ini juga penting untuk diperhatikan eksistensinya. Pengalaman menyebutkan bahwa ketidaksesuaian antara judul dan isi artikel membuat sebagian besar visitor blog merasa tertipu dengan konten yang disajikan dalam blog kita. Oleh karena itu, hendaknya artikel tersebut kita buat sedemikian rupa agar tidak mengecewakan pengunjung blog.

4. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami
Penggunaan kata yang sederhana ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan kata yang sulit untuk dipahami. Mengingat tidak semua pengunjung blog adalah masyarakat berpendidikan. Oleh karena itu, sebaiknya kita gunakan istilah yang sederhana dalam menulis artikel.

5. Buat Artikel yang Kaya Informasi
Sebaiknya kita menulis artikel yang kaya akan informasi, tidak hanya berupa sederetan kata kunci artikel saja atau link-link download saja. Dengan begitu, visitor akan menemukan apa yang mereka cari.

Itulah sedikit informasi tentang Cara Menulis Artikel yang Keren dan Berkualitas di Blog. Semoga berguna ;)
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

10 komentar:

Staff Administrator said...

Hadirnya humingbird yg kini lagi booming,katanya....terkait banget sama tehnik dalam cara menulis berkulitas ...yg udah di sampein ya mbak Rin..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Owh begitu ya mas. Saya malah nggak tahu kalau ternyata tips menulis artikel yang saya bahas diatas tersebut mempunyai hubungan dengan algoritma hummingbirth hehe :D Soalnya tips tersebut sudah lama saya buatnya mas, yakni pada bulan Mei tahun 2013 hehe :D

Anonymous said...

Berarti postingan di blog saya engga berkualitas yah? karena saya berniche game jadi singkat singkat semuanya :'( , tapi setelah baca postingan ini saya akan membuat postingan artikel lebih berkualitas lagi.

Mbak ririn yang cantik ini memang pinter sekali, semua artikelnya bermanfaat dan membantu pemula seperti saya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kalau bisa jangan terlalu sedikit jumlah karakter tulisannya mas. Tapi sebaiknya yang banyak. Ya minimal 3 atau 4 paragraf dalam satu artikel postingan. Good luck ya :)

fuad fahreza said...

kata kunci itu misalnya(FREE DOWNLOAD bla..bla..bla...)gitu ya??

nice posting#

fuad fahreza said...
This comment has been removed by a blog administrator.
fuad fahreza said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya kurang lebih seperti itu. Tapi hendaknya dalam satu posting tidak terlalu banyak keyword, karena hal itu bisa dianggap spam oleh search engine :)

dedaunan hijau said...

perlu belajar banyak rupanya saya
infonya sangat bermanfaat buat saya mbak Ririn
biar artikelnya sekeren blog ini hehe ngarep

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Dedaunan, iya sama-sama ka. Kita sama2 belajar ya

Post a Comment