Pengertian dan Fungsi Backlink

Pengertian dan Fungsi Backlink - Bagi teman-teman blogger indonesia yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah backlink. Namun, bagi blogger pemula istilah tersebut menjadi sangat asing dan aneh terdengar oleh telinga mereka. Pasti dalam hati mereka bertanya-tanya, sebenarnya backlink itu apa to? secara harfiah backlink berasal dari dua kata, yakni back yang artinya kembali, dan link yang berarti tautan. Jadi apabila saya definisikan secara sederhana backlink merupakan tautan kembali, dalam hal ini adalah tautan kembali yang mengarah menuju blog kita.

Dalam dunia blogging, backlink sering dimanfaatkan untuk optimasi mesin pencari (SEO). Tujuannya adalah agar angka trafik (lalu lintas) di blog tinggi. Dengan menanamkan backlink sebanyak-banyak di blog orang lain yang bertrafik tinggi, maka semakin banyak hasil pencarian dari mesin pencari yang mengarah menuju ke blog kita. Dan hal itu memungkinkan adanya banyak visitor yang berkunjung di blog kita. Sayangnya banyak webmaster (pengelola blog) kurang tepat dan keliru dalam mengimplementasikan optimasi mesin pencari, dalam hal ini adalah cara mereka dalam memperoleh backlink.
Pengertian dan Fungsi Backlink
Sumber Gambar: KumpulanCara.com
Berbagai cara mereka lakukan untuk mendapatkan backlink, yang mana terkadang cara tersebut terkesan tidak profesional dan tidak sesuai dengan pedoman webmaster yang telah rekomendasikan oleh Google. Mereka umumnya menerapkan cara-cara konvensional untuk memperoleh backlink. Lalu, apa saja cara yang kurang tepat tersebut? berikut merupakan penjelasannya.

Pengertian dan Fungsi Backlink

Link Exchange
Link exchange merupakan tukar-menukar link (alamat blog) antar sesama pengelola blog. Biasanya link dipasang pada halaman khusus untuk tukar link. Mungkin anda sering menjumpai blog yang terdapat menu/navigasi "link exchange" pada header. Itu merupakan menu yang berisi untuk saling tukar-menukar link. Hal tersebut menurut saya tidak ada manfaatnya dan akan membuang-buang waktu anda saja.

Apabila kita menelaah secara rasional, siapa coba yang akan membaca artikel yang berjudul link exchange dan kontent-nya hanya berupa link-link dan banner yang sangat banyak tersebut? tentu tidak ada. Hal tersebut dikarenakan visitor tidak mencari konten tersebut. Visitor lebih senang mencari informasi yang berguna untuk dirinya, misalnya seperti artikel pengetahuan, tutorial, tips, game, software, dan lain sebagainya.

Selain itu, bagi mesin pencari (seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain) menganggap halaman tersebut sebagai halaman spam (sampah), yang mana halaman tersebut tidak akan diindeks pada hasil pencarian mereka.

Komentar Spam
Pernahkah anda menjumpai konten yang terdapat dalam komentar berupa link aktif? kalau pernah itu namanya komentar spam. Silahkan anda hapus saja, karena hal itu akan menurunkan kredibilitas blog anda dimata mesin pencari. Banyak webmaster pemula seperti saya yang melakukan cara tersebut untuk memperoleh backlink, ternyata cara tersebut salah.

Oleh karena itu, sebaiknya kita hindari cara tersebut, toh tidak ada manfaatnya bagi kita. Kita lebih baik berkomentar yang baik dan sopan ketika berkunjung di blog orang lain, dengan begitu kita akan dihargai dan dihormati. Dan bahkan bisa jadi mereka akan berkunjung balik ke blog kita. Tentu hal itu yang kita harapkan bukan?.

Award
Cara yang satu ini terbilang cukup unik dan aneh. Kenapa saya bisa bilang seperti itu? karena demi mendapatkan segudang backlink mereka membuat suatu Award (penghargaan) yang diberikan kepada pengunjung setia mereka. Namun, untuk menerima Award tersebut ada syaratnya, yakni berkewajiban memberikan Award lagi kepada teman-temannya. Dan setiap posting yang berjudul Award harus menyisipkan link aktif bagi pemberi dan penerima Award tersebut. Aneh bukan?.

Kalau kita berfikir secara komprehensif, tentu artikel yang berjudul Award tidak akan ada orang yang mau membacanya. Paling-paling yang membacanya adalah si penerima dan si pemberi Award saja. Bukan visitor unik yang berasal dari mesin pencari. Oleh karena itu, sebaiknya kita hindari hal-hal yang kurang bermanfaat tersebut. Alangkah baiknya jika artikel yang kita tulis dapat bermanfaat dan berguna untuk orang lain, tentunya artikel tersebut yang berkualitas yang berupa segudang informasi penting.

Demikian sedikit penjelasan dari saya tentang Pengertian dan Fungsi Backlink beserta contoh cara memperoleh backlink yang kurang tepat. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

2 komentar:

Berguru SEO said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Korban tempir, mohon maaf komentar anda saya hapus karena berisi link aktif/spam/sampah. Percuma anda berkomentar seperti itu karena hanya membuang waktu anda, koneksi internet, dan juga tenaga anda. Toh pada akhirnya dihapus juga.

Oleh karena itu, jika komentar anda tidak ingin dihapus dikemudian hari, silahkan berkomentar yang baik dan benar. Ok Sippp!! :)

Post a Comment