Cara Membuat Halaman Sitemap Daftar Isi di Blog

Cara Membuat Halaman Sitemap Daftar Isi di Blog - Halo sobat blogger!!! bagimana kabarnya hari ini? semoga tetap sehat wal'afiat dan masih aktif mengelola blog pribadi kesayangan anda. Dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang bagaimana sich cara membuat halaman Sitemap atau yang biasa teman-teman sebut dengan Daftar Isi. Sebenarnya kurang tepat jika sitemap diartikan sebagai daftar isi, namun lebih tepatnya diartikan sebagai peta situs, karena site bermakna situs, sedangkan map bermakna peta. Sedangkan daftar isi itu bahasa inggrisnya adalah content. Akan tetapi hal itu menurut saya tidak menjadi masalah, karena yang terpenting adalah istilah tersebut mudah difahami oleh kita semua.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kenapa kita harus membuat daftar isi dalam blog kita?karena dengan adanya daftar isi di blog kita nantinya akan mempermudah mesin pencari dalam mengindeks blog kita. Selain itu, agar blog kita terlihat lebih profesional dan elegant. Dan yang pasti dengan adanya sitemap itu dapat mempermudah visitor dalam mencari artikel yang ada di blog kita. Oleh karena itu, peta situs hendaknya kita buat sedini mungkin, karena eksistensinya sangat penting. Berikut merupakan langkah-langkah sederhana dalam membuat halaman daftar isi di blog blogger.

Cara Membuat Halaman Sitemap Daftar Isi di Blog

1. Silahkan log in terlebih dahulu pada blog anda masing-masing. Tentunya menggunakan username dan pasword anda masing-masing.

2. Setelah itu, silahkan anda menuju Dashbor atau Home pada blogger. Kemudian anda pilih Page/Halaman, dan kemudian anda pilih New Page/Halaman Baru, dan setelah itu anda pilih Blank Page/Halaman Kosong. Seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat dan Memasang Peta Situs di Blog
3. Setelah anda memilih halaman kosong, nanti anda akan menjumpai tampilan seperti gambar dibawah ini. Tampilan tersebut sama persis seperti tampilan ketika anda ingin memposting artikel.
Cara Membuat Sitemap di Blogspot
4. Silahkan isi judul posting dengan "Daftar Isi" atau "Sitemap". Kemudian, dibawahnya ada Opsi Compose dan HTML, silahkan anda pilih HTML.

5. Setelah itu, silahkan copy kode HTML berikut ini. Jangan lupa, silahkan ganti huruf warna merah yang bergaris bawah dengan alamat situs anda. Silahkan paste kode HTML tersebut pada halaman posting yang sudah anda pilih tadi.

<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/sitemapblog.js" type="text/javascript">      </script>      <script src="https://cara-ririn.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc">      </script>

6. Setelah anda posting, silahkan anda publikasikan/publish. Nanti akan mucul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat Halaman Daftar Isi di Blogspot
Caranya cukup mudah bukan? sangat sederhana dan simpel. Jika anda masih penasaran, mungkin anda bisa langsung mencobanya di blog keren anda masing-masing. Semoga berhasil. ^_^ Demikian lah informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Halaman Sitemap Daftar Isi di Blog. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

5 komentar:

Unknown said...

minta alamat FBnya mbak?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Buat apaan mas? saya jarang buka Facebook kok :)

Unknown said...

terimakasih atas infonya, apa bila ada waktu silahkan kungjungi blog saya http//silinderutama.blogspot.com meskipun belum terdaftar secara resmi tapi saya harap anda mau untuk berkunjung dan berbagi info.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sama-sama Mas Sai. Nanti pasti saya akan berkunjung di blog anda. Mohon sabar ya :)

NinjaFar said...

wiih yg punya blog dicuekin tuh cwe toh tapi ilmu blognya dah jago euy, gile, keren juga nih cwe hehe

promo diskon, kunjungi web ffh store ya, admin ntar diskon hehe

Post a Comment